Pinhome

Lifestyle

Siap Siaga di Rumah Ketika Pemadaman Listrik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ketika terjadi pemadaman listrik, hal itu sangat mengganggu aktivitas di dalam rumah. Tidak bisa bersantai karena gelap dan peralatan elektronik mati tentu membuat ketidaknyamanan. Apalagi jika tidak tahu kalau kapan lampu akan menyala. Bisa saja lampu mati untuk waktu yang lama, dan hal itu akan membuat bosan penghuni rumah.

Untuk berjaga-jaga jika terjadi mati lampu, beberapa benda dapat membantu ketika mati lampu. Benda-benda tersebut tentu membantu penghuni rumah untuk tetap tenang dan santai saat mati lampu. Benda tersebut cukup ekonomis, praktis dan mudah digunakan berulang kali. Benda-benda ini pun dapat diletakkan di mana pun sehingga praktis untuk dijangkau. Berikut adalah benda-benda tersebut:

Pengisi Daya

Terkadang ketika lampu mati, handphone sedang dalam keadaan lowbat. Hal ini tentu meresahkan apalagi jika ada hal penting yang sedang dikerjakan dengan ponsel. Karena itu sebaiknya sedia power bank untuk jaga-jaga saat mati lampu. Kotak baterai pengisi senter juga sebaiknya disediakan untuk keadaan darurat. Aki mobil  dan genset juga bisa digunakan sebagai kebutuhan cadangan daya yang lebih besar ketika mati lampu.

Senter

Senter sering sekali digunakan sebagai penerang saat lampu padam. Benda ini adalah yang pertama diambil untuk menjelajahi rumah yang gelap. Senter modelnya sangat praktis sehingga tidak kesulitan untuk menemukannya. Harganya pun relatif terjangkau. Taruh di tempat yang bisa dijangkau sehingga saat darurat bisa langsung menemukannya.

Lampu Darurat

Pada jaman sekarang seiring majunya teknologi, penerangan untuk keadaan darurat tidak hanya berupa senter, namun juga lampu darurat. Lampu darurat memiliki fungsi yang sama seperti senter hanya saja lampu ini bisa dipasang di setiap ruangan. Ada pula model lampu darurat yang bisa dibawa kemana-mana. Lampu ini menggunakan tenaga baterai untuk menyala dan lebih aman daripada memakai lilin yang rentan menyebabkan kebakaran.

lampu listrik menyala
lampu listrik menyala

Lampu darurat memiliki bentuk yang bervariasi. Berbeda dengan senter yang modelnya monoton, lampu ini terdiri dari macam-macam bentuk seperti tabung neon, bohlam, lampu gantung petromak. Untuk menjaga daya lampu tetap awet saat mati lampu, jangan lupa untuk mengisi ulang daya lampu ketika lampu sudah menyala.

Kipas Portabel

Ketika udara sedang panas-panasnya tiba-tiba mati lampu, tentu hal itu membuat tubuh gerah dan tak nyaman. Jika biasanya menggunakan Air Conditioner dan kipas angin, saat lampu padam tentu AC, kipas angin juga ikut padam. Karena itu, kipas portabel wajib dimiliki oleh siapapun. Kipas portobael tidak perlu menggunakan listrik karena bekerja dengan tenaga baterai sebagai isi ulang. Harganya pun tak mahal sehingga mudah untuk didapat. Dengan harga yang murah meriah kipas ini bisa dijadikan pengganti AC dan kipas angin ketika lampu padam.

Tags :

Bagikan Artikel