BlogLifestyleKumpulan Contoh Pidato Perpisahan Paling Berkesan
0
0

Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan Paling Berkesan

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 29, 2023

14 menit membaca

Copied to clipboard
contoh teks pidato perpisahantop-right-banner

Dalam membuat pidato perpisahan, Pins tak hanya harus menyampaikan pesan dan kesan saja. Pidato perpisahan harus memuat pesan yang membangun, dan sedikit nostalgia tentang kenangan yang berkesan di masa lampau. Ada banyak contoh teks pidato perpisahan yang bisa Pins ikuti.

Contoh teks pidato perpisahan yang baik dan benar biasanya memuat pesan yang sangat berkesan bagi para pendengarnya. Semakin bagus pidato perpisahan yang disampaikan, maka akan semakin menyentuh perasaan para pendengarnya.

Tak jarang jika pidato perpisahan yang menjadi momen paling berkesan di suatu tempat, baik itu perpisahan sekolah, perpisahan kantor, dan sebagainya. Oleh karenanya, penting untuk menguasai cara membuat pidato perpisahan yang berkesan. Sama seperti jika Pins ingin Titip Jual Sewa di Pinhome, Pins harus bisa menyampaikan pesan dan kesan betapa menarik dan bagusnya rumah yang ingin Pins tawarkan.

Jika Pins ingin membuat pidato perpisahan yang bagus, di sini Pinhome akan memandu Pins dengan kumpulan contoh teks pidato perpisahan dan tata cara membuat pidato perpisahan yang bagus dan berkesan.

Baca juga: 25 Contoh Mukadimah Ceramah Arab Beserta Artinya

Pengertian Pidato

contoh teks pidato perpisahan
Source : jago berpidato

Sebelum kamu mengetahui contoh teks pidato perpisahan sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu pidato.

Pidato adalah salah satu cara untuk dapat menyampaikan atau mengungkapkan isi hati atau pikiran dalam bentuk kata-kata yang telah disusun sedemikian rupa dengan baik yang diucapkan secara lisan dan disampaikan kepada orang banyak.

Tahukah kamu bahwa pidato disebut juga sebagai orasi sedangkan orang yang yang membacakan teks pidato disebut sebagai orator. Sehingga, baik atau tidaknya pidato dapat dinilai pada saat seseorang yang mendengarkannya memberikan ekspresidan kesan positif. Namun, jangan gunakan pidato atau orasi ketika Pins ingin beli rumah seken di Tangerang Selatan, ya.

Tujuan Pidato

Pidato yang disampaikan oleh seseorang biasanya memiliki tujuan-tujuan tertentu. Berikut ini adalah tujuan pidato yang paling umum:

  • Untuk membuat pendengar atau audience merasa terhibur dan senang terhadap pidato yang dibacakan sehingga orang lain dapat senang dan puas mendengar ucapan yang kita sampaikan.
  • Pidato bertujuan untuk memberikan pemahaman atau informasi kepada para pendengar atau audiens.
  • Untuk menyampaikan gagasan.
  • Bertujuan untuk mempengaruhi pendengar atau audience supaya mereka mau untuk dapat mengikuti suatu hal yang diinginkan oleh si pembaca teks pidato.

Baca juga: Contoh Pidato Bahasa Jawa

Jenis Pidato

contoh pidato
Source : Pinterest

Pidato dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara dan juga waktu dalam penyampaian teks pidato. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis pidato, antara lain:

Pidato Pembukaan Acara

Jenis-jenis pidato yang pertama adalah pidato pembukaan. Pengertian dari pidato pembukaan adalah pidato singkat yang pada umumnya disampaikan sendiri oleh seorang pembawa acara atau yang biasa disebut dengan MC (master of ceremony) dalam suatu acara.

Pidato Pencerahan

Dalam pidato yang satu ini disampaikan oleh seseorang dalam suatu acara. Penyampaian isi teks pidato tersebut memiliki tujuan untuk dapat mengarahkan pada suatu acara pertemuan atau perasaan sedang dilaksanakan rapat.

Pidato Sambutan

Source : Shutterstock

Jenis pidato yang selanjutnya yaitu pidato sambutan. Dalam pidato sambutan, isi teks pidato disampaikan oleh pihak yang bertanggung jawab atas suatu kegiatan atau pihak penyelenggara yang memiliki batasan waktu tertentu.

Pidato Peresmian

Pidato peresmian adalah pidato yang disampaikan oleh seseorang dalam suatu acara peresmian yang yang penting dalam bagian susunan acara peresmian tersebut.

Pidato Pertanggungjawaban

Jenis pidato selanjutnya adalah pidato pertanggungjawaban. Jenis pidato yang satu ini biasanya disampaikan oleh seseorang yang memiliki tanggung jawab atau memiliki peranan yang penting dari suatu kegiatan atau suatu acara yang sedang dilaksanakan.

Pidato Laporan

Sesuai namanya, pidato laporan ini biasanya memuat berbagai laporan dari hasil kegiatan atau tugas-tugas tertentu, guna mendiskusikan untuk tindak lebih lanjut, memberikan insight, membangun sebuah tim, dan sebagainya.

Baca juga: Teks Pidato

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berpidato

Cara Membuat Teks Pidato dan Contohnya
Source : Shutterstock

Pada saat kamu diberikan tugas untuk dapat membacakan isi teks pidato di depan umum, terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan sebelum berpidato antara lain yaitu:

  • Membaca doa kelancaran berbicara di depan umum agar diberikan kemudahan dan kelancaran.
  • Mengetahui tema acara sehingga kamu dapat menentukan jenis pidato yang akan dibawakan.
  • Menyusun kata-kata yang mudah untuk dapat dipahami dan dimengerti oleh para pendengar.
  • Wawasan pendengar atau audience pidato secara umum.
  • Mengetahui berapa lama durasi atau waktu yang ada untuk dapat membacakan isi dari teks pidato.
  • Bersikap tenang rileks dan jangan gugup. Untuk mengatasinya, Pins bisa membaca cara mengatasi demam panggung saat pidato di sini.

Contoh Teks Pidato Perpisahan

Berikut ini adalah contoh teks pidato perpisahan sekolah kelas 6 SD, 3 SMP, dan kelas 3 SMA yang bisa kamu jadikan referensi:

Contoh Pidato Perpisahan SD

contoh pidato sd
Source : Pinterest

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah SDN 01 Malang
Para guru SDN 01 Malang
Bapak/Ibu wali murid SDN 01 Malang
Dan tak lupa teman-teman yang kami sayangi dan kami banggakan

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua. Sehingga hari ini kita berkumpul bersama untuk menghadiri sebuah sebuah perpisahan yang meriah ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada tauladan kita Muhammad SAW karena berkat beliaulah kita semua bisa merasakan indahnya kedamaian dengan adanya Islam.

Kami ucapkan terima kasih untuk para guru yang telah membimbing, mendidik dan mengajari kami ilmu pengetahuan selama 6 tahun di sekolah tercinta ini. semoga Allah senantiasa membalas jasa-jasa Bapak/ibu Guru semua.

Pada kesempatan ini kami memohon maaf atas segala kesalahan yang telah kami lakukan selama ini, atas tingkah laku kami yang mungkin membuat Bapak/Ibu guru kesal atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Adik-adik kami yang masih meneruskan pendidikan di SDN 01, kami kakak-kakak hanya ingin berpesan teruslah menuntut ilmu, belajar yang rajin, dan hormati Bapak/Ibu guru di sekolah ini, patuhlah nasihat-nasihat baik bapak/ibu guru berikan.

Dan yang terakhir, untuk Orang Tua kami tercinta terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di SDN 01 malang dan terima kasih atas didikan ayah/bunda selama ini.

Demikian saya akhiri pidato perpisahan ini sekian dan terima kasih, Wassalamu’alaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.

Baca juga: Pidato Bung Karno sebelum Proklamasi kemerdekaan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Marilah pertama-tama mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang mana sudah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah kepada kita semua yang hadir di tempat ini. Segala rahmat, nikmat, dan hidayah yang telah diberikan kepada kita semua sangat banyak dan tidak dapat diukur.

Shalawat dan salam juga kita ucapkan kepada junjung Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Berkat tauladan Nabi Muhammad SAW, seluruh umat Islam dapat mencontohkan perbuatan tanggung jawab dan juga kebaikan selayaknya khalifah di muka bumi yang sesungguhnya.

Kepada yang kami hormati:

Bapak kepala sekolah SD Negeri 1 Banjarnegara beserta dengan jajarab seluruh guru di SD Negeri 1 Banjarnegara.

Bapak. Ibu wali murid yang hadir

Serta teman-teman semuanya

Saya berdiri di depan untuk menyampaikan kata-kata, pesan, dan juga kesan selama sudah menempuh pendidikan selama enam tahun. Ini bukanlah masa yang singkat dan kami akan selalu mengingat jasa-jasa para guru sekalian.

Berkat jasa dan juga kesabaran kalian, kami bisa memahami cara untuk membaca, berhitung, dan mengetahui tentang berbagai macam ilmu lainnya. Berkat jasamu ini, kami mampu untuk bisa lebih menghadapi dunia di kemudian harinya.

Dengan ilmu yang telah dibekali ini membuat hidup kami sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi lebih berarti. Semoga amal kebaikan dan ibadah Bapak dan Ibu guru sekalian diterima oleh Allah SWT dan dicatat di sisi-Nya.

Pada kesempatan kali ini, saya juga menjadi perwakilan atas murid-murid lainnya untuk mengucapkan permohonan maaf. Apabila selama ini ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati kalian. Kami tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan kalian. Kami harap Bapak dan Ibu guru sudi untuk menerima permintaan maaf kami.

Selain itu, kami sebagai senior kelas dari adik-adik sekalian ingin mengucapkan, “belajarlah yang giat dan berusahalah sekuat tenaga untuk mengusir rasa bosan dalam menimba ilmu”. Semua ilmu yang kalian pelajari hari ini akan bermanfaat bagi kehidupan adik-adik di masa depan. Hanya saja mungkin sekarang belum terasa, tetapi suatu saat pasti akan berguna.

Cukup sampai disini dan saya akhiri. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Baca juga: Teks Pidato Bahasa Minang Dalam Beberapa Tema

Contoh Pidato Perpisahan SMP

Source : Pinterest

Assalamualaikum wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala sekolah SMP Negeri 1 Purwanega
Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri 1 Purwanega
Dan yang saya cintai dan saya bangga banggakan teman-teman siswa siswi SMP Negeri 1 Purwanega

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas segala rahmat serta hidayahNya kepada kita semua. sehingga pada hari yang cerah ini kita dapat berkumpul bersama untuk mengikuti acara perpisahan sekolah ini.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, dan semoga kita termasuk orang yang mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir. Amin ya rabbal alamin.

Para hadirin yang saya hormati.
ijinkan saya selaku perwakilan dari teman-teman kelas 3 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama di sekolah, kami sebagai murid sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami untuk menjadi lebih baik. Berkat jerih payah semua bapak/ibu guru semua, kami akhirnya dapat lulus dari Sekolah ini dengan nilai yg muaskan.

Semoga semua guru yang menjadi pengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan, rezeky yang barokah serta diberi kebahagiaan dalam mengemban tugas ini.

Sungguh berat rasanya berpisah dengan teman-teman semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini menjalani suka dan duka bersama-sama. Akan tetapi apa daya kita sudah di penghujung waktu.

Semoga teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke Sekolah Negeri maupun sekolah swasta pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, semoga sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua, Aamiin ya rabbal alamin

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Baca juga: 4 Macam Metode Pidato Beserta Penjelasannya

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf SMP Negeri 1 Bawang.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah SMP Negeri 1 Bawang.

Yang berbahagia, orang tua siswa siswi SMP Negeri 1 Bawang.
Dan teman-teman yang saya cintai serta saya banggakan.

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang berkenan atas waktu dan kesempatan ini, sehingga kita dapat hadir di tempat ini di acara perpisahan kelas 9 SMP Negeri 1 Bawang tahun ajaran 2016/2019 pada pagi ini.
Saya mewakili teman-teman menyadari bahwa selama kami menjadi siswa di NAMA SMP ini pernah membuat guru menjadi kesal, kecewa, sedih, ataupun marah.

Oleh karena itu kami haturkan permohonan maaf yang tulus dari hati, semoga bapak/ibu guru bisa memaafkan kesalahan kami.

Pada kesempatan ini juga saya mewakili teman-teman mohon maaf pada bapak ibu, ayah bunda kami, atas kesalahan kami baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja
Saya dan teman-teman, berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi

Bagi teman-teman tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang datang menhampiri dalam menuntut ilmu. Semua itu tak bakal dilupakan begitu saja
Saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat melanjuntkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya

Sukses untuk terus maju meraih cita. Semoga sekolah kita yang tercinta ini selalu jaya, sekian pidato yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Baca juga: 6 Langkah Menyusun Naskah Pidato yang Baik dan Benar

Contoh Pidato Perpisahan SMA

Source : Pinterest

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kepada seluruh para hadirin di aula ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia dan juga rahmat, kita semua dapat hadir dan berkumpul di aula ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, karena sudah diberikan rejeki berupa kelulusan kepada seluruh siswa SMA Negeri 1 Bawang.

Kemudian, kita juga ucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga saja kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak. Dengan syafaat yang diberikan, kita akan memiliki kesempatan untuk dapat berkumpul kembali di surga.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bawang
Kepada yang terhormat Bapak, Ibu guru dan juga jajaran staff SMA Negeri 1 Bawang semuanya
Serta kepada Bapak dan Ibu Wali murid yang hadir
Juga teman-teman sekalian yang saya cintai

Saya sangat berterima kasih kepada seluruh guru yang ada di SMA Negeri 1 Bawang ini. Berkat ilmu-ilmu yang diberikan, kami menjadi lebih pandai. Semoga ke depannya akan langsung dapat bermanfaat kepada masyarakat.

Kami juga berharap akan doa restu dari para guru dan juga Bapak serta Ibu Wali murid supaya kami semuanya dapat meraih cita-cita kami. Semoga kami dapat mencapai apa yang dicita-citakan selama ini. Apabila selama 3 tahun ini terdapat kata-kata dan tindakan kami yang menyakiti hati Bapak dan Ibu guru, kami mohon maaf.

Sekian pidato saya saya akhiri dan saya minta maaf apabila terdapat kekurangan dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: 7 Cara Juara Lomba Pidato Berdasarkan Penilain Dewan Juri

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12

contoh teks pidato perpisahan
Source : jago berpidato

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Yang berbahagia, orang tua siswa siswi kelas 3 SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang selalu memberikan rahmat-Nya pada hari ini sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah.

Shalawat serta salam saya berikan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, Dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak, Aminn

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya untuk mewakili seluruh teman-teman kelas 12 SMA Negeri 1 Yogyakarta untuk menyampaikan pesan-pesan sepatah dua patah kata di hari perpisahan kami ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah berusaha dengan keras untuk mewujudkan acara ini.

Terima kasih kepada panitia yang telah membuat acara ini meriah dan pula yang memungkinkan saya untuk berdiri di sini dalam pidato yang disampaikan di depan audiens sekarang.

Saya hanya ingin berucap kepada teman-teman semua yakniselamat untuk kita semua! Kami berhasil lulus akhir .. Ya Allah, Alhamdulillah .. Hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini telah berakhir. Kita lulus! Kami bukan anak SMA lagi! Kami akan meninggalkan sekolah ini dan terpisah Perpisahan..

Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, Pertemanan, kebahagiaan akan ada ketika kita bersekolah selama tiga tahun ini namun semuanya tidak dapat bertahan selamanya. Kebanyakan kita pasti bertemu baru dan sudah akrab di sekolah ini atau mungkin sudah akrab sejak SMP, sejak SD, atau bahkan sejak Tk.

Seakan-akan tidak tergoyahkan oleh apapun. Tetapi kita tidak dapat menyangkal bahwa sengan berjalan selama hidup kita, bersama dengan kedatangan sesuatu yang baru seperti kuliah, ngekos, kerja, perkawinan, dan juga sejalan dengan kedatangan orang-orang yang baru, teman baru, pemisahan biasa terjadi.

Di antara kita mungkin merasa bahwa perpisahan pengecut karena dia sedang menunggu untuk melihat hal-hal baru yang lebih menyenangkan daripada hal-hal berikut adalah sangat membosankan.

Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena ia memiliki banyak hal yang menyenangkan di sini dan berapa banyak kenangan telah dibuat Kenangan Teman-teman yang saya kasih, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena uang sekolah yang tinggi tanpa kita memiliki segala sesuatu yang berharga.

Seiring waktu, satu-satunya yang tersisa kenanganlah Terakhir Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, tidak pernah tidak adil dalam mengajar, sabar, sangat lelah dan tidak tahu ke dalam panduan kami.

Terima kasih atas jerih payah semua guru, kami dapat lulus dari SMA. Mudah-mudahan semua guru yang bertugas untuk mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu diberikan.

Semoga apa yang anda cita-citakan dibangku perkuliahan terwujud aamiin.
Akhir kata Kami minta maaf jika ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, tujuan, dan contoh teks pidato perpisahan yang bisa jadi inspirasimu. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download