BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah10 Desain dan Alasan Kenapa Perlu Balkon Apartemen 
0
0

10 Desain dan Alasan Kenapa Perlu Balkon Apartemen 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak banyak balkon apartemen ditemukan di Indonesia. Padahal ketersediaan balkon di luar negeri sudah seperti kewajiban bagi pihak pengembang untuk menyediakannya. Desainnya juga menarik dan multifungsi seperti yang ada dalam ulasan ini!

Melalui aplikasi Pinhome, kamu dapat menemukan apartemen di berbagai daerah di Indonesia dan melakukan Pengajuan KPR. Melalui fitur pencariannya tersedia pula rumah bekas di Kota Bogor seperti Green Paradise City maupun rumah dijual di Jagakarsa yang atau properti yang dekat dengan Sekolah Bina Bangsa Ciledug dan lainnya.

Ragam Desain dan Alasan Perlu Balkon Apartemen

Balkon memiliki banyak fungsi seperti memperluas ruangan. Selain itu bangunan terlihat lebih cantik dengan adanya area ini. Banyak keuntungan dengan memiliki balkon apartemen diantaranya adalah sebagai berikut dengan ragam desain menarik:

1. Balkon Apartemen Sekaligus Taman

Source : Wikimedia Commons

Hunian vertikal memang tidak memiliki ukuran yang luas. Kecuali unit penthouse yang menghabiskan satu lantai paling atas gedung apartemen. Keterbatasan unit apartemen dapat diakali dengan dibangunnya balkon.

Balkon bisa Pins fungsikan sebagai area hijau. Tanaman yang ditanam dapat pula disusun secara vertikal. Beberapa tanaman yang cocok untuk Pins tanam di area balkon adalah kuping gajah, kaktus, chinese money, hingga tanaman rambat.

Tanaman rambat memiliki pertumbuhan yang lambat. Daunnya suka menjalar dan menambah estetika balkon. Tanaman diatas juga suka sekali dengan cahaya matahari sehingga pas ditempatkan di balkon.

Tanaman bisa diletakan di dinding balkon maupun bagian railing. Perawatannya tinggal disirami agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman terpenuhi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Apartemen Murah di Jakarta, Lengkap dengan Harga!

2. Balkon Apartemen Pagar Besi

Area balkon walau mungil dapat menjadi spot hangout favorit. Pins dapat meletakan sofa bed atau kursi lipat disini. Kursi dan meja lipat praktis karena ketika tidak dipakai bisa langsung Pins lipat.

Bobotnya ringan dan membantu perawatan balkon karena hemat tempat. Gunakan balkon sebagai area relaksasi pribadi. Pins bisa membaca buku maupun bermalas-malasan disini.

3. Balkon Apartemen Sebagai Tempat Menjemur

Source : Pexels

Manfaat lainnya dari balkon selain sebagai tempat bersantai adalah lokasi menjemur yang efektif. Sinar matahari langsung mengenai balkon sehingga cocok sebagai tempat menjemur pakaian.

Ketika menjemur sebaiknya gunakan hanger atau penjepit pakaian. Balkon berada di ketinggian tertentu mudah diterpa angin kencang. Pins bisa mencegah pakaian jatuh dengan cara di atas.

Tempat ini dapat Pins gunakan untuk berolahraga. Setiap pagi saat cuaca sedang cerah gelar tikar untuk yoga atau hanya menjemur badan disini.

4. Balkon Apartemen Batu Alam

Source : Pexels

Adanya balkon mempermudah Pins dalam mengecek cuaca di luar ruangan. Sebelum bepergian ada baiknya mempersiapkan segala hal termasuk mengecek kondisi cuaca.

Balkon mempermudah mengecek kondisi di luar apartemen tanpa harus turun memakai lift. Pins bisa pula mengecek keadaan lalu lintas dari unit apartemen. Batuan alam pada dindingnya menambah estetika esterior apartemen di tengah kota.

Dari balkon Pins juga dapat mengetahui hal-hal yang ada di luar apartemen. Jika ingin meningkatkan privasi area ini pasang gorden waterproof agar tahan terhadap berbagai cuaca.

5. Balkon Apartemen View Perbukitan

Source : Freepik

Tak bisa dipungkiri bahwa balkon menjadi lokasi tepat untuk menikmati pemandangan. Khususnya unit pada ketinggian tertentu memperlihatkan suasana kota yang sibuk.

Ketika pagi hari Pins dapat menikmati hangatnya sinar matahari. Sementara saat malam tiba Pins bisa melihat pemandangan langit dari sini dengan jelasnya. Tak jarang balkon juga menjadi lokasi untuk barbeque.

Acara bakar-bakar bersama teman secara outdoor tak perlu Pins adakan di rooftop. Dari balkon Pins bisa menikmati udara segar dan matahari terbenam bersama orang tersayang.

Baca juga: Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

6. Balkon Apartemen Minimalis

Source : Freepik

Beberapa apartemen memang mengizinkan penghuninya membawa hewan peliharaan. Manfaat balkon adalah mampu memberikan udara segar bagi hewan kesayanganmu.

Hewan peliharaan tidak mudah stres dan merasa pengap walau tinggal di apartemen. Waktu paling bahagia bagi hewan sendiri ialah menghabiskan waktu di luar ruangan.

Jika Pins tidak punya banyak waktu bisa membawa kucing maupun anjing peliharaan ke balkon. Dari sini hewan peliharaan akan merasa bebas dan mengurangi kecemasan maupun stres yang mendera. Desainnya minimalis hanya tersedia kursi rotan dilengkapi karpet mini dengan meja bulat kecil.

7. Balkon Apartemen dan Tempat Bermain Anak

Source : Pexels

Selain hewan peliharaan nyatanya, balkon juga berfungsi sebagai area bermain buah hati. Dari balkon anak akan mengeksplor dunia luar dari tempat yang dianggapnya paling aman.

Bersantai di balkon akan mengembangkan imajinasi sikecil. Ia juga bisa melakukan kegiatan fisik disini dengan pengawasan Pins tentunya.

8. Balkon Apartemen Mewah

Source : Marketcentersaratoga

Balkon mampu menjadi penanda unit apartemenmu dengan unit lainnya. Dengan menambahkan dekorasi tertentu maka perbedaannya akan terlihat jelas.

Seperti halnya dengan apartemen mewah ini yang menggunakan lantai keramik lebar, dinding dan langit-langit yang tinggi. Balkonnya semakin mewah karena menggunakan sofa dengan sentuhan lembut dari selimut.

9. Balkon Lesehan

Source : Minto

Menurut property service menyatakan bahwa apartemen dengan balkon mampu meningkatkan nilai hunian tersebut. Begitu pula dengan balkon lesehan ini yang walaupun kecil mampu mempercantik hunian.

Bagian lantainya menggunakan karpet heavy duty yang dirancang khusus. Ditambahkan pula bantal sebagai kursi santai untuk menikmati pemandangan sekitar.

Baca juga:

10. Balkon Apartemen Romantis

Source : Posh Pennies

Terakhir, alasan kenapa Pins perlu membeli apartemen dengan balkon adalah dapat dijadikan gudang. Pins dapat menempatkan barang-barang tak terpakai di balkon.

Misalnya sofa dilengkapi tirai yang sudah tak terpakai dengan penggunaan lampu berwarna kuning. Balkon ini bisa dimanfaatkan pasangan untuk menikmati quality time bersama.

Balkon mampu membantu hunian dengan lahan terbatas memiliki ruangan tambahan. Walaupun lokasinya di outdoor namun areanya multifungsi. Pins dapat menggunakannya sebagai tempat bersantai, area hijau dan lainnya.

Balkon apartemen menjadi penanda unit hunianmu. Dari sini Pins bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar dengan lebih leluasa.

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download