BlogPemilik PropertiDesain HunianRagam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya
0
0

Ragam Jenis Meja Kantor & Kegunaannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 8, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
meja kantortop-right-banner

Setiap perusahaan tentu membutuhkan meja kantor untuk meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Ternyata jenis meja kantor ada banyak sekali dan memiliki fungsi yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

Model meja disesuaikan dengan kapasitas penggunanya. Semakin banyak penggunanya maka akan semakin panjang meja tersebut. Berikut beberapa meja yang ada di kantor secara umum:

Jenis Meja Kantor dan Penggunaannya yang Tepat

Sama seperti kursi kantor, memilih meja kantor bukan hanya tentang kenyamanan, karena setiap meja memiliki kegunaannya masing-masing. Berikut beberapa jenis meja kantor dan penggunannya yang tepat.

1. Meja Bersekat

Source : Unsplash

Meja bersekat sangat umum ditemukan di perkantoran masa kini. Adanya sekat ini menjaga privasi karyawan satu dengan lainnya. Apalagi saat pandemi seperti sekarang adanya sekat akan membantu mencegah penyebaran virus.

Jenis mejanya beragam ada yang memakai kolong kosong maupun dilengkapi dengan banyak laci. Ukuran dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

Misalnya saja untuk karyawan yang bekerja di bidang administrasi membutuhkan banyak laci untuk menyimpan dokumen. Setiap meja dilengkapi lampu duduk sendiri agar meningkatkan penerangan ketika gelap.

Ukuran meja kantor yang ideal untuk karyawan di Indonesia adalah memiliki tinggi sekitar 72.5-75 cm. Ketebalan table top minimal 2.5 cm dan permukaannya rata serta memakai particle board atau MDF.

Dilengkapi pula dengan kursi beroda agar mempermudah mobilitas. Tinggi kursi berkisar 40-50 cm yakni lebih rendah dari lekuk lutut sampai kaki.

Baca juga :

2. Meja Resepsionis

Source : Pexels

Selanjutnya ada meja resepsionis yang sering Pins temukan pada area lobi kantor. Umumnya berbentuk meja panjang yang berguna pula sebagai pembatas dinding.  Tingginya sekitar 72-76 cm yang menutupi sebagian tubuh pegawai ketika berdiri.

Sementara lebarnya bervariasi, ada yang berkisar 122-150 cm. Panjang meja resepsionis bisa mencapai 2 meter tergantung luas ruangan yang tersedia. Bahan mejanya ada yang terbuat dari batuan alam, kayu bahkan plastik.

Mejanya tidak memiliki banyak laci hanya saja bagian permukannya datar tanpa sekat. Tujuannya agar tamu kantor bisa menulis sambil berdiri atau menunggu informasi yang dibutuhkan dari desk ini dengan nyaman.

3. Meja Rapat

Source : pexels

Meja rapat sering kali berbentuk oval atau persegi panjang. Tujuannya agar mampu menampung banyak kursi karena digunakan oleh banyak orang. Meja ini tidak memiliki laci sama sekali dan bagian bawahnya berupa kolong kosong. Ada banyak desain meja rapat untuk milenial yang bisa kamu jadikan referensi untuk kantor kamu.

Satu meja rapat minimal diisi 4-5 orang sekaligus dengan panjang minimal 100-140 cm. Satu orang akan memiliki space berkisar 60-70 cm sehingga tidak terlalu berdempetan ketika dalam posisi duduk. 

Meja rapat dengan kapasitas 8-12 orang minimal panjangnya 2-4 meter. Meja dengan bahan kayu jati paling cocok karena ketahanannya dalam durasi jangka panjang. Material tahan akan air, kuat bahkan anti rayap.

Meja oval menimbulkan suasana yang informal dan lebih hangat. Sedangkan meja persegi panjang terkesan kaku namun lebih berwibawa. Pilih meja yang sudah satu paket dengan kursinya dan menyediakan colokan.

Baca juga : 10 Contoh Meja Kayu Minimalis untuk Ruang Tamu

4. Meja Podium

Source : Aliexpress

Selanjutnya ada meja podium yang biasa digunakan pada aula. Meja ini berfungsi sebagai tempat pembicara menyampaikan pidatonya. Mejanya tidak dilengkapi dengan kursi dan umumnya ada tempat untuk microphone.

Meja dapat terbuat dari bahan kaca, kayu ataupun metal. Bentuknya melebar pada bagian atas dan menyempit ke bagian bawah. Tinggi meja ini ¼ bagian kurang dari pundak.

Bagian dada keatas akan nampak namun untuk menutupi kaki pembicara secara keseluruhan. Mejanya dapat dibuat sedikit miring yakni membentuk sudut 15-20 derajat ataupun datar.

5. Meja Kubikel

Source : Lazada

Meja kubikel memiliki privasi lebih tinggi daripada meja sekat staff biasa. Hanya ada satu area saja yang tidak disekat sebagai jalan keluar pemilik area kerja tersebut. Mejanya berbentuk L dan dilengkapi dengan laci susun.

Bila meja sekat hanya memberikan pembatas di sisi depan namun meja kubikel meletakan sekatnya pada sisi kanan dan kirinya. Karyawan di meja sebelahnya akan sulit melihat aktivitas rekan kerja.

Ketika pada posisi duduk, sekat ini bahkan menutupi hampir keseluruhan badan karyawan. Sekatnya juga tidak tembus pandang dan umumnya memakai bahan multiplek+HPL.

6. Meja Komputer

Source : Unsplash

Meja komputer yang nyaman adalah model lipat. Lebarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi tidak hanya bisa meletakan monitor saja melainkan mouse, keyboard, speaker bahkan printer. Cocok sekali dipasangkan dengan kursi kantor tanpa roda.

Model meja komputer standar memiliki empat kaki sebagai penompang. Ada pula meja komputer yang berbentuk huruf U jika peralatannya lumayan banyak. Model ini memiliki permukaan meja di bagian sisi kanan, kiri dan depan.

Meja model U mampu menampung dua komputer sekaligus namun membutuhkan ruangan yang luas. Ada pula meja komputer sudut yang bagian bawahnya mempunyai tempat penyimpanan tersendiri.

Meja memiliki penompang kaki di bagian bawah. Tinggi permukaan meja akan sejajar dengan lengan. Dengan begitu Pins bisa nyaman berlama-lama di depan komputer.

Baca juga : Rekomendasi & Tips Membuat Ukuran Meja Dapur Ideal

7. Meja Eksekutif

Source : Pexels

Meja eksekutif terlihat dari modelnya yang paling berbeda dengan jenis meja lainnya. Modelnya lebih futuristik begitu pula kursi yang dipilihnya. Desain meja terlihat kokoh dan megah yang melambangkan penggunanya memiliki jabatan tinggi.

Ruangan eksekutif tergolong luas sehingga mempunyai tempat penyimpanan tersendiri. Oleh karenanya meja eksekutif tidak membutuhkan banyak laci. Biasanya hanya tersedia di salah satu sisinya dengan 3-4 laci saja.

Meja kantor mempunyai banyak model yang disesuaikan dengan siapa penggunanya. Ada meja yang memiliki penompang kaki maupun tidak mempunyai laci penyimpanan.

Baca juga: 8 Model Kursi Sofa Aesthetic yang Cozy

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download