10 Model Jendela Dapur Estetik Anti Pengap

Dipublikasikan oleh Mustika ∙ 5 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Meski bukan merupakan perkakas yang diperlukan untuk memasak, adanya jendela dapur sangat penting lho. Tanpa jendela, bisa dibayangkan betapa pengapnya suasanya dapur.

Fungsi utama jendela di dapur adalah untuk menjaga sirkulasi udara agar tidak pengap. Berbagai aroma masakan dan panas kompor yang berbaur jadi satu akan keluar lewat jendela dan digantikan udara baru yang segar. Kegiatan memasak pun akan jadi lebih nyaman.

Tak cuma itu saja. Adanya jendela juga membuat ruangan dapur lebih terang dengan pencahayaan alami. Bahkan, jendela di dapur juga bisa menambah estetika ruangan lho.

Nah, buat kamu yang sedang mencari ide model jendela untuk dapur, yuk simak deretan inspirasi berikut!

Jendela Bifold

(Pinterest)

Model jendela yang satu ini terbilang belum banyak digunakan di Indonesia. Modelnya unik dan cocok untuk jendela lebar.

Uniknya, model jendela bifold akan terlipat menyamping ketika dibuka. Alhasil, ruangan dapur menjadi lapang dengan jendela yang terbuka lebar. Pengap di dapur pun akan langsung hilang seketika begitu jendela dibuka.

Akan tetapi, model jendela seperti ini juga punya kekurangan tersendiri. Model jendela yang lebar bisa dilewati orang dewasa. Apalagi, jendela model bifold tidak memungkinkan untuk dipasangi teralis. Maka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan menutup dan mengunci kembali jendela dapur, ya.

Jendela Satu Bingkai Memanjang

(Pinterest)

Model jendela yang satu ini cocok untuk dapur kecil yang sebagian besar dindingnya terpakai untuk kitchen set. Model jendela bingkai tunggal dengan bentuk memanjang bisa dipasang di dekat kompor atau wastafel.

Jendela model ini tidak memakan banyak ruang sehingga space di atasnya masih bisa dipasangi rak gantung. Simpel, kan?

Jendela Bukaan Samping

(Pinterest)

Model jendela yang terbuka ke kedua sisi bisa jadi pilihan tepat untuk dapur, apalagi kalau ukurannya cukup besar. Ketika jendela dibuka, ruangan dapur akan langsung terlihat lapang, terang, dan udaranya segar. Aktivitas masak-memasak pun jadi lebih menyenangkan dengan suasana yang nyaman.

Agar makin sempurna, Pins bisa menggunakan space di jendela sekaligus sebagai meja makan. Tinggal tambahkan kursi model stool di sisi luar dapur, dan kamu pun bisa menikmati santapan dengan nuansa semi outdoor.

Jendela Kaca Nako

(Pinterest)

Jendela kaca nako seringkali digunakan pada rumah-rumah zaman dulu. Itu pun pemasangannya di bagian depan rumah sebagai jendela ruang tamu.

Siapa sangka penggunaan kaca nako untuk jendela di dapur pun ternyata sangat efisien. Selain memperlacar sirkulasi udara, jendela kaca nako juga tetap aman walau dibuka.

Jendela Casement Tinggi

(Pinterest)

Model jendela casement adalah jendela yang bingkainya dipasangi engsel pada satu sisi. Untuk membuka jendela, Pins cukup mendorong daun jendela ke arah luar.

Nah, untuk dapur yang modern, model jendela casement dengan full kaca bisa jadi pilihan, nih. Ukuran jendela yang lebar membuat ruangan tampak lapang dan terang. Di samping itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan luar rumah saat sedang berkegiatan di dapur.

Tak lupa, jendela yang bisa terbuka lebar ini tentu membuat ruangan dapur jadi segar dan anti pengap. Namun, demi keamanan, ada baiknya Pins menambahkan teralis pada jendela.

Jendela Model Awning

(Pinterest)

Model jendela awning adalah jendela yang bisa dibuka secara vertikal dan hanya terbuka sebagian saja. Model jendela dapur seperti ini memungkinkan sirkulasi udara yang lancar dan tetap terjaga keamanannya.

Jendela Sliding Double Hung

(Pinterest)

Jendela model double hung juga bagus untuk dipasang di dapur minimalis. Jendela model ini terdiri dari dua bingkai kaca dalam satu daun jendela. Nah, bingkai kaca bagian bawah bisa digeser ke atas untuk membukanya. Praktis, kan?

Model jendela ini juga bisa kamu padukan dengan meja makan semi outdoor di jendela, lho. Bersantap di sini saat akhir pekan yang santai, pasti menyenangkan!

Jendela Bukaan Ke Atas

(Pinterest)

Satu lagi nih model jendela yang cocok untuk dapur semi outdoor. Konsepnya mirip seperti kedai-kedai makanan cepat saji di pinggir jalan.

Daun jendela yang lebar bisa dibuka ke atas dan ditopang dengan penyangga. Kemudian, space di bawahnya berupa meja kecil memanjang tempat kamu bisa bersantap santai dengan keluarga.

Jendela Model Skylight

(Pinterest)

Kalau memang tidak memungkinkan untuk memasang jendela di dinding, dipasang di atap juga bisa. Namanya jendela model skylight.

Sayangnya, jendela model ini agak merepotkan untuk dibuka-tutup, apalagi kalau dipasang di langit-langit yang tinggi. Ditambah lagi, jendela tidak mungkin dibuka saat sedang hujan karena air akan masuk.

Karenanya, pastikan Pins menambahkan ventilasi yang memadai di dapur. Pins juga bisa memasang stove hood yang berfungsi untuk menyedot panas, bau, dan uap dari atas kompor.

Sliding Door Sebagai Alternatif Jendela

(Pinterest)

Jendela dapur memang elemen yang sangat penting untuk menjaga agar dapur tidak pengap. Akan tetapi, terkadang tidak memungkinkan untuk memasang jendela karena semua space di dinding terpakai. Baik untuk memasang kitchen set atau untuk meletakkan perkakas dapur lainnya.

Namun, tenang saja karena fungsi jendela bisa digantikan oleh pintu, terlebih kalau pintunya berupa sliding door dari kaca. Adanya pintu ini memungkinkan cahaya masuk secara maksimal sehingga dapur tampak terang dan luas. Saat dibuka, udara pun jadi segar dan bebas dari pengap.

Nah, itulah beberapa model jendela yang akan menambah estetika dapurmu. Semoga menginspirasi!

Baca juga: Inspirasi Model Teralis Jendela Minimalis Hingga Klasik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Lifestyle
Lifestyle 7 Cara Menyalakan Lampu pada Keyboard Laptop Sesuai Brand

Series laptop keluaran baru sudah banyak yang mengusung fitur yang canggih. Salah satunya adalah ba

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Inspirasi Keramik Abu-Abu Muda Cocok untuk Segala Ruangan

Keramik abu-abu sering dianggap terlalu biasa, suram dan pucat. Padahal warna keramik tersebut bisa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Ini Dia Standar Jarak Tinggi Kran Shower dari Lantai

Tidak hanya ukuran jendela kamar mandi, tapi ternyata banyak aspek yang wajib diperhatikan untuk pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia