BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Masjid yang Dibangun atau Rancangan Ridwan Kamil
0
0

10 Masjid yang Dibangun atau Rancangan Ridwan Kamil

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jauh sebelum namanya populer sebagai Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil Kang Emil dikenal sebagai seorang ahli di bidang arsitektur. Ia diketahui mempunyai rancangan bangunan yang anti mainstream. Hal tersebut dapat Kamu lihat dari masjid yang dibangun Ridwan Kamil.

Mempunyai background pendidikan S1 Teknik Arsitektur dari Insitut Teknologi Bandung (ITB), lalu melanjutkan S2 Perencanaan Kota di University of California, Berkeley, membuat Kang Emil mempunyai pengetahuan yang luas dalam menciptakan bangunan yang indah, tanpa mengurangi sisi fungsionalitasnya. Masjid yang dibangun Ridwan Kamil tidak hanya berbeda dan terkesan unik saja, akan tetapi setiap bangunan tersebut dirancang dengan nilainya tersendiri. Masing-masing bentuk merepresentasikan makna filosofis.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Masjid yang Dibangun atau Rancangan Ridwal Kamil

Masjid merupakan salah satu objek karya Ridwan Kamil sebagai arsitek. Terdapat sekitar 14 masjid yang arsitekturnya dibuat oleh Ridwal Kamil. Di tangan Ridwan Kamil, masjid-masjid menjadi terlihat berbeda dari masjid pada umumnya. “Keunikan” ini lah yang justru banyak disukai dan diapresiasi oleh kalangan internasional. Pada artikel ini, Pinhome akan memberi tahukan beberapa masjid yang dibangun Ridwan Kamil.

1. Masjid Al Irsyad

Source : Wikipedia

Masjid yang dibangun oleh Ridwan Kamil yang pertama yaitu Masjid Al Irsyad. Berbeda dari desain bentuk masjid seperti biasanya, masjid yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalaran, Kabupaten Bandung Barat ini justru mempunyai bentuk kubus. Rupanya, arsitektur Masjid Al Irsyad terinspirasi dari Ka’bah di Mekkah.

Bagian tembok masjid tersusun atas bata berongga yang membentuk lafaz dua kalimat syahadat. Walaupun masjid yang satu ini tidak mempunyai jendela, bagian dalamnya terasa sangat sejuk karean lubang-lubang pada tembok yang mengatur sirkulasi udara.

2. Masjid Al Safar

Masjid berikutnya yang dibangun Ridwal Kamil yaitu Masjid Al Safar yang berlokasi di rest area KM 88 Tol Cipularang. Dapat Kamu lihat arsitekturnya yang sangat unik dan megah. Konon, rancangan Masjid Al Safar ini terinspirasi dari bentuk alam yang tidak beraturan. Kang Emil pernah berkata bahwa masjid yang satu ini adalah eksperimentasi teori lipat folding architecture.

Oleh karena itu, tidak perlu heran jika di dalamnya terdapat berbagai bentuk geometri seperti segiempat, segitiga, dan lain sebagainya.

3. Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong

Seperti rancangan bangunan khas dari Kang Emil lainnya, masjid yang satu juga menggunakan konsep green mosque. Pada bagian atap bangunannya didesain sedemikian rupa sehingga cahaya matahari bisa leluasa masuk ke dalam masjid. Arsitekturnya yang unik sudah dapat Kamu lihat dari bagian luar bangunan. Tembok masjid yang satu ini dihiasi kaligrafi Asmaul Husna yang sangat indah.

4. Masjid Raya Al Azhar Bekasi

Source : Summarecon Bekasi

Masjid yang satu ini terletak di Bekasi dan menghadirkan suasana yang unik tersendiri. Hal tersebut dikarenakan tembok bangunan yang berwarna coklat ditambah deretan pohon palem di bagian luar masjid akan membuat Kamu seolah sedang berada di Timur Tengah. Bangunan masjid yang sederhana satu ini ternyata terinpirasi dari bentuk Ka’bah di Mekkah.

5. Masjid 99 Kubah

Berikutnya terdapat Masjid 99 Kubah yang terletak di Kota Makassar. Sesuai dengan namanya, masjid yang didominasi warna oranye ini mempunyai 99 kubah, hal tersebut terinspirasi dari 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah. Disebut sebagai masjid dengan kubah terbanyak, masjid berukuran megah satu ini dapat menampung hingga 12 ribu jamaah.

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Bentuknya yang unik ini identik dengan model rumah adat Minang. Pada bagian atapnya dapat terlihat seperti kain yang membentang ternyata terinpirasi dari kisah empat suku di Mekah yang dahulu pernah berselilsih untuk memindahkan Batu Hajar Aswad. Masjid yang satu ini dapat menampung hingga 15 ribu jemaah. Bangunan yang satu ini tidak dirancang langsung oleh Kang Emil, akan tetapi dibuat di bawah naungan biro arsitek yang didirikan olehnya.

7. Masjid Jamie’e Darussalam

Source : Badan Wakaf Indonesia

Masjid yang dibangun Ridwan Kamil berikutnya yaitu Masjid Jami’e Darussalam. Masjid yang satu ini terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat, betnuk masjid yang diresmikan pada Juni 2015 ini terbilang sangatlah tidak biasa. Hal tersebut dikarenakan jika kebanyakan masjid berkubah bulat, Masjid yang satu ini justru mempunyai bentuk segitiga.

Kang Emil disebut sengaja menggunakan desain tersebut untuk mengubah pola pikir masyarakat yang selama ini selalu beranggapan bahwa bagian atas masjid haruslah berbentuk kubah.

8. Masjid Syaikh ‘Ajlin

Masjid yang satu ini merupakan rancangan terbaru Kang Emil untuk Masjid di Gaza, Palestina. Bentuknya yang sangat unik, bahkan banyak warganet yang berkata bentuknya mirip dengan PS 5. Sebagian lain mengatakan bentuk bangunannya seperti termos.

Masjid yang satu ini berwarna putih. Terdiri dari tiga struktur bangunan yang berdampingan secara vertikal. Konon, bentuk dari bangunan ini terinspirasi dari bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat perjuangan.

9. Masjid Baiturrahman Merapi

Source : Al Fozan

Masjid Baiturrahman di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta atau yang biasa disebut Masjid Merapi merupakan salah satu karya Kang Emil juga. Dari segi bentuk, masjid yang satu ini menggunakan konsep tradisional dan modern. Bagian atap bangunan, berbentuk atap susun khas tradisional Jawa. Sedangkan untuk materialnya didominasi oleh batako yang disulap dari abu vulkanik letusan gunung. Hal ini mengajarkan nilai kreativitas dalam berkarya meski tengah dan telah dihantam bencana.

10. Masjid Al-Mumtadz

Masjid Al-Mumtadz di kawasan Cimaun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penamaan Masjid yang satu ini didedikasikan untuk mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Lokasi makam Eril berdampingan dengan masjid sehingg bukan di dalam, melainkan terpisah dari kawasan masjid. Nama Al-Mumtadz sendiri mempunyai makna masjid yang paling baik.

Itu dia beberapa masjid yang dirancang dan dibangun oleh Ridwan Kamil. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download