Pinhome

Finansial

5 Alasan Rumah Membutuhkan Asuransi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 1 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Saat ini asuransi menjadi hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Tidak hanya asuransi untuk jiwa, pendidikan dan kesehatan saja yang penting, namun asuransi dalam hal properti sangatlah penting untuk dimiliki. 

Rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang harus dimiliki. Namun masyarakat masih menganggap asuransi rumah belum termasuk hal penting yang harus dimiliki. Padahal tidak ada yang dapat menjamin apabila rumah mengalami bencana maupun kerusakan. 

Rumah kapan saja dapat mengalami kerusakan, seperti tanah longsor, kebakaran, banjir dan lainnya. Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat asuransi rumah menjadi hal yang sangat diperlukan. Nah, berikut 5 alasan rumah membutuhkan asuransi, antara lain:

Perlindungan Hukum

Setiap rumah pasti akan berurusan dengan hukum, mulai dari akta dari notaris dan sebagainya. Untuk itu, agar rumah bebas dari permasalahan hukum di kemudian hari perlu adanya pihak yang akan melindungi. itulah alasan rumah membutuhkan asuransi. 

Asuransi akan memberikan perlindungan hukum kepada nasabahnya yang mengikuti asuransi properti. Perlindungan hukum tersebut dapat berupa permasalahan yang berkaitan dengan kepemilikan rumah, kecelakaan dan lainnya.

Baca Juga: Tips Sebelum Membeli Rumah Murah

Perlindungan Bencana Alam

alasan rumah membutuhkan asuransi
(Pixabay)

Semua orang tentu tidak ada yang tau kapan musibah akan datang. Perlu adanya antisipasi agar tidak terjadi banyak kerugian apabila musibah tersebut datang. Antisipasi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan asuransi.

Adanya asuransi akan memberikan keuntungan saat rumah mengalami bencana alam. Asuransi akan memberikan ganti rugi berupa biaya keuangan sesuai dengan yang diasuransikan.

Baca Juga: 7 Trend Desain Kamar Mandi Terbaru

Perlindungan Harta

Alasan rumah membutuhkan asuransi tidak hanya memberikan perlindungan terhadap rumah saja, namun juga semua harta benda yang ada di dalam rumah. Semua harta benda di dalam rumah, seperti perabotan, peralatan elektronik dan lainnya juga akan mendapatkan perlindungan dari pihak asuransi apabila mengalami kerusakan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Memilih Rumah atau Apartemen Sebagai Hunian

Pergantian Rumah

Apabila rumah mengalami kerusakan dari bencana alam atau lainnya, pihak asuransi akan memberikan pergantian. Tidak hanya pergantian berupa finansial saja, namun jika kerusakan yang terjadi pada rumah sangat parah dan tidak dapat dipergunakan untuk tempat tinggal lagi, pihak asuransi akan memberikan kemudahan yaitu berupa penggantian rumah tinggal. 

Pergantian rumah tinggal tersebut bersifat sementara, sampai rumah yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki dan layak untuk dijadikan tempat tinggal lagi.

Baca Juga: Cara Menjadikan Bagian Dalam Rumah Lebih Sejuk

Penggantian Biaya Perawatan

Selain memberikan ganti rugi biaya finansial untuk memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan, pihak asuransi akan memberikan keuntungan lainnya. Rumah yang mengalami perbaikan tentu membutuhkan biaya lagi untuk membersihkan rumah agar terlihat lebih bersih.

Pihak asuransi akan menjamin semua biaya yang dikeluarkan untuk pembersihan rumah tersebut.

Itulah alasan rumah membutuhkan asuransi , membuat setiap orang juga harus memiliki asuransi tersebut. Asuransi rumah akan memberikan banyak sekali keuntungan kepada nasabahnya. 

Hal tersebut merupakan hal positif yang dapat dipertimbangkan untuk memiliki asuransi rumah.

Baca Jua: 6 Tips Menjadi Agen Properti yang Sukses

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel