BlogLifestyleEdukasi6 Penyebab Arus Listrik Lemah dan Cara Mengatasinya
0
0

6 Penyebab Arus Listrik Lemah dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sering menemukan kendala listrik naik turun? Terjadinya aliran arus listrik yang lemah ataupun listrik yang tidak stabil memang sering ditemukan sebagai permasalahan rumah tangga. Penyebab arus listrik lemah biasanya terjadi karena kekurangan daya ataupun masalah teknis dari kabel-kabel yang menghubungkan.

Namun, tidak serta merta dikarenakan oleh beberapa persoalan di atas, penyebab arus listrik yang lemah harus dicari sampai akarnya agar tidak merugikan penghuni rumah. Untuk itu di bawah ini, Pinhome akan menyajikan beberapa cara mengatasi penyebab arus listrik yang lemah.

Baca juga: Yuk Simak Cara dan Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik Berikut Ini!

Penyebab Arus Listrik Lemah

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mengatasi suatu masalah adalah mengetahui penyebabnya, dengan begitu kamu akan menemukan cara yang paling tepat dalam mengatasinya. Simak yuk beberapa penyebab arus listrik lemah serta bagaimana cara mengatasinya berikut!

Baca Juga: 13 Cara Menghemat Listrik AC dengan Mudah

Daya Listrik Tidak Sesuai

Kamu dan keluarga sedang asyik nonton film favorit di ruang keluarga, tiba-tiba listrik turun. Hal ini bisa terjadi dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah daya listrik yang ditampung di dalam rumah tidak sebanding dengan penggunaannya. Artinya adalah total peralatan elektronik yang tersedia di dalam rumah mempunyai daya yang lebih besar dan tidak mencukup cakupan total daya dari rumah. Dengan begitu kejadian seperti ini akan sering terulang dan fatalnya dapat merusak aliran listrik.

Perlu Pins ketahui, seringnya terjadi arus listrik naik turun tidak hanya dapat merusak barang-barang elektronik di rumah tetapi juga aliran listrik. Cara mengatasi penyebab arus listrik lemah ini adalah menaikan daya listrik dalam hunian. Walaupun nantinya biaya per bulan untuk tagihan listrik akan naik, namun akan sesuai dengan besaran daya yang dipakai sehari-hari tanpa khawatir listrik akan turun. Pins bisa menghubungi PLN perihal informasi menaikkan daya listrik rumah.

Jaringan Listrik Rumah Tidak Mengikuti Standar

Source : Unsplash/Ralph (Ravi) Kayden

Hati-hati ya Pins dengan janji pemasangan listrik dengan biaya murah tanpa melalui jalur PLN. Hal ini merupakan salah satu penyebab arus listrik di rumah melemah. Pemasangan jalur aliran listrik dan jenis kabel yang tidak sesuai standar dapat mengakibatkan adanya penurunan daya listrik yang disebabkan oleh tidak stabilnya aliran listrik.

Kabel yang tidak sesuai dengan standar membuat aliran listrik di dalamnya menjadi tidak bisa bekerja dengan optimal. Untuk itu ada baiknya untuk selalu mengikuti protokol kelistrikan dengan benar agar tidak terjadi kecelakaan yang fatal di kemudian hari.

Terjadi Konsleting Listrik

Korsleting listrik memang kerap terjadi pada permukiman walaupun beberapa standar pemasangan sudah dilakukan dengan baik dan benar. Namun Pins tidak perlu khawatir, cara mengatasi listrik konslet di rumah cukup mudah dipahami dan bisa dilakukan oleh penghuni rumah. Listrik naik turun yang cenderung sebagai pertanda kelemahan listrik ini, bisa terjadi pula karena konslet listrik Pins!

Kamu hanya perlu bertindak tidak gegabah dan mematikan seluruh aliran listrik. Caranya adalah dengan menekan switch pada MCB ke bawah untuk menghentikan arus listrik masuk ke dalam rumah dan lihat tanda-tandanya pada beberapa peralatan elektronik hingga lampu di rumah. Bila tidak ada tanda-tanda yang terlihat, segera hubungi teknisi agar melihat bagian terdalam pada kabel aliran. Kemungkinan listrik melemah berasal dari kerusakan pada rumah yang menyebabkan aliran listrik terganggu.

Gangguan Pada Sumber Listrik

penyebab arus listrik lemah
Source : Unsplash

Tidak hanya persoalan internal saja Pins yang dapat menyebabkan melemahnya aliran listrik. Gangguan dari sumber listrik utama PLN juga bisa menjadi penyebab utama. Apalagi bila memang daerah sekitar tempat tinggal rawan akan listrik tegangan tinggi yang bisa berakibat kerusakan. Hal ini akan menyebabkan listrik pada hunian naik turun.

Kondisi hujan deras, pohon tumbang, petir kencang yang berbahaya hingga kerusakan dalam kabel penghubung menjadi beberapa penyebab utama adanya gangguan pada sumber listrik. Hal ini pula akan berdampak pada listrik dalam permukiman. Untuk kerugian satu ini, Pins hanya perlu menunggu pihak PLN memperbaiki dan memantau apakah listrik sudah benar penggunaannya di rumah.

Jarak Rumah yang Terlalu Jauh dari Sumber Listrik

penyebab arus listrik lemah
Source : Unsplash/Pascal Debrunner

Selanjutnya penyebab listrik lemah lainnya adalah jarak rumah yang terlalu jauh dari sumber listrik. Hal ini biasa terjadi pada pemukiman penduduk yang jauh dari pusat kota. Jauhnya jarak rumah yang tidak bisa dijangkau oleh tiang induk PLN dapat menyebabkan terjadinya aliran listrik yang melemah. Semakin sedikit aliran listrik yang mengalir ke daerah pemukiman akan semakin sedikit pula daya listrik yang bisa dipakai di dalam satu rumah.

Untuk kendala seperti ini, ada baiknya untuk bicarakan pada pimpinan daerah sekitar maupun menghubungi PLN sebagai tindak lanjut pembuatan sumber listrik terdekat. Dengan pemasangan sumber aliran listrik yang jauh lebih dekat dengan daerah tempat tinggal, maka akan jauh meminimalisir adanya listrik yang sering turun.

Kerusakan Minor Pada Beberapa Peralatan Listrik

Nah, untuk kerusakan satu ini memang terkadang juga bisa menjadi masalah yang tak kunjung usai. Namun ada beberapa alternatif upaya dalam mengatasi tipe kerusakan seperti ini, cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan Stabilizer
  • Penambahan Alat UPS (Uninterruptible Power Supply)
  • Pemasangan Shunt Capacitor Ata Vant Compensator 
  • Voltage Improvement

Namun Pins untuk pemasangan beberapa alat di atas, usahakan untuk konsultasikan pada pihak ahli agar mendapat gambaran yang tepat ya! Keperluan dari masing-masing alat tersebut memang disesuaikan dengan jenis masalah yang dihadapi. Beberapa permasalahan listrik naik turun diantaranya memang memerlukan alat tersebut sebagai penunjang.

Itulah beberapa cara mengatasi penyebab arus listrik melemah. Semoga dapat menjadi pelajaran dan informasi yang bermakna ya!

Baca Juga: Ini Dia Informasi Tentang Bagaimana Susunan Rangkaian Listrik Seri!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download