Apa yang Diperlukan dalam Menciptakan Peluang Usaha di Era Digital?

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ March 4, 2022 ∙ 5 menit membaca

Membangun sebuah bisnis tidak bisa dilakukan dalam semalam. Ada banyak hal yang perlu dilakukan dan prosesnya pun bisa memakan waktu yang lama. Proses ini dilalui supaya usaha yang dirintis bisa berjalan dengan lancar dan tentunya terhindar dari kerugian yang besar.

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak peluang usaha yang bisa ditekuni. Ada berbagai bisnis yang bisa dibangun dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sebelum memutuskan untuk membuat bisnis, yuk, cari tahu tentang apa yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 12 Ide Bisnis Di Masa Pandemi Yang Menjanjikan Dan Untung Besar

Menciptakan Peluang Usaha di Era Digital

Ada banyak hal yang perlu kamu rancang dan perhatikan dalam membangun suatu usaha di era digital, mulai dari niat, riset pasar, mencari target konsumen dan lain sebagainya. Berikut ini detail lengkap yang harus kamu siapkan sebelum menciptakan peluang usaha di era digital.

Niat Membangun Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin merintis sebuah bisnis tentunya yaitu niat untuk membangun usaha. Tanpa adanya niat, Pins tidak akan memiliki semangat untuk melakukan berbagai hal terkait usaha tersebut. Misalnya saja, Pins ingin membuat brand pakaian, namun karena niatan awalnya kurang kuat, keinginan tersebut tidak terlaksana karena Pins enggan mencari penyuplai kain yang sesuai.

Saat seseorang memiliki niat dan keyakinan, ia akan lebih mudah untuk menggapai impiannya. Tidak hanya itu, dasar yang kuat akan membuat seseorang lebih siap ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, ketika usaha yang dibangun mengalami kendala atau bahkan tidak berhasil. Orang dengan niat yang kuat akan berusaha sekeras mungkin untuk memperbaiki usaha miliknya.

Baca juga: Inilah Cara Sukses Membangun Usaha Rumahan

Lakukan Riset Pasar

Setiap bisnis yang dibangun harus memiliki pasar atau konsumen yang dituju. Keberadaan pasar ini akan memudahkan setiap usaha untuk bisa mengembangkan produk yang sesuai. Selain itu, segmentasi konsumen juga akan membantu pengusaha untuk memilih kanal-kanal promosi yang tepat sehingga bisa menyasar pelanggan yang tepat.

Riset pasar penting dilakukan oleh sebuah usaha baik saat mulai membangun maupun ketika sudah berjalan. Riset ini akan membantu pelaku usaha untuk mengetahui tren, perubahan sikap, pesaing, dan hal-hal lain yang akan berpengaruh terhadap penjualan produk.

Baca juga: Fungsi Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

Ketahui Kebutuhan Konsumen

yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha

Langkah lainnya tentang apa yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha yaitu dengan mengerti kebutuhan calon konsumen. Seorang pengusaha yang benar-benar mengetahui keinginan dari calon pelanggannya akan bisa membuat produk inovatif yang dibutuhkan. Produk yang tepat akan secara otomatis menarik konsumen.

Sebagai contoh, di masa serba digital seperti sekarang ini, editing foto merupakan hal yang penting terutama bagi pengguna media sosial. Namun kenyataannya, tidak semua orang bisa melakukan edit foto yang baik. Pins bisa melihat ‘kebutuhan’ calon konsumen dan membuat usaha yang sesuai seperti jasa edit foto atau berjualan preset yang bisa langsung diterapkan ke foto-foto milik pelanggan.

Baca juga: 13 Jenis Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Terjangkau

Pakai Cara ATM: Amati, Tiru, Modifikasi

Metode amati, tiru, dan modifikasi merupakan cara lain yang bisa dilakukan ketika ingin membangun usaha. Melalui cara ini, Pins bisa mengamati bisnis lain yang telah berhasil lalu mengaplikasikannya ke usaha milik sendiri. Namun, perlu diingat bahwa ada modifikasi dalam metode ini yang berarti Pins jangan sampai menjiplak usaha milik orang lain.

Perubahan yang diterapkan dalam metode ini memungkinkan usaha milik Pins untuk terlihat berbeda sehingga bisa menarik minat konsumen. Salah satu contoh yang bisa dilakukan yaitu dengan meniru bisnis jual beli sayuran online. Usaha jenis ini sudah banyak bermunculan karena majunya teknologi. Pins bisa sedikit memodifikasi ide bisnis tersebut seperti menyediakan paket sayur siap masak sehingga memudahkan konsumen ketika memasak.

Baca juga: Apa Pengertian dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah?

yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha
(Pixabay)

Menjadi Sedikit Lebih Berbeda

Langkah lain yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha yaitu sesuai dengan cara sebelumnya yaitu menjadi sedikit lebih berbeda. Melalui cara ini, usaha milik Pins akan memiliki identitas atau ciri khas tersendiri yang tidak bisa konsumen temui di perusahaan milik kompetitor.

Memiliki ciri khas yang berbeda akan lebih menguntungkan daripada menjadi sedikit lebih baik. Ketika Pins memiliki bisnis yang sedikit lebih baik dari usaha kompetitor, pangsa pasar yang dituju akan tetap sama. Konsumen tidak akan melihat adanya keuntungan dari membeli produk di dua tempat berbeda ketika hal yang ditawarkan sama.

Baca juga: 12 Ide Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan dan Untung Besar

Memaksimalkan Teknologi yang Ada

Kemajuan teknologi semakin membuka lebar peluang-peluang usaha yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Keberadaan internet memungkinkan Pins untuk bisa menjalankan usaha berbasis teknologi seperti misalnya bimbingan belajar online. Sebelum adanya internet, bisnis ini hanya bisa dilakukan secara tatap muka, namun kini belajar bisa dilakukan melalui video call.

Selain itu, Pins juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang muncul karena kemajuan teknologi. Berbagai produk atau jasa yang ditawarkan oleh Pins bisa diiklankan melalui berbagai cara seperti media sosial, blogpost, atau menggunakan Google Ads. Cara ini memungkinkan Pins untuk bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Hal penting yang diperlukan dalam menciptakan usaha adalah konsistensi. Pins bisa menerapkan berbagai tips di atas untuk membangun bisnis di era digital namun jangan sampai melupakan pondasi terpenting yaitu niat dan konsisten. Kegigihan ini akan terbayar dengan suksesnya usaha yang dilakukan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Tersedia pembayaran melalui KPR, salah satunya melalui KPR Bank Muamalat. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia