Pinhome

Apa Itu BCA Multifinance?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Bank Central Asia atau BCA memiliki berbagai lini usaha di luar perbankan. Ada beberapa anak perusahaan yang masih bergerak di bidang keuangan seperti penyedia kredit atau pinjaman. Salah satu anak perusahaan dari BCA yang bergerak di bidang peminjaman uang yaitu BCA Multifinance yang dulunya dikenal dengan PT Central Santosa Finance (CSF).

Pinhome – Perusahaan penyedia kredit milik Bank BCA tersebut memiliki fungsi pembiayaan yang dulunya dikelola oleh CS Finance. Setelah namanya berubah, ada fokus usaha lain yang ditambahkan sehingga jenis-jenis pembiayaan yang ditawarkan juga makin variatif.

Apa sebenarnya BCA Multifinance itu? Apa saja layanan yang ditawarkan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

BCA Multifinance Adalah

(Pikiran Rakyat)

Baca Juga 5 Alasan Rumah Membutuhkan Asuransi

Usaha pembiayaan milik Bank BCA ini didirikan pada tahun 2010 dengan nama PT Central Santosa Finance atau CSF. Perusahaan ini berdiri berdasarkan akta nomor 95 tanggal 29 April 2010 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Nama perusahaannya sendiri diresmikan pada 10 Mei 2010. Kemudian, perusahaan ini mulai beroperasi pada 17 September 2010 di 9 cabang yang berbeda.

Pada awal berdirinya, CS Finance bukan sepenuhnya milik Bank BCA. Kepemilikan saham perusahaan ini terbagi menjadi tiga yaitu 25% di PT Mitra Sepadan Finance, 25% PT BCA Finance, dan 50% PT Multikem Suplindo. Kemudian, di tahun 2017, BCA membeli seluruh sahamnya sehingga perusahaan ini bergabung dalam grup BCA.

Sehubungan dengan kepemilikan saham CS Finance yang mayoritas dipegang oleh PT Bank Central Asia Tbk, nama perusahaan ini berubah menjadi PT BCA Multi Finance. Perubahan tersebut diresmikan pada tahun 2019 berdasarkan keputusan surat Menteri Hukum dan HAM. Seiring dengan pergantian tersebut, perusahaan ini juga menambah fokus usahanya tidak hanya untuk pembiayaan sepeda motor namun juga kredit kendaraan roda empat dan multiguna.

Saat ini, perusahaan kredit kendaraan milik BCA ini sudah semakin berkembang. Ada 71 cabang dan 13 pos perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Tengah, dan lain-lain. 

Berbagai Jenis Layanan yang Tersedia

(Dealer Yamaha Banjarnegara)

Baca Juga: Mengenal Pengertian, Fungsi, Dan Cara Cetak Rekening Koran

BCA Multifinance memiliki fokus usaha di bidang pembiayaan kendaraan bermotor baik baru maupun bekas. Secara umum, ada empat layanan yang disediakan oleh perusahaan ini yaitu sebagai berikut.

  • Kredit Pemilikan Motor (KPM)

Layanan pertama yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan milik BCA ini yaitu Kredit Pemilikan Motor atau KPM. Kredit jenis ini ditujukan untuk nasabah yang ingin membeli sepeda motor dalam kondisi baru. Pinjaman bisa diberikan kepada siapa pun mulai dari masyarakat umum, perusahaan, atau pun kredit kolektif.

  • Kredit Sepeda Motor (KSM)

Kredit Sepeda Motor (KSM), memiliki tujuan yang sama dengan layanan sebelumnya yaitu untuk membiayai pembelian sepeda motor baru. Perbedaannya yaitu terletak pada peminjam. Layanan KSM hanya disediakan khusus untuk nasabah Bank BCA. Pembayarannya pun juga lebih mudah karena angsurannya dilakukan dengan menggunakan autodebet BCA.

  • Kredit Motor Bekas (KMB)

Layanan berikutnya masih sama yaitu terkait pembiayaan sepeda motor. Hanya saja, Kredit Motor Bekas layanannya sesuai dengan namanya yaitu khusus untuk pembelian motor bekas. Guna memudahkan proses layanan KMB, perusahaan ini telah bekerja sama dengan berbagai dealer dan pos di seluruh Indonesia. Nasabah pun bisa melakukan pembelian motor bekas dengan sistem kredit secara lebih mudah.

  • Kredit Mobil Seken (KMS)

Kredit Mobil Seken atau KMS merupakan layanan yang paling berbeda dari perusahaan ini. Pembiayaan KMS dilakukan untuk pembelian kendaraan roda empat atau mobil. Layanan ini ditujukan bagi masyarakat umum yang ingin membeli mobil bekas dengan metode kredit. Nasabah bisa lebih mudah melakukan transaksi tersebut karena layanan ini hadir dengan berbagai tenor dan biaya awal (DP).

Perusahaan yang dulunya bernama CS Finance ini bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan akses layanannya. Selain kerja sama dengan showroom dan dealer, perusahaan ini juga menawarkan produk langsung sesuai merk yang tersedia. Ada beberapa merk kendaraan roda dua yang ditawarkan seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Harley Davidson, dan lain sebagainya.

Mengapa Perlu Menggunakan Layanan Ini?

(Fortuna Motor)

Adanya layanan kredit yang diberikan oleh PT BCA Multifinance memungkinkan banyak orang untuk bisa membeli kendaraan impiannya. Melalui perusahaan ini, Pins tak perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar ketika ingin membeli kendaraan. Kamu hanya perlu menyiapkan uang muka untuk membeli kendaraan sesuai keinginan dan sisa pembayarannya bisa dilakukan secara berangsur-angsur.

Selain itu, ada berbagai keuntungan lain yang akan didapatkan jika mengajukan kredit kendaraan melalui perusahaan ini, di antaranya yaitu:

  • Syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit tidak banyak dan mudah.
  • Persetujuan pengajuan pinjaman lebih cepat.
  • Angsurannya ringan karena jumlahnya selalu sama selama waktu pembayaran yang telah disetujui.
  • Perhitungan total sudah meliputi biaya administrasi dan asuransi TLO atau Total Lost Only.
  • Bagi pengguna layanan KSM, pembayaran kredit lebih mudah karena menggunakan sistem autodebet dari rekening BCA milik nasabah.

Kendaraan merupakan sarana transportasi yang penting bagi semua orang. Tanpanya, mobilitas sehari-hari akan terganggu. Supaya kepemilikan kendaraan lebih mudah, Pins bisa menggunakan layanan BCA Multifinance sehingga pembelian sepeda motor atau mobil lebih ringan.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel