BlogPemilik PropertiFinansial10 Aturan Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketetapan Pemerintah
0
0

10 Aturan Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketetapan Pemerintah

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Sep 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi rumah subsiditop-right-banner

Pins ingin melakukan renovasi rumah subsidi? Jangan melakukannya terlebih dahulu jika belum memahami persyaratannya. Meskipun Pins membeli rumah di Cipayung yang bersubsidi, bukan berarti kamu bisa dengan bebas mengubah bentuk ataupun desainnya. Terdapat beberapa batasan dan syarat tertentu untuk melakukan renovasinya. Yuk, simak berbagai syarat dan batasan renovasi untuk rumah subsidi berikut ini!

Baca juga:

Apa Itu Rumah Subsidi?

Source : Arsitur Studio

Rumah subsidi adalah hunian yang harga jualnya sudah disubsidi oleh pemerintah. Hal itu membuat harga jualnya lebih terjangkau dan dapat dibeli melalui KPR. Untuk target pasar dari rumah subsidi ini adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah. Tujuannya adalah agar mereka yang berpenghasilan rendah bisa mendapatkna hunian layak dengan harga terjangkau.

Rentang harga dari rumah subsidi ini juga bervariatif dan biasanya dijual dibawah 200 jutaan saja. Tenor yang diberikan oleh pihak bank juga sangat panjang Pins! Bahkan bisa mencapai 20 tahun pembayaran dan bebas dari PPN.

Aturan Renovasi Rumah Subsidi

Melakukan renovasi terhadap rumah subsidi memang mudah, tetapi terdapat persyaratan tertentu bagi yang ingin melaksanakannya. Khususnya, kamu tidak boleh mengubah secara besar-besaran bagian rumah second di Jaktim sebelum angsuran di tahun ke 5 diselesaikan. Pins bisa mengetahui beberapa syarat untuk renovasi rumah subsidi berikut ini!

Renovasi Total Boleh Dilakukan Setelah Angsuran Berjalan 5 Tahun

Source : Magnifi Financial

Aturan dari renovasi rumah subsidi yang pertama adalah, Pins telah melakukan pembayaran atau cicilan setidaknya selama 5 tahun. Jika status pembayaran masih belum mencapai 5 tahun, kamu tidak akan bisa melakukan renovasi secara besar-besaran.

Biasanya, penghuni bisa melakukan renovasi rumah subsidi bagian depan secara kecil-kecilan saja, seperti mengganti pagar rumah subsidi minimalis sesuai keinginan. Sedangkan untuk renovasi rumah subsidi bagian belakang juga bisa dilakukan secara bertahap. Renovasi minim bisa dilakukan apabila Pins belum membayar angsuran selama 5 tahun.

Tidak Merubah Bagian Fasad

Source : Coworking.co.id

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa renovasi rumah subsidi bisa dilakukan setelah pembayaran angsuran dilakukan selama 5 tahun. Untuk itu, Pins juga tidak diperkenankan untuk mengubah bagian fasad rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Dinding dan Kebutuhan Material

Dilarang Melakukan Pembangunan 2 Lantai

Source : Pinterest

Selain dilarang mengubah bagian fasad rumah, sebelum melakukan pembayaran di tahun ke 5 kamu juga tidak diperkenankan membangun lantai 2. Setelah mencapai pembayaran di tahun ke 5, barulah Pins bisa melakukan berbagai perubahan pada bagunan.

Bisa Melakukan Renovasi Secara Bertahap

Source : DRF Builders

Melakukan perubahan minim seperti memperbaiki kebocoran pada atap, menambahkan kanopi rumah, membuat pagar rumah subsidi minimalis, memperbaiki rembesan, dan mengubah ukuran serta posisi septic tank masih bisa dilakukan. Namun, jika Pins berencana mengubah secara keseluruhan, hal itu tentu akan melanggar peraturan yang berlaku.

Kamu hanya bisa melakukan perubahan-perubahan minor seperti membuat desain dapur ataupun membuat pagar di sekeliling rumah. Di sisi lain, dengan menerapkan cara renovasi rumah sederhana secara bertahap, dana yang kamu miliki tidak akan langsung habis.

Renovasi Sesuai Ketentuan Maksimal Luas Tanah

Source : Suara.com

Dalam ketentuan yang sudah ditetapkan, luas tanah rumah subsidi tidak boleh melebihi 200 meter persegi. Jadi, dengan patokan ini, ada baiknya kamu bisa memperhatikan ukuran tanah jika nanti di kedepannya ingin memperluas lantai bangunan atau hal-hal lainnya, Pins.

Bebas Merenovasi Atap

Source : iStockphoto

Salah satu bagian rumah lainnya yang diperbolehkan untuk direnovasi adalah atap. Hal ini cukup melegakan karena faktanya, kebanyakan dari rumah subsidi memiliki masalah yang sama, yaitu kebocoran.

Hal ini diperbolehkan karena masalah terjadi di konstruksi bangunan yang menyebabkan merembesnya air pada saat hujan turun. Nah, untuk menanggulanginya, cobalah untuk mengecek kembali pemasangan atap yang ada di rumah.

Ada kemungkinan pemasangan atap pada desain rumah subsidi terlalu renggang sehingga Pins tidak perlu merapatkannya kembali. Cek pula pemasangan pipa aliran air pada atap, bisa jadi masalahnya ada disana.

Baca juga:

Bisa Menjual Rumah Setelah 5 Tahun Angsuran

Source : iStockphoto

Nah, ini juga tak kalah penting, Pins. Kamu harus memperhatikan proses penjualan rumah subsidi untuk ke depannya. Apalagi kalau kamu memang berniat untuk menjual ataupun memindahtangankan rumah nantinya. Jangan lupa untuk memastikan rumah subsidi sudah melebihi jangka waktu yang telah ditentukan, yaitu 5 tahun masa kepemilikan.

Properti Tidak Boleh Dikomersialkan

Source : Clevergirlfinance

Apakah Pins berniat membeli rumah subsidi dan menyewakannya? Tunggu dulu Pins, kamu hanya bisa menyewakan dan mengubah rumah menjadi kebutuhan komersial setelah 5 tahun angsuran. Jika kamu belum melunasi angsuran di tahun ke 5, tidak diperbolehkan untuk mengubah properti menjadi kebutuhan komersial.

Melapor Terlebih Dahulu ke Pihak Bank

Source : Techdee

Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah subsidi, ada baiknya jika Pins melapor terlebih dahulu ke pihak bank. Kamu bisa menyampaikan apa saja bagian yang akan direnovasi, apakah renovasi tersebut termasuk ke renovasi ringan atau besar. Jika termasuk ke dalam renovasi besar, hal tersebut tentu tidak diperkenankan sebelum angsuran mencapai 5 tahun.

Cicilan Harus Berjalan Lancar

Source : iStockphoto

Syarat atau aturan terakhir dari renovasi rumah subsidi adalah cicilan yang harus berjalan dengan lancar. Contoh renovasi rumah subsidi seperti berikut, Pins ingin melakukan renovasi besar-besaran setelah 5 tahun angsuran. Namun, sepanjang masa angsuran kamu tidak melakukan pembayaran dengan lancar. Hal itu akan menyebabkan kamu mengalami kendala untuk renovasi. Pasalnya, pihak bank tentu tidak akan menyetujui pengajuan renovasi jika pembayaran tidak berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa batasan renovasi rumah subsidi yang bisa Pins jadikan sebagai acuan kedepannya. Intinya, sebagai contoh renovasi rumah subsidi, kamu harus melakukan pembayaran dengan lancar untuk angsuran selama 5 tahun kedepan. Jika cicilan tidak berjalan lancar, renovasi rumah secara besar-besaran tidak akan disetujui oleh pihak bank dan akan dikenakan sanksi. Untuk itu, kamu bisa melakukan renovasi kecil-kecilan sebagai solusinya.

Baca juga:

Featured image source: Backline Renovations


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download