BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Bangunan Warung Sembako Simpel
0
0

7 Desain Bangunan Warung Sembako Simpel

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 15, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Punya usaha dari rumah ternyata tidak sesulit itu meskipun kamu hanya punya rumah minimalis seperti di Pesona Ciputih, kok. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba usaha warung sembako untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sekitar. Namun, banyak orang yang berpikir bagaimana desain bangunan warung sembako sederhana, bukan?

Sebelum menyimak ragam desain warung sembako sederhana, cermati dulu manfaat dari aplikasi Pinhome ini. Tersedia pula properti dekat sarana publik seperti SMPN 1 Cianjur hingga fitur Kalkulator KPR. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkap seputar rumah bekas di Kota Bogor misalnya Villa Kebun Raya Cibinong hingga jual rumah baru di Kabupaten Bekasi.

Desain Warung Sembako Sederhana

Jika dilihat-lihat sekilas, desain bangunan warung sembako mungkin tampak mirip. Namun, Pins mungkin tidak tahu apa yang dilakukan oleh pemilik rumah untuk menyulap ruangan yang ada menjadi tempat usaha. Penasaran apa saja inspirasi desain warung rumahan yang bisa jadi referensi? Simak contohnya di bawah ini, yuk!

1. Desain Warung Sembako di Teras Rumah

desain bangunan warung sembako
Source : Mitra Bukalapak

Salah satu lokasi yang bisa kamu gunakan untuk membangun warung sembako adalah teras rumah. Pasalnya, teras rumah bisa terlihat dengan mudah oleh orang-orang yang lewat sehingga mereka tertarik untuk membeli barang-barang yang tersedia. 

Jika tertarik, kamu bisa menampilkan barang jualan di satu atau dua rak besar di sudut teras rumah. Jangan lupa buat layout U untuk memperlihatkan warung yang terlihat lebih luas. 

Selain itu, letakkan showcase dan freezer di bagian ujung teras agar penggunaan ruangan lebih maksimal. Sebagai pemilik warung sekaligus tempat tinggal, selalu jaga kebersihan dan kerapian teras untuk menarik perhatian calon pembeli, ya!

Baca juga: 10 Desain Rumah Makan Sederhana Tapi Menarik Sebagai Ide Untuk Bisnis

2. Warung Sembako di Garasi

Source : BLKP

Desain bangunan warung sembako lainnya yang bisa kamu coba adalah di garasi atau carport. Pilihan lokasi warung ini mungkin akan tepat ketika kamu tidak menggunakan area garasi seutuhnya dan masih memiliki space yang cukup untuk warung. 

Hal ini mungkin bisa dijumpai di beberapa rumah seken di Bekasi Barat dan sekitarnya. Dengan menambahkan sedikit renovasi dan penambahan partisi, kamu bisa memulai usaha sembako di sini. 

Jangan lupa untuk menciptakan suasana seperti minimarket untuk menarik pelanggan. Kamu bisa menyusun produk di rak kecil atau membeli etalase kaca sebagai tempat untuk produk tertentu, misalnya obat-obatan atau vitamin. 

Jika ingin membuat warung yang tertutup di carport, tambahkan AC agar lebih nyaman. Bagi ingin yang membuat warung yang terbuka mungkin perlu memastikan sirkulasi udara di ruangan berjalan baik agar tidak sumpek dan tetap nyaman. 

3. Warung Sembako Seperti Ruko

Source : Pinterest

Pins juga bisa mencoba desain bangunan toko sembako seperti di ruko dengan menambahkan beberapa rak kecil. Rak-rak kecil ini bisa kamu isi dengan makanan ringan dan camilan untuk menarik perhatian calon pembeli, terutama anak-anak. 

Bila perlu, tambahkan kayu penggantung untuk meletakkan minuman atau makanan sachet agar kamu tidak perlu bersusah payah mencari barang. Cobalah menambah meja dan kursi panjang di bagian depan rumah agar pelanggan bisa duduk. Ini juga bertujuan agar mereka membeli barang-barang sembako lebih banyak di warung kamu. 

Baca juga: Nama Usaha yang Unik & Belum Dipakai

4. Warung Sembako di Dalam Rumah

Source : Kompasiana

Siapa bilang kamu hanya bisa menjalankan bisnis sembako di luar rumah? Faktanya, ada begitu banyak hunian di tengah kota Bogor yang dimanfaatkan sebagai warung sembako, lho

Pins bisa mengawali desain bangunan warung sembako ini dengan menambahkan jendela kecil untuk melayani pelanggan. Tidak hanya itu, buat tata letak warung dengan menempatkan toples di bagian dan minuman sachet di bagian atas. Ini akan memudahkan pembeli memilih barang dan melihat dengan jelas produk yang akan dijual.

5. Warung Sembako Modern dan Minimalis

Source : Pexels

Contoh desain warung sembako lainnya adalah memanfaatkan desain rumah minimalis. Desain ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin membuka toko sembako di perkotaan dengan lahan terbatas. 

Meski terbatas, kamu bisa mencoba desain minimalis dengan etalase yang ditempatkan mengelilingi ruangan. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan ruang yang tersedia secara maksimal. 

Di toko sembako yang sederhana ini, Pins bisa menyimpan barang dengan cara yang rapi dan optimal. Alhasil, toko sembako yang tadinya tampak sempit bisa menampung semua barang dagangan dengan efisien. 

Baca juga: Bisnis Kecil Kecilan: Keuntungan, Tips, dan 7 Contoh

6. Desain Toko Sembako Sederhana

Source : Shutterstock

Walau terlihat kecil, desain bangunan warung sembako sederhana memiliki ruangan toko yang lebih luas dibandingkan toko sembako minimalis. Desain ini mungkin kerap kamu jumpai di warung pedesaan. 

Dengan lahan yang terbatas, kamu bisa mengatur banyak produk dan sembako untuk terlihat oleh pembeli. Itu sebabnya, desain sederhana ini punya kelebihan tersendiri, nih

7. Desain Toko Sembako Unik

Source : Superapp

Jika ingin mendapatkan toko sembako yang unik, coba tambahkan perlengkapan yang berbeda dari toko sembako lainnya. Namun, usahakan untuk tidak berlebihan dalam menambah etalase di dinding karena itu bisa menyebabkan toko tampak sempit. 

Alih-alih demikian, cukup tambahkan beberapa etalase dengan barang-barang kecil. Setelah itu, susun barang dagangan dengan rapi menggunakan paku dan tali jika tidak ditaruh di etalase. Ini bisa menciptakan kesan unik dan menarik untuk calon pembeli. 

Nah, itu tadi sederet inspirasi desain warung sembako sederhana yang bisa kamu coba di rumah masing-masing. Jangan lupa untuk memperhatikan luas ruangan yang akan dipakai untuk toko agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari para penghuni rumah, ya!

Baca juga: Rekomendasi Nama Toko Sembako Pembawa Rezeki

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download