Pinhome

Properti

Inilah 5 Hal Penyebab Kebakaran Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi di masyarakat. Kebakaran dapat terjadi kapan saja karena banyak faktor yang dapat memicu terjadinya kebakaran tersebut. Bencana kebakaran harus diminimalisir dengan baik, agar masyarakat terhindar dari kerugian yang akan ditimbulkan akibat kebakaran. Kerugian tersebut antara lain lenyapnya seluruh harta benda bahkan juga nyawa manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya setiap rumah harus memiliki berbagai persiapan jika terjadi kebakaran.

Baca Juga: 

Selain itu agar terhindar dari bencana kebakaran, sebaiknya hindarilah hal-hal yang menyebabkan kebakaran rumah. Berikut 5 hal yang memicu terjadinya kebakaran rumah, diantaranya:

Merokok di Lingkungan Rumah

Sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok Anda di lingkungan rumah. Kebiasaan merokok di lingkungan rumah terutama di dalam rumah akan membuat bara api yang ada pada rokok dapat mengenai sofa, karpet dan lainnya. Hal tersebut akan membuat api mudah menyambar dan akan terjadi kebakaran. Jika ingin merokok, sebaiknya sediakan asbak tempat mematikan serta membuang punting rokok.

Adanya Bahan Kimia di Rumah

Berhati-hatilah dalam menyimpan bahan kimia di rumah. Beberapa bahan kimia membutuhkan tempat yang sejuh, sehingga simpanlah bahan kimia tersebut jauh dari panas. Jika Anda ingin menyimpannya di luar rumah, seperti di garasi rumah sebaiknya perhatikan sirkulasi udaranya agar bahan kimia tidak terkena panas dan tetap sejuk.

Baca Juga: 

Meninggalkan Kompor Menyala saat Memasak

Hindarilah kebiasaan meninggalkan kompor menyala saat sedang memasak. Jangan sekalipun meninggalkan kompor yang menyala saat Anda memasak. Apabila ingin melakukan hal lain saat sedang memasak, sebaiknya matikan terlebih dahulu kompor Anda. Selain itu perhatikan juga benda-benda yang ada di sekeliling Anda ketika menyalakan kompor. Jauhkan benda-benda yang berbahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor Anda.

Kerusakan Kabel

Agar rumah Anda terhindar dari kebakaran, sebaiknya periksalan penggunaan kabel di rumah Anda. Pastikan kabel yang digunakan tidak mengalami kerusakan, seperti terkena gigitan tikus atau mengelupas. Jika kabel di rumah Anda rusak, maka akan menyebabkan korsleting listrik dan resiko kebakaran semakin besar. Selain itu penggunaan stop kontak secara berlebihan hingga seluruhnya penuh juga akan memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga: 

Menyalakan Lilin

Lilin juga merupakan faktor penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Jika Anda penggemar lilin aroma terapi dan selalu menyalakannya setiap hari di rumah, Anda patut berhati-hati. Sebaiknya ketika akan tidur atau meninggalkan rumah, matikan terlebih dahulu lilin-lilin tersebut. Perhatikan juga tempat untuk meletakkan lilin. Jangan sembarangan meletakkan lilies tanpa alas di meja, karena api akan mudah menyambar benda di sekiranya saat lilin mulai meleleh.

Kebakaran rumah dapat diantisipasi dengan baik apabila Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas. Sebaiknya sediakan alat yang dapat memadamkan api, seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau tabung pemadam, agar jika terjadi kebakaran dapat diantisipasi dengan baik.

Baca Juga: 

Tags :

Bagikan Artikel