Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Kode Bank BRI Syariah dan Cara Migrasi Rekening ke BSI

Finansial

Kode Bank BRI Syariah dan Cara Migrasi Rekening ke BSI

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 16 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Saat melakukan transfer antar bank, seseorang perlu memasukkan kode dari bank yang dituju. Kode tersebut dimasukkan sebelum nomor rekening supaya sistem perbankan bisa mengetahui bank tujuan. Sebagai contoh, nasabah yang perlu mengirimkan uang ke rekening BRI Syariah harus memasukkan kode bank BRI Syariah.

Pinhome – Kombinasi tersebut berjumlah 3 yang bertindak sebagai sebuah tanda pengenal milik bank. Pengguna harus menyisipkan angka tersebut ketika transfer dari satu bank ke bank lainnya. Apabila nasabah lupa tidak melakukannya, maka sistem tidak bisa mengenali nomor rekening tujuan dan transaksi pun gagal.

Kode bank merupakan serangkaian angka yang sudah ditentukan dan tidak pernah berubah kecuali dalam situasi tertentu. Salah satu kondisi yang terjadi di perbankan Indonesia yaitu bergabungnya Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia.

Akibat merger yang terjadi, nasabah bank syariah BUMN semuanya akan dipindah dan tercatat menjadi nasabah BSI. Mengikuti hal tersebut, kode bank seperti kode bank BRI Syariah pun mengalami perubahan karena sudah tidak ada lagi Bank BRI Syariah di Indonesia.

Simak penjelasan lengkap mengenai perubahan dan perpindahan Bank BRI Syariah ke Bank Syariah Indonesia di bawah ini!

Penggunaan Kode Bank BRI Syariah

(Upperline)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kode bank BRI Syariah digunakan ketika seseorang perlu mengirimkan uang dari rekening bank lainnya. Saat ini, nasabah ex-bank BRI Syariah masih menggunakan kode transfer yang sama yaitu 422.

Pins tidak perlu harus mengingat kode tersebut. Saat bertransaksi di ATM, tersedia menu kode bank dan Pins bisa klik menu itu untuk mengecek nomor milik bank tujuan.

Cara penggunaan kode bank ini sangatlah mudah. Pengirim hanya perlu datang ke ATM, memasukkan kartu dan PIN, lalu memilih menu ‘Transfer’. Di layar, akan muncul ruang untuk mengetikkan nomor rekening, di baris itulah kode bank harus dimasukkan. Apabila nomor rekening merupakan milik Bank BRI Syariah, masukkan 422 dan diikuti oleh nomor rekening tujuan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan transaksi.

Perbedaan Kode Setelah Merger ke Bank Syariah Indonesia

(Antara)

Penggabungan 3 bank syariah milik BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia tidak hanya menimbulkan kebingungan dari nasabah bank tersebut, tapi juga pengguna bank lainnya. Hal ini dikarenakan penggabungannya akan berpengaruh ke nomor rekening, catatan perbankan, sekaligus juga kode bank.

Kabar baiknya, pemindahan data seluruh nasabah bank sebelumnya tidak dilakukan secara langsung oleh Bank Syariah Indonesia. Terdapat periode integrasi yaitu proses perpindahan secara bertahap. Selama kurun waktu tersebut, kode dari ex-bank syariah BUMN masih bisa digunakan.

Periode integrasi yang dimaksud yaitu dari tanggal 1 Februari sampai 31 Oktober 2021. Selama masa tersebut kode bank BRI Syariah (422) masih bisa dipakai. Kemudian, apabila proses perpindahan sudah selesai, maka kodenya akan berubah menjadi 451 yang merupakan kode dari Bank Syariah Indonesia.

Kalau Pins akan mengirim uang ke rekening ex-BRI Syariah, perhatikan waktu integrasi dan juga perpindahan rekeningnya, ya! Karena kode yang dimasukkan bisa jadi telah berubah dari 422 menjadi 451.

Migrasi Rekening dari BRI Syariah ke BSI

Ketahui perbedaan kode bank BRI Syariah saat ini dan setelah merger ke Bank Syariah Indonesia. Cari tahu juga cara migrasi rekening di sini!
(Keuangan News)

Setelah merger, nasabah ex-bank syariah BUMN diharuskan untuk melakukan migrasi rekening ke Bank Syariah Indonesia. Bagi nasabah yang telah dihubungi oleh pihak bank, maka bisa memindahkan rekening miliknya. Ada pun migrasi rekening tersebut bisa dilakukan melalui beberapa cara, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Menghubungi Call Center BSI

Nasabah Bank BRI Syariah, BNI Syariah, atau Syariah Mandiri bisa melakukan migrasi rekening dengan menghubungi Call Center BSI di nomor 14040. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Menghubungi nomor Call Center Bank Syariah Indonesia
  • Tekan ‘2’ untuk masuk ke Layanan BSI, lalu tekan ‘1’ untuk Transaksi Jasa
  • Tekan angka ‘2’ lagi untuk mengaktifkan BSI Mobile
  • Nasabah akan terhubung dengan petugas
  • Melakukan verifikasi data pengguna
  • Nasabah akan menerima kode aktivasi BSI Mobile melalui SMS
  • Mengunduh aplikasi BSI Mobile
  • Melakukan aktivasi BSI Mobile dengan kode yang telah diterima
  • Tunggu hingga proses berhasil

Migrasi Melalui WhatsApp Business

Pengguna juga bisa melakukan migrasi rekening melalui aplikasi pesan WhatsApp. Cara pemindahannya yaitu:

  • Balas WhatsApp BSI dengan ketik Aktivasi BSI Mobile
  • Mengisi formulir aktivasi
  • Kode aktivasi BSI Mobile akan dikirimkan melalui SMS
  • Mengunduh aplikasi melalui App Store atau Google Play Store
  • Aktifkan BSI Mobile dengan kode yang telah diterima melalui SMS
  • Migrasi rekening telah diproses

Memanfaatkan Live Chat Aisyah

Live Chat Aisyah merupakan layanan yang bisa diakses secara online melalui laman resmi BSI. Langkah migrasi rekening melalui cara ini yaitu:

  • Mengunjungi laman www.bankbsi.co.id lalu pilih ‘Live Chat,
  • Isikan nama, email, dan nomor handphone yang telah terdaftar di bank
  • Ketik “Aktivasi BSI Mobile”
  • Masukkan data yang diminta
  • Nasabah akan menerima kode aktivasi melalui SMS
  • Gunakan kode tersebut untuk aktivasi di aplikasi BSI Mobile
  • Nasabah telah berhasil melakukan migrasi

Datang Langsung ke Kantor Cabang

Pins juga bisa melakukan migrasi rekening dengan cara datang langsung ke kantor cabang ex-bank syariah BUMN yang telah berganti menjadi BSI. Sebelum datang, pastikan kamu sudah mengecek jadwal migrasi yang bisa dilihat melalui laman www.bankbsi.co.id dan telah mengunduh aplikasi BSI Mobile. Pins juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen yaitu:

  • Identitas asli seperti KTP atau Paspor yang masih berlaku
  • Buku tabungan asli
  • Kartu ATM asli

NPWP (jika punya)

Setelah melakukan aktivasi dari aplikasi BSI Mobile, rekening lama dari ex-bank syariah BUMN akan dipindahkan atau dimigrasikan ke Bank Syariah Indonesia. Proses ini memakan waktu paling lama yaitu 3 hari setelah diaktifkan. Nasabah yang telah berhasil migrasi kemudian bisa mengganti buku tabungan dan kartu ATM miliknya.

Saat ingin melakukan transaksi ke rekening BRI Syariah, pastikan kamu memasukkan kode yang benar. Jika Pins merupakan nasabah bank tersebut, jangan lupa melakukan migrasi rekening ketika sudah mendapat notifikasi dari Bank Syariah Indonesia, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel