Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Tips dan Cara Paling Aman Menggunakan KlikBCA Individual

Tips dan Cara Paling Aman Menggunakan KlikBCA Individual

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Layanan internet banking hadir guna memudahkan pengguna menggunakan jasa perbankan. Nasabah kini bisa melakukan transaksi secara mudah, nyaman, dan cepat tanpa perlu repot datang langsung ke bank. KlikBCA Individual dari BCA merupakan salah satu contoh dari internet banking ini.

Pinhome – Melalui KlikBCA Individual, setiap nasabah bisa menikmati layanan perbankan yang disediakan oleh Bank BCA. Pengguna bisa melakukan transaksi seperti cek jumlah saldo, transfer, atau pembayaran tagihan. Supaya bisa menggunakan layanan ini, nasabah Bank BCA hanya perlu mendaftarkan diri. Terdapat dua pilihan yaitu datang ke kantor cabang atau mendaftar mandiri melalui ATM.

Meskipun internet banking hadir untuk memudahkan nasabah, tidak sedikit pengguna yang meragukan keamanannya ketika sedang melakukan transaksi. Hal-hal seperti pencurian data, pembobolan rekening, dan penipuan kerap kali menghantui. Namun, Pins tak perlu khawatir lagi! Ikuti tips-tips berikut supaya aman saat melakukan transaksi internet banking!

Baca Juga: Penggunaan Kode Bank BRI Dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Pastikan Mengakses Layanan dengan Internet yang Lancar

(AQI)

Jaringan internet merupakan kunci utama ketika menggunakan layanan internet banking. Pins tidak bisa mungkin bisa mengakses laman KlikBCA Individual tanpa internet bahkan hanya sekadar untuk cek saldo.

Selain itu, ketika mengakses laman tersebut dalam kondisi internet yang tidak stabil, bisa ada kemungkinan data menjadi tidak aman. Hal ini dikarenakan adanya jeda ketika melakukan transaksi padahal sudah memasukkan informasi penting yang dibutuhkan.

Hindari Akses dengan Jaringan dan Komputer Umum

(KnowTechie)

Baca Juga: Cara Cek Saldo KPR Bank BTN Melalui ATM

Tips berikutnya untuk bisa aman transaksi perbankan secara online yaitu menghindari penggunaan Personal Computer (PC) dan jaringan internet yang umum dan terbuka. Cara ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan data kita terekam atau dilihat oleh orang lain yang juga menggunakan perangkat dan jaringan yang sama.

Sebelum mengakses internet banking, pastikan Pins sudah tidak lagi menggunakan koneksi bersama. Akan lebih aman jika memakai jaringan pribadi yang tidak diakses oleh orang lain.

Selalu Memperhatikan Alamat Website

(Moota)

Modus-modus penipuan saat ini sudah semakin beragam, salah satunya yaitu dengan menggunakan nama website yang mirip dengan laman resmi. Perhatikan dengan teliti bahwa laman akses internet banking Bank BCA hanya ada dua yaitu https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com jika membuka lewat handphone.

Jangan sampai kamu tertipu laman-laman lain dengan nama yang mirip dengan milik Bank BCA. Apabila perlu, kamu juga bisa menyimpan alamat laman resmi di perangkat sehingga tidak akan salah ketika ingin mengaksesnya lagi.

Jangan Sebarkan Informasi KeyBCA ke Sembarang Orang

(Bank Sentral)

KeyBCA merupakan token yang digunakan untuk akses internet banking milik Bank BCA ini. Setiap kali melakukan transaksi, KeyBCA akan mengeluarkan password yang perlu dimasukkan untuk bisa memproses layanan.

Supaya tidak terjadi transaksi yang tidak diinginkan, kerahasiaan KeyBCA perlu untuk dilakukan. Jangan mudah menyebarkan informasi mengenai KeyBCA milikmu ke orang lain. Bahkan, Pins juga perlu berhati-hati ketika memberikannya ke orang-orang terdekat. Jangan sampai kamu rugi karena KeyBCA tersebar secara tidak sengaja.

Cek Nomor Rekening dan Data Mutasi

(IndoIndians)

Seorang nasabah yang menggunakan layanan internet banking bisa melakukan berbagai transaksi secara mandiri. Salah satunya yaitu transfer baik ke sesama rekening Bank BCA maupun antar bank.

Sebelum melakukan transfer, ada baiknya pengguna untuk mengecek ulang nomor rekening tujuan. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi salah transfer yang nantinya akan merugikan baik pihak pengirim maupun penerima.

Selain itu, kamu juga bisa secara rutin melakukan cek pada data mutasi rekening. Lewat cara ini, semua transaksi yang masuk dan keluar dari rekening kamu akan terbaca dengan jelas. Apabila terlihat adanya transaksi yang tidak wajar, kamu bisa langsung melaporkannya ke pihak Bank BCA supaya akun internet banking dan rekening kamu tetap aman.

Setelah Selesai Menggunakan, Segera Logout

(CBZ Holding)

Sebagai layanan berbentuk daring yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, nasabah KlikBCA Individual dibebaskan untuk melakukan login di perangkat manapun. Pengguna hanya perlu mengisikan data yang diperlukan untuk bisa melakukan transaksi.

Supaya akun milik Pins tetap aman, ada satu langkah pencegahan yang harus dilakukan setiap kali selesai mengakses laman internet banking yaitu melakukan logout. Terkadang cara ini lupa dilakukan apalagi ketika menggunakan KlikBCA Individual untuk transaksi cepat seperti mengetahui informasi saldo. Lakukan logout agar tidak ada orang lain yang bisa menggunakan akunmu.

Mengubah PIN Secara Berkala

(Kompas)

Pins juga bisa mengganti PIN setiap beberapa bulan sekali untuk menghindari kebocoran data. Hindari kombinasi yang mudah untuk ditebak orang lain seperti tanggal lahir. Meskipun begitu, pastikan Pins mengingat PIN baru yang sudah dibuat.

Perhatikan Kesehatan Perangkat Saat Akses KlikBCA Individual

(Unsplash)

Tips yang terakhir supaya aman dalam menggunakan layanan internet banking yaitu memastikan kesehatan perangkat yang dipakai. Pastikan perangkat komputer yang digunakan memiliki sistem operasi yang sesuai dengan website yang dituju supaya lancar dan mudah digunakan.

Selain itu, Pins juga bisa meng-install anti virus di komputer yang digunakan. Jangan sampai ada virus atau malware yang bisa mencuri data internet banking di perangkat milikmu.

Internet banking ada untuk memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara online dimana saja dan kapan saja. Supaya informasi data pribadi lebih aman dan tidak merugi, ikuti tips di atas ya, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel