BlogPemilik PropertiDesain HunianWaspada! Inilah 9 Hal Penyebab Kebakaran Rumah
0
0

Waspada! Inilah 9 Hal Penyebab Kebakaran Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi di masyarakat. Kebakaran dapat terjadi kapan saja karena banyak penyebab kebakaran rumah. Bencana kebakaran harus diminimalisir dengan baik, agar masyarakat terhindar dari kerugian yang akan ditimbulkan akibat kebakaran.

Kerugian tersebut antara lain lenyapnya seluruh harta benda bahkan juga nyawa manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya setiap Rumah Eksklusif harus memiliki berbagai persiapan jika terjadi kebakaran. Jangan sampai rumah keren kamu misalnya seperti Vasa Jagakarsa ataupun perumahan di Jagakarsa lainnya justru terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 

Selain itu agar terhindar dari bencana kebakaran, sebaiknya hindarilah hal-hal yang menyebabkan kebakaran rumah. Berikut 9 hal yang memicu terjadinya kebakaran rumah, diantaranya:

Yuk Cari Tahu Apa Saja Penyebab Kebakaran Rumah

Kebakaran rumah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah 9 hal yang bisa menyebabkan kebakaran rumah:

1. Merokok di Lingkungan Rumah

Penyebab Kebakaran Rumah
Source : Okezone

Sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok kamu di lingkungan rumah. Kebiasaan merokok di lingkungan rumah terutama di dalam rumah akan membuat bara api yang ada pada rokok dapat mengenai sofa, karpet dan lainnya.

Hal tersebut akan membuat api mudah menyambar dan akan terjadi kebakaran. Jika ingin merokok, sebaiknya sediakan asbak tempat mematikan serta membuang punting rokok.

2. Adanya Bahan Kimia di Rumah

Penyebab Kebakaran Rumah
Source : TeknisiMobil

Berhati-hatilah dalam menyimpan bahan kimia di rumah. Beberapa bahan kimia membutuhkan tempat yang sejuh, sehingga simpanlah bahan kimia tersebut jauh dari panas.

Jika kamu ingin menyimpannya di luar rumah, seperti di garasi rumah sebaiknya perhatikan sirkulasi udaranya agar bahan kimia tidak terkena panas dan tetap sejuk.

Baca juga: 

3. Meninggalkan Kompor Menyala saat Memasak

Penyebab Kebakaran Rumah
Source : Pinterest

Hindarilah kebiasaan meninggalkan kompor menyala saat sedang memasak. Jangan sekalipun meninggalkan kompor yang menyala saat kamu memasak. Apabila ingin melakukan hal lain saat sedang memasak, sebaiknya matikan terlebih dahulu kompor Pins.

Selain itu perhatikan juga benda-benda yang ada di sekeliling kamu ketika menyalakan kompor. Jauhkan benda-benda yang berbahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor Pins.

4. Peralatan Listrik Dekat Api

Penyebab Kebakaran Rumah
Source : Kompas

Penyebab lain terjadinya kebakaran di rumah adalah ada api di dekat peralatan listrik. Hal tersebut berisiko membuat konsleting di rumah sehingga memicu kebakaran.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menghindari menyimpan peralatan listrik sembarangan dari sumber panas seperti kompor.

5. Terdapat Cairan Mudah Terbakar

Source : Nebraska

Ada banyak cairan yang harus kamu waspadai posisinya di rumah. Beberapa diantaranya adalah seperti minyak tanah, solar, bensin dan bahkan parfum.

Pasalnya, cairan tersebut bila terpantik api bisa memicu kebakaran di rumah. Jadi, agar terhindar dari bahaya kebakaran sebaiknya Pins bisa menaruh cairan mudah terbakar dengan bijak.

6. Sambaran Petir

Source : Detik

Penyebab kebakaran yang satu ini terjadi karena fenomena alam. Angka kasus kebakaran rumah akibat sambaran petir pun cukup banyak terutama saat musim hujan.

Oleh karena itu, Pins bisa memasang penangkal petir di rumah. Pencegahan ini bukan hanya dilakukan untuk menghindari kebakaran rumah, namun juga agar barang elektronik di rumah kamu tidak rusak.

7. Colokan Listrik Menumpuk

Penyebab Kebakaran Rumah
Source : Tribun

Kamu memiliki colokan listrik yang menumpuk di rumah? Sebaiknya hindari hal tersebut karena berpotensi menjadi penyebab kebakaran di rumah.

Menumpuknya colokan listrik meningkatkan risiko terjadinya korsleting listrik. Bahkan kemungkinan paling buruk adalah terjadinya kebakaran di rumah. Jadi, rapikan colokan yang ada di rumah agar tidak ada suhu panas yang terperangkap diantara colokan tersebut.

8. Kerusakan Kabel

Source : Kompas

Agar rumah kamu terhindar dari kebakaran, sebaiknya periksalan penggunaan kabel di rumah. Pastikan kabel yang digunakan tidak mengalami kerusakan, seperti terkena gigitan tikus atau mengelupas.

Jika kabel di rumah kamu rusak, maka akan menyebabkan korsleting listrik dan resiko kebakaran semakin besar. Selain itu penggunaan stop kontak secara berlebihan hingga seluruhnya penuh juga akan memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga: 

9. Menyalakan Lilin

Source : Okezone

Lilin juga merupakan faktor penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Jika kamu penggemar lilin aroma terapi dan selalu menyalakannya setiap hari di rumah, Pins patut berhati-hati. Sebaiknya ketika akan tidur atau meninggalkan rumah, matikan terlebih dahulu lilin-lilin tersebut. Perhatikan juga tempat untuk meletakkan lilin. Jangan sembarangan meletakkan lilin tanpa alas di meja, karena api akan mudah menyambar benda di sekiranya saat lilin mulai meleleh.


Ketika berbicara tentang kebakaran rumah, kesadaran akan bahaya dan langkah-langkah pencegahan sangatlah penting. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, menggunakan peralatan yang aman, dan menghindari kebiasaan yang berisiko, kita dapat menjaga rumah kita dan orang yang kita cintai dari ancaman kebakaran. Kebakaran bisa dicegah, dan langkah kecil yang kita ambil hari ini bisa membuat perbedaan besar untuk keselamatan kita di masa depan.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kota Baru Arjasari dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download