Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah
Mar 16, 2024
6 menit membaca
Daftar Isi
Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan menghabiskan waktunya berjam-jam dalam ruang kerjanya. Keputusan terkait desain kantornya harus memenuhi kebutuhan dan kapasitas pegawai. Kantor juga perlu mempertimbangkan estetika karena tak jarang ada tamu yang datang. Simak artikel ini untuk mengetahui pilihan tata ruang kantor beserta plus minus untuk setiap jenisnya!
Kamu dapat menemukan rumah mewah dan modern yang siap huni di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain di link tersebut, kamu juga dapat menemukan rumah mewan dan modern terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.
Baca juga: Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya
Tata ruang kantor merupakan rencana menata ruangan dalam sebuah kantor. Rencana tataan ini meliputi bentuk, lokasi, perabotan dan furniture yang digunakan. Kamu juga akan menata penempatan meja kantor dan perlengkapan lainnya.
Ketika kantor kamu telah memiliki tata ruang yang tepat, maka hal ini akan memberikan peningkatan produktivitas kerja para karyawan, mendorong kreativitas karyawan, dan meningkatkan citra kantor bagi klien yang berkunjung.
Berikut ini beberapa ragam tata ruang kantor dan plus minusnya:
Tata ruang kerja ini memiliki sekat antar karyawan sehingga masing-masing memiliki biliknya sendiri. Ada dua bentuk yang tersedia dalam jenis cubicle yakni tertutup sepenuhnya maupun tertutup sebagian.
Ruangan tertutup sepenuhnya sering dipakai untuk ruang meeting/ rapat. Sementara yang tertutup separuh badan biasa dipakai sebagai ruang kerja karyawan.
Keunggulannya:
Kelemahannya:
Baca juga : 7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada Di Dapur Kantor
Tata ruang terbuka seperti ini sering ditemui pada kantor startup. Dalam penataan area kerjanya tidak memiliki pembatasan. Tujuannya mempermudah komunikasi antar karyawan serta meningkatkan solidaritas.
Kreativitas dibangun melalui diskusi secara langsung pada meja kerja. Ruangan terasa lebih lega dan luas. Selain itu memakai jendela besar sehingga pencahayaan alami mudah masuk ke ruangan.
Ornamen transparan dan berbau alam mudah ditemukan disini. Misalnya penggunaan lantai batuan alam hingga hiasan dinding berupa cermin. Pertimbangkan adanya loker kunci guna menyimpan informasi sensitif seperti data gaji.
Keunggulan:
Kelemahan:
Bila kapasitas karyawan sedikit dengan ruangan kerja yang luas maka bisa mencoba desain close space. Perbedaannya dari tata ruang cubicle adalah adanya pintu untuk setiap ruangan.
Walaupun cubicle bersekat namun tidak benar-benar tertutup karena ada bagian yang tidak tertutup bilik. Berbeda dengan tata ruang tertutup ini benar-benar memiliki sekat setiap sisinya.
Ketinggian sekat ada yang setara tinggi badan hingga menyentuh langit-langit ruangan tersebut.
Keunggulan:
Kelemahan:
Baca juga: Tips Memilih Coworking Space yang Tepat
Tata ruang kerja ini menggabungkan antara konsep terbuka dan tertutup. Interior ruangan seperti ini cenderung semi terbuka karena ada bagian yang dibuat lebih privasi dan sebagiannya dirancang open space.
Ruangan tertutup hanya untuk karyawan tertentu khususnya yang memiliki jabatan dan tanggung jawab tinggi. Ruangan tertutup dibutuhkan untuk menjaga kerahasiaan pembicaraan atau proses diskusi tertentu.
Keunggulan:
Kelemahan:
Konsep kantor ini termasuk unik karena memiliki ornamen dekorasi dan karya seni. Kebanyakan digunakan oleh perusahaan kreatif maupun agensi yang mengedepankan estetik.
Dalam tata letaknya juga melibatkan konsep alami. Tak heran bila tempat kerjanya didominasi tanaman dan pencahayaan alami.
Keunggulan:
Kelemahan:
Baca juga : 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding
Lalu selanjutnya ada jenis coworking office layout yang mengakomodir kebutuhan bisnis. Konsep tata letaknya sering dijadikan peluang usaha untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki tempat kerja.
Pihak ketiga selaku pemilik bangunan melengkapi kantor sewaan ini dengan aksesoris trendi. Ruangan bisa digunakan untuk lebih dari satu perusahaan.
Keunggulan:
Kelemahan:
Konsep tata ruang kantor berikutnya adalah menyatu dengan hunian atau disebut juga dengan SOHO. Sebutan SOHO merupakan singkatan dari Small Office Home Office, yang memiliki arti kantor yang didesain di hunian bergaya mezzanine. Ruang atas digunakan sebagai tempat tinggal, lalu ruang bawha digunakan sebagai tempat bekerja.
Keunggulan:
Kelemahan:
Konsep tata ruang kantor yang terakhir adalah bermodel kreatif. Sesuai dengan namanya tata ruang ini mengutamakan kreativitas di dalam interiornya. Hal ini bertujuan agar memajukan kreativitas para karyawan dan agar tidak merasa seperti sedang bekerja secara formal.
Seperti menambahkan arena bermain bersama, arena olahraga, dan kolam ikan.
Keunggulan:
Kelemahan:
Tata ruang kantor disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Setiap tata ruang ada keunggulan dan kelemahannya masing-masing baik dari biaya hingga efisiensi kerja. Semoga bermanfaat!
Baca juga:
Feature Source Image: IdeiClub
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
© www.pinhome.id