Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 13 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur kayu. Rangka besinya kuat dan tahan lama. 

Bahan tidak mudah dimakan serangga seperti rayap. Apalagi kini desainnya sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan interior kamar tidur.

Keunggulan Ranjang Besi 

(Shutterstock)

Sebelum mengetahui contoh desain ranjang besi minimalis ada baiknya ketahui keunggulannya. Diantaranya bisa Pins simak sebagai berikut :

Minim Perawatan

Besi adalah material yang tahan lama dan kokoh. Ketahanannya bisa mencapai puluhan tahun. Perawatannya minim yakni dengan membersihkan debu secara berkala.

Jika warnanya sudah mulai memudar maka biasa dilakukan pengecatan ulang. Selain itu tempat tidur besi ini bisa menahan beban lebih baik dibandingkan dengan bahan kayu.

Harga Lebih Terjangkau

Harga tempat tidur besi lebih murah dibandingkan tempat tidur berbahan kayu. Tempat tidur besi mudah sekali didekorasi sehingga cocok untuk berbagai interior kamar. 

Ringan

Walaupun berasal dari bahan besi namun dirancang secara minimalis. Hal ini membuat bobotnya lebih ringan dibandingkan dengan tempat tidur kayu solid.

Ranjang ini mempunyai rangka sederhana sehingga tidak memakan lebih banyak ruang. Tempat tidur lebih lapang dan nyaman walaupun ruang terbatas.

Stabil

Biarpun bobotnya ringan namun rangka tempat tidurnya cenderung stabil. Ketika kasur diletakan di atas rangka tidak perlu khawatir ranjang jebol. Rangkanya lebih kokoh sehingga tetap stabil walaupun menopang beban berat.

Baca Juga : 10 Desain Kamar Tidur Mewah Untuk Master Bedroom

Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa desain ranjang besi sangat beragam. Ada yang modelnya single bed maupun double bed yang bisa digunakan untuk dua orang.

Single Bed

(Shutterstock)

Single bed dikhususkan untuk satu orang saja dengan ukuran 100 x 200 cm. Tempat tidur dengan ukuran seperti ini sering ditemukan pada kamar berukuran kecil. 

Ranjang seperti ini bisa digunakan untuk anak-anak hingga dewasa. Ada sandaran kepala dan kaki pada ranjang ini.

Bagian kolong tempat tidur tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Pins bisa dengan mudah membersihkan bagian kolongnya. 

Sofa Bed 

(Shutterstock)

Sofa bed selain dipakai untuk tempat tidur dapat pula difungsikan untuk alas duduk. Ranjang ini dilengkapi dengan armchair yang berguna melindungi pemakainya agar tidak mudah jatuh ke lantai.

Sofa bed seperti ini bisa pula digunakan untuk anak-anak. Pins dapat menambahkan cushion pillow untuk menambahkan kenyamanan penggunanya.

Pins bisa pula meletakan ranjang seperti ini pada ruang tamu. Modelnya sangat cocok untuk ruang santai meskipun difungsikan sebagai tempat tidur.

Canopy Bed

(Shutterstock)

Ranjang kanopi dilengkapi dengan kelambu yang berfungsi menambah kehangatan ranjang. Fungsi kelabu ini bisa pula dipakai untuk menghalau nyamuk. 

Canopy bed muncul pertama kali pada abad ke-16. Desain ranjang seperti ini sangat digemari pula oleh anggota kerajaan. Ranjang kanopi juga terkenal hingga dataran China hingga 1911.

Model kanopi memiliki empat tiang dengan struktur tegas. Canopy bed cocok untuk berbagai gaya hunian mulai dari klasik, modern  hingga japandi. 

Kain yang dipakai sebagai kelambu dapat berupa kain transparan. Pins bisa memakai kain motif untuk kesan lebih glamor. 

Baca Juga : 9 Desain Meja Kamar Tidur Sederhana yang Estetik

Bunk Bed

(Shutterstock)

Untuk bisa menampung dua orang dalam satu kamar berukuran kecil sering dipilih tempat tidur bertingkat. Bunk bed menjadi salah satu furniture favorit anak-anak.

Keberadaan tangga di sisi tempat tidur mampu memacu anak aktif bergerak. Selain menghemat ruang pada kamar juga bisa dibongkar pasang. Ada tipe tempat tidur anak yang dapat diubah menjadi dua single bed terpisah.

Orang tua sendiri mampu mengurus masing-masing anak secara terpisah. Jika salah satu anak sakit tidak akan mengganggu saudaranya. Setiap anak memiliki privasi sendiri-sendiri karena tempat tidur terbagi atas dan bawah.

Seperti contoh desain tempat tidur bertingkat di atas terdapat pula pegangan di sisi ranjang. Tujuannya agar pengguna ranjang atas tidak mudah jatuh ketika tidur.

Luxury Bed

(Shutterstock)

Biarpun kamar tergolong kecil namun interior ruangan tetap bisa dimaksimalkan dengan pemilihan furniture. Misalnya pemilihan ranjang dimulai dari model hingga materialnya.

Jika ingin membuat tampilan ranjang mewah bisa dengan ornamen rangka tempat tidur itu sendiri. Sprei memakai jenis rumbai yang bisa menutupi hingga kolong ranjang.

Tambahkan banyak bantal untuk sandaran. Lengkapi dengan bed cover sebagai penghangat badan. Kesannya glamor namun tetap minimalis serta fungsional.

Baca Juga : Cara Menjaga Ranjang Tetap Awet dan Nyaman

Open Space Bed

(Shutterstock)

Tampilan dari ranjang ini sangat sederhana. Tidak ada bagian headboard yang biasa dipakai untuk sandaran kepala.

Dengan desain tanpa headboard akan memudahkan untuk penataan kasur. Kaki besi gandanya berguna sebagai penopang pada semua titik. Alhasil beban pada ranjang besi bisa didistribusikan secara merata.

Ranjang open space seperti ini menyisakan bagian kolong yang lapang. Ranjang seperti ini bisa untuk dua orang. Penempatannya diletakkan dekat dinding sehingga bagian kepala langsung menghadap ke dinding.

Ranjang besi bisa bergaya feminim maupun mainly tergantung dari pemilihan warna sprei, bed cover dan sarung bantal. Penggunaan warna pastel seperti dusty pink, cream dan lainnya cocok untuk gaya yang soft.

Apabila ingin memiliki ranjang besi minimalis yang lebih mainly dapat memakai warna army, hitam dan warna gelap lainnya. Bagian kaki ranjang akan terlihat lebih modern bila dibalut coating.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

Ukuran meja dapur ideal akan memudahkan mobilitas dan aktivitas. Khususnya pada dapur yang memiliki

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

Sekat dapur minimalis tak harus menggunakan bahan-bahan mahal. Pemilihan desain dan materialnya mam

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Dapur kering secara perawatannya tidak perlu dibersihkan setiap hari. Pins hanya butuh mengelapnya

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Banyak perusahaan saat ini menyediakan dapur kantor untuk karyawan. Dapur ini lebih sering disebut

Ruang Makan & Dapur
Ruang Makan & Dapur Tips Memilih Gorden Dapur Estetik & Berkualitas

Gorden dapur sering digunakan untuk menutupi kolong kabinet. Tujuannya menutupi ruang penyimpanan y

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia