Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Jangan Asal Pilih, Yuk Bermain dan Eksplor Lagi Pilihan Warna Cat Rumah Kita!

Tips Properti

Jangan Asal Pilih, Yuk Bermain dan Eksplor Lagi Pilihan Warna Cat Rumah Kita!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Warna cat rumah lebih dari sekedar keharusan visual, Pins. Meski memang, reaksi setiap orang terhadap warna bisa berbeda–beda, tapi pada dasarnya ada beberapa tipe warna yang secara pasti menstimulus respon–respon tertentu, Pins!

Warna rumah yang bagus pastinya akan menggambarkan kepribadian para penghuninya. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan aspek ini dan asal saja memilih warna cat rumah. Padahal tanpa sadar, baik mood atau cara berpikir kita telah terpengaruh oleh pesan emosional dari warna cat yang dipakai.

Efek dari warna cat sendiri berbeda–beda, tergantung dari umur, gender, background etnis suku dan juga iklim dari seseorang. Contohnya di Indonesia, warna putih menjadi salah satu warna paling umum yang digunakan sebagai warna rumah dengan alasan biar mendekorasinya nanti jadi lebih mudah. Hmm.. benar sih. Tapi apa tidak lebih menarik jika kita menggunakan warna yang mampu menyampaikan pesan yang kuat setiap kali orang memandang?

Tenang, tidak ada keharusan bagi kamu untuk mengikuti setiap trend warna yang ada Pins, karena sebenarnya setiap trend warna yang muncul pun akan datang dan pergi begitu saja. Jadi, sepertinya akan lebih bijaksana lagi kalau kamu benar–benar memilih tipe warna yang merefleksikan kepribadian para penghuninya. Lagipula, kegiatan memilih warna cat untuk rumah termasuk terapi seni dan dapat membuatmu bahagia saat Pins suka dengan warna yang dipilih.

Nah, untuk membantu kamu memilih warna cat yang pas untuk rumah, berikut ada beberapa panduan tentang pesan yang dimiliki oleh warna – warna tertentu.

1. Biru
Pesan umum dari warna biru adalah menenangkan. Boleh dibilang warna biru salah satu warna terpopuler dari cat rumah. Alasannya mudah saja, warna biru dianggap mewakilkan langit dan surga. Mereka yang menyenangi warna biru biasanya adalah orang yang bisa dipercaya, loyal, friendly dan mempunyai prinsip kuat dalam hidupnya. Berkat kekuatan menenangkan yang dimilikinya, biasanya orang–orang memilih warna biru untuk cat kamar tidur.

2. Kuning
Kuning mewakilkan kesan bahagia, optimis, penuh inspirasi dan kehangatan. Individu yang menyenangi warna biru biasanya merupakan individu yang trendi dan modern. Khusus untuk warna kuning pucat, warna ini akan membawa kesan cerah tanpa membuat orang yang di dalamnya merasa tertekan karena tingkat keceriaan yang ia miliki.

3. Ungu
Warna ungu dapat membangkitkan imajinasi dari dalam diri kamu. Ungu juga menyimpan arti mewah, elegan dan kekayaan. Individu yang menyukai warna ungu biasanya sangat kreatif, bijak dan romantis. Kalau Pins tertarik untuk menciptakan ruang santai, tak ada salahnya, lho, untuk mengecat ruangan menjadi ungu untuk memberi kesan unik dan mewah.

4. Merah
Melambangkan kepercayaan diri, kebahagiaan dan energi yang meluap, bisa dibilang warna merah adalah warna yang paling menarik dibandingkan warna yang lainnya. Para individu yang menyenangi warna merah biasanya penuh passion, enerjik, ramah dan berpendirian kuat. Kalau kamu ingin membawa kesan ceria ke dalam rumah, warna merah patut kamu jadikan sebagai pilihan utama, Pins!

5. Hijau
Mewakili warna sejati alam, warna hijau menyimpan kesan santai dan menenangkan. Selain itu, warna hijau juga bisa berarti ceria, harmoni, enerjik dan positif. Mereka yang menyenangi warna hijau biasanya bersifat bijak, penuh ambisi dan adil loh. Ehem! Kalau Pins mau membawa suasana enerjik tapi tetap damai dan segar ke dalam rumah, warna hijau patut kamu jadikan pilihan utama Pins!

6. Merah muda (Pink)
Meskipun masih masuk ke dalam keluarga si Merah, warna merah muda dinilai mempunyai pesan yang lembut. Para individu yang menyenangi warna merah muda atau pink ini dinilai sebagai individu yang feminin, lugu dan begitu romantis. Dibandingkan saudaranya, si Merah, warna merah muda mempunyai kesan menenangkan yang cocok apabila diaplikasikan ke ruang tidur, Pins.

7. Cokelat
Mewakili elemen tanah dan bumi, warna cokelat mengesankan rasa aman, penuh syukur dan membumi. Biasanya, orang–orang yang menyenangi warna cokelat merupakan individu yang mencintai alam serta hal–hal sederhana nan simpel dan mempunyai aura yang menenangkan nih, Pins.

8. Orange
Warna orange atau jingga dinilai mempunyai kesan ceria dan penuh ekspresi. Warna orange juga dianggap mewakilkan keseimbangan, kehangatan, keceriaan, penuh antusias namun siap untuk menjadi pusat perhatian. Mereka yang menyenangi warna orange biasanya mempunyai kepribadian friendly dan mudah dekat dengan semua orang. Selain itu, warna orange juga dinilai dapat merangsang nafsu makan, jadi cocok untuk melengkapi suasana di ruang makan.

9. Silver
Seperti kesan warnanya yang berkelas, warna silver biasanya mewakilkan kemakmuran dan kekayaan. Para individu yang menyenangi warna silver biasanya tertarik dengan fashion, juga termasuk pribadi yang mempunyai tingkat motivasi tinggi. Di mana pun kamu mengecat warna tembok menjadi warna silver, maka dijamin ruangan tersebut akan tercipta suasana ruang yang nyaman dan berkelas deh, Pins!

10. Putih
Nah, ini dia warna yang paling populer digunakan oleh para keluarga Indonesia sebagai warna cat rumah mereka. Warna putih melambangkan muda dan kesan bersih. Ditambah lagi, warna putih juga memiliki kesan keren dan menyegarkan. Para individu yang menyukai warna putih biasanya juga tertarik dengan gaya kontemporer di rumah mereka, karena warna inilah yang memberikan kesan hangat, cozy sekaligus formal.

11. Hitam
Duh, kok kesannya gelap banget ya kalau menjadikan warna hitam sebagai pilihan warna rumah. Eits, jangan salah, Pins! Warna hitam melambangkan kesan elegan, misteri dan kekuatan penuh. Individu yang menyukai warna hitam biasanya bersifat ambisius dan suka kemewahan. Kamu bisa menyiasati warna yang terkesan suram ini dengan kombinasi aksen warna lain sehingga dapat memunculkan kesan dramatis pada ruangan di rumahmu, Pins.

12. Abu–abu
Warna abu–abu memberikan kesan klasik, elegan dan sangat cocok jika dipadupadankan oleh warna-warna yang lain. Individu yang menyukai warna abu–abu biasanya mempunyai sifat rajin dan penuh disiplin. Warna abu–abu yang hangat pun bisa dikombinasikan dengan warna hangat lainnya seperti orange atau kuning untuk memberikan kesan hidup, penuh passion dan begitu ramah bagi siapa pun yang berada di dalamnya.

Baca juga: Tips & Trik Ini Akan Ringankan Pekerjaan Mengecat Warna Rumah Kamu!

Itu dia arti dan kesan yang tersimpan dari masing–masing warna, Pins. Makna dan arti yang terkandung dalam warna cat ini pastinya memberikan kamu ide cemerlang untuk mendekorasi rumahmu, dong?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel