BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Jendela Dapur Estetik Anti Pengap
0
0

10 Model Jendela Dapur Estetik Anti Pengap

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Putra

Des 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
jendela dapurtop-right-banner

Meski bukan merupakan perkakas yang diperlukan untuk memasak, adanya jendela dapur sangat penting, tanpa jendela, bisa dibayangkan betapa pengapnya suasanya dapur. Fungsi utama jendela di dapur adalah untuk menjaga sirkulasi udara agar tidak pengap. Berbagai aroma masakan dan panas kompor yang berbaur jadi satu akan keluar lewat jendela dan digantikan udara baru yang segar. Kegiatan memasak pun akan jadi lebih nyaman.

Model jendela dapur estetik akan menambah kesan indah dan nyaman untuk desain interior rumah kamu. Seperti desain interior rumah yang ada di perumahan Cimanggis Golf Estate, di sana terdapat banyak rumah dengan desain interior yang akan kamu sukai. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Tak cuma itu saja, adanya jendela juga membuat ruangan dapur lebih terang dengan pencahayaan alami. Bahkan, jendela di dapur juga bisa menambah estetika ruangan lho. Nah, buat kamu yang sedang mencari ide model jendela untuk dapur, yuk simak deretan inspirasi berikut!

Model Jendela Dapur yang Estetik

Dalam menghadirkan sentuhan estetik pada dapur, model jendela memegang peranan penting, desainnya yang elegan dan fungsional menciptakan harmoni antara keindahan dan kepraktisan. Dengan paduan material berkualitas, model jendela dapur memberikan tampilan yang memikat sekaligus memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, hunian Pins tidak hanya tampak indah, tetapi juga nyaman untuk ditinggali.

Baca juga:

1. Jendela Bifold

Source : Pinterest

Model jendela yang satu ini terbilang belum banyak digunakan di Indonesia. Modelnya unik dan cocok untuk jendela lebar. Uniknya, model jendela bifold akan terlipat menyamping ketika dibuka. Alhasil, ruangan dapur menjadi lapang dengan jendela yang terbuka lebar.

Pengap di dapur pun akan langsung hilang seketika begitu jendela dibuka. Akan tetapi, model jendela seperti ini juga punya kekurangan tersendiri, model jendela yang lebar bisa dilewati orang dewasa. Apalagi, jendela model bifold tidak memungkinkan untuk dipasangi teralis. Maka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan menutup dan mengunci kembali jendela dapur.

2. Jendela Satu Bingkai Memanjang

Source : Pinterest

Model jendela yang satu ini cocok untuk dapur kecil yang sebagian besar dindingnya terpakai untuk kitchen set mini bar. Model jendela bingkai tunggal dengan bentuk memanjang bisa dipasang di dekat kompor atau wastafel. Jendela model ini tidak memakan banyak ruang sehingga space di atasnya masih bisa dipasangi rak gantung.

3. Jendela Bukaan Samping

Source : Pinterest

Model jendela yang terbuka ke kedua sisi bisa jadi pilihan tepat untuk dapur, apalagi kalau ukurannya cukup besar. Ketika jendela dibuka, ruangan dapur akan langsung terlihat lapang, terang, dan udaranya segar. Aktivitas masak-memasak pun jadi lebih menyenangkan dengan suasana yang nyaman.

Agar makin sempurna, Pins bisa menggunakan space di jendela sekaligus sebagai meja makan. Tinggal tambahkan kursi model stool di sisi luar dapur, dan kamu pun bisa menikmati santapan dengan nuansa semi outdoor.

4. Jendela Kaca Nako

Source : Pinterest

Jendela kaca nako seringkali digunakan pada rumah-rumah zaman dulu, itu pun pemasangannya di bagian depan rumah sebagai jendela ruang tamu. Siapa sangka penggunaan kaca nako untuk jendela di dapur pun ternyata sangat efisien. Selain memperlacar sirkulasi udara, jendela kaca nako juga tetap aman walau dibuka.

5. Jendela Casement Tinggi

Source : Pinterest

Model jendela casement adalah jendela yang bingkainya dipasangi engsel pada satu sisi, untuk membuka jendela, Pins cukup mendorong daun jendela ke arah luar. Nah, untuk dapur yang modern, model jendela casement dengan full kaca bisa jadi pilihan, ukuran jendela yang lebar membuat ruangan tampak lapang dan terang. Di samping itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan luar rumah saat sedang berkegiatan di dapur.

Tidak lupa, jendela yang bisa terbuka lebar ini tentu membuat ruangan dapur jadi segar dan anti pengap. Namun, demi keamanan, ada baiknya Pins menambahkan teralis pada jendela.

6. Jendela Model Awning

jendela dapur
Source : Pinterest

Model jendela awning adalah jendela yang bisa dibuka secara vertikal dan hanya terbuka sebagian saja. Model jendela seperti ini memungkinkan sirkulasi udara yang lancar dan tetap terjaga keamanannya.

7. Jendela Sliding Double Hung

jendela dapur
Source : Pinterest

Jendela model double hung juga bagus untuk dipasang di minimalis. Jendela model ini terdiri dari dua bingkai kaca dalam satu daun jendela. Nah, bingkai kaca bagian bawah bisa digeser ke atas untuk membukanya.

Model jendela ini juga bisa kamu padukan dengan meja makan semi outdoor di jendela, lho. Bersantap di sini saat akhir pekan yang santai, pasti menyenangkan!

8. Jendela Bukaan Ke Atas

jendela dapur
Source : Pinterest

Satu lagi nih model jendela yang cocok untuk semi outdoor, konsepnya mirip seperti kedai-kedai makanan cepat saji di pinggir jalan. Daun jendela yang lebar bisa dibuka ke atas dan ditopang dengan penyangga. Kemudian, space di bawahnya berupa meja kecil memanjang tempat kamu bisa bersantap santai dengan keluarga.

9. Jendela Model Skylight

jendela dapur
Source : Pinterest

Kalau memang tidak memungkinkan untuk memasang jendela di dinding, dipasang di atap juga bisa, namanya jendela model skylight. Sayangnya, jendela model ini agak merepotkan untuk dibuka-tutup, apalagi kalau dipasang di langit-langit yang tinggi. Ditambah lagi, jendela tidak mungkin dibuka saat sedang hujan karena air akan masuk.

Karenanya, pastikan Pins menambahkan ventilasi yang memadai di dapur. Pins juga bisa memasang stove hood yang berfungsi untuk menyedot panas, bau, dan uap dari atas kompor.

10. Sliding Door Sebagai Alternatif Jendela

jendela dapur
Source : Pinterest

Jendela memang elemen yang sangat penting untuk menjaga agar tidak pengap. Akan tetapi, terkadang tidak memungkinkan untuk memasang jendela karena semua space di dinding terpakai. Baik untuk memasang kitchen set atau untuk meletakkan perkakas dapur lainnya.

Namun, tenang saja karena fungsi jendela bisa digantikan oleh pintu, terlebih kalau pintunya berupa pintu geser dari kaca. Adanya pintu ini memungkinkan cahaya masuk secara maksimal sehingga dapur tampak terang dan luas. Saat dibuka, udara pun jadi segar dan bebas dari pengap.

Nah, itulah beberapa model jendela yang akan menambah estetika dapurmu. Semoga menginspirasi!

Baca juga: Inspirasi Model Teralis Jendela Minimalis Hingga Klasik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download