Pinhome

10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 24 May 2022 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota tempat Pins tinggal menjadi salah satu faktor penentu apakah kamu betah di sana atau tidak. Lantas, apa saja kota ternyaman di Indonesia?

Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini kami hadirkan deretan daerah yang teraman berdasarkan jumlah kasus kriminalitas, pengeluaran, dan UMP setempat. 

Deretan Provinsi dan Kota Ternyaman dan Teraman di Indonesia

Pada dasarnya tolak ukur nyaman dan aman sebuah wilayah cukup banyak. Salah satu yang paling berpengaruh adalah jumlah kasus kejahatan di kota tersebut.

Deretan kota yang disebutkan berdasarkan jumlah kasus kriminalitas tadi akan dilihat pula berapa UMP dan pengeluaran masyarakat setiap bulannya. Penasaran apa saja provinsi dan kota ternyaman di Indonesia? Ini dia daftarnya!

Provinsi dengan Rata-rata Jumlah Kasus Terendah di Indonesia

Jika dilihat dari gambar di atas, ada 10 provinsi yang bisa dikatakan paling nyaman di Indonesia. Pemilihan kota dan provinsi tersebut dilihat berdasarkan rata-rata jumlah kasus kriminalitas paling rendah dalam kurun waktu 4 tahun (2017–2020). 

  1. Maluku Utara menempati urutan pertama dengan rata-rata jumlah kasus kriminalitas sebanyak 770.  
  2. Sulawesi Barat berada di posisi kedua karena memiliki rata-rata jumlah kejahatan di angka 1806 kasus. 
  3. Masih di pulau Sulawesi, peringkat ketiga diduduki oleh Sulawesi Tenggara dengan rata-rata kasus yang tak jauh berbeda, yaitu 1873. 
  4. Di urutan keempat terdapat Kepulauan Bangka Belitung dengan rata-rata kriminalitas 1966 kasus dalam empat tahun terakhir ini. 
  5. Disusul posisi kelima di provinsi Kalimantan Tengah yang mempunyai rata-rata jumlah kasus kejahatan sebanyak 2610 kasus. 
  6. Kembali lagi ke pulau Sulawesi, urutan keenam kota dan provinsi ternyaman jauh kepada Gorontalo dengan rata-rata 2705 kasus kriminalitas. 
  7. Dikenal sebagai tujuan wisatawan mancanegara, Bali masuk dalam jajaran provinsi teraman dengan rata-rata jumlah kasus sebanyak 3111 kasus. 
  8. Masuk di urutan kedelapan ada provinsi yang berbatasan dekat dengan Vietnam, yaitu Kepulauan Riau dengan rata-rata kasus 3271. 
  9. Maluku masuk ke dalam posisi kesembilan dengan angka rata-rata kasus kejahatan sebanyak 3671. 
  10. Terakhir,provinsi di pulau Sumatera lainnya yang masuk dalam jajaran kota ternyaman di Indonesia adalah Bengkulu dengan rata-rata 3761 kasus. 

Uniknya, 5 dari 10 provinsi di atas masuk ke Kawasan Indonesia Timur (KTI), yakni:

  • Maluku
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tenggara
  • Bali
  • Maluku Utara

Jadi, ada kemungkinan beberapa provinsi di wilayah Indonesia Timur bisa dikategorikan nyaman berdasarkan rata-rata jumlah kasusnya, ya. 

Rata-rata Pengeluaran Bulanan Masyarakat 

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata rata-rata pengeluaran provinsi dan kota teraman yang di atas tampak jelas berbeda. Terlihat jelas rata-rata pengeluaran tertinggi jatuh kepada provinsi Kepulauan Riau sebanyak Rp1.797.406/bulan. 

Di sisi lain, rata-rata pengeluaran terendah justru dipegang oleh Sulawesi Barat di angka Rp863.569/bulan. 

Angka-angka tersebut dilihat berdasarkan rata-rata pengeluaran masyarakat dalam 4 tahun terakhir (2018–2021) yang mencakup kategori makanan dan non makanan. 

Padahal, provinsi dengan jumlah kasus kriminalitas terendah justru memiliki rata-rata pengeluaran Rp1.078.700/bulan. Rata-rata tersebut memang tidak begitu tinggi, tetapi tidak serendah yang dibayangkan, bukan?

Ini yang mungkin jadi pengetahuan baru bahwa jumlah kasus kejahatan yang mungkin memiliki benang merah dari pengeluaran bulanan masyarakat. 

Nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) Ternyaman tahun 2022

Selain pengeluaran rata-rata setiap bulannya, nilai UMP provinsi dan kota ternyaman di Indonesia di atas mungkin berpengaruh. Salah satu provinsi dengan UMP tertinggi di daftar tersebut adalah Kepulauan Bangka Belitung. 

Di tahun 2022 Kepulauan Bangka Belitung memiliki UMP sebesar Rp3.264.884. Nilai tersebut mengalami kenaikan selama 4 tahun terakhir sejak tahun 2019. Sementara itu, angka UMP terendah tahun 2022 dipegang oleh Bengkulu, yaitu Rp2.238.094. 

Di sisi lain, Bangka Belitung menempati posisi keempat sebagai provinsi ternyaman berdasarkan rata-rata jumlah kasus kejahatannya. Lalu, Bengkulu masuk dalam urutan kesepuluh. 

Ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan, apakah kota tersebut cocok untuk kamu atau tidak. Sebagai contoh, jumlah kasus kriminalitas di Bengkulu memang lebih tinggi dibandingkan 9 provinsi lainnya dengan UMP yang lebih rendah. 

Walau begitu, hal tersebut baru asumsi aja mengingat ada begitu banyak hal yang mempengaruhi tingkat kriminalitas di sebuah wilayah. 

Temuan Unik

Pins, rata-rata jumlah kasus kriminalitas terendah mungkin bisa jadi acuan untuk melihat kota dan provinsi ternyaman di Indonesia. Namun, setelah dilihat lagi, rata-rata jumlah kasus tadi bisa jadi dipengaruhi oleh UMP dan pengeluarannya. 

Sebagai contoh, Maluku masuk dalam urutan pertama dengan rata-rata jumlah kasus kriminalitas paling rendah. Namun, pengeluaran dan UMP provinsi ini justru berada di tengah-tengah. 

Salah satu pulau Sumatera yang masuk dalam urutan daerah paling nyaman adalah Bengkulu. Namun, provinsi ini mempunyai UMP yang cukup rendah dibandingkan provinsi lainnya dengan pengeluaran yang tidak begitu besar. 

Dari sini, Pins mungkin sudah bisa melihat gambaran apa yang membuat kota dan provinsi jadi ternyaman dan teraman di Indonesia. 

Metodologi

Tim konten Pinhome melakukan riset kota dan provinsi ternyaman dan teraman di Indonesia melalui penilaian terhadap:

  • Angka Kriminalitas
  • Jumlah Pengeluaran
  • Pendapatan per Bulan (UMP)

Lalu, riset dilakukan dengan melihat Statistik Indonesia dalam kurun 4 tahun terakhir. 

Ketiga kategori tersebut dirangkum dalam kurun waktu 4 tahun (2018–2021). Untuk menentukan provinsi mana yang paling aman, kami hitung rata-rata jumlah kasus kriminalitas setiap provinsi. 

Setelah itu, variabel utama tadi dihubungkan dengan rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat dan nilai UMP provinsi. Ini bertujuan melihat apakah keduanya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk tinggal di kota-kota tadi. 


Informasi lebih lanjut mengenai infografis bisa menghubungi nabila.azmi@pinhome.id. Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

    Artikel Pilihan

    Finansial
    Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

    Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

    Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

    Finansial
    Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

    Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

    Properti
    Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

    Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

    Properti
    Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

    Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

    Artikel Terkini

    Properti
    Properti 10 Rekomendasi Perumahan di Tangerang

    Saat ini, Tangerang sudah mulai banyak digemari oleh penggiat properti, lho! Infrastrukturnya ya

    Properti
    Properti 3 Perumahan di Atas Mall yang Punya Daya Tarik

    Pernahkah Pins melihat bahwa ternyata terdapat sebuah perumahan eksklusif di atas pusat perbelanjaa

    Arsitektur & Desain
    Arsitektur & Desain 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

    Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat

    Properti
    Properti 10 Perumahan Elit di Jakarta yang Super Mewah

    Bisa tinggal dalam rumah mewah tentunya menjadi mimpi bagi semua orang. Bagaimana tidak? Desain rum

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Untung Berkali-Kali Lipat dengan Membeli Rumah Impian #CumadiPinhome

    Memiliki rumah impian merupakan cita-cita banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk menemukan rumah

    Ikuti Media Sosial Kami

    Pinhome Indonesia