BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Ketika Ada Orang Meninggal
0
0

Bacaan Doa Ketika Ada Orang Meninggal

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 29, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
doa ketika ada orang meninggaltop-right-banner

Sebagai umat muslim tentunya kita harus selalu saling mendoakan kebaikan terhadap sesama. Bukan hanya kepada mereka yang masih hidup namun juga terhadap yang telah meninggal. Ada bacaan doa ketika ada orang meninggal yang bisa kamu lafalkan agar mereka senantiasa diampuni dosanya dan ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT.

Kita sebagai manusia yang masih hidup diharuskan mendoakan mereka yang telah meninggal dunia agar dimudahkan jalannya. Apalagi jika orang meninggal tersebut merupakan kerabat atau keluarga kita sendiri, tentu saja kita harus mendoakan mereka.

Kira-kira bagaimana bacaan doa ketika ada orang meninggal? Silahkan simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: 25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya

Doa Ketika Ada Orang Meninggal

doa untuk orang meninggal
Source : Pinterest

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Orang-orang yang telah meninggal sudah tidak menginginkan banyak hal dan hanya ingin didoakan oleh mereka yang masih hidup. Doa bagi orang meninggal sangat berarti untuk meringankan beban di alam kubur.

Bukan hanya itu, tapi manusia yang mendoakan juga akan mendapatkan pahala saat mendoakan orang yang sudah tiada. Berikut adalah doa untuk orang yang sudah meninggal:

Baca juga: Tata Cara Melakukan Sholat Jenazah Lengkap

Doa Ketika Ada Orang Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Doa Untuk Orang Meninggal Laki-laki

doa untuk mayit perempuan
Source : Pinterest

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا

Allaahummaghfir lihayyinaa wamayyitinaa wasyaahidinaa waghaaibinaa washaghiiranaa wakabiiranaa wadzakarinaa wauntsaana.

Artinya: \”Ya Allah, berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil – kecil kami yang dewasa, kami yang laki – laki maupun perempuan.\”

اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ

Allaahumma man ahyaitahu minnaa fa ahyihi ‘alal islaami waman tawaffaitahu minnaa fatawaffahu ‘alal iimaani.

Artinya: \”Ya Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman.\”

اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa tudhillanaa ba’dahu birahmatika yaa arhamar raahimiina. Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.mena

Artinya: \”Ya Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Allah yang lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Baca juga: Bacaan Surat Yasin

Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan

Doa untuk mayit perempuan doanya sama hanya saja lafal ‘hu’ pada doa untuk mayat laki – laki kita ganti dengan lafal ‘ha’. Itu menunjukkan bahwa mayat tersebut adalah perempuan.

Doa Permohonan Untuk Orang Meninggal

Source : Liputan6

Ada pula doa ketika ada orang meninggal lain yang merupakan sebuah permohonan baik untuk orang yang sudah meninggal dunia, di antaranya adalah:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

Rabbigh firlii waliwaalidayya.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan ibu bapakku.” (QS Nuh : 28).

وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Waqurrabbirhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: “Ya Allah, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua yang mengasihikua di waktu aku kecil.” (QS Al Isra : 24).

Perbuatan Baik Untuk Orang Meninggal

Berikut ini adalah beberapa perbuatan baik yang bisa dilakukan untuk orang meninggal:

  • Mendoakan dan memohonkan ampun baginya.
  • Melaksanakan wasiat dari orang meninggal tersebut selama wasiat tersebut tidak memerintahkan untuk kemaksiatan dan tidak melawan syariat melainkan untuk kebaikan, maka lakukanlah.
  • Selalu menyambung silaturahmi orang yang sudah meninggal dengan kerabat – kerabatnya.
  • Berbuat baik kepada teman, sahabat, keluarga, dan kerabat orang yang sudah meninggal dunia.
  • Bersedekahlah atas nama orang yang sudah meninggal dunia.

Baca juga: Bacaan Doa Tahlil

Hadist Mengenai Manfaat Doa Ketika Ada Orang Meninggal

doa ketika ada orang meninggal
Source : Canva

Meskipun Allah sudah memerintahkan kita untuk melakukan segala hal baik namun untuk lebih memantapkan ada beberapa hadist yang membahas mengenai beberapa manfaat jika kita mau mendoakan orang yang sudah meninggal dunia, di antaranya:

Hadist 1

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Baqoroh ayat 180:

كُتِبَ عَلَيْكُمْ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ إِن تَرَكَ خَيْرًا الْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ وَالأقْرَبِينَ بِالْمَعْرُوفِ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ

Artinya: “Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antara kamu kedatangan atau tanda – tanda maut. Jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu – bapak dan karib kerabatnya secara ma’ruf. Ini adalah kewajiban atas orang – orang yang bertakwa.” (QS Al – Baqoroh : 180).

Hadist 2

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Isra ayat 23:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Artinya: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu dengan sebaik – baiknya.” (QS Al – Isra : 23).

Hadist 3

Rasulullah SAW bersabda:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti – nantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang ia percaya. Apabila doa itu telah sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia seisinya. Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang – orang yang masih hidup kepada orang – orang yang sudah meninggal ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (HR Ad – Dailami).

Hadist 4

Rasulullah SAW bersabda:

“Ada empat hal yang dapat dilakukan untuk orang yang sudah meninggal, yaitu berdoa dan beristighfar bagi keduanya, melaksanakan pesan – pesan yang mereka tinggalkan, berbuat baik kepada keluarga dan teman – teman mereka, dan menghubungkan tali silaturahmi yang tidak bersambung kecuali dengan perantaraan keduanya.”

Hadist 5

Rasulullah SAW berdoa untuk orang yang berada di peristirahatan terakhir:

“Semoga kesejahteraan bagi kalian wahai para penghuni kubur dari kalangan mukminin dan muslimin. Dan sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul. Aku meminta kepada Allah SWT keselamatan buat kami dan kalian.” (HR Muslim).

Hadist 6

Rasulullah SAW berdoa untuk orang yang berada di peristirahatan terakhir di dalam hadist yang lain:

“Ya Allah, ampunilah orang – orang yang masih hidup di antara kami, dan juga orang – orang yang telah meninggal dunia di antara kami.” (HR At – Tirmidzi).

Hadist 7

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari ‘Abdullah bin ‘Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya kebajikan yang paling utama adalah apabila seseorang melanjutkan hubungan silaturrahim dengan keluarga sahabat baik ayahnya.”

Hadist 8

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat seseorang hamba yang sholeh di surga.” Hamba itu kemudian berkata : “Ya Allah, dari mana semua ini ?” Allah SWT berfirman : “Dari istighfar anakmu.”

Hadist 9

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Ibnu ‘Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Mendengar dan taat adalah haq atau kewajiban selama tidak diperintah untuk berbuat kemaksiatan atau keburukan. Apabila diperintah berbuat kemaksiatan, maka tidak ada kewajiban untuk mendengar dan taat.”

Hadist 10

Diriwayatkan oleh Sa’ad bin Ubadah, ia berkata kepada Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara tiba – tiba. Sekiranya ia masih sempat berbicara niscaya ia akan bersedekah. Dapatkah aku bersedekah untuknya ?” Rasulullah SAW menjawab : “Ya!” Maka Sa’ad pun menggali sebuah sumur dan menyedekahkannya atas nama ibunya.” (HR Bukhari, Muslim, Nasai, Abu Daud, dan Ahmad).

Hadist 11

Diriwayatkan oleh Bukhori dari ‘Aisyah bahwa ada seorang laki-laki berkata, kepada Rasulullah SAW:

“Ibuku meninggal dunia secara tiba – tiba dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara dia akan bersedekah. Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bersedekah untuknya (atas namanya) ?”. Rasulullah SAW menjawab : “Ya, benar.”

Hadist 12

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jubair bin Nufair bahwa Rasulullah mendoakan orang meninggal dengan mengucapkan:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilmaa`i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa – dosanya dan kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkanlah kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya yang ada di dunia dengan rumah yang lebih baik lagi di akhirat kelak serta gantilah keluarganya yang di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka.” (HR Muslim).

Hadist 13

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As Sa’idi ia berkata:

“Ketika kami sedang bersama dengan Rasulullah SAW, tiba – tiba ada seorang laki – laki dari bani Salamah datang kepada beliau.” Laki – laki itu bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal dunia ?” Rasulullah SAW menjawab : “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka, dan memuliakanlah keluarga dan teman – teman mereka.”

Itulah kumpulan doa ketika ada orang meninggal dan beberapa dalil yang membuktikannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download