Cara Membuat Teks Pidato dan Contohnya

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 7, 2022 ∙ 19 menit membaca

Cara membuat teks pidato umumnya sudah diajarkan sejak duduk di sekolah dasar. Namun sayangnya, sebagian besar orang mungkin telah melupakannya karena jarang sekali digunakan pada kehidupan sehari-hari. Tak heran jika banyak orang yang mencari contoh teks pidato yang baik dan benar.

Teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan juga penutup. Cara membuat teks pidato juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyusun kerangka pemikiran atau gagasan, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah pesan berupa pidato.

Jika Pins bingung untuk membuat teks pidato, berikut ini Pinhome akan sajikan cara membuat teks pidato dan contok teks pidato berbagai tema yang bisa Pins gunakan sebagai inspirasimu!

Baca juga: Teks Ceramah

Pengertian Pidato

Sebelum membahas cara membuat pidato, sebaiknya Pins mengetahui dulu apa pengertian Pidato? Menurut kamus bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada khalayak (orang banyak), atau sama dengan wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato merupakan salah satu cara penyampaian pikiran, gagasan, dan informasi dari pembicara kepada khalayak umum. Salah satu tujuan utama dari berpidato adalah meyakinkan pendengar tentang isi pidato yang disampaikan.

Pidato merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saat upacara bendera dan berkhotbah. Supaya pidato yang disampaikan dapat berjalan dengan runtut dan lancar, sebelum berpidato dilakukan perlu disiapkan naskah pidato.

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Jawa untuk Berbagai Acara

Cara Membuat Teks Pidato

(ShutterStock)

Dalam pembuatan teks pidato yang baik dan benar, sebaiknya Pins harus tahu terlebih dahulu tentang struktur teks pidato, berikut ini merupakan struktur-struktur dalam teks pidato:

Bagian Pembukaan

Struktur yang pertama adalah Pembuka, struktur yang satu ini biasanya berisi kalimat sebelum memasuki materi pembukaan teks pidato berisi di bawah ini:

1. Salam Pembuka

Biasanya salam pembuka pada teks pidato berada pada bagian awal teks. Contohnya seperti: “Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua.”

2. Ucapan Hormat

Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari orang yang dianggap paling penting. Contohnya seperti: “Yang saya hormati bapak kepala sekolah, Bapak / Ibu Guru, teman teman yang saya banggakan dan saya cintai.”

3. Ucapan syukur

Ucapan syukur dalam teks berpidato biasanya di curahkan kepada tuhan yang maha Esa. Contohnya seperti : “Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkah, karunia dan inayah-Nya kepada kita, sehingga kita bisa berkumpul dan bertatap muka disini dalam keadaan sehat.”

Bagian Isi

Struktur yang kedua adalah isi pidato, struktur atau bagian yang satu ini merupakan bagian yang paling penting dalam teks pidato, karena pada bagian ini pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar.

Agar isi teks pidato jelas dan mudah dimengerti kepada para pendengar kita bisa menambahkan kata seperti “pertama,,,,,”, kemudian dilanjutkan dengan “kedua,,,,,,”, dan “ketiga,,,,,”, begitupun selanjutnya. Penanda seperti itu juga membantu dalam penulisan dan menyusun teks pidato.

Adapun contoh kalimat isi pidato adalah sebagai berikut:

Hari ini, tepatnya tanggal 10 November 1945, di Surabaya telah terjadi sebuah peperangan yang sangat besar. Para pejuang dengan gagah berani dan dengan semangat yang dikobarkan oleh Bung Tomo maju menyerbu penjajah yang ingin kembali ke bumi pertiwi. Para penjajah itu tak rela kehilangan tanah jajahannya yang subur makmur dan menjadi sumber kekayaan bagi negeri mereka.

Namun, di tengah keterbatasan serta kondisi seluruh rakyat Indonesia kompak menolak kembalinya penjajah, karena rakyat sudah muak dengan penjajahan. Kemerdekaan adalah harga mati dan nyawa pun dipertaruhkan untuk mempertahankannya kemerdekaan yang sudah diraih.

Bukan hanya di Surabaya, di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), rakyat mengangkat senjata untuk menolak kedatangan penjajah yang ingin menguasai Indonesia kembali. Mereka rela mengorbankan nyawa asalkan negara Indonesia tetap merdeka dan tidak lagi dijajah oleh negara manapun.

Bagian Penutup

Struktur yang terakhir adalah bagian penutup. Penutup pidato yang baik akan memberikan rasa simpati kepada pendengar. Penutup pidato juga bisa ditambahkan kesimpulan pendek dan jelas dari isi pidato yang disampaikan.

Bagian penutup pidato juga biasanya berisikan permintaan maaf kepada khalayak atas kesalahan yang sengaja maupun kesalahan yang tidak disengaja dan salam penutup, jangan lupa juga tambahkan kalimat Wassalamualaikum wr. wb.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Contoh Teks Pidato

Agar lebih jelas dalam mengetahui cara membuat pidato, kamu dapat melihat contoh teks pidato lengkap berikut ini:

Contoh Pidato Tentang Pendidikan Berkarakter

(nongkrong.co)

Assalamualaikum Wr.Wb.

Marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai dan agama yang luhur ini hingga sampai kepada kita semua.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan karakter yang harapannya kelak para generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalanya, Salah satu lembaga independen memaparkan fakta yang mencengangkan, bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan berhubungan dengan sesama jenis.

Tidak hanya itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak kalah mengherankan. Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015.

Angka ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun lalu. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadi saat ini. Lantas, dimanakah peran pendidikan sekolah, guru dan orangtua?

Mengapa para remaja saat ini terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?

Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai ksatria. Hal ini disebabkan lemahnya pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Moral dan Pancasila (PPKN) di sekolah. Oleh sebab itu, yang kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

Demikanlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati. Akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: 45 Cara Ampuh Mengatasi Demam Panggung saat Presentasi, Berpidato, Bernyanyi, Stand Up Comedy

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Moral

contoh pidato bahasa Jawa
(Kompas)

Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita semuanya rahmat dan hidayahNya, tidak lupa juga shalawat dan salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW yang semoga kita semuanya tetap istiqamah dijalan yang dimuliakannya.

Hadirin semuanya dirahmati Allah, suatu bangsa akan lebih dihormati dan bisa lebih maju tidak hanya dengan teknologinya yang maju atau ekonominya yang semakin meningkat.

Akan tetapi lebih dari itu pendidikan tentang moralnya juga harus lebih baik. Moral yang baik bisa terlihat dari bagaimana tingkah laku yang dilakukan dalam keseharian.

Dari itu menjadi penting untuk selalu menjaga moralitas baik yang dimiliki dari pengaruh luar yang merusak. Hadirin yang dirahmati Allah, semakin majunya teknologi yang ada sekarang ini pada satu sisi memang lebih memudahkan untuk mencari dan menambah informasi, akan tetapi pada sisi lainnya juga bisa berpengaruh luas kepada moralitas bangsa ini.

Jangan sampai kemajuan teknologi tersebut justru membuat kita menjadi mudah sekali terpengaruh dan merusak nilai-nilai moral yang ada di negara kita.

Pentingnya pendidikan moral yang baik maka sebagai orang tua kita juga harus bisa dan bertanggung jawab dalam memantau perkembangan moral putra-putri kita agar bisa terhindari dari pengaruh buruk yang merusak moral mereka.

Berikan nasihat dan pendidikan moral kepada mereka agar senantiasa ingat kepada moral yang sejalan dengan bangsa ini, dan bentengi mereka dengan keimanan agar terhindar dari moral yang tidak bertanggung jawab.

Hadirin yang dirahmati Allah dari itu mulai dari sekarang mari kita bersama-sama dalam membantu menjaga dan moral bangsa terutama generasi penerus untuk bisa sopan dan santun serta mengingatkan akan budaya ketimuran yang ada di negara kita.

Sekian ceramah yang bisa saya sampaikan atas segala kekurangannya mohon maaf atas yang sebesar-besarnya.

Wassalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga: 4 Macam Metode Pidato Beserta Penjelasannya

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan

pidato pendidikan
(Pinterest)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMK N 1 Bawang.

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Bawang.

Dan yang saya hormati guru-guru SMK N 1 Bawang.

Beserta seluruh murid SMK N 1 Bawang yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.

Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?

Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik. Ini mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.

Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.

Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.

Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita.

Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.

Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya.

Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.

Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.

Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.

Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Baca juga: 6 Langkah Menyusun Naskah Pidato yang Baik dan Benar

Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan

pidato pendidikan
(Pinterest)

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan yang luar biasa.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang “Menjaga Kesehatan untuk Menyongsong Masa Depan”.

Perlu kita sadari bahwa kesehatan itu memang mahal harganya. Bayangkan saja jika kamu tiba-tiba terkena penyakit jantung atau penyakit stroke, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut, pastinya bisa sampai puluhan juta.

Oleh karena itulah, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Jika kesehatan kita tetap terjaga dengan baik maka kita bisa melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan lancar sehingga kita bisa meraih prestasi lebih banyak lagi demi masa depan kita.

Bangsa yang kuat yaitu bangsa yang memiliki rakyat yang sehat di dalamnya. Jika rakyat sehat, maka sebuah negara akan menjadi kuat dan sebaliknya jika sebagian besar rakyatnya berpenyakit maka bisa dipastikan bangasa akan menjadi lemah.

Sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan diri kita mulai dari hal yang sederhana, seperti bangun pagi tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan secukupnya sebelum berangkat sekolah.

Jangan terlalu banyak makan pagi supaya tidak merasa ngantuk di sekolah. Setelah itu, apabila ada pelajaran olahraga praktik, antusias lah dalam mengikutinya dengan baik, sebab secara tidak langsung kamu sudah melakukan olahraga selama seminggu sekali.

Di saat istirahat, makanlah jajanan yang bersih dan sehat, hal itu bisa kita lihat dari melihat kemasannya.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita kerjakan untuk dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Yang paling penting adalah kita tetap peduli dan senantiasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat.

Jagalah kebersihan lingkungan di sekitar kita dalam kondisi yang baik agar kesehatan kita tetap terjaga karena lingkungan yang kumuh merupakan sumber daripada penyakit.

Untuk itu, saya ingatkan kembali bahwa marilah kita jaga kesehatan tubuh kita mulai dari saat ini, jangan menunggu sampai esok hari. Mulailah dengan pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga untuk menyongsong masa depan kita.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Baca juga: 7 Cara Juara Lomba Pidato Berdasarkan Penilain Dewan Juri

Contoh Teks Pidato Tentang Narkoba

(jago berpidato)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang indah ini.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad Saw.

Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui perjuangan, pengorbanan, dan jerih payahnya kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan.

Demikian halnya, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di Indonesia jumlah pengguna narkoba sangatlah besar, disebabkan lemahnya penegakan hukum. Para pengedar dari luar negeri dapat berkolaborasi dengan warga negara Indonesia dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Penyalahgunaan narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa pengaruh yang luas dan menyeluruh. Sebagai imbasnya antara lain gangguan kesehatan, perubahan perilaku, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, tindak kekerasan, kriminalitas yang meningkat dan lainnya.

Penyalahgunaan narkoba dapat dihindari lewat program-program yang baik, antara lain mengikuti agenda-genda sosial, tidak bergaul dengan pengguna, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan teman untuk menggunakan narkoba.

Dan yang membuat miris adalah pengguna narkoba lebih di dominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Sekolah juga harus memberikan penyuluhan kepada para murid mengenai bahaya dan dampak dari pemakaian narkoba.

Penyuluhan tersebut bisa melalui Guru BP dan diadakannya diskusi yang menyertakan para siswa dalam perencanaan untuk mencegah masuknya narkoba di sekolah tentu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Program lain yang cukup penting dilakukan yaitu program waspada narkotika dengan cara mengidentifikasi ciri-ciri siswa yang mengkonsumsi narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal dan mengadakan razia dadakan.

Seringkali pengedar maupun pengguna di sekolah sudah paham betul mengenai program-program di yang ada di sekolah untuk mencegah narkoba masuk ke sekolah, mereka tentu saja mengatasinya dengan sebaik yang mereka bisa.

Namun sepintar apapun kiat yang mereka lakukan, kita juga harus optimis bahwa narkoba ini bisa ditangkal atau setidaknya diminimalisir dengan cara apapun juga.

Tentunya cara-cara yang kita pakai bisa memberi manfaat kepada siswa, meningkatkan kualitas karakternya dan yang paling penting para siswa bisa nyaman untuk terus belajar.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: 14 Cara Membaca Naskah Pidato yang Baik dan Benar

Contoh Teks Pidato Tentang Moral dan Akhlak

Contoh Pidato Pendidikan
(Pexels)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah Swt Tuhan semesta alam yang telah memberikan segenap limpahan rahmat serta nikmat kepada kita semua sehingga kita masih bisa menikmati udara segar serta dapat berkumpul dalam suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.

Kedua kalinya, marilah kita senantiasa mengenang dan mencintai baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang diridhoi oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya pendidikan moral dalam kehidupan kita sebagai masyarakat yang penuh dengan sopan santun dan etika.

Pidato singkat ini saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri dan pada umumnya kepada para hadirin sekalian.

Bapak/Ibu para hadirin dan sahabat-sahabatku semuanya,

Suatu bangsa akan lemah ketika masyarakatnya sudah tidak bisa menunjukkan moral dalam bertingkah laku.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga moralitas kita dari pengaruh-pengaruh buruk yang dapat merusak nilai kearifan yang sudah kita jalani sekarang ini.

Dewasa ini kehidupan manusia semakin di permudah, semua fasilitas yang ada semakin memanjakan kita semua, kemajuan teknologi kian memudahkan kita untuk menjalankan berbagai macam aktivitas.

Kita tidak boleh dengan mudahnya terbuai yang kemudian menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat. Kita harus memanfatkannya untuk tujuan-tujuan yang bersifat positif.

Bapak/Ibu sekalian,

Merupakan sebuah tanggung jawab besar bagi orangtua untuk selalu memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang dapat merusak moral dan akhlak mereka.

Orangtua harus senantiasa memberikan nasehat yang mendidik kepada seorang anak. Ini sangatlah penting sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari sesuatu yang dapat menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang tidak baik.

Caranya dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk mau belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan edukasi moral dan karakter.

Tidak hanya itu, kita juga harus rela menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka dan akhirnya bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya.

Sahabatku sekalian yang saya cintai.

Betapa pentingnya arti sebuah moral. Bangsa Indonesia ini tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan ketika adat ketimuran yang santun dan ramah sudah hilang dari kehidupan sehari-hari.

Maka sebab itu, marilah kita untuk tetap menjunjung tinggi nilai moral, etika bermasyarakat, karakter gotong royong, nuansa tenggang rasa dan menghargai perbedaan.

Dimulai dari kita sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa yang majemuk ini senantiasa terhindar dari kemungkinan yang tidak kita inginkan.

Semoga kita tetap dalam lindungan dan rahmat yang dianugerahkan oleh Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan apabila ada sepatah kata yang kurang berkenan di hati, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca juga: Pidato Kultum: 12 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Hadis dan Dalil

Contoh Teks Pidato Program Wajib Pendidikan 12 Tahun

Contoh Pidato Pendidikan yang Baik
(Pexels)

Yang terhormat Bapak/Ibu …

Yang saya hormati Bapak/Ibu …

Serta yang saya muliakan seluruh hadirin.

Asalamu’alaikumwr.wb

Sebagai umat Tuhan yang tak pernah lepas dari nikmatnya, pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur atas rahmat yang Dia berikan sehingga kita semua dapat berkumpul dalam acara perkumpulan Wali Murid SMP 2 Batam di pagi hari ini.

Tak lupa juga saya mengucapkan terimakasih pada bapak, ibu atau saudara yang sudah menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara ini.Kehadiran bapak, ibu atau saudara sekalian adalah bukti bertapa pedulinya anda terhadap pendidikan di negara tercinta kita, Indonesia.

