BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Referensi Desain Parkir Motor Minimalis yang Keren
0
0

7 Referensi Desain Parkir Motor Minimalis yang Keren

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Parkir Motor Minimalistop-right-banner

Garasi untuk menyimpan kendaraan merupakan salah satu ruang yang harus ada di rumah kamu, Pins. Bahkan jika hanya punya motor, kamu tetap harus punya garasi dan jangan sampai memarkir motor di ruang tamu. Berikut beberapa desain parkir motor minimalis yang keren untuk rumahmu. 

Bukan hanya melindungi kendaraan dari pencuri saja, garasi juga bisa dapat melindungi motor kesayangan dari berbagai cuaca. Untuk membuat desain garasi minimalis tidaklah sulit, kamu bisa melakukannya dengan cara memanfaatkan beberapa ruang yang tersisa di rumah.

Beberapa desain parkir motor minimalis berikut bisa diterapkan pada rumah di BSD seperti Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Sementara di Pinhome, kamu bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: 10 Desain Garasi Bawah Tanah Yang Tidak Pengap

Desain Parkir Motor Minimalis

Desain Parkir Motor Minimalis
Source : Pixabay

Motor merupakan jenis kendaraan roda dua yang kini merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Pasalnya, motor bisa membuat aktivitas lebih mudah untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan lebih cepat. 

Meski ukurannya kecil, motor tetap perlu ruang khusus untuk menyimpannya di rumah atau yang disebut dengan garasi. Memarkir motor di salah satu ruangan di rumah seperti ruang tamu tentu merupakan tindakan yang tidak direkomendasikan. 

Pasalnya, ruang tamu tidak didesain untuk tempat menyimpan kendaraan. Selain itu, motor juga bisa merusak lantai ruang tamu. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk memiliki garasi khusus motor di rumah, terlebih jika punya lebih dari satu motor. 

Berikut adalah beberapa inspirasi desain parkir motor minimalis yang bisa diterapkan di rumah.

1. Garasi Pintu Kaca

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Jika kamu punya lahan yang cukup luas di pekarangan rumah, maka kamu bisa mempertimbangkan desain garasi yang satu ini. Desain ini cocok ditempatkan di samping atau di area taman rumah dengan sliding door kaca sehingga bisa terlihat dari luar. 

Kamu bisa menyesuaikan ukurang ruangan dengan motor yang kamu punya. Desain parkir motor ini cocok jika seluruh anggota keluarga mempunyai motor masing-masing. Pastikan area rumah tertutup gerbang yang aman sehingga mencegah orang jahat masuk dan membawa kabur motormu. 

2. Garasi dan Ruang Santai

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Desain garasi yang satu ini masih terpisah dengan area rumah. Namun garasi motor ini bergabung dengan ruang santai atau ruang baca. Dengan begitu, kamu bisa menambah sofa dan meja kecil yang nyaman dengan motor kesayangan yang terparkir di dalamnya. 

Baca juga: 11 Model Garasi Mobil Terpisah dari Rumah Paling Modern

3. Garasi Terhubung dengan Rumah

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Model garasi motor yang satu ini jauh lebih aman dibanding garasi di luar rumah. Pasalnya, kamu bisa dengan mudah mengakses area garasi karena salah satu sisinya terhubung dengan rumah. Kamu bisa membuat pintu kaca sebagai pembatas antara ruangan di dalam rumah dengan garasi. 

Namun begitu, kamu tetap perlu mempertimbangkan sisi ruangan mana yang terhubung dengan garasi. Sebaiknya jangan jadikan area ruang tamu yang terhubung dengan garasi karena akan membuat tamu yang berkunjung tidak nyaman ketika ada yang berlalu-lalang. 

4. Garasi Kayu

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Kamu yang suka dengan gaya klasik dan alami dengan aksen kayu perlu mempertimbangkan desain garasi ini. Model ini seperti rumah kayu di samping rumah, namun diperuntukkan sebagai garasi atau tempat untuk memarkir motor kesayangan. 

Desain seperti ini bisa menambah nilai estetika rumah mengingat aksen kayu bisa menghadirkan kesan klasik namun elegan. Namun kamu perlu mempertimbangkan karakter kayu yang mudah terbakar, sehingga pengawasan area parkir harus optimal.

5. Garasi Menyambung dengan Taman

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Tempat parkir motor yang ini langsung terhubung dengan area taman di rumah di depan rumah. Desain garasi ini layaknya rumah kayu seperti pada contoh sebelumnya, namun sisi bagian dalamnya dibiarkan terbuka yang juga menjadi akses untuk ke area taman. 

Baca juga: Begini Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

6. Garasi Industrial

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri.

Konsep desain industrial ini juga bisa kamu terapkan sebagai desain parkir motor minimalis di rumah. Buat area garasi motor layaknya bangunan pabrik, sehingga kamu tidak perlu melakukan finishing untuk dinding maupun atapnya. 

7. Garasi Motor dan Mobil

Desain Parkir Motor
Source : Pinterest

Adakalanya kamu memiliki kendaraan motor dan mobil sekaligus, sehingga kamu perlu membuat garasi yang lebih luas yang bisa menampung seluruh kendaraan yang kamu miliki. Untuk itu, kamu perlu satu ruangan di samping rumah dengan rolling door yang memudahkan dalam memarkir kendaraan, termasuk motor. 

Itulah beberapa desain parkir motor minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah. Ukuran masing-masing garasi tentunya harus disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia dan kendaraan yang kamu miliki. 

Selain itu, dalam membuat garasi motor, kamu juga perlu memperhatikan sisi keamanan. Terlebih jika garasi berada area yang terpisah dari rumah, sehingga pengawasan sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Dalam hal pengawasan ini, kamu bisa memasang CCTV di area parkir motor. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Puri Tenjo dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download