BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti7 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Pindahan Rumah
0
0

7 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Pindahan Rumah

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 9, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki rumah baru banyak diasumsikan sebagai sebuah pencapaian oleh sebagian orang. Bagi pasangan, rumah baru ibarat sebuah ladang garapan yang harus ditata dengan apik dan benar. Dengan begitu kita akan tinggal di rumah baru dengan penuh kenyamanan. Nah, bagi Pins yang akan pindahan ke rumah baru, simak artikel ini untuk mengetahui tips yang harus dilakukan ketika pindahan rumah!

Kamu juga dapat menemukan rumah dengan harga terjangkau dan sesuai dengan selera kamu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga: 12 Ide Hadiah Pindahan Rumah untuk Kerabat atau Teman

Tips yang Harus Dilakukan Ketika Pindahan Rumah

Pindah ke rumah baru tidak hanya sekedar memindahkan semua barang di rumah lama ke rumah baru. Ada hal-hal yang bisa dibilang “printilan”, tapi kadang suka dilupakan oleh Pins semua. Pins harus membuat rencana yang matang yang harus dibuat jauh-jauh hari. Tanpa rencana yang matang, Pins bisa sangat kerepotan dan runyam.

Susunan rencana pindah ke rumah baru lebih mirip to-do list. Tidak ada salahnya membuat panitia kecil khusus acara pindahan ini. Pembagian tugas ini penting agar tidak ada yang terlewat atau tertinggal. Membuat rencana ini juga tidak bisa buru-buru ya, Pins. Harus teliti dan juga sabar.

Nah, supaya acara pindahan jadi menyenangkan, yuk, simak tips pindahan rumah berikut ini:

1. Buat Susunan Barang yang Akan Dibawa

Source : Unsplash

Susunan barang yang akan dibawa ini penting untuk dibuat agar rumah baru Pins tidak kelebihan barang. Memang sulit melepaskan perabotan lama ketika pindah ke rumah baru, namun mau tidak mau harus dilakukan.

Buat daftar barang apa saja yang akan dibawa saat pindah ke rumah baru. Jika kiranya di rumah baru sudah ada barang baru yang serupa, maka tidak perlu lagi membawa barang lama ke rumah baru. Kumpulkan kemudian donasikan atau wariskan kepada kerabat.

2. Proses Pengepakan Barang Harus Tercatat dan Terorganisir

apa itu surat jalan barang
Source : Unsplash

Setelah membuat susunan barang yang akan dibawa, maka tiba saatnya mengepak barang. Sortir barang sesuai lokasi di rumah baru nanti. Beri kode yang berbeda untuk setiap lokasi. Jangan lupa untuk membuat list isi kardus. Pindah ke rumah baru lebih menyenangkan jika terorganisir dengan baik.

Proses pengepakan ini memerlukan waktu jadi usahakan untuk mencicilnya dan tidak melakukannya secara dadakan. Inilah mengapa perencanaan pindah ke rumah baru menjadi penting. Siapkan kardus yang kuat atau jika perlu gunakan container box terutama untuk barang pecah belah.

Baca juga: 11 Tips Membeli Rumah Baru Maupun Bekas Agar Tidak Tertipu

3. Ajukan Cuti untuk Persiapan Pindahan

Pindah ke rumah baru
Source : Pexels

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa pindah ke rumah baru bisa jadi sangat melelahkan, maka sebaiknya mengambil cuti. Cuti bisa diambil sehari sebelum pindahan sampai sekitar 3 hari setelah pindahan. Ini dikarenakan, cuti setelah pindahan sangat diperlukan untuk melepas lelah dan mengatur barang-barang di rumah baru.

Cuti juga bisa dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan tetangga baru. Misalnya, membuat syukuran pindahan rumah atau juga sekedar menyapa tetangga di kanan kiri rumah. Jika Pins tidak mengambil cuti saat pindahan rumah, bisa-bisa Pins tidak punya waktu untuk berbenah dan berkenalan dengan tetangga.

4. Selesaikan Semua Urusan di Rumah Lama Sebelum Pindah

Urusan di rumah lama ini misalnya tagihan sampah, keamanan, iuran komplek dan lainnya. Termasuk juga di dalamnya urusan administrasi anak sekolah jika sudah memiliki anak. Pindah ke rumah baru biasanya diiringi juga dengan memindahkan sekolah anak. Maka, selesaikan dulu semua urusan di sekolah lama.

Ketika seseorang meninggalkan tempat tinggal lama, usahakan meninggalkan kesan yang baik. Untuk itu, usahakan memberi tahu kepada RT kapan Pins akan pindah. Lebih baik lagi jika menyempatkan untuk berpamitan kepada tetangga lama dan tentunya tetap menjaga silaturahmi, ya, Pins.

5. Pastikan Rumah Baru Sudah Siap Huni

Pindahan rumah
Source : Pexels

Sebelum pindah, pastikan rumah baru sudah bersih dari alat-alat pertukangan. Tujuannya adalah agar bisa langsung digunakan, minimal untuk istirahat di hari pertama pindahan. Pins juga harus memastikan semua berfungsi dengan baik seperti listrik, air, dan juga internet di rumah baru.

Jangan pernah pindah ke rumah baru saat rumah baru masih berantakan. Inilah mengapa pindah rumah itu tidak bisa dilakukan secara buru-buru, Pins. Rencanakan waktu pembangunan rumah baru dengan masa tinggal di rumah lama. Jika belum memungkinkan untuk pindah, maka sebaiknya bersabar dulu sampai semuanya settle.

6. Buat Salinan Dokumen Penting

Dokumen penting seperti sertifikat rumah baik lama maupun baru, akta kelahiran, KK, ijazah, dan dokumen penting lainnya harus dibuat salinannya. Apalagi jika Pins memutuskan untuk menyimpan semua dokumen penting ini di bank saat akan pindah ke rumah baru.

Namun jika Pins tidak menyimpan dokumen penting di bank, maka sebaiknya simpan dalam safe box. Salinan bisa disimpan di luar, di tempat yang lebih mudah dijangkau. Atau, salinan bisa juga dibuat dalam bentuk soft copy yang disimpan di PC, hard disk, atau juga smartphone.

7. Pertimbangkan Menggunakan Jasa Mover

pindahan rumah
Source : Pexels

Jika dirasa tidak akan sanggup melakukan ritual pencatatan, pengepakan dan pengangkutan sendiri, maka sebaiknya menyewa jasa mover. Ada banyak jasa mover berstandar internasional yang bisa menyelesaikan masalah pindah ke rumah baru dengan cermat dan teliti.

Seleksi jasa mover jauh-jauh hari jika memang memutuskan untuk pindah ke rumah baru dengan jasa mover. Seleksi ini untuk mengetahui mana yang memberi penawaran terbaik, baik itu dari segi harga maupun pelayanannya.

Baca juga: 

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download