BlogPemilik PropertiDesain HunianDaftar Harga Semen Terbaru dan Terlengkap 2023
0
0

Daftar Harga Semen Terbaru dan Terlengkap 2023

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
harga sementop-right-banner

Ada banyak hal krusial yang perlu diperhatikan saat membangun rumah. Salah satunya memilih bahan bangunan yang berkualitas, termasuk juga semennya. Pasalnya, semen dapat memengaruhi banyak hal, seperti pondasi dan struktur rumah. Jika semen yang digunakan kurang bagus, bangunan bisa jadi kurang awet atau mudah roboh. Kendati demikian, penting pula memilih harga semen yang sesuai dengan bujet.

Lantas, berapa harga semen per sak? Sebagai gambaran, berikut ini diuraikan daftar harga dari berbagai jenis dan merek semen yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak uraian lengkapnya!

Baca juga: Ini Dia Info Harga Material Bahan Bangunan Terbaru dan Terupdate!

6 Jenis Semen

harga semen
Source : Pexels

Sebelum membahas harga semen murah dan mahal yang jamak digunakan, kamu pun perlu tahu dulu jenisnya. Berikut ini jenis-jenis semen yang biasa dipakai untuk membangun rumah atau bangunan lainnya.

Ordinary Portland Cement (OPC)

Ordinary Portland Cement (OPC) merupakan jenis semen yang banyak diproduksi di seluruh dunia. Semen ini cocok digunakan untuk bangunan dengan konstruksi beton. Kamu bisa menggunakan semen ini untuk membangun gedung bertingkat, landasan pacu, jalan raya, serta perumahan.

Portland Pozzolana Cement (PPC)

Semen ini umumnya dibuat dengan menggiling gypsum, terak, serta material pozzolana. Umumnya, semen PPC digunakan untuk bangunan yang memerlukan konstruksi kuat dan tahan lama, misalnya jalan raya, irigasi, dan jembatan.

Jika dibandingkan dengan semen OPC, semen ini lebih tahan terhadap air dan panas. Tak heran, jika semen ini pun digunakan pada bangunan yang terendam air dan dekat laut.

Rapid Hardening Cement

Semen ini cenderung cepat keras, karena kandungan kapurnya cukup tinggi. Kendati demikian, butirannya lebih halus daripada semen OPC. Namun, ketahanannya bisa jadi lebih tinggi. Kebanyakan orang, memakai semen ini untuk konstruksi beton atau pekerja jalan yang buru-buru.

Quick Setting Cement

Jika dibandingkan dengan semen OPC, semen ini memiliki waktu pengaturan lebih sedikit. Tepatnya, pengaturan awal 5 menit dan akhir 30 menit. Mengingat pengaturannya yang tergolong cepat, semen ini cocok digunakan untuk konstruksi beton bawah air atau di area bersuhu rendah, karena daya tahannya pun bagus.

Baca juga: Daftar Harga Triplek per Lembar Sesuai Jenis dan Ukurannya

Semen Putih

Semen ini juga disebut dengan nama semen abu-abu. Ini merupakan varian dari white portland cement. Penggunaannya, bisanya untuk keperluan dekorasi, seperti pemasangan keramik, lantai teraso, serta dempul dinding.

Semen Mortar

Ada pula semen mortar yang umum digunakan untuk finishing. Kebanyakan orang memakai semen ini untuk plesteran, acian, atau pemasangan keramik. Jika dibandingkan dengan semen lainnya, hasil dari semen ini lebih halus. Kalau kamu ingin tahu harga semen paling murah, jenis inilah jawabannya.

Baca juga: Daftar Harga Kaca per Meter Berdasarkan Jenisnya

Cara Menghitung Harga Semen Sesuai Kebutuhan

harga semen
Source : Pexels

Sebelum beranjak membahas harga semen 1 sak, kamu juga perlu tahu cara menghitung semen sesuai kebutuhan. Ini perlu dilakukan agar semen yang dibeli tidak terlalu banyak sisa, sehingga membuat bujet pembangunan membengkak. Berikut uraian lengkapnya:

Ukuran Ruangan

Sebelum membeli, ukur dulu ruangan yang ingin disemen. Sebagai contoh, jika kamu ingin memasang semen di ruang tamu berukuran 4 x 5 m, maka bidang yang akan disemen ialah 4 x 5 m= 20 m².

Kalikan Kebutuhan Semen

Setelah hituangan sesuai, kamu bisa mengalikannya dengan semen yang dibeli. Misalnya 20 m² x 9,8= 196 kg semen.

Hitung Berapa Sak Semen yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui jumlah semen per kilogramnya, kamu kamu bisa menghitung total sak semen yang diperlukan. Misalnya saja, berat satu sat semen 40 kg, maka kamu perlu membeli 196 : 4= 4,9 sak semen. Kalau dibulatkan menjadi 5 sak.

Hitung Dana yang Diperlukan

Nah, kalau sudah tahu berapa sak semen yang diperlukan, cobalah sesuaikan dengan harganya. Sebagai contoh, jika kamu ingin semen per sak Rp60.000, maka bisa dihitung dengan 5 sak semen x Rp60.000 = Rp300.000. Jadi, uang yang perlu kamu siapkan untuk membeli semen adalah Rp300.000 untuk 5 sak semen.

Baca juga: Rekomendasi Toko Bangunan Terdekat dan Terlengkap di Berbagai Daerah

Daftar Harga Semen Terbaru dan Terlengkap 2023

harga semen
Source : Pexels

Setelah memahami jenis dan cara menghitung kebutuhan semen untuk bangunan, kini saatnya untuk tahu berapa harga semen per sak. Berikut daftar harga semen terbaru yang bisa menjadi panduan. Namun, harga ini bisa berbeda di tiap toko yang dibeli, jadi baiknya hanya gunakan sebagai gambaran, ya.

Semen Tonasa 50kgRp77.000
Semen Baturaja 50kgRp62.000
Semen Gresik 50kgRp57.000
Semen Gresik 50kgRp70.000
Semen Garuda 50kgRp58.000
Semen Dynamix 50kgRp70.000
Semen Merah Putih 50kgRp65.000
Semen Padang 50kgRp55.000
Semen SCG 50kgRp63.000
Semen Tiga Roda 50kgRp70.000
Semen Bosowa 50kgRp58.000
Semen Rajawali 50kgRp60.000

Demikian ulasan harga semen terbaru dan terlengkap dari berbagai merek yang perlu kamu ketahui. Terdapat pula uraian mengenai cara menghitungnya, agar semen yang dibeli sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download