Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ January 11, 2023 ∙ 4 menit membaca

Saat ingin berbicara di depan umum, baik untuk presentasi maupun berpidato, terkadang kita sering merasa gugup dan tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar lancar berbicara di depan umum, salah satunya adalah dengan membaca doa kelancaran berbicara di depan umum.

Tak bisa dipungkiri, perasaan gelisah dan tidak percaya diri seringkali datang saat kita ingin berbicara di depan umum. Sehingga ini membuat kita terbata-bata saat berbicara atau bahkan tidak bebas dalam mengungkapkan apa yang seharusnya diungkapkan.

Oleh karenanya, penting untuk membaca doa kelancaran bicara agar pesan bisa tersampaikan dengan baik. Allah telah mencontohkan Nabi-Nya untuk membaca doa kelancaran bicara, sehingga urusan yang disampaikan dapat terdelivered dan ditangkap dengan baik.

Jika Pins sedang mengadakan pertemuan, presentasi, atau harus berpidato di depan banyak orang, maka Pins hendaknya membaca doa agar lancar berbicara di depan umum seperti di bawah ini!

Baca juga: Bacaan Doa Mau Ujian, Insya Allah Lancar!

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

(utusan)

Saat berbicara di depan banyak orang, tentu kamu mengharapkan perasaan hati yang tenang, tidak gugup, dan dilancarkan urusannya. Selain itu, kamu juga berharap bisa mengungkapkan informasi dengan baik, agar orang yang mendengarkan dapat memahami apa yang kamu sampaikan.

Jika demikian, doa kelancaran berbicara yang tertera di dalam Al Quran Surat Thaha Ayat 25-28 ini sangat cocok diamalkan. Doa ini adalah doa Nabi Musa saat diutus oleh Allah untuk menemui Fir’aun, orang paling berkuasa di Mesir pada saat itu.

Inilah bacaan doa kelancaran urusan dari Nabi Musa dalam tulisan Arab:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlii shadrii, Wayassirlii Amrii, Wahlul ‘uqdatammillisaanii, Yafqohuu Qoulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari Lidahku. Supaya mereka mengerti perkataanku.”

Nabi Musa adalah seorang Nabi yang lidahnya kurang fasih dalam berbicara. Hal ini disebabkan, pada saat nabi Musa kecil, Fir’aun menyuruh agar kepada Nabi Musa dihidangkan buah kurma merah dan juga bara api.

Lalu, Nabi Musa kecil disuruh untuk memilih, antara kurma dan bara api, mana yang dipilih. Hal ini untuk membuktikan bahwa Nabi Musa adalah manusia biasa menurut Firaun, bukan anak kecil yang membahayakan.

Nabi Musa pun memilih bara api tersebut dan dikunyahnya, sehingga lidahnya pun terbakar Inilah yang menyebabkan mengapa nabi Musa kurang fasih dalam berbicara, diakibatkan karena bara api yang dikunyahnya saat masih kecil agar Firaun tidak curiga kepada Nabi Musa.

Nah, buat Pins yang akan menghadapi ujian pidato, atau disuruh menjadi pembicara di depan, doa kelancaran berbicara dari Nabi Musa di atas dapat kamu terapkan sebelum berbicara di depan umum.

Baca juga: Tulisan Arab Syahadat.

Adab Berbicara di Depan Umum dalam Islam

doa kelancaran berbicara
(ShutterStock)

Selain doa kelancaran berbicara di atas, ada beberapa adab berbicara di depan umum dalam islam yang harus diketahui, di antaranya:

Mengucapkan Basmalah

Yang pertama, jangan lupa mengucapkan basmalah, karena sesuatu yang bagus jika tidak dimulai dengan basmalah maka akan terputus barokahnya.

Mengucap Salam dan Syukur

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengucapkan salam, memuji Allah dengan minimal lafadz alhamdulillah, lalu bacakanlah kalimat sholawat kepada nabi dan keluarga nabi.

Waba’du

Setelah mengucap basmalah dan salam, Pins bisa melanjutkannya dengan dua kalimat syahadat. Kemudian membaca doa kelancara berbicara di atas, dan Rasul juga mencontohkan untuk mengucapkan Amma Ba’du atau Waba’du di dalam berbicara.

Baca juga: Rabbi Habli Minas Sholihi, Minta Keturunan Yang Baik

Berbicara dengan Baik

Kemudian, tidak kalah penting adalah bicarakan hal-hal yang baik di depan umum. Janganlah sesekalinya berbicara provokatif, menjelekkan orang lain, mengata-ngatain orang lain, dan perbuatan buruk lainnya.

Nabi kita Muhammad Shallalhu Alaihi Wasallam tidak pernah memberikan contoh perkataan buruk kepada kita. Segala ucapan Nabi adalah ucapan yang enak didengar dan tidak pernah berkata kasar, menyakiti hati orang lain, mau meminta maaf dan dengan mudah memaafkan orang lain bahkan sebelum orang yang berbauat salah meminta maaf.

Nah, itulah doa kelancaran berbicara lengkap beserta dalilnya dari Al Quran. Allah yang Maha Kuasa yang menggerakan lisan kita saat berbicara, oleh karena itu berdoalah kepada Allah agar diberikan kelancaran berbicara.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia