Bagaimana Kualitas Air yang Dapat Digunakan untuk Menyiram Tanaman?

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 5 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, memiliki tanaman hias di rumah bisa menjadi media untuk menyegarkan pikiran dan mata. Tanaman pun akan menjadi pengikat polusi sehingga mampu memberikan kesejukan di sekitar rumah kamu. Apabila kamu memiliki tanaman di taman, aktivitas menyiram pun menjadi kegiatan penting. Pasalnya tanaman membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh. 

Pinhome – Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman? Apakah semua air bisa digunakan untuk menyiram tanaman termasuk air bekas mencuci beras, air bekas merebus mie instan dan air hasil cuci piring? Nah, ternyata tidak semua air bisa digunakan untuk menyiram tanaman ya. Ada beberapa variabel yang harus dipenuhi dalam menentukan air seperti apa yang bisa kamu gunakan untuk menyiram tanaman. Berikut ini adalah variabel untuk menentukan air yang berkualitas untuk menyiram tanaman. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Dan Cara Merawat Tanaman Bunga Adenium

Faktor yang menentukan kualitas air untuk menyiram tanaman

menyiram tanaman
(Komunita)

Seperti yang kamu telah ketahui, tanaman membutuhkan air. Namun, tidak semua air bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Berikut ini beberapa informasi mengenai faktor yang menentukan kualitas air untuk tanaman.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Dengan Benar Bagi Pemula

Cek Tingkat pH air

Pastikan air yang digunakan untuk menyiram tanaman mempunyai pH normal atau netral. Tingkat pH normal biasanya ada di rentang 6,5 – 8. Kamu bisa menggunakan air PDAM atau air sumur untuk menyiram tanaman. Hindari menggunakan air yang sifatnya asam seperti air bekas mencuci piring atau baju. Air tersebut mengandung asam sehingga malah akan merusak tanaman dan menyebabkan tanaman mati. 

Suhu air yang digunakan untuk menyiram tanaman

Sama seperti manusia, ketika mengonsumsi air dengan suhu yang terlalu panas akan melukai indera pengecap. Apabila minum air yang terlalu dingin bisa menyebabkan pusing dan demam. Begitu pula tanaman. Hindari penggunaan air panas atau air es untuk menyiram tanaman kamu. Pastikan suhu tanaman sudah netral dan berada pada suhu ruang. 

Kandungan mineral yang cukup

Sebenarnya kamu tidak perlu sampai menganalisis kandungan mineral air di laboratorium agar bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Kamu hanya cukup memastikan air yang kamu gunakan tidak berbau asam, tidak kuning, dan netral. Air yang berbau dan berwarna kuning bisa jadi sudah terkontaminasi oleh suatu zat kimia. Jangankan tanaman, manusia pun akan mengalami gangguan jika mengonsumsi air yang terkontaminasi zat kimia berbahaya. Kamu bisa menggunakan air PDAM atau air sumur di rumahmu untuk hal ini. 

Lalu, mengapa harus memperhatikan kualitas air untuk menyiram tanaman?

menyiram tanaman
(Grid Kid)

Pada dasarnya air untuk menyiram tanaman berfungsi sebagai minuman yang memberikan nutrisi pada tanaman. Seperti manusia yang perlu mengonsumsi air untuk hidup. Tanaman pun harus mendapatkan air agar tidak layu. Di bawah ini telah tersedia beberapa alasan mengapa harus memperhatikan kualitas air untuk menyiram tanaman.

Tanaman memerlukan air untuk tumbuh dan hidup

Tanaman memerlukan air untuk proses fotosintesis. Hasil dari proses fotosintesis ini akan membentuk makanan untuk tumbuhan. Maka dari itu kegiatan menyiram tanaman menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan. 

Tidak semua tanaman bisa hidup di tanah kering

Walaupun ada tanaman yang bisa bertahan di tempat gersang seperti kaktus, namun ada juga tanaman yang harus mendapatkan air dalam jumlah banyak. Ketahanan tumbuhan terhadap tanah kering atau tandus berbeda-beda. Jadi kamu harus memahami dulu karakter tanaman yang kamu tanam di halaman ya Pins. Jika ternyata tumbuhan tersebut adalah tumbuhan tropis yang memerlukan air dengan intensitas sering, pastikan pastikan kamu menyiram tanaman lebih sering pula.

Tidak semua tanaman mampu menyimpan kelebihan air

Hal yang harus kamu catat adalah tidak semua tanaman dapat menyimpan kelebihan air. Tanaman di area tropis memiliki cara adaptasi yang berbeda dengan tanaman yang tumbuh di area kering atau gurun pasir. Oleh karena itu kamu harus rutin menyiram tumbuhan di taman agar mampu melakukan fotosintesis dan tetap hidup. 

Resistensi tanaman pada air berbeda-beda 

Menggunakan air dengan kualitas yang baik juga akan menguntungkan tanaman. Sebab, tidak semua tanaman resisten terhadap kondisi air yang berbeda. Mungkin ada tanaman yang bisa tumbuh jika terkena air hujan. Namun di beberapa kondisi, tidak semua tanaman bisa terkena air hujan apabila air hujan mengandung asam yang berlebih.

Sebelum melakukan proses menyiram tanaman, ada baiknya kamu juga mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Misalnya adalah air, alat penyiram tanaman, selang, dan juga gayung. Menyiram dengan selang air tentu akan mempermudah aktivitas kamu, namun tekanan air dari selang bisa merusak tumbuhan yang sensitif. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa menggunakan gayung atau alat penyiram tanaman sebagai pengganti selang.

menyiram tanaman
(Aura)

Menyiram tanaman tentu mempunyai peran khusus bagi pertumbuhan tumbuhan. Selain untuk mendukung proses fotosintesis, menyiram juga akan membuat tanah jadi basah dan menyegarkan tanah yang tandus. Tanah yang lembab dan cukup air akan menjadi media yang pas bagi tumbuhan untuk berkembang. Jadi jangan sampai lupa untuk selalu rutin menyiram tanaman ya Pins! 

Pastikan kamu memperhatikan kualitas air yang digunakan, karena tidak semua air bisa digunakan untuk menyiram tumbuhan.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Kombinasi Warna Cat Kusen Pintu dan Jendela yang Menawan!

Kombinasi warna cat kusen pintu dan jendela bisa menjadi komponen penting untuk mempercantik tampil

Kantor
Kantor Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya

Kantor
Kantor Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ketika memasuki lobby kantor maka selalu ada meja resepsionis. Meja ini biasa dituju untuk mendapat

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ini Dia Cara Mudah Bikin Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Setiap tahunnya, penggunaan smartphone, terutama Android, terus mengalami peningkatan. Bagaimana ti

Teknik Sipil
Teknik Sipil Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Membeli rumah saat ini terbilang cukup sulit karena harganya yang sudah melambung tinggi. Apalagi,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia