BlogPemilik PropertiDesain HunianKeunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis
0
0

Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur pasangan maupun anak-anak. Rangka besinya kuat dalam menahan beban berat dan tahan lama. 

Bahan tidak mudah dimakan serangga seperti rayap. Apalagi kini desainnya sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan interior kamar tidur.

Keunggulan Ranjang Besi

desain ranjang besi minimalis berwarna putih
Source : Shutterstock

Sebelum mengetahui contoh desain ranjang besi minimalis ada baiknya ketahui keunggulannya terlebih dulu yakni sebagai berikut:

Minim Perawatan

Besi adalah material yang tahan lama dan kokoh. Ketahanannya bisa mencapai puluhan tahun. Perawatannya minim yakni dengan membersihkan debu secara berkala.

Jika warnanya sudah mulai memudar maka biasa dilakukan pengecatan ulang. Selain itu tempat tidur besi ini bisa menahan beban lebih baik dibandingkan dengan bahan kayu.

Harga Lebih Terjangkau

Harga tempat tidur besi lebih murah dibandingkan tempat tidur berbahan kayu. Tempat tidur besi mudah sekali didekorasi sehingga cocok untuk berbagai interior kamar. 

Ringan

Walaupun berasal dari bahan besi namun dirancang secara minimalis. Hal ini membuat bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan tempat tidur kayu solid.

Ranjang ini mempunyai rangka sederhana sehingga tidak memakan lebih banyak ruang. Tempat tidur lebih lapang dan nyaman walaupun ruang terbatas.

Stabil

Biarpun bobotnya ringan namun rangka tempat tidurnya cenderung stabil. Ketika kasur diletakan di atas rangka tidak perlu khawatir ranjang jebol. Rangkanya lebih kokoh sehingga tetap stabil walaupun menopang beban berat.

Baca juga:

Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa desain ranjang besi sangat beragam. Ada yang modelnya single bed maupun double bed yang bisa digunakan untuk dua orang.

Desain Single Bed

desain ranjang besi minimalis untuk satu orang
Source : Shutterstock

Single bed dikhususkan untuk satu orang saja dengan ukuran 100 x 200 cm. Tempat tidur dengan ukuran seperti ini sering ditemukan pada kamar berukuran kecil. 

Ranjang seperti ini bisa digunakan untuk anak-anak hingga dewasa. Ada sandaran kepala dan kaki pada ranjang ini.

Bagian kolong tempat tidur tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Pins bisa dengan mudah membersihkan bagian kolongnya. 

Desain Sofa Bed

desain ranjang besi minimalis dengan pembatas tepi
Source : Shutterstock

Sofa bed selain dipakai untuk tempat tidur dapat pula difungsikan untuk alas duduk. Ranjang ini dilengkapi dengan armchair yang berguna melindungi pemakainya agar tidak mudah jatuh ke lantai.

Sofa bed seperti ini bisa pula digunakan untuk anak-anak. Pins dapat menambahkan cushion pillow untuk menambahkan kenyamanan penggunanya.

Pins bisa pula meletakan ranjang seperti ini pada ruang tamu. Modelnya sangat cocok untuk ruang santai meskipun difungsikan sebagai tempat tidur.

Desain Canopy Bed

desain ranjang besi minimalis dengan kanopui
Source : Shutterstock

Ranjang kanopi dilengkapi dengan kelambu yang berfungsi menambah kehangatan ranjang. Fungsi kelabu ini bisa pula dipakai untuk menghalau nyamuk. 

Canopy bed muncul pertama kali pada abad ke-16. Desain ranjang seperti ini sangat digemari pula oleh anggota kerajaan. Ranjang kanopi juga terkenal hingga dataran China hingga 1911.

Model kanopi memiliki empat tiang dengan struktur tegas. Canopy bed cocok untuk berbagai gaya hunian mulai dari klasik, modern  hingga japandi. 

Kain yang dipakai sebagai kelambu dapat berupa kain transparan. Pins bisa memakai kain motif untuk kesan lebih glamor. 

Baca juga:

Desain Bunk Bed

desain ranjang besi minimalis dua tingkat
Source : Shutterstock

Untuk bisa menampung dua orang dalam satu kamar berukuran kecil sering dipilih tempat tidur bertingkat. Bunk bed menjadi salah satu furniture favorit anak-anak.

Keberadaan tangga di sisi tempat tidur mampu memacu anak aktif bergerak. Selain menghemat ruang pada kamar juga bisa dibongkar pasang. Ada tipe tempat tidur anak yang dapat diubah menjadi dua single bed terpisah.

Orang tua sendiri mampu mengurus masing-masing anak secara terpisah. Jika salah satu anak sakit tidak akan mengganggu saudaranya. Setiap anak memiliki privasi sendiri-sendiri karena tempat tidur terbagi atas dan bawah.

Seperti contoh desain tempat tidur bertingkat di atas terdapat pula pegangan di sisi ranjang. Tujuannya agar pengguna ranjang atas tidak mudah jatuh ketika tidur.

Desain Luxury Bed

Source : Shutterstock

Biarpun kamar tergolong kecil namun interior ruangan tetap bisa dimaksimalkan dengan pemilihan furniture. Misalnya pemilihan ranjang dimulai dari model hingga materialnya.

Jika ingin membuat tampilan ranjang mewah bisa dengan ornamen rangka tempat tidur itu sendiri. Sprei memakai jenis rumbai yang bisa menutupi hingga kolong ranjang.

Tambahkan banyak bantal untuk sandaran. Lengkapi dengan bed cover sebagai penghangat badan. Kesannya glamor namun tetap minimalis serta fungsional.

Baca juga: Cara Menjaga Ranjang Tetap Awet dan Nyaman

Desain Open Space Bed

Source : Shutterstock

Tampilan dari ranjang besi minimalis ini sangat sederhana. Tidak ada bagian headboard yang biasa dipakai untuk sandaran kepala.

Dengan desain tanpa headboard akan memudahkan untuk penataan kasur. Kaki besi gandanya berguna sebagai penopang pada semua titik. Alhasil beban pada ranjang besi bisa didistribusikan secara merata.

Ranjang open space seperti ini menyisakan bagian kolong yang lapang. Ranjang seperti ini bisa untuk dua orang. Penempatannya diletakkan dekat dinding sehingga bagian kepala langsung menghadap ke dinding.

Ranjang besi bisa bergaya feminim maupun mainly tergantung dari pemilihan warna sprei, bed cover dan sarung bantal. Penggunaan warna pastel seperti dusty pink, cream dan lainnya cocok untuk gaya yang soft.

Apabila ingin memiliki ranjang besi minimalis yang lebih mainly dapat memakai warna army, hitam dan warna gelap lainnya. Bagian kaki ranjang akan terlihat lebih modern bila dibalut coating.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rumah Teduh Sariwangi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Shutterstock

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download