Pinhome

Contoh Teks Mc Pengajian yang Khidmat

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 3 August 2021 ∙ 22 menit membaca

Bagi seluruh umat islam acara pengajian memang sering dilakukan. Biasanya diadakanya pengajian guna untuk mengisi sebuah acara. Hari sebelum keberangkatan haji, Peringatan Maulud Nabi Saw, Acara Muslimat, Acara Fattayat, pengajian rutinin, Khitanan, dan  bulan-bulan rajab. Contoh teks MC Pengajian ini bisa digunakan bagi yang menjadi pemandu acara. 

Pinhome – Supaya acara pengajian dapat berjalan lancar, maka kita perlu adanya MC atau sebuah moderator guna untuk mengatur jalanya dari acara tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas contoh teks MC pengajian yang baik dan benar.

Baca Juga:

Tips Menjadi MC Pengajian

Untuk menjadi seorang MC pengajian yang baik, maka kita harus memiliki bekal yang cukup. Agar nanti ketika kita menyampaikan isi dari acara pengajian bisa mudah difahami oleh semua orang.

Sebelum acara pengajian di mulai, maka alangkah baiknya seorang MC terlebih dahulu membuat catatakan teks MC yang ingin nanti pengen disampaikan.

Sehingga nantinya kita tidak akan salah dalam menyampaikannya isi dari acara pengajian tersebut. Biasanya sebuah susunan acara akan dibacakan terlebih dahulu sebelum acara pengajian dimulai.

Tips Menyampaikan Susunan Acara Pengajian

Berikut tips dalam menyampaikan acara susunan pengajian, agar ketika dipanggung tidak salah kaprah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Santay atau tenang
  2. Tidak kaku dalam menyampaikanya
  3. PD (Percaya Diri) saja
  4. Baca atau hafalkan sebelum acara dimulai
  5. Catat bila perlu

Berikut teks MC pengajian yang dapat kita gunakan dalam melakukan acara seperti pengajian dan lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga:

1. Contoh Teks MC Pengajian Akbar

Contoh Teks Mc Pengajian
(Freshlive.com)

Sebagai seorang MC pengajian akbar yang baik, maka yang perlu kita siapkan adalah sebuah susunan acara yang baik dan benar. Meskipun kita bisa membawa teks untuk dibaca, namun akan juah lebih baik lagi. Jika kita mau menghafalkan susunan-sunanan acara dalam memandu jalannya sebuah acara pengajian akbar nanti.

Berikut contoh teks mc susunan acara untuk pengajian akbar.

1. Pembukaan

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati bapak ustad Abdul Hamid, selaku ketua majlis ta’lim
  2. Selanjutnya Yang saya hormati kepada seluruh panitia pengurus masjid ta’lim
  3. Beserta para hadirin-hadirin semua yang saya hormati

Sebagai umat muslim yang dimulyakan Allah SWT, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahan ramhat dan hidahnya.

Sehingga pada kesempatan sore hari ini kita masih diizinkan untuk berkumpul dalam menghadiri acara pengajian Akbar dengan keadaan sehat Wal’afiat Aamiin Aamiin Ya Robal Alamiin.

Hadirin yang saya hormati

Selaku saya pembawa acara sore ini, maka izinkanlah saya untuk membacakan susunan-susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini.

Baca Juga:

Acara yang pertama:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan surat Al-Baqoroh yang akan dibacakan oleh ustadz abdul khoir
  3. Sambutan dari pemimpin pengajian akan disampaikan oleh bapak Aswar
  4. Acara Pengajian akan dibawakan oleh Al-karim Ustad Muhammad Halim
  5. Doa, penutup

Demikianlah susunan-susunan acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara sesi selanjutnya, marilah kita buka acara sore ini dengan membaca Basmalah bersama-sama.

2. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci Al Qur’an dan akan dibacakan oleh ustadz abdul khoir, waktu dan tempat kami persilakan.

Terimakasih kepada ustadz abdul khoir yang telah membacakan ayat suci Al Qur’an. Semoga Allah senantiasa memberikan pahala yang berlimpah kepada kita semua, terutama bagi ustadz abdul khoir.

Baca Juga:

3. Sambutan dari Pimpinan Pengajian

Sebelum masuk ke sesi acara inti, marilah kita dengarkan dengan seksama sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian sore hari ini, kepada bapak Abdul Hamid waktu dan tempat kami persilakan.

4. Acara inti

Akhirnya yang ditunggu-tunggu sampai di acara inti, yakni ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh Al-karim Ustad Muhammad Halim. Kepada ustad Halim yang kami mulyakan dan kami hormati, waktu dan tempat kami persilakan.

5. Doa

Akhirnya sampai diujung acara pengajian hari ini yakni berdoa bersama yang akan dipimpin oleh beliau Al’karim ustad Halim.

Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara pengajian akbar sore hari ini tutur kata jika terdapat salah kata ataupun sikap yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan sekalian adek-adek, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada Al’karim ustad Halim untuk memimpin doa bersama, waktu dan tempat kami persilakan dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian akbar sore hari ini.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

2. Contoh Teks MC Pengajian Singkat

(Pinterest)

Acara pengajian tidak hanya sekedar untuk menyambut hari-hari tertentu saja, namun acara pengajian juga dapat dilakukan sebagai rutinitas dalam sebuah memperkuat hubungan erat pada suatu kegiatan.

Sebelum acara pengajian dimulai, tentu harus ada seorang MC yang akan menjadi pemandu dari sebuah jalannya acara pengajian. Berikut contoh teks MC yang dapat kita pakai untuk acara pengajian singkat.

Baca Juga:

1. Pembukaan

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Sebelum kita mulai acara pengajian pada kesempatan hari ini, marilah pertama-tama kita panjatkan puji dan puji syukur atas kahadirat Allah SWT.

Serta tidak lupa Sholawat serta salam, kepada Nabi Besar kita Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman yang Insya Allah penuh dengan kemulyaan ini, Aamiin, Aamiin, Ya Robbal Alamin.

Yang kami hormati romo yai haji Abdullah selaku penceramah dan hadirin hadirot yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga dengan adanya pengajian hari ini, bisa menjadikan salah satu amal baik dan dapat menambah ilmu agama terhadap kita semua Aamiin, Ya Robbal Alamin.

Sebelum acara dimulai, marilah kita buka bersama dengan membaca basmallah dan dilanjutkan dengan bacaan suratul Al Fatihah.

Baca Juga:

2. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Acara berikutnya akan dilanjutkan dengan lantunan bacaan ayat suci Al Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara Usatadz Mikhim, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih banyak kepada ustadz Mukhim, semoga dari bacaan ayat suci Al Qur’an tadi dapat menambah keberkahan dan kelancaran untuk sesi acara pengajian pada hari ini.

3. Acara Inti

Demi mempersingkat waktu, langsung saja ke sesi acara selantunya yakni acara inti dari pengajian pada hari ini yang tentunya akan disampaikan oleh Al-karim Ustad Ahmad Jelani dengan tema: pentingnya dalam mencari ilmu, waktu dan tempat kami persilakan.

Terimakasih banyak kepada Al-karim Ustad Ahmad Jaelani yang sudah memberikan tausiyahnya kepada kita semua, semoga dari tausiyahnya tersebut dapat bermanfaat dan menjadi keberkahan terhadap kita semua.

Baca Juga:

4. Sesi tanya jawab

Dari tausiyah yang sudah disampaikan oleh Al-karim ustad Ahmad Jaelani. Maka selanjutnya akan di isi dengan sesi tanya jawab. Bagi seluruh para jamaah pengajian yang ingin bertanya, waktu dan tempat kami persilahkan.

5. Penutup

Acara demi acara sudah kita lalui hingga tibalah dipenghujung acara yakni doa bersama, yang tentunya akan dipimpin oleh Al-karim Ustad Ahmad Jaelani.

Saya selaku pembawa acara pada pengajian hari ini, jika terdapat tutur kata maupun sikap yang kurang sopan saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bilahitaufik walhidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

3. Contoh teks MC Pengajian Rutin

Contoh Teks Mc Pengajian
(Trip.com)

Umumnya di suatu daerah tentu sering diadakan acara pengajian dalam rangka rutinan, seperti pengajian setiap malam jum’at, pengajian bulanan dan pengajian lainnya.

Dalam sebuah acara pengajian tentu kita membutuhkan seorang MC yang nantinya akan menjadi memandu dalam jalanya acara pengajian, mulai dari awal hingga selesai.

Berikut contoh teks MC pengajian rutin yang dapat kita gunakan.

Baca Juga:

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

Puja dan puji syukur yang senantiasa kami haturkan kepada Allah SWT yang selalu memberikan syafaatnya kepada kita semua, baik berupa nikmat sehat jasmani maupun rohani, serta rezeki yang diberikan dalam setiap harinya.

Sehingga dengan demikian kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat Wall Afiat, Aamiin, Aamiin Ya Robbal Alamin.

Selain bersilaturahim, kita juga akan disirami dengan tausiyah yang indah dan penuh berkah ini dan semoga juga dapat menambah ilmu bagi kita semua. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Dan tidak lupa sholawat serta salam kepada Nabi kita, Nabi Agung Nabi Muhammad SAW. Yang sebagaimana telah memimpin umat Islam yang merupakan agama yang paling diridhoi oleh Allah SWT.

Lanngsung saja saya ucapkan terima kasih kepada Ustadzah Siti Aminah selaku pembicara, dan ibu kepala desa yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri pengajian rutinan hari ini.

Serta ibu Nuriya Laili selaku ketua panitia pengajian hari ini dan tidak lupa untuk para hadirin semua yang telah hadir pada pengajian rutinan hari ini.

Sebelum kita memasuki acara pengajian rutinan pada hari ini, marilah kita buka bersama dengan membaca bassmalah dan dilanjutkan dengan bacaan suratul Al-Fatihah.

Dengan bacaan umul Qur’an tersebut semoga kita semua bisa mendapatkan keberkahan dari acara pengajian hari ini.

Sebelum masuk ke sesi selanjutnya, maka saya akan menyampaikan susunan-susunan acara pengajian hari ini mulai dari awal hingga akhir.

Baca Juga:

Yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-qur’an yang akan dibacakan oleh saudara Eka Nuriya
  3. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ibu Zulaikah selaku lurah desa singorojo.
  4. Sambutan kedua akan disampaikan oleh ketua panitia pengajian
  5. Tausiyah ceramah akan dibawakan oleh ustadzah Siti Aminah
  6. Serta akan dilanjut dengan doa penutup.

Para hadirin-hadirod yang di mulyakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan acara pengajian sekolah hari ini.

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Bilahitaufik walhidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb

4. Contoh Teks MC Pengajian Maulid Nabi

(Flipkart.com)

Berikut contoh tekc MC pengajian maulid Nabi yang singkat, yang tentunya dapat kita gunakan.

Bismillah

Assalamualaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang saya hormati romo bapak kyai haji Muhlis selaku pembawa tausiyah
  2. Yang saya hormati Bapak Nur Hidayat selaku kepala desa boja
  3. Yang saya hormati jajaran-jajaran ketua panitia penyelenggara pengajian Maulid Nabi
  4. Serta yang saya hormarti para hadirin-hadirin yang berbahagia.

Sebagai umat islam yang dimulyakan, yang pertama marilah kita jaga hati kita untuk selalu bersykur atas nikmat yang selalu diberikan oleh Allah SWT.

Sehingga pada pengajian kali ini kita dapat menghadiri acara pengajian Maulid Nabi, dengan keadaan yang sehat dan tanpa ada suatu halangan apa pun.

Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kapada nabi kita yakni Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, yang sebagaimana sudah berjuang membawa agama Islam kita menjadi agama yang penuh kemulyaan, dan semoga kita juga bisa mendapatkan syafaatnya di kelak di yaumil qiyamah nanti Amiin Ya Robbal Alamin.

Saya selaku pembawa acara di acara pengajian Maulid Nabi di hari ini, maka langsung saja saya akan membacakan susunan-susunan acaranya. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga:

Yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan surat Al-mulk
  3. Pembacaan sholawat nabi yang akan di pandu oleh saudara Abbas
  4. Sambutan pertama yang akan disampaikan oleh bapak kepala desa
  5. Sambutan kedua yang akan disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara
  6. Ceramah yang akan dibawakan oleh bapak kyai haji Muhlis
  7. Doa bersama
  8. Pengumuman
  9. Penutup

Para hadirin-hadirod yang di mulyakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan acara pengajian sekolah hari ini.

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

5. Contoh Teks MC Pengajian Akhirusannah

Contoh Teks Mc Pengajian
(Sakalalima)

Umumnya acara akhirusannaah biasa diadakan ketika sudah menjelang bulan puasa ramadhan. Kegiatan Akhirusannaah umumnya dilakukan secara rutin sebagai tanda penutupan dari akhir tahun.

Biasanya disaat momen itulah akan diadakan acara pengajian Akhirusannah baik yang dari Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), TPQ, pondok pesantren dan majelis-majelis ta’lim lainya.

Dalam sebuah acara pengajian Akhirusannah, maupun pengajian lainnya tentunya kita membutuhkan MC guna untuk memantu jalanya dari sebuah acara pengajian tersebut.

Berikut contoh Teks MC Pengajian Akhirusannah yang dapat kita gunakan.

Baca Juga:

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang kami hormati bapak kyai haji Abdul Fattah
  2. Yang kami hormati haji Akbar selaku Kepala Madrasah
  3. Yang kami hormati Para ustad dan ustadzah
  4. Serta tidak lupa yang kami hormati para hadirin dan tamu undangan yang berbahagia

Pada pagi yang cerah ini, pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur atas kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan rahmat yang sudah dilimpahkan kepada kita semua.

Sehingga pada kesempatan pagi yang cerah ini, kita dapat menghadiri acara pengajian akhirusannah di MDA Subulwaton dalam keadaan sehat wal afiat.

Dan tidak lupa sholawat serta salam kita tuturkan kepada Nabi Besar, Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, yang selalu kita nanti-nantikan syafaatnya hingga di akhir zaman nanti.

Yang dimana pada setiap umat Islam akan dimintai pertanggung jawaban atas amal baik buruk yang sudah dilakukan selama di dunia. Oleh sebab itu, sebagai umat Islam yang di mulyakan marilah kita berlomba-lomba untuk mengamalkan kebaikan kita.

Baca Juga:

·         Kepada Bapak/ibu saudara yang saya hormati

Saya selaku MC pembawa acara pengajian akhirussannaah di MDA Subulwaton, maka izinkan saya untuk membacakan susunan acara pengajian akhirussannaah. Berikut susunan acaranya.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan yang akan dimulai dengan bacaan basmalah bersama dan akan dilanjut dengan suratul Al Fatihah
  2. Bacaan sholawat nabi yang akan dipandu oleh ustad Kondli.
  3. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ustadz Akbar selaku kepala Madasah.
  4. Sambutan kedua akan disampaikan oleh ketua panitia akhirussannaah MDA Subulwaton.
  5. Ceramah yang akan dibawakan oleh kyai haji Abdul Fattah.
  6. Istirahat, sholat dan sekalian akan diisi dengan pengumuman.
  7. Doa bersama yang dipimpin oleh ustad Abdul Fattah.

Para hadirin-hadirod yang di muliakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan MC acara pengajian akhirussannaah MDA Subulwaton pada pagi ini.

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

6. Contoh Teks MC Pengajian di Sekolah

(Takenote.com)

Ketika masuk pelepasan siswa sekolah, biasanya akan di adakan acara seperti pengajian dan lainnya. Namun, biasanya sebagian dari kita masih bingung dalam menyiapkan teks MC atau pembawa acara.

Berikut contoh teks MC pengajian di sekolah yang baik dan benar dan tentunya dapat digunakan untuk kalian.

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Wr. Wb

  1. Yang saya hormati kapada bapak kepala sekolah SMA N 1 Kendal
  2. Untuk Yang saya hormati kepada jajaran bapak/ibu guru
  3. Dan tidak lupa kepada teman-teman yang berbahagia

Alhamdulillah, atas segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di hari yang penuh barokah ini, dengan keadaan sehat wal afia’at tanpa ada suatu halangan apapun.

Dan tidak lupa sholawat serta salam kepada junjungan Nabi kita, Nabi Allah, Nabi Muhammad SAW. Karena berkat beliau kita dapat menikmati kehidupan yang penuh kemulyaan. Dengan memeluk agama Islam yang penuh berkah ini semoga kita selalu mendapatkan syafaatnya hingga di akhir zaman ini.

Langsung saja, kepada bapak/ibu yang saya hormati beserta teman-teman yang berbahagia. Saya selaku MC pembawa acara pengajian sekolah hari. Maka perkenankan saya untuk menyampaikan susunan acara mulai dari awal hingga akhir.

Baca Juga:

Langsung saja yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Navisa, siswi kelas 1
  3. Sambutan kepala sekolah SMP N1 Candiroto
  4. Sambutan dari ketua panitia penyelenggara
  5. Penampilan grup dari sybayn gambus siswa siswi SMP Negeri 1 Candiroto
  6. Penampilan seni tari dari grup tari SMP N 1 Candiroto
  7. Ceramah yang akan disampaikan oleh ustad Hanafi Usman
  8. Sesi tanya jawab
  9. Doa bersama
  10. Penutup

Para hadirin-hadirod yang di mulyakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan acara pengajian sekolah hari ini.

Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

7. Contoh Teks MC Pengajian Fattayat

(Bukalapak)

Sebuah organisasi yang besar serta memiliki banyak anggota hingga ribuan juta anggota. Salah satunya Nahdlatul Ulama (NU), memiliki banyak organisasi yang di naungi oleh kepengurusan PBNU.

Salah satunya yakni seperti fattayat yang juga merupakan sebuah organisasi yang berisi anak muda-muda Nahdlatul Ulama (NU), sedangkan muslimatnya berisi para ibu-ibu (NU).

Biasanya dalam sebuah organisasi yang besar sering mengadakan pengajian rutinan entah itu di adakan dalam setiap seminggu sekali maupun sebulun sekali.

Dalam sebuah acara pengajian tentunya kita membutuhkan MC yang nantinya akan menjadi pemandu dalam mengatur jalanya dari sebuah acara tersebut.

Berikut contoh teks MC Pengajian Fattayat, yang dapat kita gunakan.

Baca Juga:

Bismillah, Hamdan Wasyukurillah.

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Kepada yang terhormat:

  1. Ustad Ahmad Mufid
  2. Bapak kepala desa beserta jajaran seluruh perangkatnya
  3. Bapak pimpinan dari ranting Nadhlatul Ulama (NU) Desa boja, Candiroto
  4. Ibu pimpinan dari ranting Muslimat beserta seluruh jajaran pengurusnya
  5. Dan tidak lupa seluruh keluarga besar Muslimat dan fattayat- fattayat yang berbahagia.

Puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu mencurahkan segala rahmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Sehingga kita semua dapat menghadiri acara dalam rangka pengajian rutin Fattayat di Desa Boja dalam keadaan baik tanpa adanya suatu halangan apapun.

Tak lupa Sholawat serta salam kita tuturkan kepada Nabi Agung, Nabi Allah, Nabi Muhammad SAW. Yang dimana beliau sudah membawa umatnya ke jalan yang terang benerang sehingga kita dapat menikmati Islam yang penuh kebahagiaan ini.

Baca Juga:

·         Hadirin yang Saya Hormati

Pada kesempatan kali ini, saya selaku MC atau pembawa acara pengajian Fattayat, maka saya akan menyampaikan susunan-susunan acara pengajian kali ini diantaranya sebagai berikut ini.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan, yang akan diawali dengan bacaan basmallah bersama dan akan dilanjutkan dengan bacaan suratul Al-fatihah
  2. Pembacaan lantunan ayat suci Al Qur’an
  3. Menyanyikan lagu Mars Fattayat
  4. Sambutan pertama yang akan disampaikan oleh pemimpin ranting Fattayat
  5. Sambutan kedua yang akan disampaikan oleh ketua panitia Pengajian Fattayat
  6. Bacaan sholawat nabi yang akan di iringi oleh grup Rebana Asy-Syauqi
  7. Acara inti, tausiyah akan dibawakan oleh Al-karim ustad Ahmad Mufid
  8. Doa bersama yang dipimpin oleh Al-karim ustad Ahmad Mufid
  9. Penutup

Demikianlah hadirin-hadirod yang di mulyakan oleh Allah SWT, susunan-susunan acara pengajian fattayat kali ini. Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Baca Juga:

8. Contoh Teks MC Pengajian Pernikahan

Contoh Teks Mc Pengajian
(Organisasi.co.id)

Dalam sebuah acara pernikahan biasanya akan diadakan acara pengajian sebelum hari pernikahan tiba. Pengajian tersebut memiliki tujuan sebagai bekal ilmu serta wawasan terhadap calon pengantin yang akan memiliki kehidupan berumah tangga.

Sebagai seorang MC atau seorang pembawa acara maka kita harus benar-benar sudah menyiapkan teks mc atau susunan-susunan acara dengan baik dan benar. Agar acara pengajian pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Berikut contoh teks MC pengajian pernikahan yang dapat kita gunakan.

Bismillah

Assalamualaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

Puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu melimpahkan kenikmatan dan keberkahan rezeki yang berlimpah. Baik itu nikmat sehat maupun nikmat rezeki yang tak terhitung jumlahnya.

Sehingga kita dengan keadaan sehat, dapat hadir di dalam kediaman rumah bapak Anshori SP.d.

Dalam acara pengajian menjelang pernikahan Ananda Nur Fitriana dengan Ananda Permadani yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 19 Januari 2021.

Dan tidak lupa, semoga tausiyah yang akan dibawakan oleh Ustad Ahmad Ishak bisa membekali ilmu yang cukup untuk kedua calon pengantin tersebut.

Sholawat serta salam mari kita bersama haturkan kepada Nabi Allah, Nabi Agung kita, Nabi Muhammad SAW, yang sebagimana sudah menyempurnakan agama Islam kita dengan sangat-sangat sempurna.

Sehingga sampai saat ini kita dapat menunaikan amanah-amanah yang sudah disampaikan oleh beliau dalam mengamalkan untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

·         Kepada bapak/Ibu dan para tamu undangan yang saya hormati

Saya mewakili atas nama keluarga besar bapak Ahmad Anshori menyampaikan rasa hormat yang besar dan berterima kasih dengan sebesar-besarnya atas semua kehadiran-kehadiran bapak/ibu dan para tamu undangan di dalam acara pengajian hari ini.

Untuk memberikan doa restu serta harapan yang baik terhadap kedua Ananda kami yang sebentar lagi Insya Allah akan melaksanakan pernikahan.

·         Kepada bapak/Ibu yang dimuliakan oleh Allah SWT

Supaya acara pengajian hari ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT, maka marilah dengan seksama kita buka acara pengajian ini dengan bacaan Ummul Qur’an, Al-Fatihah.

Semoga dari bacaan umul Qur’an tersebut kita bisa mendapatkan keberkahan dan manfaat dari acara pengajian untuk pernikahan.

·         Kepada bapak/ibu yang dirahmati Allah SWT

Untuk sesi selanjutnya yakni sambutan shohibul hajat yang akan dibawakan oleh Bapak Ahmad Anshori.

Kemudian akan dilanjut dengan acara inti yakni tausiyah yang tentunya akan dibawakan oleh Tim Pengajian Rayhan yang di pimpinan ibu Fadillah.

Berikut susunan acara pengajian untuk pernikahan yang akan diadakan pada hari ini diantaranya.

Acara yang pertama :

  1. Membaca igstifar yang akan dipandu oleh Ibu Fandillah
  2. Pembacaan Asmaul Husna yang akan dipandu oleh Ibu Hafizah
  3. Selanjutnya Pembacaan Kalam Illahi yang akan di pandu oleh saudara Mahfud
  4. Pembacaan Q.S. An-Nisa 4:1 yang akan dibacakan oleh saudara Hanafi
  5. Selanjutnya Pembacaan Q.S. Ibrahim 14:40 dan 41 yang akan dibacakan oleh saudara Nafiza
  6. Pembacaan S. Ar-Rahman yang akan dibacakan oleh saudara Nuzulul
  7. Doa Rasul
  8. Pembacaan doa untuk calon mempelai
  9. Ungkapan cinta kasih dari ananda kepada orang tua
  10. Ungkapan cinta kasih dari orang tua untuk ananda
  11. Acara inti, ceramah akan dibawakan oleh Ustad Ishak Maulana hanif
  12. Doa bersama
  13. Penutup

Demikian susunan-sunanan acara pengajian untuk pernikahan, saya selaku pembawa acara memohon undur diri. Sebelum undur diri saya memohon maaf jika ada salah kata ataupun sikap. Karena hanya Allah SWT yang benar-benar memiliki kesempurnaan. Sekian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

9. Contoh Teks MC Pengajian Halal Bihalal

(iStock)

Diadakanya acara halal bihalal biasanya bertujuan untuk saling bisa meminta maaf dan saling bisa memberi maaf, biasanya acara ini akan dibarengi dengan pengajian.

Karena dalam kehidupan, kita tidak jauh dari sebuah kesalahan baik salah dengan diri sendiri maupun dengan orang lain, maka oleh sebab itulah diakan acara halal bihalal.

Berikut contoh teks MC pengajian halal bihalal yang dapat kita gunakan dalam menyampaikan susunan acara.

Baca Juga:

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

  1. Yang terhormat kepada Ustad Muhammad Farid selaku Pembina takmir Masjid Al-imam
  2. Yang terhormati kepada seluruh alumni Masjid Al-imam
  3. Serta tidak lupa kepada sahabat-sahabat yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu mencurahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga kita semua bisa hadir di Masjid Al-imam dalam rangka acara halal bihalal Takmir Masjid Al-imam tahun 1440 H.

Semoga dari acara kali ini dapat dijadikan sebagai acara rutinan tahunan yang penuh berkah dan penuh kebahagiaan.

Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada junjungan Nabi kita, Nabi Agung, Nabi Muhammad SWT, yang selalu kita rindu-rindukan syafaatnya hingga di akhir zaman nanti.

Sebagai umatnya semoga kita selalu dapat diberikan sebuah istiqomah dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan baginya.

Dengan membentengi diri kita dengan iman dan takwa serta selalu mendekatkan diri dengan Allah SWT, Insya Allah kita bisa menjalanya sunah-sunahnya. Aamiin Ya Robbal Alamin.

·         Hadirin-hadirot yang di muliakan Allah SWTSebelum kita memasuki acara pengajian dalam rangka halal bihalal, maka saya yang berdiri selaku pembawa acara, akan membacakan susunan-susunan acara pengajian hari ini.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan lantunan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ustadz Nurahim
  3. Sambutan ketua pelaksana acara pengajian halal bihalal
  4. Sambutan dari takmir masjid Al-imam
  5. Masuk sesi inti yakni Ceramah yang akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Farid S.p.d
  6. Doa bersama yang akan di pimpin oleh Ustad Muhammad Farid S.p.d
  7. Penutup

Akhirnya diujung acara Halal Bihalal Masjid Al- imam sudah kita lewati bersama. Alhamdulillah berkat doa semua berjalan dengan lancar.

Semoga dari diadakannya acara Halal Bihalal pada kali, dapat menghubungkan tali silaturrahmi sesama umat muslim menjadi lebih erat lagi. da acara pengajian halal bihalal ini dapat kita jadikan sebagai acara rutinan tahunan yang insya allah penuh dengan berkah dan kebahagiaan.

saya selaku sebagai pembawa acara pengajian halal bihalal, mohon undur diri dan apabila ada tutur kata yang kurang dikenan di hati bapak/ibu semua saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Demikan atas nama panitia Halal Bihalal Masjil Al-imam. Kami ucapkan minal aidizn wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, sekian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

10. Contoh Teks MC Pengajian Haji

contoh teks mc pengajian
(Shutterstock)

Sebagai umat muslim hal ini memang sudah menjadi adat tradisi yakni diselenggarakanya acara pengajian haji, yang biasa dilakukan sebelum hari keberangkatan haji tiba dengan tujuan sebagai pembekalan para jama’ah.

Begitu pula untuk kepulangan dari ibadah haji, biasanya akan diadakan pengajian lagi yang kedua dengan tujuan sebagai wujud syukur kita terhadap nikmat rezeki agar nantinya kita dapat berkunjung kerumah Allah lagi.

Berikut contoh teks MC pengajian haji, yang dapat digunakan untuk menyampaikan susunan-susunan acara pengajian haji.

Baca Juga:

Bismillah

Assalamualaikum Wr.Wb

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ

  1. Yang kami hormati K.H Ikhwan Fuadi, S.H
  2. Yang kami hormati Bpk. Abbas basyid beserta sekeluarg besar
  3. Dan yang hormati bapak/ibu saudara yang senantiasa hadir pada hari ini

Alhamdulillah, mari kita bersama panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang selalu senantiasa memberikan rizki dan rahmat kepada kita semua.

Sehingga pada kesempatan hari ini kita semua masih dapat dipertemukan kembali di dalam acara tasyakuran dalam rangka keberangkatan haji bapak Abbas rayid bersama istri tercintanya.

Tak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Agung kita, Nabi Muhammad SWT, beserta keluarga, sahabat beserta seluruh umatnya.

Dan semoga saja kita semua dapat menjadi salah satu golongan umat Nabi Muhammad SWT, yang selalu mendapatkan syafaatnya baik di dunia hingga di akhirat nanti, Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamin.

Langsung saja saya selaku pembawa acara pada pengajian hari ini, maka izinkanlah saya untuk membacakan susunan-susunan acara pengajian pada hari ini mulai dari awal hingga akhir.

Acara yang pertama :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan lantunan ayat Suci Al- Qur’an yang akan disampaiakan oleh Ustad Hakam
  3. Sambutan dari tuan rumah yang akan disampaikan oleh bapak Aswar Abbas
  4. Membaca sholawat bersama
  5. Tausiyah yang akan dibawakan oleh K.H. Dr. Irmawan Fuadi, S.A.
  6. Pembacaan doa bersama untuk keberangkatan jamaah haji yakni bapak Abbas beserta istri tercintanya.

Alhamdulillah, semoga tausyiah yang bawakan oleh K.H. Dr.Irmawan Fuadi, S.A dapat menjadi tambahan ilmu bagi kita semua terutama dalam menjaga iman dan takwa kita terhadap Allah SWT. Aamiin, Aamiin Ya robbal Alamin.

Saya selaku pembawa acara pada acara pengajian tasyakuran haji hari ini berucap undur diri, sekian terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Itulah beberapa contoh teks mc pengajian yang Insya Allah lengkap beserta cara menyampaikanya. Semoga dari sekian banyak contoh teks mc pengajian yang kami buat ini bisa bermanfaat buat kalian.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Kota Harapan Indah di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia