Inilah 5 Hal Penyebab Kebakaran Rumah

Diperbarui oleh Tsamira Tya Abigail ∙ December 9, 2021 ∙ 3 menit membaca

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi di masyarakat. Kebakaran dapat terjadi kapan saja karena banyak faktor yang dapat memicu terjadinya kebakaran tersebut. Bencana kebakaran harus diminimalisir dengan baik, agar masyarakat terhindar dari kerugian yang akan ditimbulkan akibat kebakaran. Kerugian tersebut antara lain lenyapnya seluruh harta benda bahkan juga nyawa manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya setiap rumah harus memiliki berbagai persiapan jika terjadi kebakaran.

Baca Juga: 

Selain itu agar terhindar dari bencana kebakaran, sebaiknya hindarilah hal-hal yang menyebabkan kebakaran rumah. Berikut 5 hal yang memicu terjadinya kebakaran rumah, diantaranya:

Merokok di Lingkungan Rumah

Sebaiknya hentikanlah kebiasaan merokok Anda di lingkungan rumah. Kebiasaan merokok di lingkungan rumah terutama di dalam rumah akan membuat bara api yang ada pada rokok dapat mengenai sofa, karpet dan lainnya. Hal tersebut akan membuat api mudah menyambar dan akan terjadi kebakaran. Jika ingin merokok, sebaiknya sediakan asbak tempat mematikan serta membuang punting rokok.

Adanya Bahan Kimia di Rumah

Berhati-hatilah dalam menyimpan bahan kimia di rumah. Beberapa bahan kimia membutuhkan tempat yang sejuh, sehingga simpanlah bahan kimia tersebut jauh dari panas. Jika Anda ingin menyimpannya di luar rumah, seperti di garasi rumah sebaiknya perhatikan sirkulasi udaranya agar bahan kimia tidak terkena panas dan tetap sejuk.

Baca Juga: 

Meninggalkan Kompor Menyala saat Memasak

Hindarilah kebiasaan meninggalkan kompor menyala saat sedang memasak. Jangan sekalipun meninggalkan kompor yang menyala saat Anda memasak. Apabila ingin melakukan hal lain saat sedang memasak, sebaiknya matikan terlebih dahulu kompor Anda. Selain itu perhatikan juga benda-benda yang ada di sekeliling Anda ketika menyalakan kompor. Jauhkan benda-benda yang berbahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor Anda.

Kerusakan Kabel

Agar rumah Anda terhindar dari kebakaran, sebaiknya periksalan penggunaan kabel di rumah Anda. Pastikan kabel yang digunakan tidak mengalami kerusakan, seperti terkena gigitan tikus atau mengelupas. Jika kabel di rumah Anda rusak, maka akan menyebabkan korsleting listrik dan resiko kebakaran semakin besar. Selain itu penggunaan stop kontak secara berlebihan hingga seluruhnya penuh juga akan memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga: 

Menyalakan Lilin

Lilin juga merupakan faktor penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Jika Anda penggemar lilin aroma terapi dan selalu menyalakannya setiap hari di rumah, Anda patut berhati-hati. Sebaiknya ketika akan tidur atau meninggalkan rumah, matikan terlebih dahulu lilin-lilin tersebut. Perhatikan juga tempat untuk meletakkan lilin. Jangan sembarangan meletakkan lilies tanpa alas di meja, karena api akan mudah menyambar benda di sekiranya saat lilin mulai meleleh.

Kebakaran rumah dapat diantisipasi dengan baik apabila Anda memperhatikan hal-hal tersebut di atas. Sebaiknya sediakan alat yang dapat memadamkan api, seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau tabung pemadam, agar jika terjadi kebakaran dapat diantisipasi dengan baik.

Baca Juga: 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia