BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Ruang Kantor Masa Depan yang Menakjubkan
0
0

5 Desain Ruang Kantor Masa Depan yang Menakjubkan

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Ruang Kantor Masa Depantop-right-banner

Pandemi COVID-19 mengubah sistem bekerja kebanyakan perusahaan. Salah satunya budaya bekerja dari rumah (WFH) hingga remote working yang memungkinkan karyawan bekerja dari mana saja. Hal ini tentu akan mengubah desain ruang kantor masa depan. 

Desain ruang kantor di masa depan tentu akan berubah. Selain karena semakin berkembangnya teknologi, perubahan itu juga dipengaruhi oleh budaya bekerja itu sendiri. Semakin banyak perusahaan menerapkan WFH atau remote working, tentu desain ruang kantor juga akan mengalami penyesuaian. 

Sebelum lanjut, kamu yang ingin beli rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain bisa langsung membuka laman Pinhome. Harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu cek di fitur PinValue untuk mengetahui estimasinya. 

Baca juga : 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor

Desain Ruang Kantor Masa Depan

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Beberapa tahun terakhir sangat berdampak bagi cara bekerja di banyak perusahaan di dunia. Memang, kantor masih menjadi fitur inti dalam dunia kerja, namun perannya akan terus berkembang. Saat ini, dunia kerja mempunyai tuntutan baru, sehingga fungsi, tata letak, dan desain kantor juga akan berubah. 

Perubahan itu membuat desain kantor tidak hanya mengacu pada elemen fungsional dan dekoratif saja. Ruang kantor kini dituntut untuk mempertimbangkan aspek keseimbangan hidup, termasuk kesejahteraan, kesehatan, hingga kolaborasi antar divisi. 

Berikut ini adalah beberapa gambaran desain ruang kantor masa depan berdasarkan laporan dari (Y)OUR SPACE, yang dilansir dari laman Knight Frank. Dalam laporan itu, ada beberapa tema desain yang akan mendominasi di masa depan, yaitu kesehatan dan keselamatan, kolaborasi, kesejahteraan karyawan, menata ulang ruang, hingga citra perusahaan

1. Ruangan yang Sehat dan Aman

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Penyediaan ruang kerja yang aman dan terjamin adalah hal yang terpenting. Hal ini mungkin merupakan upaya bersama antara pemilik/operator bangunan dan penghuninya, terutama pasca pandemi COVID-19. 

Faktanya, menurut penelitian dari laporan (Y)OUR SPACE, hanya 14% pekerja yang disurvei percaya bahwa merekalah yang bertanggung jawab untuk membuat tempat kerja mereka di masa depan lebih aman.

Sementara 86% sisanya, terdapat serangkaian harapan, meliputi pembersihan gedung yang lebih teratur, meminimalisir kontak fisik, dan peningkatan pemeliharaan sistem pendingin udara (AC).

Dari aspirasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ruang kantor di masa depan harus memiliki sistem sirkulasi udara yang memadai hingga ruangan yang berbeda di setiap kelompok divisi untuk menghindari kontak fisik.

Baca juga : Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

2. Ruang Kolaborasi

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Setelah pandemi, tujuan kantor memang mengalami perubahan. Banyak perusahaan bahkan tidak mewajibkan karyawan untuk ke kantor setiap hari. Namun demikian, ruang kantor tetap dibutuhkan, terutama untuk menunjang kolaborasi antar tim. 

Menurut laporan yang ada, sebanyak 55% responden survei menuntut peningkatan proporsi ruang kolaboratif. Ruang ini akan sangat berguna untuk kolaborasi, tukar pikiran, hingga bersosialisasi sesama rekan kerja.

Dengan begitu, maka desain ruang kantor masa depan harus dilengkapi dengan fasilitas konferensi digital berkualitas tinggi, adanya ruang istirahat untuk karyawan, ruang informal untuk sekadar melepas penat, hingga ruang pribadi untuk beberapa posisi tertentu. 

3. Mengutamakan Kesejahteraan Karyawan

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Mengingat banyaknya tantangan yang akan dialami karyawan, kesejahteraan fisik dan kesehatan mental menjadi prioritas utama dalam banyak agenda bisnis perusahaan. Dalam laporan (Y)OUR SPACE, kesejahteraan karyawan menempati peringkat ketiga isu strategis tertinggi. 

Total responden yang menyinggung kesejahteraan karyawan ini mencapai 37 persen, atau dua tingkat dalam peringkat tersebut setelah menduduki peringkat kelima dalam survei sebelumnya pada tahun 2018.

Dengan tuntutan ini, maka desain kantor di masa depan harus lebih hijau dengan tanaman, memiliki pencahayaan alami, fasilitas untuk menyegarkan diri, area informal untuk karyawan bersosialisasi, hingga ruang untuk kegiatan yang menunjang kesehatan karyawan. 

Baca juga : 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

4. Menata Ulang Ruang Kantor

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Pasca-pandemi, banyak bisnis akan mencari cara yang lebih efisien dalam memanfaatkan ruang kantor, baik dengan berpindah ke ruangan yang lebih kecil dan mengurangi ukuran luasnya. Dalam hal ini fluiditas adalah kuncinya.

Menurut laporan (Y)OUR SPACE, sebanyak 54% responden survei mengantisipasi perluasan sistem hot desking dan berbagi meja. Mereka beranggapan, hal itu membuat hubungan dengan kantor menjadi lebih lancar, dan ruang menjadi lebih kolaboratif. 

Selain itu, sebanyak 36% responden percaya bahwa mereka akan mengurangi kepadatan pekerjaan di portofolio kantor mereka. Sehingga lebih sedikit karyawan yang harus bekerja di deretan meja.

Dengan pertimbangan ini, ruang kantor di masa depan harus memiliki lebih banyak ruang bagi karyawan untuk bergerak bebas. Perlu juga adanya meja berdiri untuk karyawan tambahan, hingga ruang untuk menerima telepon bagi karyawan.

5. Menunjang Citra Perusahaan

Desain Ruang Kantor Masa Depan
Source : Pixabay

Sebanyak 90% bisnis global yang disurvei sebagai bagian dari laporan (Y)OUR SPACE percaya bahwa ruang kantor adalah perangkat strategis bagi perusahaan mereka. Bahkan kantor dianggap sebagai penunjang citra perusahaan di industri masing-masing.

Pada dasarnya, ruang berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik (baik di dalam maupun di luar) mendukung identitas perusahaan dan memberikan citra yang cukup baik di mata klien atau bahkan pesaing.

Dengan pertimbangan ini, ruang kantor masa depan perlu dilengkapi ruang resepsionis dengan logo dan nama perusahaan yang jelas. Selain itu, warna cat yang disesuaikan dengan identitas perusahaan, hingga ruangan untuk menyimpan pencapaian perusahaan di industri terkait. 

Itulah beberapa prediksi tentang desain ruang kantor masa depan. Apakah kantor Pins sudah ada yang menerapkannya?

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download