BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Atap Gerobak Makanan Tradisional Hingga Kekinian
0
0

10 Desain Atap Gerobak Makanan Tradisional Hingga Kekinian

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mar 23, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin buka usaha makanan keliling? Kenali dulu desain atap gerobak yang pas dan menarik untuk berdagang. Ada pedagang makanan yang memakai sepeda, motor, bahkan kendaraan roda empat sebagai tempat usaha. Dulunya gerobak dorong menjadi pilihan untuk berjualan. Seiring berjalannya waktu banyak desain gerobak baru dan memiliki desain atap gerobak yang besar sehingga pembeli dapat makan di tempat dengan nyaman. Simak artikel ini untuk mengetahui desain atap gerobak!

Kamu dapat memiliki rumah yang berdesain menarik dan cantik di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Manfaatkan Kalkulator KPR untuk mengetahui berapa kisaran biaya yang akan kamu keluarkan ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan cara KPR.

Baca juga: 13 Desain Toko Minimalis Kecil untuk Usaha UMKM

Tips Memilih Gerobak Makanan

Source : Pexels

Harga gerobak makanan bisa mencapai jutaan rupiah walaupun desainnya sederhana. Dalam memilih gerobak juga harus disesuaikan dengan produk makanan yang Pins jual. Apakah membutuhkan tungku kompor atau etalase saja.

1. Pilihan Chasis

Chasis merupakan struktur rangka kereta atau gerobak dorong. Chasis bertugas untuk menyangga gerobak yang berada di atasnya sekaligus menghubungkan roda penggerak.

Materialnya biasa memakai rangka besi agar kokoh saat mendapatkan tekanan dari gerobak yang ada di atasnya.

Baca juga: Cara Jualan COD di Facebook (FB) Marketplace

2. Bahan Gerobak

Bahan gerobak sangat beragam mulai dari aluminium, besi hingga kayu. Gerobak tradisional kebanyakan memakai rangka kayu karena mudah dibentuk. Sedangkan rangka aluminium cenderung ringan dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Roda Gerobak

Gerobak ada yang memakai roda kecil dan besar. Gerobak dengan roda besar akan jauh lebih berat untuk didorong. Walaupun begitu jangkauan geraknya lebih besar dibandingkan memakai roda kecil. 

Selain itu roda besar bisa melewati lubang di jalan dengan baik. Meskipun begitu gerobak dengan roda kecil akan lebih mudah dikontrol saat didorong dibandingkan roda besar.

Baca juga: Kreasi Ide Jualan 1000an Modal Kecil Untung Banyak

Desain Atap Gerobak Makanan

Berikut beberapa pilihan desain atap gerobak makanan yang bisa Pins jadikan referensi:

1. Food Truck

Source : Pexels

Food truck kebanyakan digunakan oleh milenial yang baru merintis usaha. Pedagang bisa dengan mudah berpindah satu lokasi ke lokasi lainnya. Bagian atapnya anti bocor serta memuat banyak barang.

Penjual bisa berdagang dengan nyaman di truck tanpa harus khawatir kehujanan. Food truck dilengkapi dengan atap yang bisa dilipat usai tidak digunakan. Modelnya semakin beragam bisa pula ditambahkan lampu LED bahkan kulkas maupun sink

Baca juga: Jenis Ruang Usaha yang Tersedia di Pasar Properti

2. Gerobak Motor

Source : Pexels

Pins juga bisa menggunakan gerobak motor seperti gambar di atas. Bagian seat penumpang dimodifikasi agar lebih panjang. Roda gerobak berjumlah tiga agar menjaga keseimbangan saat motor terparkir.

Meskipun tidak seluas food truck namun gerobak ini bisa bergerak dengan cepat. Pins tidak membutuhkan lahan parkir yang luas untuk berjualan. Pengoperasian gerobak ini layaknya motor pada umumnya.

3. Atap Lipat

desain atap gerobak yang bisa dilipat
Source : Pexels

Gerobak ini dijalankan dengan cara didorong dengan tenaga manusia. Desain kompartemen bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan. Bagian pintu penutup bisa dijadikan tambahan atap agar penjual maupun pembeli dapat berteduh.

Gerobak ini memakai empat roda besar yang sejajar. Saat hujan datang penjual tidak perlu khawatir karena atapnya kokoh dan mampu menahan air guyuran dengan baik.

Baca juga: 9 Desain Depan Toko Baju

4. Food Cart Atap Kain

desain atap gerobak dari bahan kain
Source : Pexels

Food cart ini cocok untuk Pins yang berjualan snack. Bagian atas gerobak terdiri atas etalase makanan. Sementara bagian bawah gerobak sebagai tempat penyimpanan alat makan seperti gelas dan piring.

Atapnya dibuat sederhana terdiri atas bahan kain. Bagian depan gerobak dilengkapi roda besar sementara roda belakang kecil. Gerobak model ini cocok untuk berdagang di gang sempit atau lahan terbatas.

5. Gerobak Dengan Payung Tenda

Source : Pexels

Penjual tak jarang menggunakan payung tenda sebagai atap gerobak. Payung ini bisa dilipat ketika cuaca tidak sedang hujan. Ukuran payung dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Payung tenda besar bisa melindungi penjual saat menyajikan makanan sekaligus ketika pembeli ingin makan ditempat. Bahan payung ini terdiri dari parasol yang anti air dan tebal.

Baca juga: 9 Tips Desain Dapur Catering Ergonomis Agar Mudah Memasak

6. Atap Melengkung 

desain atap gerobak melengkung
Source : Pexels

Desain atap gerobak melengkung sering pula ditemui pada rumah. Daya tahannya lebih besar apalagi terhadap erosi air dan angin. Perbaikannya mudah karena hanya perlu memperbaiki pada area yang rusak saja.

Material atap ada yang dari kain dengan rangka baja maupun polycarbonate. Cocok sekali dengan gerobak roda dua minimalis.

7. Gerobak Aluminium 

Source : Pexels

Bila membutuhkan gerobak yang kokoh terhadap benturan maka gerobak aluminium bisa jadi pilihan. Bagian atapnya memiliki penyangga yang kuat dengan empat roda kecil di bagian bawah gerobak.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Tempat Usaha yang Strategis

8. Gerobak Sepeda

Source : Pexels

Ada pula gerobak sepeda dengan atap terbuka seperti pada gambar diatas. Bagian rak display disusun seperti anak tangga. Gerobak dijalankan dengan mengayuh pedal sepeda.

Bagian gerobaknya bisa dibuat di depan setir maupun belakang setir. Kelemahan dari desain atap gerobak ini adalah tidak terlindungi dari sinar matahari maupun hujan.

9. Mobile Shop Cart

wanita sedang makan di dekat food cart dengan desain atap gerobak yang bisa bongkar pasang
Source : Pexels

Kesembilan ada mobile shop cart yang memiliki desain compact serta ringkas. Bagian penutup kompartemen bisa dijadikan atap tambahan. Gerobak seperti ini bisa dipakai di jalanan sempit.

Umumnya dipakai untuk menjual aneka rokok dan snack. Storage terletak dibagian bawah area display makanan dan bisa terdiri atas beberapa laci penyimpanan. Peti atau laci ini biasa dipakai untuk menyimpan kursi lipat maupun persediaan produk jualan.

10. Atap Kontainer

Source : KepuhKencanaArum

Rekomendasi yang terakhir yaitu gerobak dengan atap kontainer. Gerobak yang mirip seperti kontainer ini menggunakan baja ringan sebagai material pembangunnya. Kamu dapat menggunakan gerobak seperti ini dengan menambahkan roda ataupun tidak.

Penggunaan atap pada gerobak selain melindungi makanan juga pembeli maupun penjualnya. Desain atap gerobak yang lebar mampu melindungi dari paparan sinar matahari dan hujan. Pembeli dapat makan di tempat dengan nyaman tanpa khawatir kehujanan atau kepanasan.

Baca juga:

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download