14 Rekomendasi Merk Kompor Gas Terbaik 2 Tungku, Bagus dan Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ August 24, 2022 ∙ 12 menit membaca

Umumnya, ibu rumah tangga lebih memilih kompor gas terbaik 2 tungku untuk memudahkan urusan memasak. Beberapa olahan dapat matang secara bersamaan, hal ini tentu lebih menghemat waktu.

Namun, para ibu juga jeli dalam memilih peralatan dapur. Pasalnya, salah memilih kompor gas dapat menyebabkan kebocoran yang menimbulkan kebakaran.

Hal-Hal yang Dilakukan Sebelum Membeli Kompor Gas

Sebelum membeli kompor gas, ada baiknya mengetahui tips terbaik. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut tipsnya:

1. Utamakan Kualitas Barang

Utamakan Kualitas Barang

Mungkin masih banyak yang berpikir, untuk apa membeli kompor mahal-mahal kalau di pasaran banyak diobral murah.

Padahal kompor mahal justru terbuat dari komponen berkualitas tinggi, otomatis tidak cepat rusak. Selain itu, membeli perkakas dapur bermerk yang sebanding dengan harga membantu mencegah pengeluaran lebih untuk perawatan.

Hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas 2 tungku adalah materialnya. Pilih material stainless steel, bahan ini aman walaupun terkena kuah makanan.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Dapur

Sesuaikan dengan Ukuran Dapur

Jenis kompor gas yang paling populer di Indonesia adalah kompor meja dan tanam. Pilih salah satu jenis yang sesuai dengan luas dapur. Kompor gas meja masih menjadi favorit para ibu, penataannya cukup mudah. Bisa dipindah-pindah jika ingin menata ulang dapur.

Sedangkan kompor gas tanam tidak kalah populer dari kompor meja. Tatanan kompor jenis ini membuat tampilan dapur lebih rapi.

Akan tetapi, pemasangan kompor tanam membutuhkan bantuan tukang ahli. Saat sudah dipasang dengan tepat, kompo ini juga dapat dipindah dengan mudah.

3. Jangan Mengabaikan Garansi yang Ditawarkan

Jangan Mengabaikan Garansi yang Ditawarkan

Kartu garansi diberikan kepada konsumen untuk jaminan apabila produk yang dibeli mengalami kerusakan dalam jangka waktu tertentu. Menerima dan mengisi kartu garansi dapat membantu mengetahui tindakan-tindakan tidak diperbolehkan pada kompor.

Selama jangka waktu yang ditentukan ikuti syarat dan ketentuan yang ada, hal ini untuk memudahkan mendapat hak dari garansi.

Pastikan garansi yang diberikan resmi dari perusahaan, bukan dari pemilik toko. Pilih produk yang memberikan garansi minimal 1 tahun.

4. Perhatikan Tingkat Keamanan

Perhatikan Tingkat Keamanan

Pilih kompor dan regulator berlabel SNI, adanya logo ini menandakan bahwa peralatan dapur yang digunakan lolos standar kelayakan nasional, dan aman digunakan.

Apabila menggunakan kompor gas 2 tungku, perhatikan kedua jarak antara burner untuk menjaga keamanan. Misal, sedang memasak menggunakan wajan dan kuali pada waktu bersamaan.

5. Pilih yang Hemat Penggunaan Gas

Pilih yang Hemat Penggunaan Gas

Hampir semua kompor gas dirancang untuk menggunakan gas LPG, sedangkan untuk gas alam hanya dapat digunakan pada jenis kompor tertentu. Oleh karena itu, baca spesifikasi kompor dengan teliti.

Untuk menghemat pengeluaran, pilih kompor yang menghemat penggunaan gas. Saat ini, produk dengan nyala api ekonomis juga sudah banyak beredar di pasaran.

Merk Kompor Gas Terbaik 2 Tungku Awet Berkualitas

Berikut merk kompor gas terbaik 2 tungku yang membantu meringankan urusan memasak para ibu. Masing-masing produk memiliki keunggulan dan kekurangan, jadi sesuaikan dengan kebutuhan sebelum membeli.

1. Cosmos CGC-5268 CEB (Rp288.800)

Cosmos CGC 5268 CEB

Brand asal Indonesia yang identik dengan produk kipas angin dan penyimpan beras ini mengeluarkan beberapa jenis kompor gas, salah satunya Cosmos CGC-5268 CEB.

Kompor gas 2 tungku ini hadir dengan non stick coated body anti lengket, sehingga tidak perlu pusing menghilangkan kotoran sisa masakan. Bukan hanya itu, burner terbuat dari kuningan dijamin awet sampai beberapa tahun pemakaian.

Kelebihan lain yang ditawarkan Cosmos CGC-5268 CEB antara lain dapat menghasilkan api biru, irit gas, dan pemantik diklaim tahan hingga 5 tahun.

Cosmos CGC-5268 CEB sangat cocok untuk kebutuhan memasak individu maupun rumah tangga, harganya juga lumayan bersahabat. Kompor gas 2 tungku ini bisa didapatkan  hanya dengan Rp288.800.

2. Domo DH 3201 L/S (Rp950.000)

Domo DH 3201 L S

Kompor gas  tanam terbaik 2 tungku dari Domo ini hadir dengan desain modern sangat cocok untuk dapur minimalis. Domo DH 3201 L/S menggunakan material stainless steel yang tahan terhadap panas, sehingga kompor tidak mudah rusak.

Kompor tanam ini memiliki model vertikal dengan ukuran tungku yang berbeda, hal ini memudahkan penggunaan. Tombol pemantik berada di sisi kompor sehingga mudah dioperasikan.

Akan tetapi, Domo DH 3201 L/S memiliki kekurangan, seperti lumayan berat sehingga menyulitkan pemasangan, belum dilengkapi dengan fitur penghemat gas, serta masih belum beredar secara luas di pasaran.

Kompor gas tanam 2 tungku ini dapat dibeli melalui official store online di e-commerce dengan harga Rp950.000.

3. Electrolux EGG3422CK Built in Hob (Rp1.800.000)

Electrolux EGG3422CK Built in Hob

Electrolux EGG3422CK Built in Hob masuk dalam salah satu jajaran merk kompor tanam terbaik yang dilengkapi dengan tungku dual jet. Sistem yang digunakan adalah safety flame device, fungsinya untuk mencegah api keluar saat tidak sengaja dinyalakan.

Kompor gas tanam ini hadir dengan dua burner berukuran berbeda, yaitu 2KW dan 2,5KW. Terbuat dari material kaca yang diperkeras, sehingga tahan terhadap panas, benturan, dan mudah dibersihkan.

Bukan hanya itu, kompor gas ini menawarkan banyak kelebihan, antara lain garansi resmi yang diberikan oleh perusahaan 1 tahun, dualjet membuat kompor lebih cepat panas, burner dilengkapi SABAF, serta tatakan burner menggunakan cast iron.

Sayangnya, kompor ini cukup berat dan sulit dipindahkan. Harganya juga lumayan mahal, sekitar Rp1.800.000.

4. Hock HP-201 ED Elegant Deluxe (Rp314.000)

Hock HP 201 ED Elegant Deluxe

Hock dikenal dari tahun ke tahun, mulai dari kompor minyak tanah sampai kompor gas. Salah satu produk yang dikeluarkan brand ini adalah Hock HP-201ED Elegant Deluxe.

Kompor gas terbaik 2 tungku dari merk legendaris ini memiliki kelebihan, antara lain desain elegan, bodi kokoh, nyala api biru lotus, burner dapat dilepas, dan tatakan dilapisi dengan enamel anti karat. Bukan hanya itu, api tetap stabil meskipun dinyalakan secara bersamaan.

Apabila ingin mendapatkan yang asli, beli secara online melalui official store di website atau e-commerce dengan harga mulai dari Rp314.000.

5. Miyako KG 302C (Rp240.000)

Miyako KG 302C

Brand yang terkenal dengan produk elektronik ini turut bersaing mengeluarkan kompor gas 2 tungku, salah satunya Miyako KG 302C yang terbuat dari material celton. Bahan dasar yang digunakan membuat kompor ini lebih kuat, kokoh, dan tahan lama. 

Keunggulan yang membuat Miyako KG 302C laris di pasaran adalah dilengkapi dengan sistem penyalaan mekanik, burner terbuat dari kuningan berkualitas, dan api lebih cepat panas merata.

Bagi yang ingin menghemat waktu, Miyako KG 302C menjadi pilihan yang tepat. Aneka masakan matang tanpa menunggu waktu lama. Tidak hanya awet, kompor gas terbagus ini juga ramah dikantong. Harganya kisaran Rp240.000.

Akan tetapi, tidak ada pilihan warna lain untuk Miyako KG 302C, dan konsumen harus berhati-hati karena merk ini sudah banyak tiruannya.

6. Modena BH-0725 (Rp1.826.000)

Modena BH 0725

Modena selalu menghadirkan kompor gas dengan tampilan mewah, tidak terkecuali Modena BH-0725. Kompor gas 2 tungku ini menghasilkan panas merata pada permukaan alat masak.

Hal ini karena burner menggunakan triple ring burner sehingga memaksimalkan penyebaran suhu panas. Knop pemutar pengatur gas dan pemantik mudah dioperasikan.

Permukaan kompor terbuat dari material Tempered Glass Top Plate yang tahan panas, dan mampu menahan beban berat. Modena BH-0725 juga mudah dibersihkan dari noda sisa masakan.

Meskipun harganya mahal, kompor gas ini layak untuk dibeli. Modena BH-0725 dirancang agar sesuai dengan berbagai konsep desain dapur. Memang kompor ini memakai mekanisme knop button, tapi sudah dilengkapi dengan sistem pengaman terhadap resiko kebocoran gas.

7. Progas PG169C (Rp254.000)

Progas PG169C

Progras PG269C memiliki keunggulan dapat menyalakan api biru yang stabil, dan memberikan panas merata. Otomatis masakan jadi lebih cepat matang. Knop putar mudah dioperasikan untuk mengatur besar kecilnya api. Pemantik juga diklaim aman dan tahan lama.

Kepala tungku terbuat dari bahan kuningan yang kuat, sedangkan bagian atasnya terbuat dari teflon anti karat.

Desain klasik dan ukurannya minimalis, sehingga cocok untuk perlengkapan anak kos. Sayangnya, daya tahan Progas PG269C masih diragukan. Harga pasaran kompor gas terbaik 2 tungku ini sekitar Rp254.000.

8. Quantum QGC 201 DEP (Rp398.000)

Quantum QGC 201 DEP

Quantum menghadirkan kompor gas 2 tungku dengan teknologi MIT, yaitu menyempurnakan pembakaran tanpa ada gas yang terbuang. Efisiensi teknologi MIT pada Quantum QGC 201 DEP mencapai 68%.

Dari segi tampilan, kompor ini memiliki desain deep drawing powder white, dan pelindung bawah di setiap sudut yang membuat Quantum QGC 201 DEP semakin elegan.

Tidak perlu repot-repot memutar knop, kompor gas 2 tungku ini dilengkapi dengan tombol pemantik. Pengguna tinggal pencet, otomatis api menyala. Akan tetapi, pemantik elektrik tersebut membutuhkan sumber dari dua buah baterai.

Quantum QGC 201 DEP dapat dibeli secara offline maupun online dengan harga kisaran Rp398.000. Untuk paket lengkap beserta regulator dibanderol sekitar Rp. 480.000,00.

9. Rinnai RI-602 BGX (Rp439.000)

Rinnai RI 602 BGX

Bagi yang belum tahu, Rinnai merupakan merk terkenal asal Jepang yang sudah masuk di Indonesia sejak tahun 1979. Merk ini juga dianggap sebagai leader dari kompor gas kualitas bagus dan aman.

Rinnai RI-602BGX masuk dalam daftar kompor gas 2 tungku yang direkomendasikan karena menghasilkan api tornado. Proses memasak menjadi lebih cepat dengan hasil kematangan sempurna.

Kompor gas ini terbuat dari material stainless steel dan teflon yang dijamin anti karat dan anti lengket. Top plate Rinnai RI-602BGX dapat dilepas, sehingga memudahkan para ibu yang ingin langsung membersihkan setelah selesai memasak.

Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, dengan Rp439.000 kompor gas 2 tungku kualitas terbaik sudah bisa dimiliki.

10. Sanken SG-336SS (Rp368.000)

Sanken SG 336SS

Salah satu produsen asal Indonesia yang membuat berbagai keperluan elektronik, termasuk kompor gas 2 tungku adalah Sanken.

Sanken SG-336SS hadir dengan tungku whirljet atau nyala api putar yang membuat masakan lebih cepat matang. Kompor ini juga dilengkapi dengan teknologi hemat gas. Salah satu tungku menggunakan api lilin yang pas untuk ukuran panci kecil.

Agar terkesan mewah, Sanken membuat kompor ini dengan material kaca hitam yang tahan panas. Sedangkan bagian bawah dilapisi dengan aluminium, tujuannya mencegah panas berlebihan. Harga Sanken SG-336SS relatif murah sekitar Rp368.000.

11. Suggo SG-207 Infrared Kompor Gas (Rp699.000)

Suggo SG 207 Infrared Kompor Gas

Kompor gas tanam satu ini memiliki desain modern dengan ketebalan hanya 7 mm, dapat ditanam atau diletakkan di atas meja dengan mudah. Suggo SG-07 diklaim dapat menghemat pemakaian gas hingga 40%.

Keunggulan dari kompor gas ini adalah nyala api tahan terhadap tiupan angin dan percikan air. Untuk bodinya terbuat dari besi berkualitas tinggi tahan karat, awet, dan mudah dibersihkan.

Bara api yang dihasilkan juga tidak menimbulkan bekas pembakaran. Suggo SG-207 aman digunakan di ruang tertutup, tapi tetap disarankan membuat ventilasi di area dapur.

Penataan kompor gas kualitas terbaik ini sangat mudah, dapat didudukkan di atas meja maupun ditanam. Knop putar juga mudah dioperasikan. Sugo SG-207 Infrared Kompor Gas dibanderol dengan harga mulai dari Rp699.000.

12. Tecstar TG-688 CSR (Rp170.000)

Tecstar TG 688 CSR

Tecstar TG-688 CSR tergolong dalam kompor gas yang mudah digunakan. Kompor gas ini mampu menyebarkan api secara merata. Bodi terbuat dari material campuran teflon anti lengket, sehingga noda-noda sisa masakan lebih mudah dibersihkan.

Tecstar TG-688 dilengkapi dengan pemantik otomatis dengan sekali pencet api langsung menyala. Tungku api didesain bulat sehingga penyebaran api bisa merata dengan sempurna.

Kepala tungku terbuat dari kuningan yang mampu menghasilkan nyala api biru yang stabil. Tidak lupa Tecstar menyediakan penopang wajan untuk memudahkan urusan masak memasak.

Tampilan yang minimalis membuat kompor ini cocok digunakan untuk pribadi maupun rumah tangga. Akan tetapi, kompor ini meragukan untuk penggunaan jangka panjang.

13. Turbo GS 2077 (Rp279.000)

Turbo GS 2077

Berbeda dengan kompor gas merk lain yang hadir dengan tampilan warna itu-itu saja, Turbo hadir dengan varian warna cantik dan beragam.

Selain cantik, kompor gas 2 tungku ini terbuat dari material berkualitas tinggi. Tungku pada Turbo GS 2077 mampu menopang beban hingga 20 kg.

Permukaan kompor terdapat lapisan keramik anti karat.Bodi kompor ini dikonstruksi dengan kekuatan 3800 kall bagian kiri, dan 4200 kkal bagian kanan.

Ada pendukung pan jika ingin memasak menggunakan ceret kecil atau wajan. Agar tetap terlihat bersih, jangan malas mengelap permukaan setiap kali selesai memasak.

Turbo GS2077 memang mampu menyemburkan api besar, tapi belum dilengkapi dengan teknologi penghemat gas. Kompor gas 2 tungku paling  bagus dan cantik ini bisa didapat hanya dengan Rp279.000.

14. Winn Gas W-888 (Rp939.000)

Winn Gas W 888

Winn Gas W-888 hadir dengan tampilan elegan yang dapat memperindah tampilan dapur. Terbuat dari material stainless steel dan plat berlapis kaca memudahkan pengguna membersihkan noda sisa masakan.

Kompor gas 2 tungku ini dilengkapi dengan kenop dan pemantik otomatis. Selain itu, Winn Gas W-888 dilengkapi dengan burner kuningan sehingga lebih tahan lama.

Kompor gas ini terlihat mewah karena memiliki tatakan trivet enamel dengan lima penyangga. Meskipun demikian, Winn Gas W-888 termasuk dalam produk ekonomis.

Percaya atau tidak, Winn Gas W-888 super mewah ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari. Rp939.000 saja. Belum lagi perusahaan memberikan garansi resmi 1 tahun.

Winn Gas W-888 memang menawarkan banyak keunggulan, tapi produk ini masih belum sempurna. Salah satunya belum dilengkapi timer. Namun, selebihnya Winn Gas W-888 mampu memberikan kenyamanan memasak para ibu di rumah.

Daftar Harga Kompor Gas Terbaik 2 Tungku

Produk Kompor Gas Terbaik

Harga

Toko

Cosmos CGC-5268 CEB

Rp288.800

Shopee

Domo DH 3201 L/S

Rp950.000

Shopee

Electrolux EGG3422CK Built in Hob

Rp1.800.000

Tokopedia

Hock HP-201 ED Elegant Deluxe

Rp314.000

Tokopedia

Miyako KG 302C

Rp240.000

Shopee

Modena BH-0725

Rp1.826.000

Tokopedia

Progas PG169C

Rp254.000

Shopee

Quantum QGC 201 DEP

Rp398.000

Tokopedia

Rinnai RI-602 BGX

Rp439.000

Shopee

Sanken SG-336SS

Rp368.000

Tokopedia

Suggo SG-207 Infrared Kompor Gas

Rp699.000

Shopee

Tecstar TG-688 CSR

Rp170.000

Shopee

Turbo GS 2077

Rp279.000

Tokopedia

Winn Gas W-888

Rp939.000

Tokopedia

Kompor gas terbaik 2 tungku tersedia dalam berbagai merk, dan terbuat dari material berbeda-beda. Setiap produk memiliki fitur tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ingat, jika hendak membeli kompor gas, wajib melakukan tips yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia