BlogPemilik PropertiFinansialInformasi Kode Bank BCA, Tabungan, Top Up, dan Cara Menjadi Nasabah
0
0

Informasi Kode Bank BCA, Tabungan, Top Up, dan Cara Menjadi Nasabah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Apr 5, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
BCAtop-right-banner

Ketika hendak melakukan transaksi berupa transfer antar bank, Pins pasti akan diminta untuk memasukkan kode tertentu dari bank yang dituju. Nomor-nomor unik tersebut digunakan untuk membedakan rekening bank tujuan. Jika kamu ingin transfer ke rekening BCA dari bank lain, maka tentunya akan memerlukan kode Bank BCA.

Kode bank memang penting, namun penggunaannya tidak harus dilakukan setiap kali transaksi. Apabila kamu melakukan transfer antar rekening dalam bank yang sama, maka Pins tidak perlu memasukkan kode bank.

Berbeda dengan hal itu, ketika seseorang ingin transfer ke bank yang berbeda maka kode bank perlu untuk dimasukkan. Apabila nomor tersebut tidak digunakan, sistem tidak akan bisa mengenali nomor rekening sehingga transaksi gagal.

Sebelum bisa melakukan transfer dan menggunakan kode bank, seseorang tentunya harus memiliki nomor rekening terlebih dahulu. Salah satu bank swasta di Indonesia, BCA, memberikan berbagai jenis layanan dan kemudahan bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening. Berikut ini cara mendaftar nasabah BCA serta penggunaan kode bank BCA.

Baca juga: Tips Dan Cara Paling Aman Menggunakan KlikBCA Individual

Fungsi Kode untuk Transfer Antar Bank

Source : Pikepro

Secara umum, kode bank digunakan untuk transaksi dari satu bank ke bank lainnya. Rangkaian angka tersebut sudah ditentukan sebelumnya dan setiap bank memiliki kode yang berbeda.

Ketika melakukan transfer antar bank, kode tersebut bertindak sebagai sebuah identitas. Kombinasi angka yang telah diketikkan akan menjadi jalan bagi sistem untuk mengenali bank tujuan. Setelah itu, barulah sistem bisa memproses transaksi.

Pengguna tidak akan bisa melakukan transaksi jika tidak memasukkan kode bank saat transfer dari bank yang berbeda. Sistem tidak akan mengenali nomor rekening yang dituju sehingga akan berakibat pada gagalnya transaksi.

Baca Juga:

Penggunaan Kode Bank BCA

kode bank bca
Source : Bank Sentral

Seperti disebutkan sebelumnya, kode Bank BCA digunakan untuk transfer dari bank lain ke rekening BCA. Sebagai contoh yaitu, Pins memiliki rekening Bank A dan harus mengirim uang ke seorang teman yang merupakan nasabah Bank BCA. Sebelum Pins memasukkan nomor rekening tujuan, maka perlu untuk mengisi kode bank yang sesuai.

Kode bank tersebut disisipkan sebelum penulisan nomor rekening dan berisi angka tertentu. Bagi yang perlu mengirim ke Bank BCA maka perlu memasukkan 014 sebelum nomor rekening tujuan. Pins tak perlu khawatir jika tidak hafal dengan nomor tersebut, karena saat melakukan transaksi, kamu bisa melihat daftar kode di mesin ATM. Sesuaikan input dengan Bank yang dituju.

Setelah sampai di ATM tempat melakukan transfer, Pins perlu memasukkan PIN terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah menu untuk ‘Transfer’ dan masukkan kode bank beserta nomor rekening tujuan. Setelah itu, masukkan nominal uang yang perlu dikirim. Cek kembali nama dan rekening penerima, lalu lanjutkan transaksi.

Baca juga:

Cara Transfer ke Bank BCA

kode bank bca
Source : The Economic Times

Baca juga: Panduan Mengajukan KPR/KPA Di Aplikasi Pinhome #MulainyaDariSini

Seiring dengan perkembangan teknologi, layanan pengiriman uang kini semakin beragam. Ada beberapa pilihan bagi kamu yang ingin transfer ke Bank BCA, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Datang ke Bank

Cara yang pertama ini merupakan langkah paling konvensional. Jika kamu langsung datang ke bank untuk transfer, maka tidak perlu menggunakan kode bank.

Transfer Lewat ATM

Berikutnya yaitu melalui mesin ATM. Supaya bisa menggunakan jasa ini, kamu perlu datang ke ATM terdekat dan melakukan transaksi dari mesin tersebut. Setelah memasukkan kartu, pilihlah menu ‘transfer’. Masukkan nomor 014 yang diikuti dengan rekening Bank BCA tujuan. Barulah kamu bisa memasukkan nominal uang yang perlu ditransfer.

Menggunakan Layanan Mobile

Nasabah juga bisa melakukan transfer menggunakan perangkat masing-masing. Ada beberapa pilihan seperti SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Kalau kamu ingin transfer ke rekening BCA melalui cara ini, jangan lupa untuk memasukkan kode Bank BCA supaya transaksimu sukses.

Baca juga: Berbagai Cara Aman Ketika Mengakses Klik BCA Bisnis

Jenis Tabungan BCA

Source : Bank Sentral

Bank BCA menyediakan berbagai jenis tabungan yang bisa digunakan oleh nasabahnya. Pins bisa mempertimbangkan berbagai faktor seperti syarat daftar dan fasilitas ketika ingin membuka rekening. Supaya tidak salah pilih, berikut ini beberapa jenis tabungan milik Bank BCA.

Rekening Tahapan BCA

Jenis tabungan ini merupakan yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Selain buku tabungan, nasabah yang mendaftar Tahapan BCA dapat memilih Passpor BCA atau kartu ATM sesuai kebutuhan, yaitu sebagai berikut.

  • Passpor BCA Silver: limit pengambilan tunai Rp 7.000.000, transfer maksimal Rp 25.000.000, dan biaya administrasi per bulan Rp 15.000.
  • Passpor BCA Gold: limit tarik tunai yaitu Rp 10.000.000, transfer maksimal Rp 50.000.000, dan dikenai biaya administrasi Rp 20.000.
  • Passpor BCA Platinum: limit tarikan mencapai Rp 100.000.000, maksimal berbelanja Rp 100.000.000, dan biaya administrasi Rp 20.000.

Supaya bisa menikmati layanan Tahapan BCA, syarat yang perlu dipenuhi ketika pembuatan rekening yaitu:

  • Bisa perorangan atau yayasan.
  • Mengisi formulir permohonan.
  • Membawa identitas diri yang masih berlaku.
  • Membayar setoran awal sebesar Rp 500.000 kemudian untuk setoran berikutnya bisa Rp 50.000.
  • Saldo rata-rata minimal per bulan yaitu Rp 100.000 dan yang ditahan Rp 50.000.
  • Membayar biaya pembuatan kartu yaitu Rp 15.000.

Baca juga: Pahami Nilai Bunga Deposito BCA dan Simulasi Perhitungannya

Tahapan Xpresi BCA

Jenis tabungan ini banyak digunakan oleh anak muda karena biaya pendaftaran dan administratifnya lebih sedikit. Kekurangannya yaitu nasabah hanya akan mendapatkan kartu tanpa buku tabungan. Jika kamu tidak mempermasalahkan hal tersebut, bisa mempertimbangkan Tahapan Xpresi BCA ini. Syarat pembukaan rekeningnya yaitu:

  • Usia minimal 12 tahun.
  • Hanya untuk perorangan (tidak bisa joint account).
  • Mengisi formulir pembukaan rekening dan memiliki dokumen identitas bagi yang 17 tahun ke atas.
  • Membayar biaya setoran awal Rp 50.000 dan untuk setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.
  • Saldo minimum ditahan yaitu Rp 10.000.
  • Membayar pembuatan kartu sesuai selera sebesar Rp 25.000.

Selain ke dua jenis tabungan di atas, Bank BCA juga masih menyediakan rekening lain seperti Simpanan Pelajar, Tapres, Tahapan Gold, Tabungan BCA Dollar, TabunganKu, Tahapan Berjangka, sampai Deposito. 

Pilihan Pendaftaran Nasabah Baru

kode bank bca
Source : Tirto

Pembukaan rekening baru untuk Bank BCA bisa dilakukan melalui dua cara yaitu datang langsung ke kantor cabang terdekat atau melalui aplikasi mobile banking. Bagi yang memilih cara pertama, hanya perlu datang ke bank, mengatakan keperluan kepada satpam, lalu mengikuti arahan berikutnya. Sedangkan bagi yang mendaftar lewat aplikasi, ada beberapa tahapan yang perlu dilewati yaitu:

  • Unduh aplikasi mobile banking BCA.
  • Siapkan dokumen berupa e-KTP, tanda tangan, NPWP (jika ada), dan data lainnya.
  • Pilih menu ‘Buka Rekening Baru’.
  • Klik ‘Buka Rekening’.
  • Memilih jenis tabungan sesuai keinginan.
  • Membuat kode akses aplikasi.
  • Melengkapi dokumen dan data diri.
  • Memilih kartu dan cabang terdaftar.
  • Verifikasi data melalui video call.
  • Mengaktifkan mobile banking.

Perlu diingat bahwa untuk bisa melakukan transfer ke Bank BCA dari bank lainnya perlu memasukkan rangkaian kode tertentu (014). Kemudian, jika ingin menjadi nasabah BCA, bisa baca informasi di atas.

BCA Virtual Account, Cara Mudah untuk Top Up

Source : BCA

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak bermunculan layanan uang elektronik guna memudahkan berbagai macam transaksi. Walaupun tujuan awal dibuatnya layanan tersebut yaitu untuk kebutuhan belanja online, kini banyak transaksi jual beli offline yang bisa dilakukan dengan uang elektronik.

Bank BCA pun kemudian meluncurkan fitur BCA Virtual Account guna memudahkan nasabahnya untuk memiliki uang elektronik. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa langsung mentransfer uang dari rekening BCA ke dompet uang virtual yang diinginkan atau biasa juga disebut dengan top up.

Saat melakukan top up, uang yang awalnya berada di rekening BCA akan langsung berpindah ke dompet elektronik milik nasabah. Setelah proses berhasil, nasabah bisa langsung menggunakan uang virtualnya untuk melakukan berbagai transaksi.

Baca Juga:

Langkah-langkah Pengisian Saldo Virtual

Source : BCA

Saat ini, terdapat banyak dompet virtual yang bisa diakses oleh masyarakat Indonesia. Pins mungkin juga sudah sering menggunakannya yaitu seperti OVO, GoPay, ShopeePay, dan lainnya.

Bank BCA melalui layanan Virtual Account-nya, memungkinkan nasabah untuk bisa langsung mengisi dompet-dompet tersebut. Proses tersebut bisa dilakukan baik melalui ATM, mobile banking, ataupun internet banking

Berikut ini langkah-langkah top up dari Bank BCA ke berbagai layanan uang virtual di Indonesia.

Top Up dengan Kode OVO BCA

Melalui ATM:

  • Masukkan kartu ATM dan PIN BCA
  • Pilih ‘Transaksi Lainnya’ lalu ‘Transfer’
  • Klik ‘Ke Rek BCA Virtual Account’
  • Masukkan kode 39358 + nomor handphone yang terdaftar di OVO
  • Kemudian masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer
  • Selesaikan transaksi

Melalui Mobile Banking BCA:

  • Login ke akun mobile banking BCA
  • Pilih menu ‘m-Transfer’ lalu ‘BCA Virtual Account’
  • Masukkan kode 39358 diikuti dengan nomor ponsel
  • Kemudian masukkan nominal transfer
  • Selesaikan transaksi

Melalui Internet Banking atau KlikBCA:

  • Login ke akun KlikBCA
  • Pilih menu ‘Transfer Dana’ lalu ‘Transfer ke BCA Virtual Account’
  • Masukkan kode 39358 + nomor ponsel yang terdaftar
  • Kemudian masukkan jumlah top up
  • Selesaikan transaksi

Pengisian GoPay

Melalui BCA OneKlik:

  • Buka aplikasi Gojek, lalu klik ‘Isi Saldo’ lalu pilih ‘Instan’
  • Masukkan nominal yang diinginkan
  • Pilih kartu BCA atau tambah kartu baru, lalu klik ‘Lanjut’
  • Konfirmasi pembayaran dan pilin ‘Konfirmasi & Bayar’
  • Masukkan PIN GoPay milikmu
  • Tunggu proses selesai

Melalui Mobile Banking BCA:

  • Login ke akun  m-BCA
  • Pilih menu ‘m-Transfer’ lalu klik ‘Transfer BCA Virtual Account’
  • Masukkan kode 70001 diikuti nomor HP yang terdaftar di Gojek
  • Kemudian masukkan jumlah GoPay yang diinginkan
  • Masukkan PIN m-BCA
  • Tunggu proses selesai

Melalui Internet Banking BCA:

  • Login ke akun KlikBCA milikmu
  • Pilih menu ‘Fund Transfer’ lalu ‘Transfer to BCA Virtual Account’
  • Masukkan 70001 dan nomor handphone
  • Lalu masukkan jumlah transfer
  • Tunggu proses selesai

Melalui ATM:

  • Masukkan kartu ATM dan PIN BCA milikmu
  • Klik menu ‘Transfer’ dan pilih ‘BCA VIrtual Account’
  • Masukkan kode 70001 dan nomor ponsel yang terdaftar di Gojek
  • Lalu masukkan jumlah GoPay yang diinginkan
  • Tunggu proses selesai

Melalui BCA SIM Toolkit:

  • Pilih m-BCA, m-Payment, lalu ‘Others/Lainnya’
  • Ketik ‘TVA’ lalu klik ‘OK’
  • Masukkan 70001 diikuti nomor handphone
  • Kemudian masukkan jumlah yang ingin ditransfer
  • Masukkan PIN BCA lalu tekan ‘OK’
  • Tunggu SMS konfirmasi

Selain kedua dompet digital di atas, BCA Virtual Account bisa digunakan untuk transfer ke penyedia layanan uang elektronik lainnya. Langkah-langkahnya sendiri kurang lebih sama, perbedaannya terletak di kode yang perlu dimasukkan. Beberapa di antaranya yaitu ShopeePay 122, DANA 39010, dan LinkAja 09110.
Kode untuk transfer ke rekening BCA dan dari BCA Virtual Account berbeda, ya, Pins. Jangan sampai transaksi kamu nyasar atau gagal karena salah memasukkan kode.

Baca Juga:

Kontributor: Safina

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan The Sanctuary Sentul dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download