Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 8 Contoh Gambar Masjid Sederhana yang Sejuk Dipandang

Lifestyle

8 Contoh Gambar Masjid Sederhana yang Sejuk Dipandang

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 7 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Bangunan ini mempunyai ciri khas adanya kubah di atas bangunan, di beberapa bangunan terdapat menara, dan ada juga yang memberikan aksen bulan bintang di bagian kubah. Dari sisi properti, masjid mempunyai desain yang megah. Gambar masjid sederhana yang ada pada artikel ini pun masih terlihat sangat mewah dan sejuk dipandang.

Pinhome – Sebagai tempat untuk ibadah masjid memang didesain luas untuk menampung jumlah jamaah atau umat yang akan beribadah. Berbeda dengan musholla yang mempunyai ukuran lebih mini, masjid biasanya dapat menampung hingga ratusan orang. Gambar masjid sederhana seperti pada pembahasan berikut memperlihatkan aneka visual masjid yang luas namun tetap minimalis. 

Baca Juga: Membangun Masjid Adalah Membuat Rumah Di Surga

Di dalam sebuah masjid biasanya akan dibagi dua wilayah yaitu wilayah untuk jamaah laki-laki dan jamaah perempuan. Untuk membatasi wilayah tersebut, biasanya akan ada sekat kayu, tirai atau besi ringan yang membentang sepanjang masjid.

Bagi Anda yang mungkin sedang ingin mencari contoh gambar mesjid sederhana sebagai referensi bangunan, mungkin desain-desain berikut bisa Anda jadikan rekomendasi. Mari kita simak bersama!

Baca Juga: Jangan Sampai Lakukan Kesalahan Ini Saat Buat Denah Rumah Minimalis

Masjid Minimalis dengan Kubah Biru

(model rumah minimalis blogspot)

Kubah memang menjadi daya tarik dan ciri khas masjid sebagai bangunan untuk beribadah. Jumlah, ukuran dan desain kubah pun biasanya berbeda-beda sesuai dengan ukuran bangunan dan visualisasi yang ingin disematkan. Di dalam desain tersebut Anda dapat melihat contoh gambar mesjid sederhana dengan kubah biru yang menyala. Ini bisa menjadi keunikan sendiri apabila Anda melihatnya dari jauh. 

Pada gambar masjid sederhana tersebut, bangunan masjid pun terlihat sangat minimalis dengan balutan warna krem dan putih. Corak bunga yang sering muncul di masjid pun menambah keindahan sebuah bangunan untuk beribadah. Cukup inspiratif bukan bangunan masjid tersebut, Pins?

Masjid Minimalis bergaya tradisional

(model rumah minimalis blogspot)

Pada dasarnya gaya apapun bisa disesuaikan dengan tampilan masjid yang ingin dibangun. Gambar desain masjid sederhana berikutnya menonjolkan sisi tradisional yang kental dengan karakter masjid di pulau Jawa. Apabila Anda pernah melihat film atau kehidupan pesantren masa lampau, Anda akan menemukan kesamaan karakter bentuk atap masjid seperti rumah joglo. 

Warna desain masjid yang didominasi oleh cokelat muda dan kuning emas tersebut memberikan kesan teduh dan hangat. Pemberian beberapa tanaman di luar halaman pun akan menambah kesan asri di masjid tersebut. Selain itu, sebuah masjid seringkali mempunyai ketinggian lebih di atas permukaan tanah, ini ditandai dengan adanya tangga yang berada di bagian luar masjid.

Masjid Bergaya Minimalis dengan Bangunan Megah

(model rumah minimalis blogspot)

Di beberapa lokasi seperti di tempat umum, masjid sengaja didesain megah dan besar untuk dapat menampung masyarakat yang ingin beribadah dengan jumlah besar. Sebagai contoh masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid juga menjadi ikon dalam sebuah kota atau provinsi dan saat ini juga sudah banyak masjid yang menjadi lokasi wisata religi. 

Desain masjid di atas mempunyai karakter yang unik seperti bentuk menara yang asimetris dan kubah yang mempunyai corak kotak-kotak. Keunikan dari gambar masjid sederhana di atas juga terpancar dari warna krem yang diambil sebagai warna utama. Warna krem mendominasi semua bagian dinding sehingga masjid terasa hangat dan teduh, ibaratnya masjid di atas sangat welcome dengan umat Islam manapun tanpa membeda-bedakan.

Masjid Minimalis Futuristik

(model rumah minimalis blogspot)

Desain futuristik tak hanya diterapkan di bangunan kantor atau rumah, sebuah masjid pun akan terlihat indah dan modern dengan gaya tersebut. Tampilan masjid di atas mengadopsi bentuk bangunan kotak dengan menara yang asimetris menjulang tinggi. Warna abu-abu mudah yang menyala seakan-akan menambah kesan futuristik dan industrialis secara bersamaan.

Anda yang mungkin sedang ingin membangun sebuah masjid, maka contoh gambar mesjid sederhana berikut ini bisa menjadi rekomendasi terbaik. Dari segi pengecatan pun masjid ini tidak akan memakan biaya yang banyak, dikarenakan hanya menggunakan satu warna.

Masjid dengan Gaya Minimalis Asimetris I

(model rumah minimalis blogspot)

Apa kesan pertama setelah melihat contoh gambar masjid sederhana di atas? Mengagumkan? Unik? Modern? Yap, itulah pernyataan yang pantas disematkan untuk masjid di atas. Gaya unik yang modern dengan balutan desain bangunan asimetris membuat Anda akan berlama-lama memandang masjid ini. Bangunan luar masjid ini pun instagramable sekali sebagai latar untuk foto setelah beribadah. 

Dari luar, mungkin bangunan ini tak tampak seperti masjid. Bangunan ini malah lebih terlihat seperti rumah, kos-kosan, atau unit apartemen mini. Namun, Anda masih bisa melihat corak yang menjadi karakter sebuah masjid di atas pintu utama. Corak tersebut adalah corak abstrak yang bisanya menjadi penghias masjid, hal ini karena masjid tidak boleh menggunakan corak yang menyerupai manusia, hewan atau patung. 

Masjid dengan Gaya Bangunan Minimalis Asimetris II

(Arsitag)

Jenis masjid dengan gaya asimetris lain adalah seperti gambar di atas. Anda akan melihat bangunan unik yang mungkin lebih mirip sebuah rumah ya Pins. 

Namun, jangan salah bahwa ini adalah masjid yang mengadopsi gaya minimalis dan desain bangunan asimetris. Terlihat tidak proporsional memang dari satu sisi dengan sisi yang lain, namun ini menjadi ciri khas unik sebuah masjid tersebut. 

Biasanya Anda akan menemukan desain masjid seperti ini di residence tertentu. Gaya bangunan masjid biasanya akan mengikuti karakter bangunan di dalam area residence tersebut.

Masjid Modern dengan Bentuk Bangunan Kotak

(wassimalam.cgsociety.org)

Seperti yang Anda lihat di gambar masjid sederhana di atas, terdapat menara yang menjadi pendamping bangunan masjid. Namun, dalam hal ini masjid tersebut mengadaptasi desain minimalis modern. Terlihat dari bentuk bangunan yang cukup futuristik dan memanfaatkan warna putih dan abu-abu muda. 

Pemberian cahaya pada sisi-sisi masjid dengan warna kuning membuat bangunan makin terlihat cantik. Apabila Anda cek lagi, di pelataran masjid terdapat lampu-lampu kecil yang menghiasi bagian teras. Lampu-lampu kecil tersebut menjadi aksen yang indah bagi masjid tersebut.

Masjid dengan Gerbang Tinggi Besar

Masjid memang didesain untuk menampung jumlah jamaah yang besar. Kapasitas masjid pun biasanya di atas 80 orang hingga ratusan. Bahkan untuk masjid besar seperti Istiqlal di Jakarta diperuntukan untuk menampung 120.000 jamaah. Saking besarnya kapasitas tersebut, biasanya masjid akan membuat desain gerbang yang lebar dan luas. Seperti yang bisa Anda lihat di gambar tersebut, masjid ini mempunyai gerbang yang tinggi dan luas. Hal ini untuk memastikan para jamaah tidak terlalu berdesak-desakan saat keluar masjid.

Pins, itu saja beberapa contoh gambar masjid sederhana yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Bagikan Artikel