BlogPemilik PropertiDesain HunianTips dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Rumah Terlihat Lebih Luas
0
0

Tips dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu Atop-right-banner

Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah yang nyaman dan memiliki desain yang menarik. Namun terkadang rumah yang kita impikan terhalang dengan bujet yang ada. Membeli atau membangun rumah yang kecil sebenarnya tidak masalah yang terpenting adalah cara menata interiornya agar rumah terlihat besar. Salah satunya adalah dengan desain ruang tamu minimalis.

Dari sekian banyak ruangan salah satu ruangan yang biasanya menjadi favorit keluarga adalah ruang tamu, dimana ruang ini biasanya banyak kita gunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Namun terkadang karena space yang kecil, kamu bingung bagaimana cara mendesain ruang tamu agar terlihat lebih luas.

Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi desain ruang tamu minimalis untuk rumah kecil.

Baca juga: Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Gunakan Warna Gelap untuk Kesan Natural

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu A
Source : panduankreditrumah.blogspot.com

Buat Pins yang suka dengan ruang tamu benuansa gelap, Pins bisa membuat desain ruang tamu elegan seperti gambar di atas. Dimana furniturnya kebanyakan berwarna gelap ditambah dengan beberapa hiasan dinding dan tak lupa dengan tanaman hias yang akan membuat ruangan lebih sejuk.

Perhatikan Penataan Ruangan

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu B
Source : instagram.com/dekorumahyuk

Desain interior ruang tamu minimalis ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk rumahmu. Meskipun ruangannya kecil namun jika ditata dengan baik akan terlihat lebih luas seperti foto ini. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sekat ruang tamu kecil sebagai pembatas antar ruangan.

Baca juga: Perlu Tahu! 9 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman

Gunakan Tanaman Hias

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu F
(dekorrumah.net

Ruang tamu yang dilengkapi dengan tanaman hias serta furniture yang berwarna bisa kamu jadikan pilihan untuk ruang tamu di rumah. Dijamin kamu bakalan betah berlama-lama di ruang tamu ini.

Gunakan Warna Monokrom untuk Memberi Kesan Modern

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu Minimalis
Photo via pinterest.com

Buat kamu yang suka dengan warna monokrom, kalian bisa membuat ruang tamu kalian seperti dibawah ini.

Gunakan Perabot Minimalis Agar Tampilan Ruangan Lebih Luas

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Minimalis - Ruang Tamu Minimalis
Source : instagram.com/srirustiani

Jika kamu memiliki sedikit space ruang tamu namun kamu ingin memiliki ruang tamu yang minimalis serta nyaman. Tak ada salahnya kamu mencoba mendesain ruang tamu minimalis milikmu seperti foto di bawah ini.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Kecil 2×3 yang Nyaman

Pilih Sofa Ruang Tamu yang Tepat

komponen interior ruang tamu
Source : Okezone.com

Komponen interior ruang tamu yang pertama adalah sofa, meskipun ada sebagian orang yang lebih suka duduk secara natural melantai di ruang tamu rumahnya. Namun bagi mereka para pecinta komponen interior ruang tamu, menjadikan sofa sebagai barang wajib yang harus ada di ruang tamu.

Pilihlah bahan-bahan sofa yang nyaman untuk diduduki, tidak sakit, tidak keras, tidak berbau yang tak sedap dan lebih diutamakan yang berbahan lembut dan empuk. Desain interior ruang tamu salah satunya memang akan sangat ditentukan dengan kualitas sofa yang dimiliki. 

Komponen Interior Ruang Tamu Meja Multifungsi

Source : Polarumah.com

Komponen interior selanjutnya adalah meja. Biasanya untuk meja sudah dipadu padankan dengan sofa yang dibeli. Untuk meja sudut bisa Anda pilih dengan warna turunan dari sofa yang ada.

Baca juga: 25 Desain Sofa Minimalis Untuk Ruang Tamu dan Keluarga

Gunakan Hiasan Dinding

komponen interior ruang tamu
Source : Idntimes.com

Meskipun tampaknya tidak terlalu penting, kehadiran hiasan dinding pada desain interior ruang tamu akan cukup menentukan estetika ruangan. Bayangkan bentuk ruangan yang hanya polos dengan sebuah ruangan yang memiliki hiasan dinding simpel yang senada warnanya dengan dinding. Tentulah desain interior kedua jauh lebih menarik ketimbang tampilan dinding di rumah kita tampak polos.

Pilih Lampu dan Pencahayaan yang Tepat

Source : Curbed

Ruang tamu juga memerlukan penerangan karena sering digunakan. Ternyata ada banyak sekali ragam lampu yang bisa kamu pilih, Mulai dari lampu meja dekoratif, lampu gantung sebagai center piece dan penerangan utama, hingga lampu-lampu aksen. Pehatikan kebutuhan dan tentukan kira-kira bagian mana saja yang membutuhkan lampu karena secara tidak langsung, lampu dapat mempengaruhi nuansa ruangan.

Baca juga: 20 Pilihan Keramik Dinding Ruang Tamu Setengah Badan

Pilih Warna Cat Ruang Tamu yang Tepat

Source : Design Cafe

Penting sekali untuk memperhatikan warna cat ruang tamu karena dari warna akan tecermin nuansa apa yang mau kamu tonjolkan. Pilihlah warna-warna netral seperti putih atau krem karena bisa dipadupadankan dengan berbagai dekorasi ruang tamu lainnya.

Jika kamu memilki pilihan warna, usahakan padukan dengan warna yang komplimenter agar desain ruang tamu minimalis elegan terkesan harmonis dan sedap dipandang.

Tambahkan Perangkat Elektronik Pendukung

(

Bagian perangkat elektronik sebenarnya tidak terlalu diharuskan untuk ada, namun, perhatikan kembali kebutuhan dan visi kamu atas ruangan ini. Beberapa perangkat elektronik yang seringkali ada di ruang tamu adalah televisi atau mini home theater. Kamu dapat menyediakan hiburan untuk tamu atau anggota keluarga lainnya serta membuat suasana ruang menjadi lebih hidup.

Tambahkan Dekorasi Ruang Tamu

Source : Good Housekeeping

Sudah dekorasi ruang tamu, namun tampaknya masih ada yang kurang? Kamu bisa menambahkan beberapa pernak-pernik ruangan seperti bantal-bantal di sofa, taplak meja, karpet, dan lain sebagainya untuk membuat desain ruang tamu sederhana jadi lebih menawan.

Detail-detail kecil inilah yang membuat ruangan terasa lengkap. Cermat dalam mengkombinasikan warna, pola, tekstur dari pernak-pernik dan tahu kapan untuk berhenti agar ruangan tidak terkesan sumpek dan penuh.

Itulah beberapa tips dalam mendesain interior ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Meskipun kamu memiliki rumah kecil kamu masih bisa memiliki ruang tamu yang luas dengan mendesain interiornya dengan baik.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download