BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Rumah Bentuk L
0
0

8 Inspirasi Desain Rumah Bentuk L

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Rumah Bentuk Ltop-right-banner

Ilmu tentang desain bangunan bukan sesuatu yang statis, melainkan terus berkembang. Perkembangan itu mengikuti sejumlah faktor, salah satunya luas lahan. Desain rumah bentuk L atau L-shaped house merupakan salah satu bukti berkembangnya desain bangunan. 

Biasanya, rumah dengan bentuk L dibangun di atas lahan yang cukup luas. Dengan bentuknya yang menyerupai huruf L, maka rumah ini seakan memiliki dua fasad, yaitu bagian depan dan samping. Berikut beberapa desain rumah letter L yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

Kamu yang tertarik dengan desain ini bisa saja mendapatkannya pada rumah eksklusif dari Pinhome. Kamu yang ingin beli rumah di BSD atau rumah bekas di Kab Bandung bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harganya. 

Baca juga: Fasad Rumah Minimalis dan Cara Menentukan Desain yang Tepat

Desain Rumah Bentuk L

Desain Rumah Bentuk L
Source : Freepik

Rumah letter L menawarkan bentuk yang unik menyerupai huruf L. Tentu saja ukuran rumah akan menjadi lebih besar ketimbang desain rumah biasa. Selain akses masuk bisa dari dua arah, rumah letter L menawarkan opsi penggunaan ruang yang lebih beragam. 

Misalnya, pada bagian utama kamu fungsikan sebagai ruang tamu, ruang tengah, dapur, dan ruang makan. Sementara area rumah bagian samping difungsikan sebagai ruang keluarga untuk bersantai dengan taman dan kolam renang di depannya. 

Memang idealnya rumah dengan desain ini dibangun di atas tanah yang luas. Namun kamu tetap bisa memiliki rumah letter L meskipun tanah yang dimiliki tidak cukup luas, yaitu dengan menggunakan konsep desain minimalis. Berikut beberapa inspirasi desain yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Rumah Industrial

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Model rumah dengan desain industrial juga bisa diterapkan untuk L-shape house. Dengan desain ini, rumah akan tampak sederhana namun aesthetic. Pastikan menggunakan material besi, aksen kayu yang dominan, hingga bagian dinding dari bata atau semen ekspos tanpa finishing berupa cat.

2. Rumah Hijau

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Konsep desain ramah lingkungan banyak diminati dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini terjadi seiring dengan semakin buruknya krisis iklim yang mendorong banyak pihak untuk berpindah menjadi lebih hijau dan ramah lingkungan. 

Kamu juga bisa membuat rumah bentuk L yang ramah lingkungan. Pastikan rumah ramah lingkungan itu memiliki banyak ruang untuk tanaman hijau, termasuk bagian atap yang bisa “disulap” menjadi taman. 

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Fasad Rumah Industrial

3. Rumah Bergaya Scandinavian

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Gaya desain interior Scandinavian semakin populer dalam dunia properti, tidak hanya karena estetika yang menawan, tetapi juga potensi peningkatan estimasi nilai properti. Selain itu, rumah bergaya Scandinavian juga menarik dengan dinding kaca pada bagian depan yang mencuri perhatian.

Kamu juga bisa membuat rumah bergaya Scandinavian dengan bentuk L. Rumah ini akan menampilkan kesan minimalis dengan penggunaan warna netral sehingga menciptakan lingkungan hidup yang nyaman.

4. Rumah 1 Setengah Lantai

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Rumah dengan lantai bertingkat bisa menjadi opsi untuk anggota keluarga penghuni rumah yang banyak. Namun jika jumlah penghuni tidak sebanyak itu, kamu bisa beralih kepada rumah lantai 1 setengah

Jangan khawatir, konsep L-shape house juga bisa diterapkan pada rumah dengan lantai 1 setengah. Kamu bisa membuat lantai atas pada bagian utama rumah, yang bisa difungsikan sebagai kamar di loteng.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

5. Rumah Beraksen Kayu

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Berikutnya adalah rumah bentuk L dengan aksen kayu yang dominan. Desain rumah ini menawarkan kesan klasik namun juga cantik yang memadukan antara aksen kayu dengan dinding berwarna putih. 

Rumah pada gambar bahkan menawarkan akses masuk yang lebih dari dua, yaitu pada bagian depan, samping, dan sisi L-nya. Sementara di bagian luar bisa digunakan sebagai area bersantai dengan taman dan gazebo.

6. Rumah Minimalis

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Idealnya rumah bentuk L dibangun di atas lahan yang cukup luas. Namun bentuk rumah ini juga bisa diterapkan pada lahan yang relatif sempit. Kamu bisa memilih model rumah minimalis dengan bentuk L. 

Fasad rumah minimalis berbentuk L memang tidak seluas pada rumah-rumah di atas. Bagian samping hanya seluas ruangan berukuran sedang, yang bisa difungsikan sebagai kamar utama atau ruang keluarga yang menyambung dengan dapur dan ruang makan. 

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah dengan Autocad

7. Rumah dengan Pendopo

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Jika kamu termasuk orang penting atau memiliki jabatan di daerah sekitar, kamu bisa mempertimbangkan rumah bentuk L yang satu ini. Rumah bagian depan bukan sebagai pintu masuk, melainkan sebagai pendopo minimalis.

Pendopo minimalis pada rumah ini akan sangat berguna. Kamu bisa memfungsikannya sebagai ruang menerima tamu, ruang pertemuan, hingga ruang untuk acara-acara tertentu. 

8. Rumah Bentuk L dengan Teras

Rumah Bentuk L
Source : Pinterest

Jika konsep desain sebelumnya menjadikan bagian depan sebagai pendopo, desain yang satu ini menjadikan sisi samping rumah bentuk L sebagai teras. Artinya, tidak ada ruang tambahan pada bagian samping, melainkan teras terbuka yang multifungsi. 

Itulah beberapa inspirasi desain rumah bentuk L atau L-shape house yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Houzz


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download