Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Berbeda dengan Individual, Ini Dia Cara Menggunakan KlikBCA Bisnis dan Tips Aman

Finansial

Berbeda dengan Individual, Ini Dia Cara Menggunakan KlikBCA Bisnis dan Tips Aman

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Bank Central Asia atau BCA menyediakan berbagai layanan guna memudahkan nasabahnya untuk mengakses layanan. Memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, Bank BCA mengembangkan layanan berbasis internet berupa KlikBCA Bisnis, yang dibedakan dengan KlikBCA individual, dibuat khusus bagi perusahaan-perusahaan dalam mengelola keuangannya.

Pinhome – Layanan internet banking untuk pelaku bisnis ini hadir guna memperlancar berbagai transaksi keuangan perusahaan seperti tagihan, payroll, atau pun pembayaran BPJS. Pengusaha dapat dengan mudah mengelola keuangannya di Bank BCA secara online tanpa perlu repot-repot mendatangi kantor cabang.

Berikut penjelasan tentang layanan internet banking khusus bisnis milik BCA ini, layanan, serta tips-tips aman penggunaannya. Baca terus sampai selesai, ya, Pins!

Mengapa Memilih KlikBCA Bisnis?

(Cepatlakoo)

Layanan milik Bank BCA ini dibuat khusus untuk perusahaan dan tentunya memiliki berbagai keuntungan yang bisa ditawarkan. Sebagai layanan berbasis internet, pengguna layanan ini bisa mengakses layanan dimanapun dan kapanpun sehingga bisa menghemat waktu.

Selain itu, tersedia berbagai fitur yang akan memudahkan pengusaha untuk melakukan transaksi terkait dengan perusahaannya. Layanan internet banking ini memungkinkan pebisnis untuk bisa melakukan pembayaran gaji karyawan secara lebih mudah.

Tidak hanya itu, tersedia juga layanan pembayaran jaminan kesehatan pegawai. Nasabah pengguna layanan ini juga tidak perlu khawatir dengan keamanan keuangan perusahaan.

Bank BCA memungkinkan penggunanya untuk memakai VPN ketika mengakses layanan ini sehingga para pengusaha bisa terhindar dari berbagai kejahatan siber yang bisa membahayakan keuangan perusahaan.

Baca Juga: Jangan Asal Deal! Ini Cara Tepat Memilih Bank KPR

Perbedaannya dengan KlikBCA Individual

klikbca bisnis individual
(Modal Rakyat)

Terdapat dua jenis layanan internet banking atau KlikBCA yang disediakan oleh Bank BCA yaitu untuk individual dan khusus bisnis. Kedua layanan tersebut bisa diakses melalui www.klikbca.com. Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan untuk dua layanan tersebut.

Pertama yaitu mengenai batas atau limit transaksi. Pengguna layanan individu memiliki batas per hari yaitu sebesar Rp10.000.000 saja. Sedangkan pengguna internet banking untuk bisnis tidak memiliki limit. Hal ini berarti Pins bisa melakukan transaksi sesuai kebutuhan tiap harinya.

Selain itu, ada pula fitur layanan efektif transaksi yang tidak didapatkan oleh pengguna KlikBCA Individual. Layanan tersebut ada untuk memudahkan pebisnis melakukan transaksi. Ada 3 pilihan layanan yang bisa digunakan yaitu:

  • Immediate digunakan untuk transaksi efektif yang bersifat segera
  • Post Dated merupakan layanan untuk bertransaksi di waktu tertentu yang telah ditentukan
  • Recurring memungkinkan penggunanya melakukan transaksi berulang dalam waktu tertentu

Berikutnya yaitu terkait dengan transfer antar rekening. Pengguna individual hanya bisa melakukan transfer satu per satu ke rekening tujuan.

Berbeda dengan nasabah bisnis yang memiliki pilihan yang berbeda yaitu payroll. auto collection, auto credit,  dan virtual account. Layanan tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan menerima atau mentransfer ke banyak rekening sekaligus.

Baca Juga: Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Akses dengan KlikBCA Bisnis VPN

(VPN KlikBCA)

Di masa serba online seperti sekarang ini, kerahasiaan dan keamanan data digital sangatlah penting. Bank BCA juga menyadari hal ini sehingga penggunaan internet banking khusus bisnis miliknya bisa dipakai dengan Virtual Private Network atau VPN.

VPN sendiri merupakan pemanfaatan internet untuk membuat sebuah jaringan pribadi. Transaksi perbankan yang dilakukan dalam jaringan ini akan lebih aman dan terhindar dari retasan pihak yang tidak diinginkan.

Tak perlu repot, nasabah KlikBCA Bisnis bisa menggunakan layanan VPN BCA. Pengguna bisa mengakses https://vpn.klikbca.com tanpa perlu mengunduh aplikasi terpisah. Selain itu, layanan ini bisa digunakan di berbagai perangkat dan sistem operasi sehingga pengguna tak perlu melakukan penyesuaian tertentu.

Mulai Menggunakan Layanan

(NPR News)

Sama halnya dengan KlikBCA individual, pendaftaran layanan internet banking bisnis BCA dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Kamu tinggal mengikuti arahan dari petugas dan setelah berhasil akan mendapatkan Corporate ID, User ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA. Kemudian, barulah nasabah bisa menggunakan layanan.

Langkah-langkah dalam mengakses layanan yaitu sebagai berikut.

  • Membuka laman www.klikbca.com lalu pilih untuk login ke akun bisnis
  • Membuka laman https://vpn.klikbca.com/ untuk bisa menggunakan VPN Bank BCA
  • Memasukkan username (Corporate ID dan User ID tanpa spasi) dan password (dari KeyBCA)
  • Kembali ke laman KlikBCA bisnis untuk login dengan memasukkan Corporate ID, User ID, dan password
  • Sudah bisa menggunakan layanan.

Tips Aman Ketika Mengakses

klikbca bisnis individual
(Duo Security)

Layanan perbankan merupakan sebuah hal yang sensitif dan riskan karena berhubungan dengan keuangan. Terlebih, ketika menggunakan hal tersebut untuk urusan bisnis karena melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu, keamanan dalam akses layanan tersebut sangatlah penting.

Tidak terkecuali ketika menggunakan KlikBCA Bisnis. Meskipun dari pihak Bank BCA sudah menyediakan layanan VPN, tidak ada salahnya bagi pengguna juga ikut menjaga keamanan transaksi masing-masing.

Langkah pertama untuk tetap aman saat transaksi yaitu selalu mengakses situs resmi internet banking BCA. Pastikan Pins teliti dan tidak mengakses laman-laman palsu yang kemungkinan besar akan melakukan pencurian data pengguna.

Nasabah juga harus berhati-hati menjaga kerahasiaan Corporate ID, User ID, serta PIN untuk KeyBCA dan KeyBCA response. Jangan sembarangan menyimpan data ketiga hal tersebut karena akan mudah ditemukan orang lain dan bisa disalahgunakan. Kemudian, pastikan juga Pins tidak menggunakan PIN yang mudah ditebak orang lain.

Langkah pencegahan lainnya yaitu memastikan keamanan perangkat yang digunakan untuk mengakses. Lakukan transaksi di komputer atau handphone milik pribadi atau perusahaan. Hindari penggunaan jaringan dan perangkat publik karena besar kemungkinan data kamu akan bocor atau bisa diakses pihak lain.
Pins sudah paham, kan, tentang penggunaan layanan internet banking khusus bisnis dari Bank BCA? Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan memudahkan kamu dalam menggunakan layanan ini, ya!


Temukan pilihan rumah, tanah dijual seperti tanah dijual jogja dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel