BlogPemilik PropertiDesain HunianIni 6 Cara Kerja Konsultan Desain Interior Rumah
0
0

Ini 6 Cara Kerja Konsultan Desain Interior Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 20, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Konsultan desain interior adalah seorang arsitek atau lembaga perusahaan yang memberikan jasa pembuatan desain interior ruangan menyesuikan nilai-nilai arsitektur yang ingin ditampilkan dalam sebuah ruangan. Pembuatan desain interior dimulai dari penelitian mengenai pemilik bangunan serta fungsi yang hendak dituangkan ke dalam sebuah ruang. Oleh karenanya diharapkan hasil yang dikerjakan sesuai dengan tema dan suasana yang diharapkan ada dalam sebuah acara di dalam ruang interior tersebut.

Tentunya, setelah tahu cara kerja konsultan desain interior rumah akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman. Seperti rumah yang ada di perumahan Dewe Residence. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi atau di sekitar Lippo Mal Puri menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Simak infromasinya selengkapnya di bawah ini, Pins!

Baca juga: 12 Ide Interior Desain Kantor Minimalis 1 Lantai

Cara Kerja Konsultan Desain Interior

Dalam mengeksplorasi dunia desain interior, penting untuk memahami enam cara kerja konsultan desain interior. Berikut ini akan mengulas proses kreatif, komunikasi efektif dengan klien, analisis kebutuhan ruang, pemilihan material, implementasi ide-ide inovatif, dan penyelesaian proyek. Melalui pemahaman ini, Pins dapat mengevaluasi peran desainer interior dalam menciptakan lingkungan yang estetis dan fungsional.

1. Memilih Material Desain Interior

konsultan desain interior
Source : Pexels

Berbagai pilihan perusahaan konsultan desain interior dapat menjadi pilihan dalam mewujudkan pembuatan desain interior dari mulai bagaimana menentukan material. Ini penting agar desain yang kamu dambakan memiliki tampilan yang sesuai dengan diharapkan.

2. Pembuatan Bentuk Ruangan

konsultan desain interior
Source : Pexels

Konsultan desain interior juga terlibat dalam pembuatan bentuk-bentuk ruangan yang menarik sampai dengan bagaimana pencahayaan rumah yang dikehendaki ada di dalam suatu ruangan tersebut. Misalnya untuk ruang makan akan lebih baik jika bersuasana tenang dengan cahaya yang tidak begitu terang sehingga menimbulkan selera makan yang berlebih.

Sementara itu, untuk aktifitas olahraga seperti futsal didalam ruangan akan lebih baik jika dibuat sebuah desain interior ruangan yang segar. Mereka juga biasanya menggunakan cahaya lampu yang terang untuk mendukung aktifitas olahraga ini.

Baca juga: 10 Ide Interior Ruang Tamu Apartemen Mewah Warna Pastel

3. Melakukan Programming

konsultan desain interior
Source : Pexels

Seorang konsultan desain interior juga akan melakukan programming melalui aplikasi desain rumah. Dia akan melakukan pengumpulan data seperti identitas klien, profil, ruangan yang akan didesain, preferensi, kebutuhan dan budget. Hal ini dilakukan agar konsultan dapat membuat desain yang sesuai dengan keinginan klien

4. Mencari Inspirasi Desain

konsultan desain interior
Source : Pexels

Konsultan desain interior sering mencari ide untuk gaya desain yang cocok dengan klien. Inspirasi yang mudah ditemukan bisa berasal dari gaya desain interior di berbagai tempat. Misalnya untuk desain Jepang, Scandinavia, dan gaya tropis. Konsultan desain dapat menerapkan ide-ide tersebut dalam pemilihan warna, material, dan dekorasi.

5. Membuat Desain Interior

Source : Pexels

Dalam pembuatan desain interior dapat dibuat sendiri menggunakan software animasi 3 dimensi ruang interior yang banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang software tersebut sebelum dapat menggunakanya untuk pembuatan desain interior.

Jika bisa menggunakan cara ini maka hasil desain akan lebih mencerminkan keinginan kerana proses pembuatanya yang dapat dirubah secara berulang-ulang agar memenuhi standar keinginan yang diharapkan.

Apabila mengelami kesulitan dapat meminta bantuan seorang arsitek yang dapat menjadi konsultan desain interior rumah. Mereka bisa membuatkan desain ruangan Pins dengan biaya desain per view gambar atau per meter persegi bangunan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Baca juga: Katalog Warna Cat Tembok Avitex untuk Interior & Exterior Rumah

6. Memilih Jenis Furtniture

Source : Pexels

Perletakan serta pemilihan jenis furniture juga merupakan bagian dari pekerjaan konsultan desain interior. Konsultan akan memilih sebuah bentuk dan warna furniture yang sesuai dengan tema ruangan.

Misalnya pada ruang kerja dengan suasana formal akan lebih baik jika menggunakan meja kursi yang bersifat formal. Sedangkan pada ruang restoran akan lebih enak jika menggunakan furniture dengan tema santai. Semua hal ini dapat di otak-atik sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah desain interior yang indah serta menarik.

Demikian informasi mengenai cara kerja konsultan desain interior yang bisa kamu ketahui. Selamat merencanakan desain interior rumah atau bangunan ya, Pins!

Baca juga: Inspirasi Interior Atap Rumah untuk Hunian Masa Kini


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami A-Venue Townhouse dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download