BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Membuat Taman Rumah Sederhana
0
0

10 Contoh Membuat Taman Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 8, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
taman rumah sederhanatop-right-banner

Taman menjadi elemen penting dari sebuah rumah karena bisa mempercantik dan membuat hunian terasa nyaman dan lebih adem. Membuat taman pun tidak begitu sulit karena ada kumpulan desain taman rumah sederhana yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Membuat taman sederhana untuk hunian sendiri setidaknya bisa memilih aksen-aksen yang serasi dengan desain hunian. Bila bingung harus mulai dari mana, Pins bisa melihat beberapa tips di bawah ini, yuk!

Kamu dapat mencari rumah yang memberikan kesan unik serta nyaman di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu juga bisa loh membangun rumah yang memiliki taman rumah sederhana, coba manfaatkan KPR rumah dalam pembangunannya!

Baca Juga:

Membuat Taman Rumah Sederhana

Salah satu manfaat taman rumah dapat dijadikan sebagai area resapan air hujan sehingga dapat masuk kedalam tanah. Ini bisa menjadi upaya penyelamatan atau pencegahan agar rumah terbebas dari banjir.

Bukan hanya untuk rumahmu, manfaat taman rumah bisa menjadi upaya pencegahan banjir di kawasanmu. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kamu sudah menerapkan konsep green building.

Bahkan, taman dan kolam ikan dapat dijadikan sebagai penyuplai udara bersih kedalam rumahmu. Seperti yang Pins ketahui bahwa tanaman mampu memproduksi oksigen pada siang hari.

Kehadiran taman juga bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk melepaskan penat. Pins bisa rileks dengan melihat berbagai tanaman penambah estetika yang indah dan memanjakan mata. Berikut ini beberapa contoh membuat taman rumah sederhana:

1. Taman Vertikal

Gaya Taman Vertikal Succulent
Source : Pinterest

Taman vertikal merupakan salah satu solusi untuk hunian masa kini yang tidak memiliki lahan yang cukup luas. Pasalnya, tanaman yang ditanam pada taman ini ditata secara vertikal. Penataan tanaman ini dapat ditempatkan pada dinding tembok pagar maupun dengan membuat rak khusus untuk tempat tanaman.

Kamu dapat menambahkan variasi dengan menata tanaman dengan cara digantung. Tentu saja Pins harus memilih karakter tanaman yang sesuai untuk tanaman gantung maupun tanaman dalam rak tersebut. Dengan model ini kamu tidak akan menghabiskan lahan untuk media tanam.

Baca juga: Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga dengan Praktis

2. Taman Kaktus dan Sukulen

Source : iStock

Taman ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan perhatian dalam merawat tanaman. Tanaman kaktus dan sukulen dikenal dengan daya tahan yang tinggi dan kebutuhan air yang rendah, sehingga menjadikannya pilihan yang sempurna untuk taman sederhana.

Dengan berbagai bentuk, tekstur, dan warna daun yang menarik, taman ini memberikan tampilan yang eksotis dan modern. Selain itu, tanaman kaktus dan sukulen juga menghadirkan nuansa alam gurun yang unik dan menambahkan keindahan yang menawan pada rumah kamu.

Dengan perawatan yang minimal, taman kaktus dan sukulen menjadi solusi praktis dan menarik untuk menciptakan taman dalam ruangan atau halaman rumah yang sederhana.

3. Taman Kering

Source : Pinterest

Pemilihan taman kering dirasa praktis, karena dapat menambah kesegaran dalam rumah dengan berbagai jenis tanaman, tetapi tetap rapi.

Taman ini tak banyak menggunakan rumput seperti taman pada umumnya karena sebagian diganti dengan elemen batu. Hal ini dilakukakn karena kebanyakan taman kering berada di dalam rumah yang mana paparan sinar matahari pun terbatas. Alhasil, rumput bukanlah menjadi pilihan yang tepat.

Namun perlu diperhatikan pula sistem drainase taman kering ini. Meski tidak begitu membutuhan sinar matahari, paparan sinar ini tetap perlu diperhatikan karena menjadi kebutuhan utama tanaman.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

4. Taman Dapur

Source : iStock

Taman Dapur adalah jenis taman sederhana yang dirancang khusus untuk menanam tanaman herbal dan sayuran yang dapat kamu panen untuk keperluan masak. Dalam taman ini, kamu dapat menanam berbagai tanaman seperti basil, mint, rosemary, dan tomat kecil.

Selain memberikan keindahan visual, Taman Dapur juga memberikan manfaat praktis dengan menyediakan bahan segar dan organik untuk memasak di rumah. kamu dapat dengan mudah mengambil sejumput mint segar untuk teh atau memanen beberapa daun basil untuk menyempurnakan hidangan kamu.

Taman Dapur ini memungkinkan kamu untuk memiliki akses langsung ke tanaman segar dan memperkaya pengalaman kuliner kamu.

5. Taman Mediterania

Source : Houzz

Taman mediterania merupakan salah satu desain taman rumah sederhana dan minimalis yang paling banyak diminati. Pasalnya, taman ini menawarkan desain simetris dengan penggunaan penyangga pada pot yang menjadi ciri khasnya.

Kebanyakan taman mediterania ini juga memanfaatkan kolam ikan sebagai elemen pemanis pada taman. Penggunaan lampu taman dapat ditambahkan. Selain berfngsi sebagai pencahayaan pada malam hari, lampu dirasa menambah kesan tersendiri pada taman.

6. Taman Bonsai

Source : iStock

Taman bonsai dapat menghadirkan keindahan dan keunikan dalam skala yang lebih kecil.

Tanaman bonsai terkenal karena bentuknya yang artistik dan tumbuh dengan rapi, sehingga menciptakan tampilan yang elegan dan indah. Kamu dapat menemukan berbagai jenis tanaman bonsai, seperti juniper, maple, atau pohon prem bonsai.

Dengan perhatian dan kesabaran, kamu dapat menciptakan taman sederhana yang mengagumkan dengan tanaman bonsai yang menarik perhatian dan mencerminkan keindahan alam dalam skala kecil.

7. Taman Bergaya Eropa

Source : IOL

Jika punya lahan yang luas dan masih tetap ingin memakai konsep taman hunian yang sederhana, kamu bisa mencoba desain taman bergaya Eropa.

Konsep taman ini identik dengan pemilihan tanaman yang berbunga dan berwarna warni. Pins juga bisa menambahkan berbagai ornamen bergaya Eropa, seperti kolam air mancur dengan patung sebagai pendukung desain.

8. Taman Sensori

Source : iStock

Taman sensori adalah jenis taman sederhana yang dirancang untuk merangsang indra dengan menggunakan berbagai tanaman dan elemen. Dalam taman ini, kamu dapat menemukan tanaman dengan berbagai tekstur, warna, dan aroma yang berbeda, seperti bunga dengan kelopak lembut, daun berbulu, atau tanaman dengan aroma yang harum.

Ketika kamu menjelajahi taman ini, sentuhan lembut tanaman, pandangan warna-warni, dan aroma yang menyejukkan akan memberikan pengalaman sensorik yang memanjakan indera kamu. Taman Sensori ini juga dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan membantu mengurangi stres sekaligus meningkatkan koneksi kamu dengan alam.

9. Zen Garden

Source : IdeiClub

Membuat hunian menjadi tempat meditasi juga bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan konsep taman zen garden.

Desain taman semi outdoor ini bisa Pins letakan di tengah ruang keluarga. Layaknya sebuah akuarium, kamu akan melihat taman yang dihiasi bebatuan di dalam kaca dengan bagian atas dibuat terbuka.

Ciri khas taman Jepang ini menggunakan pasir bergelombang, batu dan kerikil. Buatlah desain sederhana dengan jenis tumbuhan yang memang biasa ada pada taman zen. Pilihannya seperti tanaman bonsai, rumpun bambu, ataupun azalea. Kamu dapat merasakan ketenangan dalam ruang kaca yang menarik.

10. Taman Aromaterapi

Source : iStock

Taman Aromaterapi adalah jenis taman sederhana yang didesain khusus untuk menghadirkan aroma yang menyegarkan. Tanaman-tanaman aromatik seperti lavender, mint, atau rosemary ditanam dalam taman ini.

Saat kamu berjalan di sekitar taman, aroma wangi dari tanaman-tanaman tersebut akan merangsang indera penciuman kamu dan memberikan efek relaksasi yang menyenangkan. Taman Aromaterapi ini tidak hanya indah secara visual, tetapi juga memiliki manfaat aromaterapi yang dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Nah, itu tadi beberapa contoh membuat taman rumah sederhana yang cantik dan menarik. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: OldFarmShores


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download