Ide Bisnis Online Terbaik Anti Ribet yang Bisa Dijadikan Sumber Penghasilan!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 12 June 2021 ∙ 7 menit membaca

Memilih ide bisnis online di era pandemi seperti ini menjadi langkah yang tepat. Selain bisa menjadi penambah penghasilan, bisnis online juga bisa kamu buat sebagai sumber penghasilan utama. Sebelum kamu ingin beralih ke bisnis yang mengandalkan internet ini, ada baiknya kamu melihat tips menarik dan juga ide-ide yang Pinhome sajikan dalam ulasan artikel terlampir.

Pinhome – Zaman yang sudah berubah dengan teknologi yang kian meroket, membuat manusia di dalamnya harus pintar beradaptasi. Semua kendala akibat perubahan ini memang sulit dijalani untuk sebagian orang, tetapi dengan usaha dan kemauan yang keras pastinya akan ada titik terang di hasil akhir. Ide bisnis online pun kini kian beragam dengan pilihan yang dapat disesuaikan dengan minat maupun budget yang dimiliki.

Baca Juga:

Tips Menarik Cara Memulai Bisnis Online

ide bisnis online
(Unsplash)

Cara memulai bisnis online untuk pemula akan kami sajikan untuk Pins yang ingin mencoba dan beralih. Tidak perlu terlalu serius membacanya, kamu pasti bisa menghasilkan duit dari bisnis yang menjadi andalan anak milenial. Tips-tipsnya sebagai berikut:

  • Mulailah untuk mengubah mindset dalam pandangan sebuah pekerjaan. Maksudnya adalah dahulu kamu bisa mendapatkan secara rutin setiap bulan penghasilan, dengan beralih ke online, kamu harus mulai bisa beradaptasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penghasilan tidak secara rutin. Semua ini perlu proses dan pembelajaran, dan hasil akhirnya bisa seperti pekerjaan kantoran dan terkadang lebih.
  • Tentukan satu bisnis yang akan kamu jalani dan cobalah fokus terhadap satu bisnis tersebut. Lakukan penelitian kecil, lihat peluang, banyak membaca, riset pangsa pasar, analisis kompetitor dan contoh tips-tips dari orang sukses di bidang yang kamu pilih. Niat yang kuat akan berimbas pada hasil yang memuaskan lho!
  • Siapkan budget untuk memulai bisnis ini, walaupun ada beberapa bisnis online tanpa modal, tetapi kamu harus tetap memperhitungkan keuangan dan menyisihkan budget untuk bisnis baru mu.
  • Belajar untuk segala hal jenis promosi. Promosi menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam cara memulai bisnis online. Kamu bisa memulainya dengan modal maupun tanpa modal menggunakan teknik marketing pada sosial media. Mulai pasarkan produk dengan strategi yang tepat dan analisis setiap minggunya.
  • Terakhir, pertahankan segala hal baik dalam ide bisnis online mu dan belajarlah dari kesalahan-kesalahan yang sebelumnya telah kamu lakukan. Ingat belajar dari kesalahan itu baik! Bila sudah mulai ada pelanggan, pertahankan dan sebisa mungkin tetap menjadi admin yang baik dan ramah ya!

Baca Juga:

Macam- Macam Ide Bisnis Online

Untuk Pins yang tertarik menjajal bisnis online tanpa modal maupun dengan modal, kamu bisa melihat tips-tipsnya sebelum memulainya. Hal yang paling penting adalah jangan cepat menyerah dan yakin akan kemampuan diri sendiri.

Menjadi Podcaster

(Vakansi.co)

Apa Pins kini Pins mulai menyadari banyaknya podcaster di pasaran? Tidak hanya masyarakat biasa, artis pun kini mulai menjajal bisnis ini. Kamu bisa melihatnya dari Deddy Corbuzier, Tarra Budiman, Ditto Percussion, Raditya Dika dan masih banyak lagi. Ini membuktikan bahwa ide bisnis online satu ini menjanjikan. Ranah satu ini cocok sekali untuk kalian yang suka berbicara, membahas topik hangat lingkungan dan masih banyak lagi. 

Untuk memulai bisnis ini, diperlukan beberapa keperluan perekaman audio dan software editing, juga ide menarik yang sangat penting untuk membuat kamu berbeda dari podcaster lainnya. Dua cara mempublikasikannya adalah dengan membuat website sendiri ataupun bergabung di platform podcast.

Baca Juga:

Youtuber

ide bisnis online
(Unsplash)

Untuk bisnis online tanpa modal satu ini memang sudah terkenal. Youtuber menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan untuk anda yang senang menggeluti bidang content creator. Di dalam ranah ini, kamu bebas bereksplorasi sesuai dengan minat yang kamu sukai.

Usahakan untuk mempunyai ciri khas agar youtube kamu banyak dilihat orang dan juga banyak subscriber-nya. Semakin banyak yang melihat dan menekan tombol lonceng pada youtube, maka akan semakin banyak penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Menjual Produk Handmade

(Nativekeeps)

Menjual produk handmade selanjutnya, cocok dilakukan bagi Pins yang senang membuat sebuah karya hasil ide menarik sendiri. Mulai dari produksi sendiri tas contohnya, anyaman tangan, dekorasi aesthetic, barang-barang rumah tangga unik dan masih banyak lagi. Semua ide kreatif dapat Pins keluarkan dan coba jual di pasaran. Cobalah memulainya dari menjual kepada kerabat dekat dan minta testimoni sejujurnya. Ini akan memperbaiki hasil karya yang telah anda buat. Pilih testi terbaik dan terapkan pada produk yang akan anda pasarkan.

Baca Juga:

Social Media Admin

ide bisnis online
(Unsplash)

Semua bisnis, baik offline maupun online kini telah merambah ke promosi social media. Tidak heran kebutuhan akan admin sosial media semakin meningkat. Untuk beberapa orang yang tidak punya waktu untuk mengatur sosial media bisnis mereka, mereka bisa menyerahkannya kepada admin online. 

Kamu hanya cukup memasarkan jasa kamu lewat sosial media pula dengan portofolio online yang telah kamu buat. Kepercayaan dari kredibilitas Pins dapat dilihat dari adanya contoh nyata yang sebelumnya telah kamu kerjakan. Mulailah untuk membuat akun bisnis online sendiri sebagai contoh portofolio.

Kursus Online

(PPSDP)

Dengan adanya pandemi ini, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah formal dibatasi. Kini tidak ada lagi pembelajaran secara tatap muka langsung dengan murid yang cukup banyak dalam satu kelas. Baik negeri maupun swasta mengandalkan pembelajaran online untuk membantu pendidikan anak-anak. Ini menjadi kesempatan baik untuk membuka sebuah kursus online private. Untuk kamu yang sudah bersertifikasi pengajar pastinya akan jauh lebih mudah. 

Baca Juga:

Freelance Writer

ide bisnis online
(Glints)

Bagi kamu yang hobi menulis, kamu bisa menjajal bisnis online anti ribet yaitu menjadi penulis lepas atau biasa disebut dengan freelance writer. Selain membuat cerita atau buku sendiri, menjadi penulis lepas juga dapat kamu lakukan di rumah sambil menjaga buah hati ataupun bekerja kantoran. 

Untuk bisnis satu ini, usahakan kamu menjalin relasi dengan orang-orang yang membutuhkan jasa penulis lepas dan juga buat portofolio sebaik mungkin. Contoh tulisan anda sangat berarti untuk para pencari penulis lepas, maka dari itu kamu bisa memulainya dari menulis blog sendiri. Kamu memerlukan modal perangkat laptop dan jaringan internet yang baik.

Bisnis Kuliner

(Unsplash)

Bisnis online tanpa modal berlebih bisa kamu lakukan dengan mulai menjajal bisnis kuliner. Untuk kamu yang hobi masak, bisnis satu ini sangat cocok. Apalagi bila kamu senang dengan baking, kamu bisa mencoba belajar membuat kue ulang tahun maupun kue-kue yang menarik. Promosikan di sosial media semenarik mungkin, dan cobalah untuk membuat promo-promo. Hal tersebut akan menarik minat para pembeli. Hal yang paling penting adalah rasa, maka dari itu sebelum menjual ke pasaran, cobalah meminta testi dari keluarga dekat. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Dropship

ide bisnis online
(Idejualan)

Ingin sekali jualan online tapi tidak mempunyai produk? Kamu bisa mencoba bisnis online tanpa modal berlebih dengan menjadi dropshipper. Penghasilan menjadi dropship didapatkan dari selisih bayar yang dibayarkan pembeli yang kamu bayarkan kepada supplier. Semakin banyak kamu menjual barang, akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Sebagai dropshipper, kamu memerlukan perangkat smartphone yang dapat mengakomodir segala kebutuhan online. Tidak sulit bukan?

Menjadi Influencer

(Unsplash

Terakhir untuk kamu yang senang menjadi pusat perhatian, ataupun senang berbagi informasi mengenai produk fashion, kecantikan atau apapun, kamu dapat menjadi influencer. Kini pun sudah banyak beberapa platform yang menyediakan jasa pencari influencer untuk mempermudah kebutuhan mu menjadi influencer. Semua yang kamu tampilkan dalam sosial media usahakan untuk sesuai dengan aturan yang telah dibuat di awal ya antara kamu dan merek produk yang mempekerjakan kamu. Mulailah dari memperindah tampilan muka feed instagram kamu agar menarik dilihat. 

Apa kini sudah yakin untuk memulai bisnis online? Tips cara memulai bisnis online beserta ide-ide jenis bisnisnya di atas, semoga dapat membantu Pins dalam memulainya ya. Jangan cepat putus asa dan teruslah belajar!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia