BlogPemilik PropertiDesain HunianMengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik
0
0

Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski penggunaannya masih jarang dijumpai di Indonesia, struktur kanopi membran atau tensile membrane sebetulnya sudah ada selama puluhan tahun.

Salah satu contoh instalasi yang paling populer adalah atap kanopi di Masjid Nabawi Madinah. Pastinya Pins sudah familier dengan hamparan kanopi berwarna putih yang menaungi halaman Masjid Nabawi, kan?

Tidak hanya di Masjid Nabawi saja, lho. Atap jenis ini juga telah dipakai untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk menaungi halaman airport, area makan di luar ruangan, fasilitas olahraga, warehouse, dan sebagainya.

Namun, apa sih sebenarnya atap membran? Bahan apa yang dipakai dan apakah dapat digunakan untuk hunian? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini.

Apa itu Atap Membran?

Source : Pinterest

Sebelumnya disebutkan bahwa salah satu contoh atap atau kanopi membran adalah struktur yang menaungi halaman Masjid Nabawi di Madinah. Bentuknya menyerupai payung dengan bentangan kanopi melebar yang ditopang oleh tiang.

Jadi, pada dasarnya yang dimaksud dengan atap membran adalah penaung yang terdiri dari struktur kain tarik. Adapun material kain yang dipakai bukan kain biasa, melainkan kain khusus tensile membrane yang terbuat dari PES, ETFE, PTFE, atau PTFE berlapis fiberglass.

Tensile membrane di Masjid Nabawi Madinah hanyalah salah satu contoh desain yang mengagumkan. Namun, tensile membrane tidak harus ditopang oleh tiang di bagian tengah layaknya payung, lho. Kain membran juga bisa juga ditarik ke segala sisi maupun ditopang dengan struktur rangka dengan bentuk unik.

Menariknya tensile membrane bersifat elastis dan fleksibel sehingga memungkinkan untuk diwujudkan dalam segala rupa desain. Karena sifat tensile membrane yang dinamis inilah, kanopi membran menjadi solusi inovatif untuk menghadirkan desain yang out-of-the-box.

Atap Membran Terbuat Dari Bahan Apa?

Source : Tensile Structure

Kain tarik pada tensile membrane terbuat dari material khusus PES, ETFE, PTFE, atau PTFE berlapis fiberglass. Material ini memiliki sifat ringan, kuat, fleksibel, serta tahan terhadap terpaan cuaca ekstrem sekali pun. Soal daya tahan, material ini sangatlah awet dengan usia pemakaian mencapai 20-50 tahun.

Menariknya lagi, bahan ini menawarkan fleksibilitas penggunaan. Saat dibentangkan, kain membran akan menaungi area di bawahnya. Kalau sudah tidak digunakan, struktur tensile membrane bisa ditutup seperti payung, sehingga memungkinkan ruang terbuka dipakai untuk keperluan lain. Praktis, ya!

Sejarah Atap Membran

Source : ArchDaily

Jika ditelusur ke masa silam, orang-orang mendirikan tenda untuk berlindung di alam terbuka. Umumnya struktur tenda digunakan oleh masyarakat yang hidup secara nomaden.

Lambat laun, struktur tenda kemudian diadaptasi dan dikembangkan menjadi desain yang lebih kompleks. Contohnya adalah atap tenda pada bangunan Colosseum di Romawi Kuno. Namun, material dan struktur yang digunakan dahulu kala tentu berbeda dengan sekarang.

Tensile membrane sendiri baru mulai berkembang pesat pada tahun 1940-1950an. Kala itu, seorang insiyur asal Amerika Serikat bernama Walter Bird menerapkan membran sebagai atap permanen.

Sejak saat itu, penggunaan tensile membrane sebagai struktur atap mulai meluas ke beberapa negara. Contohnya adalah pembangunan Detroit Silver Dome tahun 1975, Terminal Haji Arab Saudi tahun 1980, dan Denver National Airport tahun 1992.

Kegunaan Atap atau Kanopi Membran

Source : Pinterest

Kini penggunaan kanopi membran tidak hanya untuk fasilitas umum saja, tetapi juga untuk bangunan komersil seperti hotel, resort, restoran, bahkan hunian pribadi.

Tensile membrane menawarkan solusi naungan yang fleksibel sehingga cocok untuk instalasi non-permanen. Misalnya ketika menggelar acara outdoor yang berlangsung beberapa hari.

Kain membran juga dapat digunakan untuk struktur permanen. Contohnya seperti penaung di teras bandara, outdoor dining, dan bahkan kanopi rooftop yang dapat dibuka-tutup secara fleksibel.

Kelebihan Atap Membran

Source : Serge Ferarri

Penggunaan kain membran sebagai atap memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

Mewah dan Menarik Perhatian

Penggunaan kain membran memberikan tampilan yang mewah dan unik, apalagi dengan desain-desain yang out of the box. Terlebih lagi, penggunaan kain membran sebagai atap atau kanopi terbilang masih jarang di Indonesia sehingga langsung akan menarik perhatian.

Desain Fleksibel

Material membran memungkinkan untuk disulap menjadi segala rupa bentuk sesuai keinginan arsitek. Karenanya bangunan dengan kanopi membran biasanya memiliki bentuk-bentuk yang unik dan ikonik.

Bobotnya Ringan tapi Kuat

Material yang digunakan untuk kain membran bukanlah material sembarangan. Material pilihan dengan bobot yang ringan ini memudahkan pemasangan. Meski ringan, materialnya sangat kuat dan tahan terhadap cuaca sehingga cocok untuk penggunaan outdoor.

Daya Tahan yang Baik

Kain membran yang berkualitas memiliki daya tahan antara 20-50 tahun, lho. Jadi, jangan ragu untuk memilih tensile membrane sebagai penaung.

Memberi Pencahayaan Alami

Meski tidak transparan, kain membran dapat ditembus cahaya. Karenanya, ruangan yang dinaungi kain membran tetap terang meski tanpa lampu pada siang hari.

Perawatan Mudah

Material tensile membrane bersifat self-cleaning dan tidak mudah menyerap kotoran. Jika terkena hujan, debu-debu yang menempel akan rontok dengan sendirinya bersama aliran air. Jadi, tidak sering-sering membersihkan kanopi membran.

Daya Bentang yang Besar

Material yang ringan dan kukuh memungkinkan kain membran untuk membentang lebar tanpa takut robek. Makanya, atap jenis ini sering digunakan untuk area luas seperti walkways di bandara.

Baca juga: Tips Mencegah Atap Rumah Bocor

Demikian ulasan mengenai atap membran serta kegunaan dan keunggulannya. Bagaimana, tertarik menggunakan atap atau kanopi membran untuk hunian kamu?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download