BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Letak Pintu Pagar yang Baik untuk Sebuah Rumah
0
0

6 Letak Pintu Pagar yang Baik untuk Sebuah Rumah

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mar 23, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat menerapkan Feng Shui pada rumah Kamu, jangan hanya menerapkannya pada interior  saja. Namun Feng Shui Rumah  juga bisa diterapkan dari taman rumah yang paling jauh, yakni dari pagar. Berikut akan Pinhome jabarkan mengenai letak pintu pagar yang baik ya, Pins!

Pagar tempat tinggal berperan penting dalam melindungi rumah Kamu. Dalam ilmu feng shui, pagar  membantu mengubah aliran energi. Inilah sebabnya mengapa pagar  penting dalam membangun sebuah rumah. Berikut 6 feng shui pagar rumah yang patut Kamu perhatikan agar kehidupan keluarga Kamu tidak terganggu.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Apa itu Feng Shui

Feng Shui berasal dari bahasa Mandarin dan terdiri dari dua kata: Feng Shui dan Feng Shui. Feng artinya angin dan Shui artinya air. Hal ini sesuai dengan hakikat Feng Shui yang memanfaatkan energi kasat mata (Qi) dari alam.

Feng Shui merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi pada masyarakat Tiongkok kuno. Mereka menggunakan Feng Shui untuk menempatkan bangunan dan ruangan di lingkungannya. Masyarakat China rumah yang mewah juga!

Fengshui Pagar Rumah

Source : Pixabay

Area terpenting dalam Feng Shui adalah area depan. Harus ada ruang terbuka di depan untuk menampung udara yang mengalir melalui pintu depan. Jika pagarnya kuat maka akan membatasi ventilasi rumah. Secara arsitektural, pagar depan yang berventilasi baik membuat rumah semakin nyaman, terutama pada rumah dengan lahan kecil. Bahan seperti baja, baja tahan karat, kayu, kayu buatan, dan vinil memiliki kemampuan bernapas yang sangat baik.

Pemilik rumah dapat memilih bahan berdasarkan preferensi mereka. Semakin banyak udara yang dapat bernapas, semakin banyak energi yang dapat menembusnya. Selain itu, jika energi yang mengalir datang dari arah yang baik, kemungkinan besar rumah tersebut memiliki feng shui yang baik.

Letak Pintu Pagar yang Baik

Untuk rumah dengan pagar depan yang kokoh, Pinhome menyarankan untuk mempertimbangkan situasi rumah saat ini dalam hal kesejahteraan, hubungan, dan kesehatan. Jika Kamu sudah puas dengan keadaan saat ini, tidak perlu diubah, karena itu berarti bentuk tanah di depan rumah sudah cocok untuk energi lembut. Kamu juga perlu perhatikan feng shui rumah Kamu!

Namun jika terdapat permasalahan pada aspek diatas berarti medan tersebut membutuhkan aliran energi yang lebih tinggi. Menempatkan air mancur, kolam ikan, hiasan air dari kendi tanah liat atau kipas angin listrik berukuran besar di depan rumah akan meningkatkan energi buatan dan menggantikan angin alami yang terhalang oleh dinding kokoh. Ada juga loh feng shui kolam ikan, Pins!

Berikut adalah letak pintu pagar yang harus diperhatikan:

1. Perhatikan Arah dari Ujung Pagar

Menurut Feng Shui, pagar rumah idealnya memiliki tepian yang tidak mengarah langsung ke rumah atau rumah tetangga. Pasalnya, pagar jenis ini dapat memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap aliran energi di dalam rumah. Hal ini menyebabkan penghuni rumah menjadi agresif. Idealnya, tepi pagar rumah Kamu harus mengarah ke atas.

2. . Pagar yang Retak

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat melakukan feng shui pagar adalah menghindari retakan pada pagar. Kesehatan penghuni rumah tidak terpengaruh sedikitpun, namun penyakit ini dapat sedikit menghambat aliran Qi.

3. Pagar Terlalu Tinggi

Source : Decoist

Menurut Feng Shui, tidak disarankan membangun pagar setinggi rumah. Meskipun dimaksudkan untuk memberikan privasi, namun  dapat membatasi aliran udara di rumah Kamu. Orang yang berpagar tinggi juga cenderung memiliki kepribadian yang unik.

4. Pagar Terlalu Dekat

Pernahkah Kamu menemukan pagar yang terlalu dekat dengan rumah Kamu? Menurut Feng Shui, kita tahu bahwa hal ini sebaiknya dihindari. Kami merekomendasikan untuk memindahkan bangunan menjauh dari pagar.

Sebab, jika pagar terlalu dekat dengan rumah, energi chi dapat memerangkap dan menghalangi pergerakan bebas. Akibatnya penghuni rumah itu akan merasa stagnan dalam kehidupannya.

5. Terlalu Banyak Pohon pada Area Pagar

Source : TVN

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam membangun pagar rumah menurut Feng Shui adalah tidak terlalu banyak pohon di area pagar. Terutama jika lahannya sangat besar atau subur. Hal ini jelas tidak baik dalam Feng Shui karena dapat menghalangi aliran Qi ke dalam rumah Kamu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengurangi jumlah pohon di sekitar area berpagar agar cahaya dari luar dapat masuk ke dalam rumah.

6. Hindari Pagar Lebih dari Satu

Sebaiknya jangan membangun lebih dari satu pagar di dalam rumah. Menurut Feng Shui, hal ini menghalangi aliran energi dari rumah. Apalagi jika kedua pagar tersebut berukuran sama. Hal ini secara alami menciptakan dua mulut chi dan mengganggu sirkulasi energi di rumah Kamu.

Rekomendasi Material Pagar yang Bagus

Berikut adalah material pagar yang bagus untuk ramah:

1. Besi Hollow

Salah satu material pagar rumah yang terkenal kuat dan kokoh adalah pagar besi hollow. Ciri-ciri pagar besi berongga adalah biasanya kuat dan berlubang di bagian tengahnya.

2. Besi Tempa

Bahan terbaik yang biasa digunakan untuk pagar rumah adalah pagar besi tempa. Pagar besi tempa mampu memberikan nuansa klasik dan mewah dengan ukiran dan warna cat yang menarik.

3. Kayu

Source : Alibaba

Kayu yang terbaik untuk dijadikan pagar rumah antara lain kayu Merbau, kayu ulin, mahoni, kayu benkirai, dan kayu jati. Meski pagar kayu terkenal awet dan kuat, namun tetap memerlukan perawatan khusus dan harganya relatif mahal.

Itulah dia penjelasan mengenai letak pintu pagar yang baik, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download