BlogPemilik PropertiDesain HunianMengenal Apa itu Lantai Linoleum? Ciri, Kelebihan dan Cara Membersihkannya
0
0

Mengenal Apa itu Lantai Linoleum? Ciri, Kelebihan dan Cara Membersihkannya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 25, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membersihkan lantai sepertinya tugas yang sederhana dan mudah. Namun bagaimana jika lantai di rumah Kamu terbuat dari bahan yang berbeda dari lantai linoleum atau lantai kayu pada umumnya? Penting untuk memahami cara membersihkannya.

Lantai linoleum ditemukan oleh Frederick Walton pada tahun 1860. Jenis lantai ini biasa digunakan di bisnis dan perumahan pribadi hingga tahun 1960-an. Lantai linoleum sangat populer di Eropa. Namun, lantai linoleum menjadi lebih populer di pasar AS dalam beberapa tahun terakhir karena merupakan bahan alami.

Apa itu Lantai Linoleum?

Source : Bob Vila

Lantai linoleum mendapatkan namanya dari bahan utamanya, minyak biji rami. Lantai ini dibuat dengan mencampurkan minyak biji rami dengan bahan-bahan alami seperti bubuk gabus, kayu atau tepung, tar pinus, batu kapur, dan pewarna lalu diikatkan pada papan yang terbuat dari anyaman serat rami.

Karena materialnya, lantai ini sangat ramah lingkungan dan 100% dapat terurai secara hayati. Namun, linoleum tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis-jenisnya

Berikut ini adalah jenis-jenis dari linoleuim:

1. Marmoleum

Yang pertama yaitu marmoleum yang mana berasal dari kata marmer, pada bagian permukaannya ada sisi motif yang mirip-mirip dengan lantai marmer dan itu yang menyebabkan dinamakan marmoleum

2. Artoleum

Jenis bahan dari bahan artoleum memiliki 3 motif yang unik yang bisa kamu pilih. Diantaranya yaitu motif kulit buaya, motif bintik-bintik dan juga polos.

3. Walton

Bahan yang satu ini yaitu terdiri dari berbagai motif dan desain lantai yang menarik untuk Kamu terapkan. Yaiut ada motif serat kayu, motif beton, dan motif kontemporer lainnya

Kelebihan

Source : Fast Floors

Lantai linoleum terkenal dengan daya tahan dan umur panjangnya, dan dengan perawatan yang tepat dapat bertahan hingga 40 tahun. Dibandingkan dengan lantai kayu atau laminasi, linoleum tahan gores. Selain itu, lantai ini tahan air, antibakteri, dan mudah dibersihkan. Oleh karena itu, lantai sering digunakan di ruang publik, basement yang lembap, dapur, dan kamar mandi.

Kekurangan

Source : JPS Cork

Karena linoleum merupakan bahan yang lembut, maka lantai rentan penyok dan tidak cocok untuk area dengan furnitur berat. Permukaan lantai linoleum juga berpori sehingga cairan bisa merembes ke dalamnya jika tidak segera dibersihkan.

Namun masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan lapisan atas yang sesuai. Setelah Kamu mengetahui apa itu lantai linoleum serta kelebihan dan kekurangannya, bahasan selanjutnya akan membahas cara membersihkannya dengan benar.

Baca juga: 15 Inspirasi Warna Gorden yang Elegan untuk Ruang Tamu

Cara Membersihkan

Source : Pixabay

Membersihkan lantai, terutama yang sering digunakan, merupakan tugas yang penting. Tujuannya selain menjaga kebersihan dan kesehatan, juga mencegah kerusakan pada lantai. Alat dan cara pembersihan yang digunakan berbeda-beda tergantung bahan lantainya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan lantai linoleum yang benar seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Bahan dan Alat:

  • Penyedot debu atau sapu
  • Botol semprotan
  • Kain pel microfiber
  • Busa microfiber poles (microfiber pads)
  • Cairan pH pembersih khusus laminate floor
  • Cairan poles lantai (hard surface floor polish)

Langkah-langkahnya:

  1. Bersihkanlah lantai dari debu dan pasir menggunakan penyedot debu atau sapu. Pastikan alat yang kamu kamu pakai menggunakan bahan lembut yang tidak akan menggores lantai.
  2. Siapkanlah cairan pembersih. Larutkan cairan pH pembersih dengan air dingin ke dalam botol semprotan sesuai dengan takaran yang ada.
  3. Lalu basahi sedikit kain pel microfiber dengan larutan yang sudah dibuat menggunakan botol semprotan. jangan semprotkan larutan ini langsung ke lantai!
  4. Bersihkan lantai perlahan dari bagian ujung ruangan dan lakukanlah per petak, misalnya per 150 m2.
  5. Gunakanlah teknik alur pel membentuk huruf S dan pastikan Anda mengepelnya dengan cara tetap satu arah. Hindari juga gerakan maju mundur ketika mengepel, sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal.
  6. Sehabis itu, bagian per petak selesai, keringkan dengan menggunakan lap microfiber yang masih kering, coba gunakan teknik membentuk huruf S yang sama seperti saat kamu mengepelnya.
  7. Ulangilah proses hingga lantai bersih dan kering sempurna.

Baca juga: 15 Desain Ruang Tamu Minimalis 3×3 yang Dijamin Bikin Nyaman

Cara Merawat

Untuk memastikan umur panjang lantai linoleum Kamu, harus dipoles dan dirawat secara teratur setiap 2 hingga 4 bulan. Tujuannya adalah untuk melapisi pori-pori lantai sehingga air lebih sulit masuk dan lantai tidak mudah rusak.

Itulah dia bahasan mengenai lantgai linoleum, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download