BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi, Wajib Tahu!
0
0

16 Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi, Wajib Tahu!

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab listrik padamtop-right-banner

Penyebab listrik padam di rumah bisa bervariasi, termasuk ketika Pins baru saja membeli rumah di Jakarta Selatan, seperti Vasa Jagakarsa. Mulai dari gangguan pada jaringan listrik hingga kesalahan penggunaan peralatan listrik. Kondisi seperti ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengakibatkan ketidaknyamanan.

Itu sebabnya, penting bagi Pins untuk memahami faktor-faktor yang bisa memicu pemadaman listrik di rumah. Dengan begitu, kamu bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut. Ini juga penting ketika Pins berusaha memasang iklan jual rumah karena tidak ingin calon pembeli kabur melihat listrik rumah yang suka padam, bukan?

Penyebab listrik padam yang sering terjadi

Listrik padam atau mati lampu tentu jadi satu hal yang menyebalkan. Hal ini bisa membuat Pins kesulitan melakukan banyak hal, misalnya tidak bisa bekerja atau memasak karena gelap. Jika mati lampu umumnya dikaitkan dengan korsleting, ternyata penyebab listrik padam cukup beragam. Hal ini pun berkaitan dengan arus dan tegangan listrik.

Lantas, kenapa listrik mati? Untuk mengatahui detail jawabannya, berikut ini diuraikan kondisi yang bisa memicu listrik padam yang umum terjadi di Indonesia. Yuk, simak uraian lengkapnya berikut!

Baca juga: 6 Penyebab Arus Listrik Lemah dan Cara Mengatasinya

1. Korsleting Arus Listrik

penyebab listrik padam
Source : Liputan6

Salah satu penyebab gangguan listrik adalah terjadi korsleting pada arus listrik. Kamu mungkin kerap melihat banyak kabel yang menjuntai di tiang jalan dan dibiarkan begitu saja. Nah, hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya korsleting listrik sehingga membuat lampu rumahmu mati.

2. Ada Pemadaman Terpusat

penyebab listrik padam
Source : Antara Foto

Pemadaman terpusat lebih dikenal dengan sebutan pemadaman bergilir. Lalu, apa yang dimaksud pemadaman bergilir? Ini merupakan pemadaman secara berkala yang dilakukan oleh PLN.

Pemadaman bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan pada alat distribusi listrik dan penyalur daya. Saat hal ini dilakukan, PLN akan melakukan pemadaman bergilir dengan jadwal yang telah ditentukan sebagai tindak preventif dan keamanan.

3. Gangguan Alam

penyebab listrik padam
Source : Kompas

Cuaca ekstrem, seperti hujan dan angin, juga bisa menyebabkan gangguan listrik. Terlebih, apabila ada pohon atau ranting yang jatuh mengenai kabel listrik. Hal tersebut berpotensi membuat listrik padam di sebagian kawasan.

Baca juga: Siap Siaga di Rumah Ketika Pemadaman Listrik

4. Terjadi Peningkatan Daya Listrik Secara Mendadak

penyebab listrik padam
Source : Info Publik

Faktor internal penyebab listrik mati yaitu peningkatan daya yang terjadi secara tiba-tiba. Saat hujan deras, petir yang besar dan terjadi di dekat menara listrik, bisa membuat daya meningkat secara mendadak. Hal ini otomatis membuat listrik padam untuk mencegah terjadinya kebakaran karena kelebihan daya.

5. Penggunaan Listrik yang Terlalu Tinggi di Rumah

penyebab listrik padam
Source : IDN Times

Setiap rumah memiliki kapasitas listrik yang berbeda-beda dan akan berubah-ubah sesuai dengan penggunaan. Jika terlalu tinggi, bisa jadi rumah tersebut mengalami mati listrik secara tiba-tiba. Saat hal tersebut terjadi, cobalah untuk mematikan beberapa perangkat listrik atau mencabut kabel yang terhubung dengan arus listrik.

6. Banjir di Suatu Wilayah

penyebab listrik padam
Source : Kompas

Saat banjir terjadi, maka petugas PLN akan segera mematikan pasokan listrik di wilayah terdampak. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya seseorang tersetrum karena arus listrik. Secara otomatis, tentu ini membuat listrik padam.

Baca juga: 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!

7. Ada Layang-layang Tersangkut

penyebab listrik padam
Source : Pikiran Rakyat

Faktor penyebab mati listrik tidak ada pada internal. Hal ini bisa pula disebabkan oleh faktor eksternal, seperti ada layangan yang tersangkut di kabel.

Umumnya, benang layang-layang membuat kabel listrik saling menempel atau terkena besi tiang. Jika hal ini terjadi, tentu listrik di sejumlah daerah akan mengalami pemadaman.

8. Gardu Listrik Rusak

Source : Okezone

Umumnya, di tiap titik suatu wilayah terdapat gardu listrik yang digunakan sebagai pemasok. Nah, ketika terjadi kerusakan pada gardu listrik, maka wilayah tersebut bisa jadi mengalami listrik padam. Pasalnya, pasokan listrik jadi tak ada lagi.

9. Aktivitas Penggalian Bawah Tanah

Source : Detik

Salah satu faktor-faktor penyebab mati lampu adalah aktivitas penggalian tanah. Ketika hal ini terjadi, tak menutup kemungkinan kabel listrik tersenggol atau terkoyak. Untuk meminimalisir hal tersebut, terkadang PLN sengaja melakukan pemadaman sebagai tindak antisipasi agar petugas tidak tersetrum.

Baca juga: Kenali Perbedaan Listrik Pascabayardan Prabayar, Jangan Salah Pilih!

10. Ada Alat Elektronik di Rumah yang Rusak

penyebab listrik padam
Source : Popbela

Alat elektronik juga bisa membuat listrik di rumah padam. Terlebih jika alat tersebut sudah lama digunakan dan mengalami kerusakan pada komponennya. Kerusakan tersebut bisa memutus aliran listrik dan menurunkan sekring utama. Namun, kamu tak perlu khawatir, hal ini justru bisa mencegah kebakaran terjadi.

11. Power SAG

penyebab listrik padam
Source : Idea Grid

Salah satu penyebab gangguan listrik yaitu power SAG. Ini merupakan kondisi saat rumah mengalami penurunan pasokan daya secara tiba-tiba sehingga membuat listrik padam.

12. Terjadi Electrical Line Noise

Source : Jawa Pos

Electrical Line Noise adalah kondisi yang terjadi saat gelombang listrik terganggu oleh tumpukan frekuensi radio di suatu daerah. Secara tidak langsung, hal ini bisa membebani aliran listrik yang ada sehingga memutus pasokan listrik dan membuat sebagai rumah mengalamai pemadaman.

Baca juga: Anggaran Biaya Instalasi Listrik Rumah yang Harus Disiapkan

13. Hewan Memanjat Kabel Listrik

penyebab listrik padam
Source : Bobo Grid

Selain cuaca, faktor eksternal lain yang menyebabkan mati listrik yaitu hewan yang berada di kabel. Terkadang, burung besar atau ular memanjat kabel maupun peralatan krusial, seperti sekering dan tranformator. Beban yang terlalu berat, lantas membuat alat tersebut mati dan menyebabkan listrik padam.

14. Beroperasinya Voltage Regulator

Source : Indonetwork

Pada penyaluran energi listrik umumnya terjadi alat yang dipakai untuk menyesuaikan tegangan. Alat ini bisa berupa power factor correction capacitors atau tap switching transformers. Saat terjadi kegagalan operasi, alat ini bisa menyebabkan voltage sag.

Volatge sag bisa menyebabkan kegagalan atau kekurangan pasokan daya listrik yang berbanding lurus dengan tegangan. Jika tegangan tak sampai 10 persen, maka aliran daya akan terhambat sehingga terjadi pemadaman.

Baca juga: Cara Memasang Wifi di Rumah, Lengkap Biaya dan Prosedurnya!

15. Ada Blackouts

penyebab listrik padam
Source : Ruang Energi

Blockouts adalah peristiwa yang menggambarkan tegangan nol atau tegangan hilangan yang berlangsung lebih dari 2 menit. Hal ini umumnya disebabkan oleh sisi jaringan, seperti circuit breaker yang trip. Hal ini bisa menyebabkan data loss, data corrupt dan kerusakan pada peralatan sehingga memicu listrik padam.

16. Adanya Power Surge

Source : Tribun

Terakhir, listrik mati bisa disebabkan oleh power surge. Ini merupakan pemaksaan kenaikan daya tiba-tiba pada sebuah beban. Power surge dikaitkan dengan kenaikan tegangan yang terjadi saat alat listrik yang memakai daya besar tiba-tiba lepas dari jaringan. Hal ini dapat menyebabkan kedip serta matinya peralatan listrik sehingga membuatnya padam.

Lantas, apa yang terjadi jika listrik padam? Tentu saja, kamu akan kesulitan melakukan segala aktivitas yang membutuhkan energi listrik, misalnya memasak, jika kamu memakai kompor listrik. Untuk itu, dengan mengetahui penyebab listrik padam, kamu bisa melakukan tindak pencegahan. Khususnya, pada kasus mati listrik yang disebabkan faktor internal.

Baca juga: Yuk Intip Cara dan Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik Berikut Ini!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download