BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Desain Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana
0
0

11 Desain Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 17, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin memberikan kepuasan bermain kepada anak, tetapi di dekat rumah tidak terdapat tempat bermain anak-anak? Tenang saja Kamu bisa loh menyediakan ruang bermain anak di dalam rumah sederhana, agar anak dapat menghabiskan waktu bermainnya di dalam rumah tetap dengan pengawasan kita. Dengan begitu anak dapat mengajak teman-temannya untuk meluangkan waktu bersama di rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui desain ruang bermain anak di rumah sederhana!

Kamu dapat menciptakan ruang bermain anak yang sederhana di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Kamu juga bisa menambahkan ruang bermain anak di rumah sederhana yang dapat Kamu temukan di Rumah Ekslusif.

11 Desain Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana

Bermain adalah kebutuhan anak-anak yang dilakukan sepanjang waktu tanpa mengenal letih untuk memenuhi kepuasan jiwa raganya. Anak tidak akan pernah merasa bosan menjalankan aktivitas bermain secara berulang-ulang, karena dapat dikatakan dunia ketika masih kanak-kanak hanyalah bermain. 

Bahkan saat anak belum genap berumur satu tahun, anak sudah diajak bermain oleh orang tuanya dengan cara bermain candaan yang membuat kaget atau disebut ‘cilukba’. Hingga dalam perkembangannya, bermain yang dilakukan mereka dapat bersamaan dengan proses sosialisasi bersama teman-temannya.

Bagi anak, bermain tidak hanya sekedar menghabiskan waktu dan menguras tenaga, terdapat manfaat besar yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Bahkan bermain akan membentuk perkembangan fisik dan mental mereka dalam menyelesaikan suatu permasalahan, hal penting ini akan menjadi pembelajaran hidup yang dibawa hingga mereka beranjak dewasa. 

Aspek perkembangan tersebut yang dapat dimunculkan melalui bermain adalah aspek bahasa yang ia gunakan dalam berkomunikasi, aspek kognitif, aspek motorik, aspek agama, dan aspek emosional. Dengan melalui bermain dapat menstimulasi aspek perkembangan ini untuk membantu pola pertumbuhan anak. Untuk mendukung hal tersebut, Kamu dapat membangun ruang bermain anak di dalam rumah agar anak betah bermain di dalam rumah dan bisa mengajak teman-temannya untuk bermain di rumah.

Berikut ini beberapa desain ruang bermain anak di rumah sederhana yang dapat menjadi referensi Kamu:

1. Ruang Bermain Anak Sekaligus Kamar Tidur

ruang anak
Source : iStock

Desain pertama dari ruang bermain anak di rumah sederhana adalah ruang bermain yang sekaligus dijadikan sebagai kamar tidur anak. Ruangan ini dapat dijadikan tempat bermain dan juga tempat anak beristirahat. Penggunaan warna cerah yang beragam mendukung keceriaan anak dalam bermain. Terdapat lemari, rak-rak, dan storage box yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan mainan anak.

Pada ruangan ini juga disediakan meja yang dapat digunakan anak sebagai arena tambahan dalam bermain dan bisa juga dijadikan tempat mereka belajar dan membaca buku.

Baca juga: 10 Ide Desain Ruang Bermain Anak yang Seru dan Edukatif

2. Ruang Bermain Anak Berunsur Coklat

ruang anak
Source : iStock

Di desain kedua ini Kamu dapat menciptakan ruang bermain anak di rumah sederhana dengan sentuhan berunsur warna coklat. Dapat Kamu lihat lantai yang digunakan berbalut kayu berwarna coklat, lalu terdapat lampu berkaki kayu, papan gabus atau cork board berwarna coklat, dan tambahan arsitektur dinding atau tembok berupa batu bata ekspose.

Disediakan rak-rak yang di dapat digunakan sebagai tempat menyimpan mainan agar anak terbiasa untuk bertanggung jawab. Di area yang luas ini, Kamu juga dapat menambahkan tenda-tendaan agar bermainnya anak semakin menyenangkan. Ketahui juga desain ruang belajar anak agar betah berlama-lama!

3. Ruang Bermain Anak Sekaligus Kamar Tidur #2

ruang anak
Source : iStock

Desain ruang bermain anak ketiga untuk di rumah sederhana yang dapat Kamu ikuti adalah ruang bermain yang dibuat menyatu dengan kamar tidur. Ruangan satu ini sangat penuh unsur permainan, hingga ranjangnya pun dibuat seperti rintangan anak untuk bermain. Anak dapat bermain di bawah tempat tidur sebagai persembunyian, dan dapat melatih motoriknya dengan menaiki anak tangga menuju ke ranjang di atasnya.

Warna temboknya mengandung unsur monokrom dengan lantai berbalut kayu yang bagus. Kamu perlu menambahkan karpet juga agar ruang bermain anak semakin nyaman. Dikarenakan masih terdapat space untuk mainan, Kamu dapat menambahkan tenda mainan seperti pada gambar. Jangan lupa menyediakan kotak penyimpanan agar anak bisa langsung belajar membereskan mainannya.

4. Ruang Bermain Anak Serba Putih

ruang bermain
Source : iStock

Desain keempat ini dapat Kamu jadikan referensi pembangunan ruang bermain anak yang serba menggunakan warna putih. Terlihat dengan jelas terdapat rak-rak yang dibuat menyatu dengan dinding dan tambahan lampu yang akan menambah kesan artistik pada kamar ini. Suasana yang tercipta akan sangat memberikan kenyamanan pada anak.

Kemudian, terdapat meja belajar yang dilengkapi dengan papan tulis dan mainan-mainan anak. Jika menurut Kamu karpet yang digunakan terlalu kecil, maka Kamu dapat menggantinya dengan yang lebih besar demi kenyamanan anak. Kamu harus tahu juga tips menata kamar untuk tidur dengan anak ternyaman.

5. Ruang Bermain dan Belajar Anak dengan Rak Pendek

ruang bermain
Source : iStock

Desain ruang bermain berikut ini dapat Kamu terapkan di rumah dengan penambahan meja belajar dan rak tingkat yang dapat dijangkau dengan mudah oleh anak. Pemilihan rak tingkat pendek ini sengaja agar anak tidak kesulitan dan mencegah anak untuk memanjat rak jika terlalu tinggi. Terdapat tambahan kotak penyimpanan untuk menyimpan mainan-mainan mereka.

6. Ruang Bermain Kognitif Anak Berdinding Papan Coret

ruang bermain
Source : iStock

Pada desain urutan keenam ini ruang bermain anak di rumah sederhana disusun dengan meja buffet berwarna putih yang dilengkapi laci-laci terbuka untuk menyimpan buku dan juga mainan. Lalu, di atas mejanya terdapat cork board yang dapat digunakan untuk menempel gambar atau lukisan anak-anak.

Pada bagian tengah ruangan ditambahkan meja kecil dengan kursi kecil juga sebagai tempat anak bermain dan belajar. Uniknya tembok ruangan ini seperti papan kapur yang dapat dicoret-coret sesuka anak loh. Ada loh kamar mandi yang ramah khusus anak-anak, ketahui desain kamar mandi anak beserta tips mendesainnya!

7. Ruang Bermain Anak Sekaligus Kamar Tidur #3

ruang bermain
Source : iStock

Anak Kamu pasti akan senang memiliki ruangan bermain berkedok kamar tidur seperti desain yang satu ini. Bagaimana tidak senang! mulai dari ranjang, meja belajar, meja bermain, bahkan terdapat sofa mini berbentuk kapal, semua barang dan furniture di kamar ini memiliki unsur permainan.

Dimulai dari ranjang yang dipilih bertingkat, pada bagian bawahnya dapat digunakan untuk bersantai, dan di bagian atasnya terdapat perosotan yang dapat digunakan oleh anak. Rak-rak dan laci juga disediakan sebagai tempat penyimpanan mainan mereka.

8. Ruang Bermain Anak Bergaya Lesehan

ruang bermain anak di rumah sederhana
Source : iStock

Desain ruang bermain kedelapan berikut ini dapat Kamu jadikan referensi yang unik, sebab ruang bermain anak bergaya lesehan. Semua barang-barangnya dibuat menempel ke lantai. Terdapat penambahan sofa lucu yang bermodel seperti atap rumah. Lalu, tepat di bagian pojok ruangan, digunakan karpet seperti warna pasir dan ditambahkan tali yang menjulang tinggi untuk anak dapat melatih kekuatan motoriknya dalam memanjat.

9. Ruangan Bermain dan Belajar Anak

ruang bermain anak di rumah sederhana
Source : iStock

Ruangan bermain selanjutnya dapat Kamu jadikan referensi yang tepat jika menginginkan ruangan bermain disatukan dengan ruangan belajar. Kamu dapat menambahkan papan tulis besar untuk anak agar dapat mengekspresikan segalanya pada papan tulis tersebut. Lalu, tepat di depannya terdapat meja serta bangku untuk memudahkan anak belajar dan bermain. Pada ruangan ini digunakan rak dengan tinggi sedang yang tetap memudahkan anak dalam menjangkaunya.

10. Ruangan Bermain Sekaligus Kamar Tidur Warna Warni

ruang bermain anak di rumah sederhana
Source : iStock

Di urutan kesepuluh ini dalam mendesain ruangan bermain anak di rumah sederhana yang dapat Kamu ikuti adalah ruangan bermain yang dijadikan pula sebagai tempat beristirahat mengandung unsur warna warni. Ranjang yang digunakan dalam ruangan ini bermodel tingkat dua, dengan laci-laci di bagian bawah yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan mainan.

Lalu, karpet yang digunakan sengaja disenadakan dengan suasana ruangan yang berunsur warna warni.

Baca juga: Cara Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana

11. Ruangan Bermain Anak dengan Kabinet Serbaguna

ruang bermain anak di rumah sederhana
Source : iStock

Desain terakhir yang dapat Kamu terapkan dalam mewujudkan ruangan bermain yang sederhana dan menarik adalah menggunakan warna dinding yang cerah untuk menciptakan suasana ceria dan nyaman bagi anak. Pada ruangan di gambar warna putih mendominasi ruangan tersebut. Di temboknya terdapat stiker-stiker yang menambah kelucuan di ruangan tersebut, Kamu juga bisa mengukur tinggi anak loh.

Jangan lupakan keberadaan kabinet yang tingginya dapat dijangkau dengan mudah oleh anak. Kabinet ini sebagai tempat penyimpanan mainan-mainan mereka. Lalu, penambahan karpet juga sangat penting agar ketika bermain anak tetap merasakan kenyamanan.

Itulah beberapa desain ruangan bermain anak di rumah sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Pins yang ingin membangun ruangan bermain sendiri!

Baca juga10 Desain Tempat Tidur Tingkat Untuk Anak Desain Minimalis

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daun Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download