Pinhome

Properti

Tips Membuat Desain Taman Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 5 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Kali ini mari membahas mengenai desain taman rumah sederhana. Taman merupakan salah satu bagian yang cukup penting dan tentunya sayang sekali bila terlewatkan oleh para pemilik rumah. Di kota-kota besar, memiliki sebuah taman rumah adalah sesuatu yang sangat berharga. Sebab, area terbuka dengan beragam tanaman sulit untuk ditemukan.

Pins sebaiknya membuat desain taman rumah sederhana sendiri. Dengan mendesainnya sendiri pasti hasilnya akan serasi dengan desain rumah. Misalnya, rumah desain minimalis bisa mempunyai taman dengan aksen-aksen yang serasi dengan desain minimalis. Yuk mulai mendesain sendiri taman sederhana di depan rumah!

Baca Juga: Tips Membuat Desain Rumah Dengan Taman Minimalis

Tips Mendesain Taman Rumah Sederhana

Simaklah di bawah ini beberapa tips mendesain taman rumah sederhana:

Tentukan Letak Taman yang Akan Dibangun

sumber: Garden Style

Sebelum membuat taman, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah pastikan terlebih dahulu tata letak taman. Di mana sekiranya lahan yang cocok dimanfaatkan sebagai taman? Jika tidak mempunyai lahan yang luas, Pins harus pintar memanafatkan lahan yang ada. Pins bisa memanfaatkan sedikit lahan yang berada di depan rumah ataupun lahan belakang rumah.

Jika ingin mempunyai taman rumah sederhana di bagian depan rumah yang tidak terlalu luas. Buatlah taman kecil berbentuk kotak atau persegi panjang. Isi dengan tanah, lalu Pins bisa langsung menata taman dengan berbagai taman yang diinginkan.

Pilih Elemen yang Akan Diaplikasikan Pada Taman

sumber: Pinterest

Setelah menentukan tata letak taman, selanjutnya adalah menentukan perlengkapan dan barang apa saja yang akan digunakan untuk memperindah taman sederhana. Pins bisa menambahkan beberapa tanaman seperti rumput hijau, pot bunga serta berbagai jenis tanaman. Lalu, hal yang tak boleh dilewatkan adalah bebatuan kecil. Batu-batu kecil membuat taman rumah menjadi lebih menarik dan indah.

Cara Merawat Taman Rumah Sederhana

Berikut beberapa cara merawat taman rumah sederhana agar tetap indah dan asri:

Menyiram Secara Rutin

taman rumah sederhana
sumber: BukaReview

Menyiram tanaman atau bunga pada taman sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari. Menyiramnya secara rutin berguna untuk menyeimbangkan tanaman supaya tetap segar, tidak layu serta tidak mudah mati.

Memberikan Obat Pembasmi Hama

sumber: Medium

Tujuan dari memberikan obat pembasmi hama adalah untuk menjaga kebersihan tanaman. Hal ini tentunya juga untuk menghindari munculnya serangan hama yang merugikan pada tanaman. Pins bisa menggunakan obat pestisida atau obat pembasmi hama natural lainnya.

Rutin Memotong Ranting dan Daun

sumber: 8Villages

Jika ada ranting dan daun yang sudah tua sebaiknya segera potong sebab akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Selain itu, memotong rutin ranting dan daun juga berguna untuk tanaman agar terihat lebih fresh dan cantik.

Memberikan Pupuk

sumber: Batu Kita

Memberikan pupuk berfungsi agar tanaman tumbuh dengan subur. Sebaiknya tambahkan pupuk yang terbuat dari kotoran hewan, karena pupuk kotoran memiliki nutrisi yang bagus bagi tanaman. Pemberian pupuk bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali.

Komponen Penting Desain Taman Rumah

Desain taman rumah yang indah juga merupakan tempat alternatif untuk melepas letih dan jenuh di dalam rumah. Sentuhan udara segar dari kesejukan alami yang ditawarkan oleh suasana taman menjadi pilihan keindahan tersendiri. Tak hanya akan membuat nyaman dan betah mengobrol berlama-lama, taman-taman yang rimbun dan nyaman malahan menjadi tempat alternatif untuk Anda beristirahat. Desain taman rumah yang indah akan sangat berguna pada kondisi cuaca yang panas, karena menawarkan alternatif kesejukan suasana, atau pada sore hari.

Nah, ada beberapa komponen penting yang perlu ada di dalam desain taman rumahmu, yaitu sebagai berikut:

  • Pohon yang agak rindang dibanding dengan tanaman hias atau bunga-bungaan lainnya. Pohon rindang bertujuan untuk menyejukkan kondisi saat cuaca panas. Sementara bunga, rumput-rumput peliharaan serta tanaman hias lainnya bertujuan untuk menambah keindahan estetika taman saja.
  • Komponen lain yang perlu ada dalam desain taman rumah adalah meja dan kursi. Meja dan kursi juga bisa Anda ganti dengan ayunan jika memang taman tersebut hanya Anda dan orang-orang tertentu saja yang mengunjungi.
  • Air seperti air mancur atau kolam juga dibutuhkan untuk memperkuat suasana natural desain taman rumah. Bisa juga ditambahkan dengan ikan-ikan kecil atau tanaman air lainnya, pastikan juga kondisinya terawat.

Demikian itulah artikel seputar desain taman sederhana yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi!

Baca Juga: Tips dan Trik Menata Taman Depan Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel