Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Berbagai Cara Aman Ketika Mengakses Klik BCA Bisnis

Berbagai Cara Aman Ketika Mengakses Klik BCA Bisnis

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 10 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Jasa perbankan dibutuhkan oleh hampir setiap orang guna memudahkan pengelolaan keuangannya. Salah satu pihak yang sangat bergantung pada layanan ini yaitu para pelaku usaha. Bank BCA mengerti akan kebutuhan korporasi tersebut dan menghadirkan layanan khusus yang disebut dengan Klik BCA Bisnis.

Pinhome – Perusahaan yang menggunakan layanan KlikBCA Bisnis akan memperoleh berbagai kemudahan dalam mengelola keuangan. Transaksi-transaksi baik dalam jumlah kecil atau besar bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang ada.

Selain itu, Bank BCA juga memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi dengan memanfaatkan layanan internet banking. Hal ini juga berlaku bagi pengguna layanan Bisnis sehingga semua transaksi keuangan perusahaan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Apakah Pins tertarik menggunakan layanan ini? Sebelum mulai menggunakannya, perhatikan berbagai tips aman mengaksesnya di bawah ini!

Apa Itu BCA Bisnis?

(Qoala)

Layanan ini merupakan salah satu produk jasa yang disediakan oleh Bank BCA yang dibuat khusus bagi para pengusaha. Melalui BCA Bisnis, pihak perusahaan akan lebih mudah mengatur keuangannya secara mandiri. Layanan ini juga bisa digunakan dengan internet sehingga perusahaan bisa lebih mudah mengaksesnya.

Pelaku usaha yang mendaftar layanan ini bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia. Nasabah akan lebih mudah melakukan banyak transaksi secara bersamaan seperti keperluan membayar karyawan atau payroll, auto debet, auto kredit, atau pembayaran pajak. Melalui layanan tersebut, perusahaan akan lebih menghemat banyak waktu karena tidak perlu melakukan transaksi satu per satu.

Selain itu, perusahaan juga bisa menggunakan sistem persetujuan bertingkat saat melakukan transaksi. Di skema ini, ada 3 pengguna yang ada yaitu Maker, Releaser, dan Approver. Maker merupakan pembuat transaksi yang kemudian diteruskan ke Releaser. Setelah transaksi diizinkan oleh Releaser, barulah dikirim ke Approver yang bertugas memberikan izin serta persetujuan.

Baca Juga: Tips Dan Cara Paling Aman Menggunakan KlikBCA Individual

Cara Mendaftar Layanan Ini

klik bisnis bca
(Tribunnews)

Kalau Pins ingin memiliki akun BCA Bisnis, tentunya harus mendaftarkan diri ke Bank BCA terlebih dahulu. Namun, sebelum itu, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai nasabah Tahapan Gold atau nasabah Giro di Bank BCA. Setelah itu, bisa langsung datang ke kantor cabang untuk mendaftar secara langsung.

Saat mendaftar, Pins harus membawa beberapa dokumen untuk membuktikan legalitas usaha. Berkas yang diperlukan yaitu fotokopi KTP, NPWP, serta Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Kamu juga akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran khusus layanan ini. Data yang perlu diisikan di antaranya yaitu:

  • Nama Pendaftar
  • Nomor identitas seperti KTP/SIM/Paspor/KITAS/KITAP
  • User ID atau nama pengguna dengan bentuk alfanumerik
  • Nomor ponsel
  • Alamat email
  • Memilih Level User ID yaitu M untuk Maker, R untuk Releaser, atau MR untuk Maker dan Releaser
  • Limit transaksi
  • Memilih keterangan yaitu Baru, Ubah, atau Hapus

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, nasabah akan langsung mendapatkan Corporate ID, User ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA. Semuanya diperlukan untuk bisa login dan mulai menggunakan layanan.

Baca Juga: Fungsi Kode BCA Dan Cara Top Up Lewat BCA Virtual Account

Memanfaatkan VPN Tarumanagara dari Bank BCA

klik bisnis bca
(BCA)

Bank BCA mengerti perlunya sebuah perusahaan untuk melakukan transaksi keuangan secara aman. Oleh karena itu, bank ini menyediakan layanan VPN Tarumanagara yang bisa digunakan oleh nasabah Klik BCA Bisnis. Pengguna yang hendak mengakses laman internet banking Bisnis harus menggunakan VPN tersebut.

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Seseorang yang mengakses internet dengan menggunakan VPN seolah menciptakan sebuah jaringan pribadi baru. Jaringan tersebut akan meningkatkan keamanan penggunanya dan bisa terhindar dari berbagai kejahatan siber.

Baca Juga: Cara Bijak Menggunakan Layanan Halo BCA Sesuai Kebutuhan

Tips Menggunakan BCA Bisnis

klik bisnis bca
(Reipedia)

Pihak nasabah juga bisa melakukan berbagai hal guna meningkatkan keamanan saat bertransaksi di internet banking Bank BCA. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Mengganti PIN KeyBCA Setelah Mendaftar dan Secara Berkala

Setelah mendaftar, nasabah akan mendapatkan PIN yang nantinya diperlukan untuk masuk ke akun pengguna. Supaya akun pengguna lebih aman, ada baiknya untuk segera mengganti PIN keluaran bank tersebut. Langkah-langkah penggantiannya saat baru mendapatkannya yaitu:

  • Menekan tombol ◀ dan tunggu sampai muncul _ _ _ _ _ _PIN
  • Masukkan PIN KeyBCA dari Bank
  • Akan muncul _ _ _ _ _ _NEW PIN, lalu masukkan PIN baru
  • Layar akan menampilkan _ _ _ _ _ _PIN CONF
  • Masukkan PIN baru sekali lagi untuk konfirmasi
  • Apabila berhasil, layar akan menampilkan APPLI-

Kemudian, setelah PIN KeyBCA diperbarui, barulah kamu bisa menggunakannya. Pins juga bisa mengulang proses yang hampir sama untuk mengganti PIN KeyBCA di kemudian hari. Ganti PIN tersebut secara berkala untuk menjaga kerahasiannya.

  • Pastikan Akses dengan VPN

Tips berikutnya tentunya yaitu selalu menggunakan VPN dari Bank BCA ketika mengakses laman internet banking. Saat menuju ke alamat https://www.klikbca.com/smelogin.html kamu akan langsung mendapat pemberitahuan jika belum menggunakan VPN. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Membuka laman VPN Tarumanagara
  • Masukkan username rekening dan password dari KeyBCA berupa 8 digit angka
  • Klik ‘Login’
  • Setelah berhasil, kamu akan dibawa ke laman login Klik BCA Bisnis
  • Masukkan Corporate ID, User ID, dan Password dari KeyBCA
  • Klik ‘Login’ dan kamu sudah bisa mengakses layanan
  • Hanya Login dari Alamat Resmi Milik Bank BCA

Data pengguna sebuah bank sering menjadi incaran pencurian, termasuk nasabah Bank BCA. Salah satu modus operandi yang digunakan yaitu dengan menggunakan laman serupa guna mengecoh pengguna. Data yang di-input kemudian terekam oleh halaman palsu tersebut dan bisa digunakan oleh pencuri data.

Guna menghindari hal tersebut, saat Pins mengakses internet banking BCA, pastikan hanya masuk ke laman resmi yaitu https://www.klikbca.com/. Jangan terpancing website dengan nama mirip namun bukan milik Bank BCA.

  • Jangan Gunakan Jaringan dan Perangkat Publik

Cara aman akses Klik BCA yaitu dengan memperhatikan jaringan dan perangkat yang digunakan. Apabila kamu sedang berada di luar kantor atau rumah, pastikan jaringan yang dipakai untuk akses internet banking tidak bersifat publik. Akan lebih aman jika menggunakan jaringan seluler milik pribadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan data perbankan bisa dilihat oleh orang lain.

Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat yang digunakan. Usahakan untuk memakai perangkat pribadi yang sudah terjamin keamanannya. Pins tentunya tidak ingin akun bank milik perusahaan dibobol oleh pihak lain yang akhirnya menimbulkan kerugian.

  • Jaga Keamanan Nama Pengguna, PIN, dan KeyBCA

Terakhir, yaitu menjaga berbagai hal yang diperlukan untuk login ke laman internet banking. Pastikan Corporate ID, User ID, PIN, dan KeyBCA milik perusahaan tidak disimpan di sembarang tempat. Akun akan bisa diakses oleh orang lain jika ke empat hal tersebut tidak dijaga dengan baik.

Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan layanan khusus dari Klik Bank BCA Bisnis. Pins jangan lupa mengikuti tips-tips di atas supaya keamanan akun bisnis tetap terjaga.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel