BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Kursi Taman Permanen yang Nyaman dan Estetik
0
0

15 Inspirasi Kursi Taman Permanen yang Nyaman dan Estetik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Kursi taman permanentop-right-banner

Taman di depan rumah memiliki banyak fungsi, mulai dari memperindah rumah hingga menghadirkan kesejukan dan kenyamanan. Terlebih jika dipasang kursi taman permanen sehingga area tersebut bisa menjadi tempat untuk bersantai di sore atau malam hari. 

Kamu yang tinggal di rumah eksklusif dari Pinhome seperti Tamaruma atau Britania Green Resort tentu menginginkan taman rumah yang estetik. Rumah bekas di Kab Bandung bisa kamu titip jual rumah di Pinhome juga, Pins!

Sebelum mengulas tentang inspirasi kursi taman permanen, ada baiknya kamu mengetahui fungsi taman di rumah terlebih dahulu. 

Baca juga: Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Fungsi Taman

Kursi taman permanen
Pixabay

Ada banyak fungsi taman di depan atau belakang rumah. Tentu saja, ada taman akan menambah estetika rumah sehingga tampak lebih rindang dan nyaman. Berikut beberapa fungsi taman rumah yang harus kamu tahu. 

1. Area Resapan Air Hujan

Taman berfungsi sebagai area resapan air hujan. Dengan adanya taman maka air hujan akan langsung turun ke tanah dan tidak mengalir ke area lain. Sehingga potensi terjadinya banjir di area rumah akan diminimalisir. 

2. Menyegarkan Pikiran

Taman yang didominasi warna hijau dedaunan bisa menjadi refleksi sehingga pikiran penghuni rumah akan kembali segar. Terutama jika penghuni rumah termasuk keluarga yang sibuk dengan pekerjaan satu sama lain. 

3. Area Bermain anak

Bagi penghuni yang memiliki anak-anak kecil, maka adanya taman akan membantu untuk menjadi area bermain mereka. Selain itu, orang tua juga bisa memantik hobi berkebun pada anak-anak. 

4. Sumber Udara Bersih

Tanaman hias yang ada di taman depan rumah tentu akan menjadi sumber udara bersih bagi area sekitarnya, termasuk di dalam rumah. 

Baca juga: 16 Desain Taman Di Balkon Lantai 2, Unik Banget

Inspirasi Kursi Taman Permanen

Taman tidak cukup dinikmati dengan memandangnya saja. Kamu sesekali harus duduk bersantai dan beraktivitas di area tersebut, sehingga bisa menjadi ajang menyatu dengan alam. 

Dengan demikian, kamu perlu memasang kursi atau bangku di area taman. Namun areanya yang terbuka yang akan basah saat hujan dan kepanasan saat terik, maka kamu perlu membuat kursi taman yang permanen dan awet sehingga tidak mudah rusak. 

Berikut beberapa rekomendasi kursi taman permanen yang bisa kamu terapkan di area taman rumahmu. 

1. Kursi Taman Setengah Lingkaran

Kursi taman permanen
Pinterest

Konsep kursi taman ini mirip seperti kursi konferensi yang melingkar. Hanya saja, model ini dibuat setengah lingkaran dengan bahan semen dan tatanan batu atau bata. Sementara setengah yang lain bisa menggunakan kursi biasa jika memang orang yang berkumpul banyak. Di bagian tengah terdapat perapian yang berguna saat cuaca dingin. 

2. Kursi Kayu

Kursi taman permanen
Pinterest

Kursi model ini sering ditemui di taman publik yang biasa dipasang di pinggir jalan. Material kursi ini adalah balok dan papan kayu. Balok untuk bagian kaki yang ditanam di tanah, sedangkan papan untuk bagian dudukan. Pastikan menggunakan kayu yang kuat untuk kursi ini. 

3. Kursi Letter L

Kursi taman permanen
Pinterest

Konsep kursi taman ini termasuk modern dengan bentuk yang menyerupai huruf L atau letter L. Bagian rangka, kaki, dan sandaran dibuat dengan semen sementara bagian dudukan menggunakan kayu. 

4. Kursi Rendah

Kursi taman permanen
Pinterest

Model ini hampir sama dengan model yang sebelumnya, yaitu menggunakan semen dan kayu sebagai materialnya. Bedanya, kursi ini cenderung lebih rendah sehingga menimbulkan kesan lebih santai. 

Baca juga: Cara Menghitung Lingkaran Untuk Bangunan

5. Kursi Vintage

Kursi taman permanen
Pinterest

Kursi taman model ini cocok buat kamu yang suka dengan gaya kuno. Material yang digunakan adalah batu kali baik untuk rangka, sandaran, maupun dudukan. Kelemahan kursi ini adalah bagian dudukannya yang keras sehingga kamu harus menyiapkan bantal duduk.

6. Kursi Semi Sofa

Pinterest

Sekilas kursi ini akan tampak seperti sofa minimalis di ruang tamu. Padahal bukan. Kursi permanen ini dibuat dengan material bata dan semen yang dibentuk seperti kursi dengan adanya sandaran dan dudukan. Setelah jadi, bagian dudukan akan diberi kasur agar empuk saat diduduki. 

7. Kursi Memanjang

Kursi taman permanen
Pinterest

Sama seperti kursi kayu di atas, model ini juga sering ditemukan di taman publik. Kursinya terbuat dari kayu dengan bentuk yang memanjang. Sementara bagian kaki terbuat dari baja ringan yang ditanam di tanah. 

8. Kursi Klasik

Kursi taman permanen
Pinterest

Model kursi taman ini tampak seperti kursi yang biasa diletakkan di depan rumah oleh orang zaman dulu. Memasang kursi ini bisa dibuat dua model, permanen maupun tidak. Jika permanen, kamu harus menanam kakinya di tanah dengan cor semen. Namun jika tidak, cukup letakkan saja kursi seperti biasa sehingga bisa dipindahkan. 

9. Kursi Ayunan

Kursi taman permanen
Pinterest

Bagi kamu yang punya anak kecil, tampaknya perlu mempertimbangkan ayunan di taman. Selain disukai, ayunan bisa dibuat kokoh dan jangka panjang sehingga menyimpan memori masa kecil anak-anak ketika mereka dewasa. 

10. Kursi Pantai

Kursi taman permanen
Pinterest

Model kursi pantai juga bisa diterapkan di taman rumah. Dengan model ini, kamu bisa lebih bersantai karena sambil tiduran dan menikmati sejuknya suasana taman. 

Baca juga: 20 Desain Taman di Atas Rumah Atau Roof Garden

11. Kursi Sederhana

Kursi taman permanen
Pinterest

Kursi taman ini dibuat dengan memadukan material beton dan kayu. Beton dijadikan bagian kaki dan meja, sementara bahan kayu dijadikan dudukan dan sandaran kursi. Tampilan kursi ini memang sederhana, namun dengan paduan warna abu dan hitam membuatnya terlihat elegan.

12. Kursi Single

Kursi taman permanen
Pinterest

Model ini perpaduan antara permanen dan nonpermanen. Bagian yang permanen pada pada area kursi dan meja bulat yang dibuat dengan material tumpukan batu. Sementara kursinya tidak permanen dengan dudukan single seat.

13. Kursi Tumpukan Batu

Kursi taman permanen
Pinterest

Kursi ini cenderung unik karena rangkanya dari besi dengan ada ruang yang diisi tumpukan batu utuh dan terlihat dari luar. Sementara dudukannya berbahan kayu yang dihaluskan. Hal yang sama juga diterapkan pada bagian meja. 

14. Kursi Artistik

Kursi taman permanen
Pinterest

Model ini hampir mirip dengan kursi tumpukan batu di atas. Bedanya, bagian dudukan kursi terbuat dari bahan beton sehingga lebih kuat dan terkesan artistik. Cor beton juga diterapkan pada bagian meja. 

15. Kursi Industrial

Kursi taman permanen
Pinterest

Kursi taman ini mengusung nuansa industrial dengan bentuknya yang setengah lingkaran. Memang sekilas tampak seperti bangunan belum jadi, namun justru itu yang menghadirkan nuansa industrial pada kursi ini. 

Itulah 15 inspirasi kursi taman permanen yang estetik dan unik. Kamu tertarik membuat yang mana, Pins?

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download