BlogLifestyleEdukasi25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya
0
0

25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 29, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya

Mukadimah ceramah merupakan suatu pembukaan pembicaraan atau penulisan yang biasanya dilakukan oleh siapa saja yang hendak berpidato, khutbah, berbicara menjadi MC, menikahkan seseorang, atau bahkan menulis suatu buku atau kitab.

Tak hanya itu saja, mukadimah ceramah singkat ini juga kerap digunakan untuk acara pengajian, syukuran, maupun memanjatkan doa bersama kepada Allah S.W.T. Seperti halnya jika kamu mengadakan acara pengajian untuk mendoakan rumah agar cepat terjual.

Seperti yang kita ketahui, menjual rumah bukanlah perkara mudah. Selain berdoa kepada Allah, Pins juga perlu melakukan berbagai usaha. Salah satunya dengan memasang iklan jual rumah gratis tersedia di layanan Titip Jual Sewa Rumah Pinhome atau beli rumah seperti di Perumahan Puri Indah Ketintang dan Perumahan Citraland Surabaya.

Mukadimah ceramah biasanya bisa kamu temukan pada pembukaan kitab Al-quran. Mukadimah atau muqoddimah sendiri memiliki makna yang sama dengan doa. Mukadimah ceramah tidak harus disampaikan sama persis sesuai dengan ajaran ulama yang ada.

Pins juga bisa membuat mukadimah ceramah sendiri yang bisa disesuaikan dengan jenis acara atau tujuan tertentu. Namun, jika Pins bingung untuk membuat muqadimah ceramah sendiri, di sini Pinhome akan memberikan kumpulan contoh mukadimah ceramah yang bisa Pins ikuti.

Tapi sebelum masuk ke pembahasannya, Pins juga perlu mengetahui pengertian mukadimah ceramah di bawah ini!

Baca juga: Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Pidato Pendidikan

Apa Itu Mukadimah Ceramah?

Source : harakah.id

Muqadimah ceramah adalah kata yang berasal dari bahasa arab yang biasa diterjemahkan sebagai pengantar atau pembuka. Di dalam bahasa arab, Muqoddimah ditulis dengan الْمُقَدِّمَةُ. Ini merupakan bentuk muannats dari المُقَدِّمُ dan المُقَدِّمُ adalah isim fa\’il dari قَدَّمَ.

Sementara kata قَدَّمَ memiliki arti \”mendahulukan\”. Jadi, muqoddimah bisa diterjemahkan sebagai pendahuluan, pengantar, atau pembuka. Oleh karena itulah, mukadimah sering digunakan sebagai istilah pembukaan untuk ceramah maupun buku.

Baca juga: Contoh Kultum Singkat Islam

Kumpulan Contoh Mukadimah Ceramah

Sebagai pembukaan pidato berbahasa Arab, Indonesia, Inggris, Sunda, atau Jawa, tentunya akan di awali dengan muqadimah ceramah. Berdasarkan kitab-kitab dari ulama, setidaknya ada beberapa sunnah yang bisa diucapkan sebelum berpidato, di antaranya:

  • Mengucap salam.
  • Membaca hamdalah.
  • Membaca sholawat nabi.
  • Membaca amma ba\’du.

Berikut ini kumpulan contoh muqadimah ceramah, khutbah dan MC dalam tulisan Arab, latin, dan artinya:

Baca juga: Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Mukadimah Innalhamdalillah

mukadimah ceramah
Source : kabarlumajang

Salah satu muqodimah atau mukadimah ceramah singkat yang paling kita sering dengar adalah innal hamdalillah. Berikut ini muqaddimah innalhamdalillah dan artinya:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا، وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ….

\”Innal hamda lillah, nahmaduhu wanasta\’inuhu wanastaghfiruh, wana\’udzu billahi min syururi anfusina, wamin sayyiaati a\’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhilla lah, wamayyudhlil falaa haadiya lah. Asyhadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan \’abduhu warosuuluh. Allahumma shalli wasallim wabarik \’ala sayyidina muhammadin wa\’ala alihi washahbihi ajm\’in. amma ba\’du\”

Artinya: \”Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah, yang kita memuji-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya, memohon ampun kepada-Nya, dan kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kita dan dari keburukan amal-amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tak seorangpun dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang Allah sesatkan maka tak seorangpun mampu memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, berikan rahmat, keselamatan serta barakah kepada Junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan shahabatnya semuanya. Adapun setelah itu.\”

Setelah itu, biasanya ditambah dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan hadits nabi yang berkaitan dengan momen pelaksanaan kegiatan. Baik itu sebagai teks MC maulid nabi, teks MC pernikahan, walimatul hajj, umrah, dan sebagainya.

Mukadimah Singkat

Contoh muqadimah ceramah singkat sebagai pembukaan acara yang bagus adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ، والْحَمْدُ للهِ، الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ

Bismillah. Walhamdulillah. Assholaatu wassalaamu \’ala rasuulillah. Wa\’ala alihi washahbihi wamawwaalah.

Artinya: \”Dengan menyebut nama Allah. Segala puji bagi Allah. Shalawat dan Salam atas Rasulullah, beserta keluarga dan shahabatnya yang mengikutnya.\”

Mukadimah MC Pengajian

mukadimah ceramah
Source : bangkatengahkab

Saat ada pengajian, biasanya MC akan membuka omongan dengan kata-kata yang cukup familiar. Berikut ini mukadimah yang bisa Pins gunakan untuk teks MC pengajian:

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdu lillahi rabbil \’alamin. Wassholatu wassalamu \’ala asyrafil ambiyaai wal mursalin. wa\’ala alihi wa ashhabihi waman tabi\’ahum bi ihsanin ilaa yaumiddin. Amma ba\’du.

Artinya: \”Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Rahmat dan keselamatan semoga terlimpah atas paling mulianya nabi dan rasul, juga atas keluarga dan para sahabat, serta kepada yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat. Adapun setelahnya.\”

Mukadimah Kultum Singkat

Untuk pembukaan pidato kultum yang singkat, bisa menggunakan kata-kata muqadimah ceramah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda wadinil haqq, liyudzhirahu \’aladdini kullihi, wakafa billahi syahiidaa. Asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna muhammadarrasulullah. Allahumma shalli \’ala sayyidina muhammadin wa\’ala alihi washahbihi ajma\’in. Amma ba\’du.

Artinya: \”Segala puji milik Allah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan hidayah dan Agama yang benar, untuk memenangkannya atas semua agama lainnya, dan cukuplah Allah sebagai saksi. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah berikan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad serta kepada keluarga dan sahabatnya, semuanya. Adapun setelahnya.\”

Baca juga: Bacaan Sholawat

Mukadimah Acara Syukuran Rumah Baru

Source : mediajabodetabek

Membeli rumah impian tentu bukan perkara mudah, oleh karenanya penting untuk membuat acara syukuran rumah baru. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak pilihan rumah baru dengan berbagai fasilitas lengkap seperti yang ditawarkan oleh perumahan Cimanggis Golf Estate.

Namun, apa artinya rumah mewah tanpa adanya berkah dari Allah S.W.T? Untuk memulai acara syukuran rumah baru, Pins bisa menggunakan bacaan seperti berikut ini:

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَعَزَّنَا باِلْإِيمَانِ بِهِ، وَهَدَاناَ إِلَى عَظِيمِ شَرِيْعَتِهِ، وَأَسْعَدَنَا بِاتِّبَاعِ أَفْضَلِ رُسُلِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، فيِ أُلُوهِيَّتِهِ وَرُبُوْبِيَّتِهِ وَأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَبَعْدُ

Alhamdu lillahi a\’azzana bil imani bih. Wahadana ila \’adzimi syari\’atih. Wa as\’adana bittiba\’i afdhali rusulih. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, fii uluuhiyyatihii, warubuubiyyatihii wa asmaaihi washifatih. Wa asyhadu anna muhammadan \’abduhu warasuluh. Allahumma Shalli Wasallim Wabarik \’Ala Sayyidina Muhammadin Wa\’ala Alihi Washahbihi ajma\’in. Waba\’du.

Artinya: \”Segala puji bagi Allah yang telah memuliakan kita dengan iman, memberi petunjuk pada kita menuju keagungan syariat-Nya, memberikan kebahagiaan kepada kita dengan mengikuti rasul-Nya yang paling mulia. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata tanpa sekutu bagi-Nya, baik dalam uluhiyah-Nya, rububiyah-Nya, nama dan sifat-Nya. Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah berikanlah rahmat, keselamatan, dan barokah kepada Junjungan kami Muhammad serta keluarga dan shahabatnya semuanya. Dan setelahnya.\”

Mukadimah dan Doa Kelancaran Bicara

Jika Pins merasa gelisah ketika akan berceramah atau pidato, sebaiknya Pins menambahkan doa kelancaran berbicara. Ini bertujuan agar Allah menolong kita dari salah ucap dan kekurangan berbicara. Berikut ini contoh mukadimah ceramah singkat yang dilengkapi dengan doa kelancaran berbicara di depan umum:

ﺍالْحَمْدُ للهِ،وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحْابِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي، وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي، يَفْقَهُوا قَوْلِي، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah, washshalatu wassalamu \’ala rasulillah, wa\’ala alihi wa ashhabihi wamawwalah. Rabbisyrah lii shadrii, wayassir lii amri, wahlul \’uqdatan millisani, yafqahu qauli. Amma ba\’du.

Cukup singkat dan tidak terlalu panjang. Teks muqadimah ceramah yang satu ini cocok juga digunakan sebagai pembuka MC berbicara.

Mukadimah Khutbah Sholat Jumat

Contoh teks muqoddimah dalam khutbah sholat Jumat yang telah memenuhi syarat dan rukun khutbah adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَمَرَناَ أَنْ نُصْلِحَ مَعِيْشَتَنَا لِنَيْلِ الرِّضَا وَالسَّعَادَةِ، وَنَقُوْمَ بِالْوَاجِبَاتِ فِيْ عِبَادَتِهِ وَتَقْوَاهْ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا

عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, مَنْ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمّا بَعْدُ

فَيَا عِبَادَ الله، اُوْصِيْنِي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى الله، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْم،اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. يَا أَيُّهَا الّذين آمنوا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Pembukaan khutbah sholat Jumat di atas bisa Pins gunakan saat menjadi petugas khutbah di masjid daerahmu.

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Ada Orang Meninggal

Mukadimah Khutbah Sholat Jumat Tentang Haji

mukadimah ceramah
Source : kumparan.com

Salah satu contoh mukadimah khutbah terkait dengan ibadah haji sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ: الْحَجُّ أَشْهُرٌ مَعْلُومَاتٌ، فَمَنْ فَرَضَ فِيهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِي الْحَجِّ، وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللَّهُ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى، وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ (البقرة: ١٩٧)

Alhamdulillah, washshalatu wassalamu \’ala rasulillah, wa\’ala alihi wa shahbihi wamawwaalah. Wa asyhadu alla ilaha illallah. Wa asyhadu anna sayyidana muhammadar \’abduhu warasuluh. Amma ba\’du. Fainni uushiikum wanafsi bitaqwalllah, al qaili fi muhkami kitabih: Al Hajju Asyhurum ma\’luumaat, faman faradha fiihinnal hajja falaa rafatsa walaa fusuuqa walaa jidaala fil hajj, wamaa taf\’aluu min khairiy ya\’lamhullah, watazawwaduu fainna khairaz zaadit taqwa, wattaquuni yaa ulil albaab.

Mukadimah Khutbah Sholat Jumat Versi Panjang

Contoh lagi sebagai referensi untuk khutbah Jumat di tempat kalian bisa dibuka dengan teks arab sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ هَدَانَا لِلْإِسْلَامِ وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا لله. اَلْحَمْدُ لله الذى مُقَلِّبِ الْقُلُوْبِ، وَعَلاَّمِ الْغُيُوْبِ، وَقَابِلِ التَّوْبَةِ مِمَّنْ يَتُوْبُ، شَدِيْدِ الْعِقَابِ عِنْدَ قَسْوَةِ الْقُلُوْبِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، أَمَرَ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ، وَنَهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ كَانَ يُكْثِرُ مِنْ قَوْلِ: يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ. صَلَّى الله عَلَيْهِ وَعَلَى أله وَصَحْبِهِ مَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. يَاأَيُّهاَ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ الله كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ الله وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه و سلم وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ. أَيَّهُا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بتقوالله وقد فازالمتقون

Baca juga: Bacaan Surat Yasin

Mukadimah Pidato Khutbah

Khutbah Jumat juga bisa memakai mukadimah ceramah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِفَضْلِهِ وَكَرَمِهِ، وَخَذَلَ مَنْ شَاءَ مِنْ خَلْقِهِ بِمَشِيْئَتِهِ وَعَدْلِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَلَا شَبِيْهَ وَلَا مِثْلَ وَلَا نِدَّ لَهُ، وَلَا حَدَّ وَلَا جُثَّةَ وَلَا أَعْضَاءَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا وَعَظِيْمَنَا وَقَائِدَنَا وَقُرَّةَ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَصَفِيُّهُ وَحَبِيْبُهُ. اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَّالَاهُ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ ﴿البقرة: ٢٣٨﴾

Mukadimah Pengantar Pengajian

Acara pengajian cukup umum dilakukan bagi umat islam di Indonesia. Biasanya acara ini dilakukan di masjid maupun di rumah pribadi. Bagi Pins yang tinggal di sekitar Kota Jakarta Timur maupun sekitarnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan acara pengajian yang di gelar di rumah pribadi.

Jika Pins berencara untuk membuat acara pengajian di rumah dan bingung untuk membuat naskah pidato, Pins bisa menggunakan muqaddimah sebagai berikut sebagai pembukaan pidato:

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا اَنْ هَدَانَا اللهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ اَجْمَعِيْنَ

Baca juga: Kumpulan Doa Setelah Sholat Wajib

Mukadimah untuk Pembukaan Acara MC

Source : pinhome.id

MC atau pembawa acara bisa menggunakan teks ini sebagai pembukaan:

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ:

Artinya: \”Segala puji bagi Allah, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas nabi dan rasul termulia, juga atas keluarga dan para sahabat, serta kepada yang mengikuti mereka dalam kebenaran sampai hari kiamat. Adapun setelahnya.\”

Mukadimah Ceramah Singkat

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ نَوَّرَ قُلُوْبَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِالْمَعْرِفَةِ فَاطْمَأَنَّتْ قُلُوْبُهُمْ بِالتَّوْحِيْدِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِلَى يَوْمِ الْمَوْعُوْدِ. . أَمَّا بَعْدُ

Artinya: \”Segala puji bagi Allah yang telah menerangi hati orang-orang yang beriman dengan ma’rifah, lalu hati mereka menjadi tenang dengan tauhid. Ya Allah, semoga berkah dan keselamatan tercurah pada Junjungan kita Muhammad dan para sahabatnya yang beriman dan mengerjakan amal saleh, hingga hari yang dijanjikan kelak. Adapun sesudahnya.\”

Mukadimah Isra\’ Mi\’raj

Ini salah satu muqoddimah yang digunakan Ustadz Abdul Shomad pada salah satu ceramahnya tentang hikmah isra\’ mi\’raj Nabi Muhammad Shallallahu \’Alaihi Wasallam:

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. سُبْحٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ اِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي، وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي، يَفْقَهُوا قَوْلِي

Mukadimah Maulid Nabi SAW

mukadimah ceramah
Source : Aspirasiku

Berikut ini salah satu contoh muqoddimah maulid nabi dari KH Anwar Zahid:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ لله أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ رَبُّ الْاَرَضِيْنَ وَالسَّمٰوَاتِ الْعُلٰى. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، نَبِيُّ الْمُصْطَفَى، اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا وَشَفِيْعِنَا وَقُدْوَتِنَا وَاُسْوَاتِنَا وَحَبِيْبِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَىْهِ وَسَلَّمَ، نُوْرِالْهُدَى وَشَمْسِ الضُّحَى وَبَدْرِالدُّجَى وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحْابِهِ اَهْلِ التُّقٰى وَالنَّقٰى وَالنَّجَى، سُبْحٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ اِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي، وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي، يَفْقَهُوا قَوْلِي، وَاجْعَلْ لِي وَزِيْرًا مِنْ أَهْلِي، رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ. أَمَّا بَعْدُ.

Mukadimah untuk Ceramah Kematian

Berikut ini contoh muqadimah ceramah yang digunakan pada acara haul Gus Dur ke 8 yang pernah disampaikan oleh Gus Mus:

اَلْحَمْدُ للهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنُؤْمِنُ بِهِ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْهِ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ اِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ اَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ وَتَرَحَّمْ وَتَحَنَّنْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحْابِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدًى. أَمَّا بَعْدُ

Mukadimah Singkat dari Ustadz Hanif Luthfi, Lc., MA

Salah satu contoh muqaddimah pada kajian dari Ust. Hanif Luthfi, Lc., MA sebagai berikut:

َلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِهِ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى أٰلِهِ وَاَصْحْابِهِ اَهْلِ الصِّدْقِ وَالْوَفَى، رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي، وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي، يَفْقَهُوا قَوْلِي. أَمَّا بَعْدُ

Mukadimah Ceramah Khas Gus Baha

Gus Bahas punya ciri khas dalam membuka pengajian yaitu menggunakan Firman Allah dalam Surat Al Furqan ayat 1 sebagai pujian kepada Allah di awal memulai ceramah. Berikut ini contohnya:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Mukadimah dari Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., MA

Berikut ini salah satu muqoddimah singkat dari Ust. Ahmad Sarwat, Lc., MA saat kajian:

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ، سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِهِ وَاَصْحْابِهِ اَجْمَعِيْنَ, أَمَّا بَعْدُ

Baca juga: 45 Cara Ampuh Mengatasi Demam Panggung saat Presentasi, Berpidato, Bernyanyi, Stand Up Comedy

Contoh Ayat Mukadimah

Source : Islampos

Dalam pembukaan pidato atau mukadimah, biasanya juga ditambahkan pembacaan ayat Al Quran dan hadits nabi sebagai pembuka. Beberapa contoh ayat mukadimah untuk memulai pidato di antaranya:

Ayat Mukadimah Taqwa

Untuk mengajak ketaqwaan, kita bisa menggunakan beberapa ayat Al Quran di antaranya:

Surat Ali Imran ayat 102:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

Artinya: \”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, dan jangan sekali-kali kamu semua mati kecuali dalam keadaan Islam.\”

Surat At-Tholaq ayat 2-3:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Ayat Mukadimah Isra\’ Mi\’raj

mukadimah ceramah
Source : pikiranrakyat

Surat Al Isra ayat 1:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: “Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Baca juga: 4 Macam Metode Pidato Beserta Penjelasannya

Ayat Mukadimah Maulid Nabi SAW

Surat Al Ahzab Ayat 21:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ

Artinya: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.”

Ayat Mukadimah Ramadhan

Source : kbanews

Surat Al Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur\’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

Baca juga: Pidato Kultum: 12 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Hadis dan Dalil

Ayat Mukadimah Tentang Sabar

Surat Al Baqarah ayat 45:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

Artinya: “Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Ayat Mukadimah Pernikahan

Surat Az-zariyat ayat 49:

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).”

Itulah beberapa contoh ayat mukadimah untuk ceramah, pidato maupun khutbah. Setelah mengetahui mukadimah ceramah yang telah kami bahas di atas, semoga Pins bisa mengamalkannya sebelum memulai ceramah maupun pidato. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download