BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Ciri-ciri Tempat Usaha yang Strategis
0
0

6 Ciri-ciri Tempat Usaha yang Strategis

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategistop-right-banner

Memilih lokasi untuk tempat usaha merupakan salah satu keputusan penting dalam menjalankan bisnis. Lokasi yang strategis dapat meningkatkan peluang keberhasilan sebuah usaha. Nah, untuk itu kamu harus tahu apa saja ciri-ciri tempat usaha yang strategis.

Kamu bahkan bisa membuat tempat usaha bersamaan dengan rumah tinggal. Pins yang memiliki Rumah Eksklusif di kota besar seperti Vasa Jagakarsa yang merupakan perumahan di Jagakarsa tentu sering melihatnya.

Namun apa saja ciri-ciri tempat usaha yang strategis? Berikut adalah beberapa ciri-ciri tempat usaha yang dianggap strategis:

Ciri-ciri Tempat Usaha yang Strategis

Memilih lokasi usaha yang strategis merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan dalam berbisnis. Lokasi yang tepat dapat meningkatkan visibilitas, menarik pelanggan, dan meningkatkan keuntungan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tempat usaha yang strategis:

1. Lokasi Mudah Dijangkau

Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis
Source : Pexels

Aksesibilitas yang mudah sangat penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Lokasi yang strategis haruslah mudah dijangkau, dekat dengan jalan utama, fasilitas transportasi umum, dan memiliki parkir yang cukup. 

Lokasi yang terhubung dengan area bisnis lain, bandara, atau stasiun kereta juga menambah nilai, memudahkan pelanggan dan supplier untuk mengaksesnya. Ini membuat bisnis lebih menarik dan operasionalnya lebih lancar.

Baca juga: 12 Ide Desain Tempat Usaha Laundry yang Simple

2. Visibilitas Tinggi

Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis
Source : Pexels

Ciri-ciri tempat usaha yang strategis kedua adalah tempat yang banyak dilewati orang. Memilih lokasi bisnis yang strategis sangat penting.

Bayangkan bisnis Pins berada di tempat yang selalu ramai, seperti dekat mal atau di persimpangan jalan sibuk. Bukan hanya tentang mudah ditemukan, tapi juga tentang terus dilihat.

Setiap orang yang lewat bisa jadi pelanggan baru. Lokasi seperti ini ibarat iklan hidup; setiap hari, orang melihat dan mengingat merek atau brand Pins. Jadi, pilih tempat yang ramai dan mudah diakses. Itu langkah cerdas untuk menarik lebih banyak pelanggan dan membuat bisnis Pins tidak hanya dikenal, tapi juga dicari-cari.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Tempat Usaha dari Aura Negatif

3. Demografi Target Pasar

Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis
Source : Pexels

Memahami pasar target adalah kunci sukses bisnis. Penting untuk tahu siapa pelanggan dan apa keinginan mereka. Kenali karakteristik pasar seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, dan gaya hidup untuk pilih lokasi bisnis yang tepat. Contoh: untuk keluarga muda, dekat sekolah atau taman bermain bagus.

Pertimbangkan juga potensi pertumbuhan pasar. Lokasi di daerah berkembang dengan proyeksi demografi meningkat beri kesempatan bisnis jangka panjang. Ini tentang mendapat pelanggan sekarang dan siapkan bisnis untuk tumbuh bersama ekonomi dan demografi sekitar. Pilih lokasi strategis untuk pastikan kelangsungan bisnis kamu. 

4. Persaingan dan Kesempatan Kolaborasi

Ciri-Ciri Tempat Usaha yang Strategis
Source : Pexels

Persaingan dan kolaborasi adalah dua sisi mata uang dalam bisnis. Mengerti seberapa ketat persaingan di area bisnis Pins penting untuk merancang strategi pemasaran yang cerdas dan penetapan harga yang kompetitif.

Di sisi lain, berada dekat dengan bisnis yang saling melengkapi bisa buka pintu untuk kerjasama. Kolaborasi ini bisa menghasilkan sinergi, meningkatkan daya tarik bagi pelanggan, dan bahkan membuka peluang pasar baru. Jadi, selain bersaing, cari juga cara berkolaborasi untuk keuntungan bersama.

Baca juga: 5 Desain Rumah Tinggal Sekaligus Tempat Usaha

5. Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung

transportasi publik
Source : Pexels

Infrastruktur yang solid dan fasilitas pendukung adalah tulang punggung yang memastikan kelancaran bisnis. Pentingnya infrastruktur seperti listrik, air, dan internet tidak bisa diremehkan karena ini adalah dasar yang menjamin operasi bisnis Pins berjalan lancar.

Selain itu, adanya fasilitas pendukung di sekitar lokasi usaha, seperti bank, restoran, dan berbagai toko, memperkaya pengalaman pelanggan serta kenyamanan karyawan. Kombinasi infrastruktur yang kamul dan fasilitas pendukung yang memadai tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga menambah nilai tambah bagi bisnis kamu.

Baca juga: 10 Desain Ruko Kecil Sederhana untuk Tempat Usaha

6. Kondisi Ekonomi Lokal

pahami kondisi ekonomi lokal
Source : Pexels

Ciri-ciri tempat usaha strategis yang terakhir adalah memahami area kondisi ekonomi lokal. Area dengan ekonomi stabil biasanya punya daya beli yang lebih tinggi, yang bisa sangat menguntungkan bisnis Pins.

Tingginya daya beli berarti pelanggan lebih mampu dan bersedia mengeluarkan uang, memacu penjualan dan pertumbuhan bisnis. Di samping itu, perhatikan insentif yang ditawarkan pemerintah daerah.

Insentif ini, seperti potongan pajak atau bantuan modal, bisa jadi pendorong besar untuk pertumbuhan usaha kamu. Pilih lokasi bisnis yang tidak hanya stabil secara ekonomi tapi juga mendukung pengembangan usaha melalui kebijakan pemerintah yang menguntungkan.

Memilih lokasi usaha yang strategis tidak hanya berfokus pada satu aspek, melainkan kombinasi dari berbagai faktor. Pertimbangan terhadap aksesibilitas, visibilitas, demografi pasar, persaingan, infrastruktur, dan kondisi ekonomi lokal dapat memberikan dampak besar terhadap keberhasilan sebuah bisnis.

Baca juga: Contoh Surat Izin Tempat Usaha dan Cara Mengurusnya

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download