BlogPemilik PropertiTake Over KPRTitip Jual Sewa RumahGadai AJB Rumah Tanpa Survey, Legal Kah? Pahami Supaya Tidak Salah!
0
0

Gadai AJB Rumah Tanpa Survey, Legal Kah? Pahami Supaya Tidak Salah!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Okt 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
gadai ajb rumah tanpa surveytop-right-banner

Apakah kamu berencana untuk melakukan gadai AJB rumah tanpa survey? Tunggu dulu! Pastikan kamu pahami proses melakukan gadai AJB ya. Tujuannya agar kamu tidak salah kaprah dan tidak salah ambil keputusan. 

Namun, sebelum kamu mengetahui mengenai apakah gadai AJB rumah tanpa survey legal atau tidak, kamu bisa cek estimasi harga rumah dulu di sini. Selain itu kamu juga bisa cek cara pengajuan KPR. Semua informasi tersebut tersedia di website Pinhome ya Pins! 

Apabila kamu sedang cari rumah di Bogor, mencari rumah di Jakarta Timur, rumah di Paradise Serpong City dan Bali Resort Tangerang bisa juga cari di Pinhome

Cara Gadai AJB Perorangan

gadai ajb rumah tanpa survey
Source : Detik.com

Tahukah kamu rumah sebagai properti untuk dihuni juga berfungsi sebagai investasi. Arti investasi di sini maksudnya adalah rumah bisa dijual atau digadaikan. Umumnya ketika menggadaikan rumah bisa ditukar dengan uang tunai. 

Baca juga: 6 Contoh Surat Gadai Tanah Lengkap dengan Cara Membuatnya!

Alasan atau motif dari menggadaikan rumah tentunya bermacam-macam, ada yang butuh untuk uang sekolah anak, keperluan berobat dan sebagainya. 

Berikut ini adalah cara gadai AJB perorangan yang bisa kamu ketahui. Mari simak penjelasannya berikut! 

Menggadaikan AJB atau sertifikat rumah bisa dilakukan di bank atau melalui pegadaian. Pihak bank dan pegadaian pada dasarnya tidak. Merujuk pada ketentuan untuk menggadaikan tanah perorangan atau tanah produktif, berikut ini beberapa cara dan langkah-langkahnya.

gadai ajb rumah tanpa survey
Source : Finansialku

Jaminan merupakan tanah produktif seperti tanah pertanian, perkebunan, dan peternakan,

  • Tanah produktif tersebut tidak berada pada area atau struktur tanah yang sulit dijangkau misalnya tanah berbukit, tanah di atas gunung atau tepi jurang dan sebagainya. 
  • Status tanah tersebut tidak bermasalah atau mengalami sengketa dengan pihak lain.
  • Status tanah free, dalam arti sedang tidak menjadi jaminan pinjaman dengan pihak mana pun.
  • Lokasi tanah berada di dekat area tinggal nasabah atau masih berada dalam satu wilayah yang sama walaupun tidak berdekatan.

Baca juga: Catat! Cara Mudah Gadai AJB Rumah di Pegadaian atau Bank

Kemudian untuk jaminan berupa tanah dan bangunan tempat tinggal atau usaha bisa dengan memenuhi persyaratan berikut. 

  • Mempunyai IMB untuk pinjaman lebih dari Rp50 juta.
  • Bukti bayar PBB tahun terakhir.
  • Lebar jalan di depan rumah bisa dilalui dan dimasuki oleh kendaraan minimal roda dua. 
  • Jarak dari Sutet listrik minimal 20 meter.
  • Bukan termasuk area banjir di dalam 2-3 tahun terakhir. 
  • Bukan jalur hijau. 
  • Tidak dalam tanah sengketa hukum. 
  • Lokasi tanah boleh berbeda dengan tempat tinggal nasabah. 

Langkah Gadai AJB Rumah Tanpa Survey

gadai ajb rumah tanpa survey
Source : iProperty

Selanjutnya adalah apakah gadai AJB rumah tanpa survey bisa dan boleh? Sebenarnya ada dilemma untuk menjawab apakah gadai AJB rumah tanpa survey itu boleh atau tidak. Pasalnya ada banyak hal yang harus diperhatikan. 

Ada baiknya jika ingin gadai rumah ada proses survey yang dilakukan oleh pihak bank atau pegadaian. Ini akan berkaitan dengan Pastikan kamu memahami hal tersebut ya Pins. Yuk cek informasi selengkapnya berikut ini! 

1. Pilih Lembaga Peminjam Dana yang Kredibel

Apabila keputusan kamu adalah untuk memilih dan melakukan gadai AJB rumah tanpa survey, maka kamu harus memilih lembaga peminjam dana yang kredibel. Artinya pastikan lembaga tersebut bukan abal-abal ya Pins. Opsi pertama pastinya kamu bisa memilih bank atau pegadaian. Hindari menggadaikan rumah ke pihak individu, atau perusahaan yang mengaku kredibel. Bank dan pegadaian biasanya sudah berpengalaman untuk mengurus kegiatan gadai rumah dan tentunya mereka juga punya kapasitas untuk melakukan hal tersebut. 

Baca juga: Cermati 3 Jenis Tabel Cicilan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian 

2. Cek Nama di Sertifikat

Kemudian cek nama di sertifikat. Nama sertifikat AJB atau sertifikat rumah harus sama dengan nama yang mengajukan ke bank. Pasalnya bank akan meragukan pengajuan kamu dan tidak akan memberikan pinjaman apabila nama sertifikat berbeda dengan nama kamu Pins. Jika ada perbedaan nama identitas tentunya bank akan mengira kamu membawa sertifikat milik orang lain. 

3. Gunakan SHM

gadai ajb rumah tanpa survey
Source : Universal BPR

Apabila kamu ingin proses pengajuan gadai AJB kamu diterima pastikan kamu menggunakan SHM. Mengapa demikian? Pasalnya pihak bank akan lebih menyukai SHM ketimbang SHGB. Alasannya karena SHM sudah menandakan bahwa properti atau tanah tersebut sudah milik nasabah. Sementara HGB biasanya masih harus diperpanjang dan bank kurang minat untuk memberikan pinjaman. 

4. Hitung Cicilan

Kemudian pastikan juga kamu mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan ketika mengajukan pinjaman. Pasalnya jika tidak mempunyai pegangan atau kemampuan bayar cicilan, disarankan jangan coba-coba menggadaikan sertifikat rumah ya Pins. Bisa-bisa rumah malah disita jika tidak mampu melunasi pembayaran cicilan gadai untuk menebus sertifikat.

Baca juga: Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian dan Bank

5. Siapkan Dokumen Pendukung

Selanjutnya pastikan kamu juga mempersiapkan sertifikat pendukung seperti KTP, KK, slip gaji dan lain sebagainya sebagai syarat administrasi untuk mengajukan gadai AJB rumah tanpa survey.

Pins, itu saja informasi mengenai gadai AJB rumah tanpa survey. Selebihnya pastikan kamu melakukan konsultasi ke ahli properti atau pihak bank agar penjelasannya lebih akurat dan kamu bisa bertanya sesuai kebutuhan kamu. 

Apabila kamu masih bingung, cobalah baca informasi mengenai gadai rumah atau sertifikat rumah sebanyak-banyaknya agar kamu tidak kekurangan informasi. Kamu juga bisa berkonsultasi ke rekan yang pernah menggadaikan rumah atau konsultan properti di Pinhome. Semangat ya Pins! Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu. 

Baca juga:

Sumber Featured Image: Kompas


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download