Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • 13 Jenis Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Terjangkau

Finansial

13 Jenis Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Terjangkau

Ditulis oleh Iko ∙ 31 March 2021 ∙ 7 menit membaca

Harus mulai putar otak untuk mencari nafkah di tahun 2021? Pins bisa mengikuti beberapa ide peluang usaha rumahan di bawah ini yang pastinya memerlukan modal yang cukup terjangkau. Apa saja ya?

Pinhome – Masa pandemi yang tidak kunjung usai memberi dampak yang mendalam bagi perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Banyak dari para pegawai yang diberhentikan maupun pebisnis yang terpaksa menutup usahanya dikarenakan kerugian besar yang harus ditanggung. Akibatnya ada yang merintis usaha rumahan dari awal atau bahkan masih mencari peluang lain.

Hal-hal semacam ini memang bersifat force majeure dan tidak bisa dipastikan kehadirannya. Tetapi sebagai insan yang harus tetap hidup dan terus membiayai segala kebutuhan rumah tangga, Pins harus cepat putar otak untuk mencari pekerjaan baru atau mencoba beberapa peluang usaha baru. Salah satunya adalah menemukan beberapa peluang usaha rumahan yang dapat dirintis dari bawah. Apa saja? Simak yuk di bawah ini!

Hal-hal yang Harus dipersiapkan 

Sebelum Pins menentukan usaha rumahan apa yang akan Pins pilih, ada baiknya untuk merencanakan dengan matang terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menghindari adanya kerugian berlebih dari pekerjaan baru yang Pins lakukan. Kira-kira apa saja ya yang harus Pins persiapkan?

  • Menghitung modal yang diperlukan
  • Carilah usaha yang sesuai dengan apa yang Pins senangi
  • Pelajari administrasi dan cara promosi yang baik
  • Kenali persaingan di luar
  • Jangan takut gagal ataupun mudah menyerah
  • Tentukan target
  • Cari waktu yang tepat untuk memulainya

Bila semua sudah ada dan Pins sudah yakin, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba peluang usaha rumahan milik Pins. Siapa tahu akan lebih sukses dibanding pekerjaan sebelumnya.

Makanan Sehat

Usaha Rumahan
unsplash.com

Era pandemi yang menuntut Pins untuk menjaga kesehatan tubuh, membuat banyak orang memilih makanan yang bergizi dan juga baik untuk kesehatan. Ini adalah salah satu peluang usaha rumahan yang baik di masa pandemi. Pins dapat memulainya dengan membuat catering sehat ala rumahan dengan ragam menu yang bervariasi. 

Hal yang perlu Pins perhatikan dari berjualan makanan sehat adalah kualitas makanan dan kesegarannya yang dapat bertahan sampai makanan tersebut siap dikonsumsi. Bisnis masakan sehat dapat Pins lakukan dengan budget mulai dari Rp300.000. Selamat mencoba Pins!

Camilan Makanan Ringan

Usaha Rumahan
(Liputan 6)

Nah, camilan makanan ringan juga bisa Pins dijadikan ide usaha rumahan milik Pins dan pasangan yang dapat menambah pemasukan. Selain memerlukan modal yang terjangkau tidak lebih dari Rp300.000, bisnis camilan makanan ringan juga sedang trend baru-baru ini. Mengapa seperti itu? Dikarenakan mayoritas masyarakat berada di rumah karena pandemi, dan camilan menjadi teman sejati saat Pins mulai bosan. Benar tidak Pins? 

Pins bisa memulainya dengan riset kecil untuk mengetahui camilan apa yang sekarang sedang digemari. Selanjutnya Pins bisa menawarkan ke kerabat atau teman dekat terlebih dahulu dan minta feedbacknya. 

Suplemen Kesehatan

Usaha Rumahan
(Bola.com)

Selanjutnya ada suplemen kesehatan yang memang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Nah Pins, apa Pins juga baru berpikir bahwa kesehatan itu penting sekali? Dengan adanya pandemi ini, pasti Pins lebih refleksi diri akan pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan juga memilah makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan berjualan suplemen kesehatan yang bersertifikat BPOM dan memang sudah teruji, Pins akan dengan mudah memasarkannya. Selain itu, Pins pun juga dapat bergabung bersama ragam bisnis MLM yang sedang booming untuk menjual suplemen kesehatan. Dengan modal bergabung menjadi member saja, Pins sudah bisa berjualan. Apa Pins tertarik untuk mendalami bisnis seperti ini?

Peralatan Olahraga

Usaha Rumahan
(unsplash.com)

Lanjut ke usaha rumahan yang sedang trend baru-baru ini, yaitu peralatan olahraga. Selain suplemen kesehatan dan ragam makanan sehat, olahraga menjadi hobi baru dari masyarakat pada era pandemi. Mulai dari bersepeda, berlari sampai bermain golf menjadi hal yang tak terlupakan untuk dilakukan. Apa Pins juga salah satunya?

Dikarenakan banyaknya permintaan untuk penyediaan ragam peralatan olahraga, Pins bisa memulainya untuk menjadi reseller peralatan olahraga ataupun membuat brand sendiri. Modalnya mulai dari Rp500.000 – Rp2.000.000 tergantung cara yang Pins pilih. Peluang usaha yang menggiurkan ini memang layak untuk Pins coba. 

Mainan dan Pembelajaran Anak

(unsplash.com)

Semua sudah Pins lakukan demi mengisi kegiatan si kecil hari demi harinya di rumah. Tetapi anak Pins masih saja memegang gadget kesayangannya. Apa kegiatan ini tidak merugikan? Semua yang berlebihan itu tidak baik lho Pins! 

Nah, untuk membuat anak-anak betah di rumah dengan mainannya, Pins bisa memulai untuk membuat sekaligus menjual barang-barang terkait pembelajaran anak dengan cara kreatif. Seperti permainan sortir warna, sortir bentuk, atau pembelajaran berhitung dengan cara menyenangkan. Modalnya pun sangat terjangkau lho Pins! Hanya dengan Rp100.000 Ide-ide kreatif milik Pins tersebut dapat Pins jual di situs online. 

Produk Ramah Lingkungan

(Halosis Blog)

Ide usaha rumahan selanjutnya hadir dari produk ramah lingkungan. Produk ramah lingkungan yang memang sedang sering muncul di publik menjadi salah satu hal menarik yang dapat Pins jadikan sebuah bisnis. Dengan kepedulian para konsumen dengan lingkungan, Pins bisa menciptakan beberapa produk perumahan yang ramah dan menarik. Seperti contohnya dekorasi ruangan, fashion ataupun produk rumah tangga yang mengandung bahan alami. Modalnya bisa Pins sesuaikan dengan kantong milik Pins. Apa Pins masih ragu juga?

Personalized Gift

Usaha Rumahan

Unsplash.com

Peluang usaha seperti pembuatan hampers atau personalized gift juga sedang marak di pasaran. Banyaknya ragam hampers, menjadikan bisnis ini layak untuk Pins perhitungkan. Salah satu contohnya adalah membuat new normal kit ataupun hadiah kecil untuk orang terdekat. Modalnya cukup terjangkau, sesuai dengan barang-barang yang akan menjadi rangkaian dalam hampers tersebut.

Kursus Keterampilan

(Kursus Online)

Bagi Pins yang mengandalkan kemampuan atau skill yang dipunya. Pins bisa membuka jasa kursus keterampilan apapun. Seperti kelas menjahit, kelas bahasa inggris maupun kelas membaca bagi anak-anak. Kursus seperti ini sedang dibutuhkan dan menggunakan media online. Praktis sekali bukan? Apalagi modal yang diperlukan pun terjangkau. Selain hanya mengandalkan kemampuan, Pins bisa membayar salah satu iklan berbayar yang banyak tersedia di media sosial, range harganya mulai dari Rp50.000 – Rp500.000. Tergantung jenis dan jangka waktu pengiklanan. 

Packaging

Usaha Rumahan
(unsplash.com)

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah bisnis pembuatan packaging. Tingginya pemesanan produk secara online, menuntut para pebisnis untuk memberikan packaging terbaik untuk menjaga barang yang dijual. Hal ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis untuk Pins! Mulailah untuk mencari tempat pembuatan atau pabrik khusus, dari sana Pins akan mendapatkan banyak channel dengan modal yang disesuaikan.

Jasa Titip atau Jastip

Usaha Rumahan
(Detik Finance)

Setelah ragam jastip di tahun-tahun sebelumnya yang sangat menguntungkan. Kini ide usaha rumahan berbentuk jastip lebih beragam dan luas. Konsumen yang diharuskan tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan penting, dapat membuat bisnis jastip kian bermanfaat. Manfaatkan segala event yang ada untuk Pins membuka jasa satu ini. Untuk usaha rumahan satu ini, modalnya adalah networking dan kepercayaan.

Perawatan Sepatu

Usaha Rumahan
(unsplash.com)

Selanjutnya ada bisnis perawatan sepatu yang menguntungkan. Mulai dari pencucian sepatu, reparasi dapat Pins pelajari dan lakukan dari rumah. Hal terpenting yang Pins harus miliki adalah peralatan untuk mencuci dan reparasi dengan modal kurang lebih Rp.1.000.000, juga tempat untuk penyimpanan sepatu. Pins tertarik?

Sewa Perlengkapan Bayi

(HonestDocs)

Untuk Bisnis satu ini memang benar-benar menjanjikan. Bagaimana tidak, kebutuhan si kecil yang tergolong sangat banyak dapat dibantu dengan jasa penyewaan peralatan ini. Untuk memulai peluang usaha rumahan sewa perlengkapan bayi, Pins harus memiliki ruangan yang cukup luas untuk menata peralatan bayi yang akan Pins sewakan dan juga modal yang cukup untuk membeli beberapa barang terlebih dahulu yang pastinya akan ada yang menyewakan. Setelahnya Pins tinggal putarkan untuk membeli barang baru kembali.

Laundry

Usaha Rumahan
(unsplash.com)

Terakhir ada ide usaha rumahan yang pastinya melekat dengan kegiatan sehari-hari, yaitu mencuci baju. Peluang membuka usaha laundry dapat Pins jadikan alternatif untuk Pins yang mempunyai lahan khusus di rumah. Selain itu Pins harus mempunyai budget khusus ya untuk pembelian mesin cucinya. Harga mesin cuci dapat Pins lihat di pasaran mulai dari Rp3.000.000 – Rp5.000.000. Walaupun terkesan membutuhkan budget yang lebih mahal dibanding bisnis lainnya di atas, tetapi perputaran keuntungannya lebih cepat. 

Bagaimana Pins? Sudah siap untuk menjajal salah satu peluang usaha rumahan di atas? Semua ragamnya dapat memberikan keuntungan kepada Pins bila dijalankan dengan sepenuh hati. Ingat ya Pins! Semua hal perlu proses dan tidak ada yang instan. Jadi, harap bersabar dan tetap bersyukur dengan apa yang sudah Pins miliki.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel