BlogPemilik PropertiDesain HunianMengapa Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak? Ini 3 Penyebabnya!
0
0

Mengapa Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak? Ini 3 Penyebabnya!

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Agu 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
listrik rumah mati tetangga tidaktop-right-banner

Kamu pernah tidak mengalami kejadian aneh seperti listrik rumah mati padahal tetangga tidak? Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan karena berarti ada masalah dalam sistem kelistrikan di rumah kamu. Apalagi jika kondisi ini terjadi pada malam hari.

Kondisi seperti ini bisa saja terjadi pada kamu yang menempati rumah eksklusif dari Pinhome seperti New Abaya Village atau rumah di BSD lainnya. 

Sistem kelistrikan juga perlu menjadi salah satu aspek yang kamu periksa saat survei rumah bekas di Kec Tangerang. Hal ini berguna untuk mengurangi potensi listrik rumah mati tetangga tidak. 

Baca juga: Siap Siaga di Rumah Ketika Pemadaman Listrik

Penyebab Listrik Rumah Mati

Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak
iStock Photo

Penyebab listrik padam tentu sangat banyak sekali. Listrik bisa tiba-tiba mati karena terjadi korsleting arus, terpicunya pemutus daya, penggunaan terlalu tinggi, gangguan alam, pemadaman bergilir, hingga peristiwa kebakaran yang menimpa gardu listrik. 

Hanya saja, permasalahan tersebut biasanya akan menimpa seluruh rumah yang berada dalam satu saluran. Artinya, listrik pada semua rumah akan padam dan tidak ada satupun yang menyala. 

Dengan demikian, kondisi listrik rumah mati tetangga tidak ini merupakan kejadian luar biasa, yaitu ada masalah dalam sistem kelistrikan di rumah kamu yang tidak terjadi di rumah lain. 

Setidaknya ada tiga penyebab listrik rumah kamu padam sementara listrik tetangga menyala. Tiga penyebab ini harus segera teridentifikasi sehingga listrik di rumah kamu bisa segera pulih. 

Mengingat pentingnya fungsi listrik untuk sebuah rumah, berikut tiga penyebab ketika terjadi pemadaman lokal. 

Baca juga: Apakah Panel Surya itu? Ini Dia Penjelasannya!

1. Terpicunya Pemutus Daya

Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak
iStock Photo

Pemutus daya adalah perangkat pengaman yang mengidentifikasi kelebihan arus atau gangguan listrik, dan secara otomatis memutus suplai listrik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Ini yang menjadi penyebab paling umum dari insiden listrik rumah mati tetangga tidak, yaitu terpicunya pemutus daya atau MCB. 

Kondisi ini terjadi ketika ada beban listrik yang berlebihan di rumah, seperti menghidupkan banyak peralatan listrik secara bersamaan atau menggunakan peralatan yang konsumsi dayanya tinggi, sehingga pemutus daya bisa terpicu dan mematikan listrik di rumah. 

Terpicunya pemutus daya ini lebih dikenal dengan istilah “daya listrik turun” yang ditandai dengan bunyi “klek” pada MCB di rumah. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan sebagian peralatan listrik, terutama yang memakan daya tinggi, lalu menghidupkan kembali MCB. 

Perlu diingat, pemutus daya ini mungkin tidak terpengaruh di rumah tetangga jika beban listrik yang digunakan lebih rendah atau tidak berlebihan.

2. Gangguan pada Saklar

Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak
iStock Photo

Kerusakan pada saklar atau stop kontak di rumah juga bisa menyebabkan listrik mati. Korsleting atau hubung singkat pada salah satu komponen ini dapat mengganggu aliran listrik, sehingga suplai listrik di rumah terputus. 

Tetangga mungkin tidak mengalami hal yang sama karena gangguan hanya terjadi di bagian rumah kamu saja. 

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan selalu menggunakan saklar dan stop kontak berkualitas baik, serta menghindari penggunaan peralatan listrik yang rusak atau meragukan.

3. Distribusi Listrik Bermasalah

Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak
iStock Photo

Penyebab lain dari listrik rumah yang mati adalah masalah pada sistem distribusi listrik. Terkadang, ada gangguan di jaringan listrik di area tertentu, yang menyebabkan beberapa rumah kehilangan pasokan listrik. 

Ini bisa terjadi karena gangguan pada saluran distribusi, transformator, atau sumber daya listrik yang berpusat di dekat wilayah kamu. 

Ketika masalah ini terjadi, tetanggamu di wilayah yang berbeda mungkin tidak terkena dampaknya, karena listrik mereka dipasok dari jalur distribusi yang berbeda.

Kondisi yang sama juga terjadi ketika ada pemadaman bergilir. Biasanya PLN akan melakukan pemadaman di area tertentu untuk keperluan perawatan atau terjadi kerusakan karena gangguan alam. 

Nah bisa saja sumber aliran listrik rumah kamu itu berasal dari gardu yang berbeda dengan aliran listrik di rumah tetangga. Sehingga, listrik di rumah kamu yang terdampak akan padam sementara rumah tetangga yang tidak terdampak tetap menyala. 

Baca juga: Lengkapi Perkakas Kelistrikanmu Di Rumah Dengan Merk Solder Terbaik Ini!

Mengatasi Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak

Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak
iStock Photo

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika terjadi kondisi listrik padam sementara rumah tetangga tetap menyala. Berikut ulasannya!

1. Periksa Pemutus Daya

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kontak pemutus daya atau MCB (Miniature Circuit Breaker) di rumah. Pastikan pemutus daya tidak dalam posisi “mati”. Jika ditemukan dalam posisi “mati”, atur kembali pemutus daya tersebut ke posisi “hidup”.

2. Periksa Saklar

Terkadang masalah listrik bisa terjadi karena saklar atau stop kontak. Periksa saklar-saklar utama di rumah dan pastikan mereka dalam posisi “hidup”. Selain itu, periksa juga stop kontak untuk memastikan tidak ada korsleting atau kerusakan yang mengakibatkan listrik tidak mengalir.

3. Gunakan Peralatan Elektronik Berbeda

Coba lepas semua peralatan elektronik dari stop kontak dan colokkan satu per satu untuk mengetahui apakah masalahnya ada pada peralatan tertentu. Terkadang, peralatan yang rusak atau menyebabkan korsleting dapat menyebabkan pemadaman listrik di rumah.

4. Periksa Meteran Listrik

Pastikan untuk memeriksa meteran listrik di rumah. Jika meteran berhenti berputar, itu berarti ada masalah di sisi pasokan listrik dari penyedia. 

5. Periksa Gangguan di Area Sekitar

Bila listrik rumah mati dan tetangga tidak, ada kemungkinan gangguan listrik terjadi di daerah tertentu. Coba periksa dengan tetangga lainnya untuk memastikan apakah mereka mengalami hal yang sama. Jika ya, maka masalahnya mungkin terletak di sisi penyedia listrik.

Itulah tiga penyebab utama listrik rumah mati tetangga tidak. Semoga membantu!

Baca juga:

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download