Ya, kita semua memang sudah seharusnya memahami betapa pentinya pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Dimana mereka adalah orang-orang yang kelak akan meneruskan perjuangan kita semua untuk membawa bangsa Indonesia ke kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Dengan adanya kualitas pendidikan yang baik, dirasa generasi penerus bangsa pun akan mampu memajukan bangsa lebih baik dibanding saat ini. Usaha untuk memaksimalkan pendidikan di Indonesia ini wajib dilakukan oleh semua warga, tak hanya mereka yang duduk di bangku perwakilan rakyat saja, namun semua masyarakat pun wajib ikut serta dalam pembangunan dunia pendidikan di Indonesia.

Saat ini, salah satu usaha nyata yang telah berhasil dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia adalah program wajib belajar 12 tahun.Dimana anak-anak Indonesia diwajibkan untuk mengenyam pendidikan hingga bangku sekolah menengah atas.

Program yang sudah dijalankan sejak tahun 2012 ini sudah mulai membuahkan hasil dengan bukti kesejahteraan rakyat yang mulai menaiki tahap level menengah.Ya, seperti yang anda ketahui bahwa saat ini dunia kerja kebanyakan hanya membutuhkan mereka yang memiliki pendidikan minimal SMA/SMK.

Untuk mereka yang mengenyam pendidikan di bawah level tersebut biasanya hanya akan mendapat pekerjaan keras yang hanya membutuhkan tenaga sebagai modalnya. Tentu saja hal ini sebenarnya sudah tidak boleh lagi terjadi pada bangsa Indonesia.

Mengingat saat ini Indonesia juga mengikuti program pasar bebas ASEAN, dimana warga negara lain bebas masuk ke negara Indonesia sebagai pekerja profesional. Dan jika anak-anak muda Indonesia tak mengenyam pendidikan yang pantas, tentu saja kursi-kursi kerja yang membutuhkan kemampuan otak dan skil hanya akan diduduki oleh mereka yang berasal dari negara lain, dan anak-anak kita hanya akan mendapat sisa pekerjaan beratnya saja.

Sangat mengerikan bukan bayangan itu jika benar-benar terjadi pada bangsa tercinta kita?

Hadirin yang berbahagia,

Meskipun saat ini program wajib belajar 12 tahun sudah berjalan, namun keyataannya belum 100% berhasil. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang putus sekolah ataupun tidak meneruskan lagi setelah lulus dari bangku SLTA.

Untuk itulah, saya sebagai kepala sekolah SMP N 2 Batam meminta kerja sama bapak/ibu, saudara wali murid kelas IX SMP N 2 Batam untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program wajib belajar 12 tahun.

Jangan sampai setelah lulus dari SMP N 2 Batam ini anak-anak anda tidak meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan alasan apapun. Ingatlah, pendidikan tak hanya sebatas memberikan dampak positif kepada masa depan kehidupan ekonomi anak, namun juga berdampak positif bagi kehidupan sosial anak.

Ya, sebab anak yang berpendidikan akan lebih jauh dari kehidupan bebas yang akan merusak masa depan mereka.

Sekian dari saya, terimakasih atas partisipasi dari bapak, ibu atau saudara. Mohon maaf apa bila banyak tutur kata serta tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati bapak, ibu atau saudara.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nah, itulah sedikit ilmu yang bisa Pinhome sampaikan tentang pengertian, contoh, dan cara membuat teks pidato. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Pins ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?

Crypto adalah instrumen investasi yang mempunyai risiko sangat tinggi. Investasi crypto sebaiknya m

Gadget
Gadget 3 Cara Mendownload Google Classroom Di Laptop, Mudah Banget!

Sejak pandemi, beberapa instansi pendidikan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran

Finansial
Finansial 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Kepopuleran NFT (Non Fungible Token) di Indonesia turut beriringan dengan bermunculannya NFT market

Gadget
Gadget 6 Cara Ngeprint dari HP Tanpa Maupun Dengan Kabel

Pada era yang serba digital ini, semua hal dituntut untuk bisa lebih cepat. Begitu pula, dengan men

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia